Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

makanan penambah imun tubuh - Nutriclub
Imunitas

16 Makanan Penambah Imun Tubuh Anak

Article Oleh : Febriyani Suryaningrum 03 Februari 2023

Imun berkaitan erat dengan seberapa optimal anak menangkap dan menyerap informasi baru. Berikut adalah daftar rekomendasi makanan penambah imun tubuh untuk anak.

Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh Anak

Salah satu cara untuk mengoptimalkan imunitas anak adalah lewat nutrisi dari makanan sehat yang mengandung zat besi, prebiotik, probiotik, dan DHA, seperti:

1. Jeruk

Vitamin C tak boleh ketinggalan ada dalam makanan penambah daya tahan tubuh anak. Sebutir buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, mencapai sekitar 69,7 mg. 

Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. 

Ada berbagai macam jeruk yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anak, antara lain jeruk bali, jeruk mandarin, jeruk keprok, lemon, jeruk nipis, dan clementine.

2. Yogurt

Yogurt kaya akan bakteri baik (probiotik) bernama Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus sehingga baik sebagai makanan penambah imun tubuh anak.

Penelitian melaporkan, makan makanan kaya probiotik sekali sehari setelah makan malam dapat mendukung sistem imun dan akan menghasilkan asam lemak yang diperlukan untuk produksi serotonin di otak.

Tingkat serotonin yang tinggi dalam otak pun telah terbukti meningkatkan kemampuan kognitif termasuk memori dan kecepatan belajar.

3. Kefir

Kefir adalah makanan yang baik untuk meningkatkan imun anak usia 1 tahun ke atas karena kaya akan probiotik Lactobacillus kefiri. 

Penelitian menunjukkan Lactobacillus kefiri (yang unik hanya ada dalam kefir) dapat melawan bakteri berbahaya seperti Salmonella, Helicobacter pylori, dan E. coli.

Jika si Kecil kurang suka rasa masam dari kefir, cobalah sajikan dengan topping irisan buah segar atau dijadikan smoothies.

Baca Juga: 14 Makanan yang Mengandung Probiotik Terbaik untuk Anak

4. Bawang 

Bawang putih, bawang merah, hingga bawang bombay adalah rempah sumber prebiotik sehingga harus ada dalam makanan penambah imun tubuh anak.

Salah satu manfaat prebiotik adalah menstimulasi sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan populasi probiotik yang bekerja menjaga daya tahan tubuh.

5. Ikan dan Seafood

Seafood seperti kerang, kepiting, lobster serta ikan tuna dan salmon tinggi akan zinc, zat besi, dan protein yang semuanya penting dalam pembentukan sistem imun.  

Selain itu, ikan berlemak merupakan sumber omega-3 (EPA dan DHA) yang turut membantu perkuat sistem imun agar efektif melawan infeksi dan penyakit.

Kombinasi DHA dan EPA juga terbukti memiliki antioksidan yang mengurangi risiko infeksi pada anak-anak dan mempercepat proses penyembuhan jika si Kecil tertular penyakit.

Baca Juga: Anak Sering Sakit? Mungkin Karena Gizi Asupan Gizinya Tidak Seimbang

6. Almond

Almond merupakan sumber vitamin E, salah satu nutrisi yang paling efektif untuk mengatur kerja sistem kekebalan tubuh. 

Almond juga tinggi flavonoid yang memiliki sifat, antioksidan, antiradang, dan antivirus. Flavonoid menguatkan imun tubuh dengan cara meningkatkan produksi antibodi. 

Selain almond, kacang tanah panggang dan hazelnut juga bisa menjadi sumber antioksidan yang baik sehingga cocok untuk dijadikan makanan penambah imun tubuh. 

7. Chia Seeds

Chia seeds merupakan sumber makanan nabati yang paling kaya akan omega 3. 

Hasil percobaan menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin mengonsumsi chia seeds memiliki kadar serum IgE (antibodi yang dihasilkan oleh sistem imun) lebih tinggi. 

Imunoglobulin E (IgE) telah terbukti berperan memicu respons imun antivirus untuk melawan virus pernapasan, memberikan perlindungan dari paparan toksin, dan melindungi terhadap parasit.

8. Kunyit

Kandungan zat bernama kurkumin polifenol di dalam kunyit memiliki fungsi sebagai antioksidan dan pereda peradangan. Kedua zat itulah yang bantu meningkatkan respon sistem imun tubuh.    

Untuk mengkonsumsinya, Mama dapat merebus satu ruas jari kunyit yang telah dipotong tipis-tipis dalam 250 ml air selama 10-15 menit. 

Agar rasanya tambah nikmat, Mama dapat menambahkan madu, asam jawa, atau perasan jeruk lemon. 

9. Jahe

Bumbu dapur yang memberi sensasi hangat pada badan ini dapat dimanfaatkan sebagai makanan penambah imun tubuh anak, Ma. 

Senyawa gingerol, shogaol, dan paradol yang terkandung dalam jahe bisa menekan respons alergi serta peradangan, yang berarti bisa mencegah terjadinya alergi. 

Tidak hanya itu, jahe juga diyakini dapat menangkal berbagai jenis kanker, gangguan kardiovaskular, diabetes mellitus, dan masalah pencernaan.

10. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau kuaci juga termasuk makanan penambah imun yang bagus karena kaya zinc (6 mg/100 gram), selenium (80,4 mg/100 gram) dan vitamin E (19,6 mg/100 gram).

Kandungan vitamin dan mineral tersebut sangat baik untuk meredakan peradangan, menjadi sumber antioksidan, dan bantu membantu imun tubuh yang kuat.

Karena biji bunga matahari bentuknya kecil dan sulit untuk dikupas, Mama perlu memberi perhatian ekstra saat memberikan makanan ini sebagai snack kepada si Kecil. 

11. Pepaya

Selama ini pepaya dikenal sebagai makanan yang sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. 

Namun tidak berhenti disitu saja, ternyata pepaya juga mampu menjadi makanan penambah imun tubuh karena kandungan nutrisinya yang sangat kaya. 

Dalam 100 gram pepaya, si Kecil akan mendapatkan berbagai vitamin peningkat daya tahan tubuh seperti vitamin C, vitamin B kompleks (B1, B3, B5), serta vitamin E, K, dan vitamin A.

Baca juga: 10 Makanan Anak yang Sehat dan Bernutrisi

12. Kiwi

Penelitian dari National Center for Biotechnology Information menyatakan bahwa konsumsi kiwi lebih bermanfaat daripada sekedar suplementasi vitamin C untuk meningkatkan sistem imun. 

Selain itu, kiwi juga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mengurangi keparahan peradangan dan gejala infeksi saluran pernapasan. 

13. Blueberry

Buah ini kerap kali dilabeli sebagai “superfood”, karena 190 porsi buah blueberry mampu memenuhi 25% kebutuhan vitamin C dan mengandung 4 gram serat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Warna birunya merupakan anthocyanin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan dapat mencegah terjadinya peradangan. 

Selain itu, buah mungil ini juga merupakan sumber zat katekin yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi si Kecil dari radikal bebas. 

14. Brokoli

Brokoli menyandang gelar sebagai sayuran tersehat karena tinggi vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, serat, zat besi, kalsium, magnesium, dan masih banyak nutrisi esensial lainnya.  

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari brokoli sebagai makanan penambah daya tahan tubuh, Mama dapat memasaknya dengan cara mengukus atau dijadikan sup.

Hindari mengolah brokoli dengan cara merebus dan membuang air rebusannya, sebab vitamin esensial akan larut ke dalam air rebusan dan terbuang begitu saja. 

15. Bayam

Bayam tinggi vitamin C, beta karoten, dan antioksidan yang semuanya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. 

Selain itu, bayam juga sarat akan berbagai vitamin dan mineral esensial seperti Vitamin A, K1, B9, dan zat besi. 

Nah, sama dengan brokoli, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari bayam, Mama juga harus memasak bayam dalam waktu sesingkat mungkin dengan cara kukus. 

16. Paprika Merah

Siapa sangka ya Ma, ternyata paprika merah memiliki kandungan vitamin C hingga 2-3 kali lebih tinggi daripada buah jeruk. 

Selain vitamin C, paprika merah juga kaya akan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata dan kulit si Kecil. 

Baca Juga: 10 Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas dan Daya Tahan Tubuh Kuat

Agar manfaat dari semua makanan penambah imun tubuh di atas maksimal, penting untuk melengkapi asupan gizi harian si Kecil dengan nutrisi optimal "The Formula For Winning Child" dari Nutrilon Royal 3.

Nutrilon Royal 3 adalah satu-satunya susu pertumbuhan yang dirancang secara saintifik dengan Double Biotics FOS:GOS dan DHA EPA lebih tinggi yang teruji klinis perkuat imunitas dan bantu maksimalkan inteligensi si Kecil untuk jadi pemenang.

Yuk, daftar membership Nutriclub untuk dapatkan promo berhadiah eksklusif dari setiap pembelian produk Nutrilon! Dengan jadi member, Mama juga bisa mendapat akses langsung ke berbagai konten digital eksklusif untuk tumbuhkan Anak Pemenang.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Sehat tanpa obat dengan bawang merah bawang putih / oleh, Dian Sukma Kuswardhani ; editor, Aldo Sahala | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Opac.perpusnas.go.id. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1157096

  2. Semeco, A. (2023, October 31). The 20 Best Prebiotic Foods You Should Eat. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods#onions

  3. Kefir for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/kefir/

Artikel Terkait
floating-icon