Kunci Penting untuk Jaga Imunitas Si Kecil - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Nutrisi

Asupan Prebiotik dan Nutrisi Seimbang: Kunci Penting untuk Jaga Imunitas Si Kecil

Sistem imunitas si Kecil sudah terbentuk sejak awal kehidupan dan akan berkembang lebih kuat dan kompleks seiring dengan pertumbuhan usianya. Namun, diperlukan peran Mama dan Papa sebagai orangtua untuk memastikan agar perkembangan imunitasnya optimal, karena sistem imunitas yang optimal merupakan bekal bagi tubuh si Kecil untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Nah, sudah tahukah Mama apa saja nutrisi yang dibutuhkan agar sistem imunitas si Kecil optimal?

Prebiotik dan Vitamin untuk  Bantu Optimalkan Imunitas Si Kecil

Prebiotik FOS dan GOS merupakan jenis serat yang berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik dalam usus. Asupan prebiotik FOS dan GOS  dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh si Kecil loh, Ma. Bagaimana bisa?

· Meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus

Menurut Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD, Kepala Jurusan Pediatri di Vrije Universiteit Brussel,  prebiotik FOS dan GOS merupakan jenis karbohidrat dan serat yang tidak dapat dicerna tubuh, namun mampu merangsang perkembangan bakteri baik bifidobacteria dalam usus. Bakteri baik bifidobacteria atau probiotik yang hidup di dalam saluran pencernaan ini diketahui mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan, karena dapat mengurangi bakteri patogen atau bakteri jahat penyebab penyakit.

· Mencegah peradangan

Dalam tubuh manusia, bakteri baik membentuk mikrobioma yang berperan untuk memperkuat imunitas dan mencegah peradangan dalam tubuh. Ada sekitar 10-100 triliun mikrobioma dalam tubuh manusia, dengan jumlah paling banyak terdapat dalam usus. Untuk menjaga keseimbangan mikrobioma inilah, tubuh memerlukan prebiotik FOS dan GOS.

Selain asupan prebiotik FOS dan GOS yang berperan dalam peningkatkan jumlah bakteri baik dan mencegah peradangan, Mama juga perlu memberikan si Kecil asupan vitamin yang tak kalah penting untuk mengoptimalkan sistem daya tahan tubuhnya, yaitu:

Vitamin A

Si Kecil membutuhkan asupan vitamin A untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuhnya karena vitamin ini mampu mempercepat pemulihan tubuh dan jaringan yang rusak akibat infeksi. Dari berbagai studi yang pernah dilakukan, diketahui bahwa vitamin A mampu membantu si Kecil agar terhindar dari beragam penyakit akibat infeksi virus dan bakteri, juga menjaga mukosa (selaput lendir yang melapisi rongga tubuh seperti hidung, mulut, paru-paru)[sp1] .

Mama bisa memberikan si Kecil asupan vitamin A yang dapat ditemui dalam hati sapi, keju, susu, telur, buah-buahan, sayuran dan minyak ikan.

Vitamin B

Vitamin B merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam tumbuh kembang si Kecil, Ma. Salah satu jenis vitamin B, yakni vitamin B9 atau asam folat memiliki banyak manfaat untuk tubuhnya, seperti:

·         Meningkatkan produksi sel darah merah

·         Mempercepat pertumbuhan sel tubuh

·         Menjaga kesehatan otot dan saraf

·         Menjaga daya tahan tubuh

Selain itu, jenis vitamin B lain yakni vitamin B2 dan B6 bermanfaat untuk meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri dan mencegah penurunan daya tahan tubuh si Kecil. Agar si Kecil mendapat manfaat tersebut, Mama dapat memberikan si Kecil susu, telur, hati, salmon, sayur dan buah-buahan (utamanya pisang) yang mengandung vitamin B.

Vitamin C

Tidak hanya bagi orang dewasa, vitamin C pun sangat diperlukan untuk si Kecil yang sedang tumbuh. Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting dalam perkembangan tubuhnya karena vitamin inilah yang berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel darah merah, tulang dan jaringan tubuhnya. Vitamin C juga mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh si Kecil dari beragam penyakit.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin Cnya, Mama bisa memberikan si Kecil buah-buahan seperti kiwi, jeruk, stroberi dan pepaya, juga sayuran seperti brokoli, bayam dan wortel.

Vitamin D

Vitamin D dikenal sebagai antibakteri dan antivirus, sehingga pemenuhan vitamin ini sangat penting untuk mencegah si Kecil dari infeksi virus dan bakteri. Agar si Kecil mendapat manfaat dari vitamin D, berikan ia minyak ikan, susu, keju, sayur dan buah-buahan ya, Ma.