Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

buah-dan-sayuran-untuk-optimalkan-imunitas-balita_large
Imunitas

7 Rekomendasi Buah Penambah Imun Tubuh Anak

15 Januari 2020

Tahukah Mama? Sistem imun anak belum sekuat orang dewasa. Itulah sebabnya anak-anak biasanya lebih sering terserang penyakit. Namun, imunitas si Kecil akan terus berkembang menjadi lebih kuat dan kompleks dari waktu ke waktu. Nah, tugas Mama adalah memastikan daya tahan tubuhnya dapat berkembang optimal.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, penting bagi Mama untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya melalui asupan makanan, termasuk buah-buahan. Lalu, apa saja daftar buah penambah imun tubuh anak? 

Yuk, ketahui informasi selengkapnya di sini, Ma!

Mengapa Anak Harus Makan Buah-Buahan?

Buah adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh anak. Buah juga menjadi salah satu sumber cairan terbaik yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Mengutip dari Kementerian Kesehatan RI, penelitian secara medis membuktikan bahwa rutin makan buah dan sayur dapat membantu ketahanan tubuh hingga 3 kali lebih kuat dibandingkan jika hanya mengonsumsi daging.

Bahkan, rutin makan buah dan sayur juga dapat membantu meningkatkan daya ingat, mengolah informasi, dan melindungi sel-sel otak anak dari stres oksidasi berkat kandungan zat antioksidan di dalamnya.

Oksidasi itu sendiri adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas dan dapat merusak sel-sel tubuh. Nah, antioksidan alami dari buah-buahan (seperti vitamin C, vitamin A, dan vitamin E) berfungsi memperlambat, mencegah, dan menghentikan proses oksidasi tersebut.

Oleh karena itu, terpenuhinya kebutuhan nutrisi dengan rutin mengonsumsi buah-buahan bisa membuat anak jadi tidak gampang sakit sekaligus mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Berikut jawabannya:

  • Vitamin C: jenis vitamin ini dibutuhkan oleh sel darah putih untuk melawan infeksi, dan berperan sebagai antioksidan alami dalam melawan radikal bebas

  • Vitamin A: mendukung sistem imunitas anak dengan menggerakkan fungsi sel imun dan menyebarkan antibodi ke seluruh bagian tubuh si Kecil.

  • Vitamin D: berperan dalam pencegahan alergi pada si Kecil, menjaga perkembangan dan fungsi sistem imunitas di dalam tubuh anak. 

  • Zinc: pembentukan jaringan mukosa yang penting untuk pertahanan tubuh dan juga berperan dalam aktivitas sel imun.

  • Zat besi: berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, protein di dalam sel darah merah ini yang mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh.

  • Prebiotik: mendukung pertumbuhan bakteri baik di sistem pencernaan anak. Bakteri baik ini dapat melawan bakteri jahat yang berhasil masuk ke tubuh si Kecil.

Nah, kandungan dari ragam nutrisi di atas bisa Mama dapatkan dari berbagai buah-buahan penambah imun tubuh.

Baca Juga: Nutrisi Terbaik untuk Perkembangan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Berbagai Pilihan Buah Penambah Imun Tubuh untuk Anak

Untuk meningkatkan imunitas si Kecil, Mama bisa memberikan si Kecil berbagai pilihan buah-buahan penambah imun tubuh berikut ini. 

1. Jeruk

Salah satu buah penambah imun tubuh adalah jeruk. Tak heran bila jeruk kerap menjadi pilihan buah yang langsung dicari apabila tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda terserang flu, pilek, atau batuk. 

Ini karena jeruk mengandung banyak vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam satu buah buah jeruk diperkirakan mencapai sekitar 69,7 mg. 

Ada berbagai macam jeruk yang dapat dikonsumsi, seperti buah jeruk biasa, jeruk bali, jeruk keprok, lemon, dan jeruk nipis. Semuanya kaya akan vitamin C, Ma. 

Manfaat vitamin C dapat membangun sistem kekebalan tubuh, Ma. Jenis vitamin ini juga diduga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang bekerja untuk melawan infeksi akibat virus dan bakteri pada tubuh anak. 

Jika ingin menyajikannya untuk anak, Mama bisa memilih jenis jeruk manis yang pasti akan disukai si Kecil. Mama dapat menyajikannya langsung, atau mengolahnya sebagai campuran dalam salad buah dan jus jeruk sebagai camilan sehat anak.

2. Pepaya

Mama mungkin sudah paham kalau pepaya merupakan makanan yang sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan karena mengandung serat tinggi. Namun, sudah tahukah Mama kalau manfaat pepaya juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dengan kandungan nutrisinya yang sangat kaya?

Ya! Pepaya juga menjadi contoh buah penambah imun tubuh si Kecil. Sama seperti jeruk, buah yang kaya akan vitamin C ini juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Tak hanya itu, vitamin A, vitamin B6, kalium, kalsium, magnesium, asam folat, dan serat. Buah pepaya juga mengandung enzim pencernaan yang disebut papain sebagai efek antiradang.

Mama bisa menyajikan pepaya sebagai buah potong yang diberi air perasan jeruk nipis, atau diolah menjadi puding pepaya yang dicampur susu dan agar-agar bubuk.

Sajikan juga buah tinggi serat ini menjadi jus, cukup haluskan dan campurkan dengan susu cair putih. Rasanya dijamin pasti akan disukai si Kecil.

3. Kiwi

Sama seperti pepaya, kiwi juga memiliki kandungan berbagai nutrisi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh si Kecil. Sebut saja seperti asam folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. 

Seperti yang kita ketahui bersama, vitamin C dapat meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. 

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information juga menyatakan bahwa konsumsi kiwi lebih bermanfaat daripada sekedar konsumsi suplemen vitamin C dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sementara itu, nutrisi kiwi lainnya seperti karotenoid, polifenol, dan serat sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Mama bisa mengupas buah kiwi dan potong-potong kecil, lalu menyajikannya langsung kepada si Kecil. Mama juga dapat menghaluskan potongan buah kiwi menggunakan garpu, blender, atau food processor untuk dijadikan bubur buah kiwi. 

4. Semangka

Semangka juga menjadi alternatif buah penambah imun anak lainnya. Tidak hanya menyegarkan, buah semangka juga memiliki kandungan antioksidan yang banyak, atau dikenal dengan glutathione. 

Glutathione disebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan infeksi pada tubuh anak. Untuk mendapatkan glutathione paling banyak di semangka, Mama bisa memberikan si Kecil daging buah merah yang letaknya paling dekat pada kulit. 

Selain menyajikan potongan buah semangka secara langsung, Mama bisa mengolahnya menjadi jus, smoothies, atau lainnya. 

5. Jambu Biji

Jambu biji merah merupakan buah penambah imun tubuh anak karena banyak mengandung vitamin C. Sebuah studi membuktikan bahwa vitamin C dapat mengurangi lama durasi terkena flu dan melawan bakteri penyebab penyakit.

Tak hanya itu, serat makanan dalam buah satu ini juga bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan si Kecil. Kemudian, sama seperti berbagai jenis buah lainnya, jambu biji juga mengandung banyak zat gizi yang baik untuk anak. 

Mama bisa memberikan buah yang mengandung tinggi serat ini secara langsung pada anak, atau mengolahnya sebagai jus, smoothies, hingga sebagai campuran dalam salad buah. 

6. Mangga

Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko anak terserang infeksi. Oleh karena itu, Mangga juga bisa menjadi pilihan buah yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Sebab, sekitar 165 gram buah mangga dapat memenuhi 10% kebutuhan vitamin A harian si Kecil. 

Selain vitamin A, mangga juga menyediakan hampir 75% dari kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C dapat membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang mampu melawan infeksi penyakit. 

Mangga juga memiliki berbagai nutrisi lain untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, seperti tembaga, asam folat, vitamin E, dan beberapa vitamin B. 

Berikan buah penambah imun tubuh anak ini dengan mengolahnya menjadi minuman jus atau smoothie, atau hanya sekadar menyajikannya dalam bentuk potongan.

7. Blueberry 

Blueberry mengandung sejenis flavonoid yang disebut anthocyanin. Jenis antioksidan ini diduga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan dapat mencegah terjadinya peradangan. 

Bahkan, menurut sebuah studi yang dimuat pada jurnal Advances in Nutrition menemukan bahwa flavonoid dapat menurunkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas. 

Para peneliti menemukan bahwa anak yang rutin makan makanan buah kaya flavonoid lebih kecil kemungkinannya terkena infeksi saluran pernapasan atas, atau flu biasa, dibandingkan mereka yang tidak. 

Selain itu, buah mungil ini juga merupakan sumber zat katekin yang berfungsi sebagai antioksidan. 

Baca Juga: 3 Resep Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Nah, selamat mencoba olahan buah penambah imun tubuh anak di atas ya, Ma. Agar si Kecil selalu bersemangat mengonsumsi buah-buahan ini, Mama perlu pintar-pintar menyulapnya menjadi sajian yang menarik dan menggiurkan. 

Selain dari makanan, Mama juga bisa melengkapi nutrisi anak melalui pemberian susu Nutrilon 3.

Susu Nutrilon Royal 3 dilengkapi dengan dengan formula ACTIDUOBIO+, yaitu perpaduan FOS:GOS rasio 1:9 paling tinggi dan teruji klinis dengan omega 3 & 6, zat besi, dan DHA yang bantu mendukung tumbuh kembang, imunitas, serta daya pikir anak. 

Untuk mengetahui lebih banyak lagi soal pemenuhan gizi harian anak guna mengoptimalkan imunitas tubuhnya, Mama bisa juga mengunduh e-book eksklusif Nutrisi dan Gizi untuk Imunitas Anak secara gratis. Yuk, download sekarang!

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Schend, J. (2020, April 30). 15 Foods That Boost the Immune System. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system#other-tips
  2. Raman, R. (2018, December 17). 10 Health Benefits of Mango. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/mango#5.-Contains-immune-boosting-nutrients
  3. Apa saja manfaat buah-buahan bagi tubuh kita? - Direktorat P2PTM. (2013). Direktorat P2PTM. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-saja-manfaat-buah-buahan-bagi-tubuh-kita
  4. Superadmin. (2016, November 8). Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://promkes.kemkes.go.id/?p=7412
  5. WebMD. (2021). Immune-Boosting Foods. WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-immune-foods
  6. Burgess, L. (2018, July 10). The best foods for boosting your immune system. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322412#which-foods-boost-the-immune-system
Artikel Terkait
floating-icon