Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

susu untuk daya tahan tubuh anak - Nutriclub
Imunitas

10 Cara Memilih Susu Terbaik untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Article Oleh : Febriyani Suryaningrum 30 Mei 2023

Memilih susu untuk daya tahan tubuh jadi salah satu upaya yang bisa Mama lakukan untuk mengurangi risiko anak gampang sakit. Lalu, apa yang harus diperhatikan dalam memilihnya?

Cara Memilih Susu untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Supaya tidak salah pilih, ikuti tips memilih susu pertumbuhan terbaik supaya dapat dukung pertahanan tubuh si Kecil berikut ini, yuk: 

1. Pilih yang Diperkaya Prebiotik FOS:GOS 1:9

Susu yang Mama pilih harus mengandung prebiotik FOS:GOS. Prebiotik adalah makanan untuk bakteri baik di dalam sistem pencernaan.

Ketika bakteri baik (probiotik) cukup makan, jumlahnya di dalam usus akan mendominasi bakteri jahat. Dengan begitu, kesehatan pencernaan anak terjaga. 

Jika usus anak bermasalah, ia kemungkinan besar akan terkena bakteri, parasit, dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Sebab, sebanyak 70% sistem imun tubuh berada dalam usus.

2. Pastikan Mengandung Zat Besi

Nutrisi ini penting dalam pembentukan hemoglobin, yaitu sel darah merah untuk mengalirkan oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh. Termasuk tulang dan otaknya. 

Kekurangan zat besi bisa menjadi masalah, karena dapat membuat anak mudah terkena infeksi, anemia defisiensi besi, menghambat pertumbuhan, dan menurunkan prestasi belajar. 

Oleh karena perannya yang teramat penting dalam tubuh anak, Mama harus pastikan susu pertumbuhan yang diberikan pada si Kecil tinggi zat besi.  

3. Dilengkapi DHA dan EPA

Mama juga perlu memastikan susu untuk daya tahan tubuh anak mengandung EPA DHA.

DHA dan EPA ada dalam Nutrilon Royal 3, dan manfaatnya penting untuk optimalkan perkembangan sel-sel otak sehingga anak memiliki daya tangkap dan konsentrasi yang baik.  

DHA dan EPA juga bekerja sama untuk mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh anak agar bisa bekerja dengan baik.

4. Diperkaya Vitamin D

Vitamin D bukan hanya mendukung pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat. Vitamin satu ini ternyata juga dapat bantu menghentikan peradangan yang sifatnya merusak sel darah putih. 

Selain itu, vitamin D juga bantu tubuh si Kecil dalam proses pembentukan protein yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. 

Dengan demikian, asupan vitamin D yang cukup dapat bantu si Kecil terhindar dari berbagai macam penyakit, mulai dari batuk, pilek, hingga infeksi saluran pernafasan akut. 

5. Ditambah Vitamin A

Vitamin A dapat merangsang produksi sel darah putih pada dan meningkatkan efektifitas kerjanya. Jadi, pastikan susu untuk daya tahan tubuh anak mengandung nutrisi ini. 

Selain menjaga kesehatan mata anak, vitamin A juga berfungsi memperkuat mukosa yang melapisi mata, paru-paru, usus, serta bagian genital si Kecil. 

Dengan demikian, bakteri dan virus jahat yang mencoba memasuki tubuh akan terjebak di lapisan tersebut. Hal ini tentu menurunkan risiko infeksi penyakit pada anak. 

6. Dilengkapi Vitamin C

Susu yang dipilih Mama juga perlu dilengkapi vitamin C. Pasalnya, vitamin ini bisa melindungi tubuh anak dari radikal bebas, meningkatkan imun tubuh, dan bantu penyerapan zat besi. 

Bukan hanya itu, sejumlah studi juga menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C akut secara perlahan berdampak pada struktur dan fungsi otak anak. 

Hal ini dapat membatasi kemampuan mereka untuk belajar dan mencapai potensi diri secara optimal untuk menjadi pemenang. 

Baca Juga: 8 Vitamin Penting untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

7. Terfortifikasi Vitamin E

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa vitamin E bantu tingkatkan kekebalan tubuh dengan cara menghambat radikal bebas dan meningkatkan respon sel T terhadap patogen jahat. 

Selain itu, vitamin E juga memiliki kemampuan untuk mengurangi respon peradangan dalam tubuh si Kecil. Jadi, pastikan susu di Kecil diperkaya dengan vitamin satu ini. 

8. Ada Kandungan Vitamin B1

Dalam memilih susu untuk daya tahan tubuh, Mama juga perlu memastikan keberadaan vitamin B1 yang juga dikenal dengan nama tiamin. 

Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, vitamin ini akan bantu tubuh anak dalam menangkal radikal bebas, merangsang produksi sel T, dan mengurangi respon peradangan. 

9. Kaya Kandungan Vitamin B2 

Vitamin ini biasanya luput dari perhatian karena kurang populer. Namun, ternyata perannya besar di dalam sistem kekebalan tubuh. 

Vitamin B2 atau riboflavin bekerja dengan cara meningkatkan fagositik makrofak, yaitu kinerja sel darah putih dalam memusnahkan mikroorganisme yang dianggap berbahaya bagi tubuh. 

Apabila asupan riboflavin tidak mencukupi, pertumbuhan sel darah putih dan aktivitas fagositik makrofagnya akan menurun. Dengan begitu, kekebalan tubuh si Kecil melemah.  

Baca Juga: Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak 

10. Cek Kandungan Vitamin B9

Sejak masa kehamilan, Mama sudah mengonsumsi asam folat alias vitamin B9 untuk mendukung tumbuh kembang janin yang optimal. 

Asupan nutrisi ini perlu terus diberikan pada anak karena berperan penting dalam peningkatan produksi sel darah putih T, aktivitas pemusnahan patogen, dan produksi imunoglobulin. 

Dengan begitu kekuatan daya tahan tubuh si Kecil meningkat dan ia tidak mudah tertular penyakit dari orang-orang sekitarnya. 

Manfaat Minum Susu untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Pemberian susu pertumbuhan memiliki banyak manfaat untuk anak, termasuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

Studi menunjukkan asam lemak omega 3 EPA dan DHA pada susu dapat bantu meningkatkan kesehatan jantung, otak, dan mata, serta dukung kekebalan tubuh optimal.

Asam lemak omega 3 dan senyawa turunannya memiliki kemampuan untuk mengatur komponen respon imun dan menunjukkan efek anti-inflamasi. 

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Mama bisa berikan susu Nutrilon Royal 3.

Susu Nutrilon Royal 3 dilengkapi dengan dengan formula ACTIDUOBIO+, yaitu perpaduan FOS:GOS rasio 1:9 paling tinggi yang teruji klinis bantu mendukung imunitas anak. 

Susu pertumbuhan ini juga diperkaya dengan omega 3 & 6, DHA, zat besi, serta 12 vitamin dan 9 mineral untuk bantu optimalkan tumbuh kembang dan daya tangkap anak. 

Jadi, jangan lupa untuk cukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil dari makanan bergizi dan pilih susu untuk daya tahan tubuh seperti Nutrilon Royal 3. 

Cukup minum tiga kali sehari, yaitu pada pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur, sebagai Bekal si Kecil untuk terus Menang di setiap langkah.

Sampai bertemu pada artikel informatif berikutnya!

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Shlomo -- Yehuda. (2003, February). Omega-6/Omega-3 Ratio and Brain-Related Functions. ResearchGate; Karger. https://www.researchgate.net/publication/9038818_Omega-6Omega-3_Ratio_and_Brain-Related_Functions
  2. Kuratko, C. N., Erin Cernkovich Barrett, Nelson, E. B., & Salem, N. (2013). The Relationship of Docosahexaenoic Acid (DHA) with Learning and Behavior in Healthy Children: A Review. Nutrients, 5(7), 2777–2810. https://doi.org/10.3390/nu5072777
  3. Vitamin D. (2012, September 18). The Nutrition Source. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-d/
  4. West, H. (2023, May 7). 6 Health Benefits of Vitamin A, Backed by Science. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-a-benefits#TOC_TITLE_HDR_4
  5. Pernille Tveden-Nyborg. (2021). Vitamin C Deficiency in the Young Brain—Findings from Experimental Animal Models. Nutrients, 13(5), 1685–1685. https://doi.org/10.3390/nu13051685
  6. Office of Dietary Supplements - Vitamin C. (2021). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-Consumer/
  7. Mitra, S., Paul, S., Roy, S., Hriday Sutradhar, Talha Bin Emran, Firzan Nainu, Mayeen Uddin Khandaker, Almalki, M., Polrat Wilairatana, & Mubarak, M. S. (2022). Exploring the Immune-Boosting Functions of Vitamins and Minerals as Nutritional Food Bioactive Compounds: A Comprehensive Review. Molecules, 27(2), 555–555. https://doi.org/10.3390/molecules27020555
  8. Iron (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2021). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/iron.html
  9. ‌Iron needs of babies and children. (2007). Paediatrics & Child Health, 12(4), 333–334. https://doi.org/10.1093/pch/12.4.333
  10. ‌WebMD Editorial Contributors. (2020, November 11). Foods High in Prebiotics. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-prebiotic
  11. ‌CDC. (2022, May 25). Choosing an Infant Formula. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/formula-feeding/choosing-an-infant-formula.html
  12. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/887/bagaimana-meningkatkan-kekebalan-tubuh
  13. The Importance of Good Gut Health in Children. Only about Children. https://www.oac.edu.au/news-views/the-importance-of-good-gut-health-in-children
  14. Dr. Joyani Das. (2021, December 5). Omega-3 For Kids: Safety, Benefits, Side Effects & Dosage. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/kids-omega-3-benefits-dosage-side-effects_00790878/
  15. ‌Yahfoufi, N., Mallet, J., Graham, E., & Matar, C. (2018). Role of probiotics and prebiotics in immunomodulation. Current Opinion in Food Science, 20, 82–91. https://doi.org/10.1016/j.cofs.2018.04.006
  16. ‌R. Morgan Griffin. (2008, November 25). The Facts on Omega-3 Fatty Acids. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/healthy-aging/omega-3-fatty-acids-fact-sheet
  17. ‌Ajmera, R. (2019, October 9). Should Kids Take Omega-3 Supplements? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids
  18. ‌How Can Omega-3s Support Immunity Throughout Life? (2020, November 27). https://www.dsm.com/human-nutrition/en/talking-nutrition/how-can-omega-3s-support-immunity-throughout-life.html
Artikel Terkait
floating-icon