Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

susu formula rendah gula - nutriclub
Nutrisi

6 Manfaat Susu Formula Pertumbuhan Rendah Gula

Article Oleh : Intan 11 Juni 2024

Tambahan gula dalam susu berbahaya karena meningkatkan risiko obesitas dan gigi berlubang pada anak. Itu kenapa sebaiknya Mama memilihkan susu formula rendah gula untuk si Kecil.

Apa manfaat dan rekomendasi susu formula terbaik untuk balita 1-5 tahun yang rendah gula?

Manfaat Susu Rendah Gula untuk Tumbuh Kembang Anak

Susu formula pertumbuhan dapat melengkapi nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Berikut berbagai manfaat susu formula rendah gula untuk anak: 

1. Minimalisir Risiko Kerusakan Gigi

Mama pasti sudah tahu bahwa konsumsi gula dalam jumlah tinggi tidak baik untuk kesehatan gigi anak seperti karies dan gigi berlubang.

Untuk mencegahnya, WHO menganjurkan pengurangan asupan gula tambahan yang berasal dari minuman seperti susu hingga kurang dari 10% dari jumlah total kalori anak dalam sehari.

Akan lebih baik lagi bila konsumsi gula kurang dari 5% per hari. 

2. Mendukung Kerja Sistem Imun

Sekitar 70-80% fungsi sistem kekebalan tubuh perannya dipegang oleh koloni bakteri baik yang ada di usus untuk mengusir bakteri dan virus berbahaya.

Konsumsi gula tambahan yang berlebihan dapat mematikan koloni bakteri baik dalam usus, dan tergantikan oleh bakteri jahat penyebab penyakit. 

Mengonsumsi susu formula pertumbuhan rendah gula dengan kandungan prebiotik FOS:GOS meningkatkan bakteri baik di usus untuk bantu optimalkan sistem imun anak agar tidak mudah sakit. 

Baca Juga: 15 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh Anak

3. Bantu Meringankan Kerja Pencernaan

Kelebihan gula dapat memicu gangguan metabolik pada anak dan mengganggu penyerapan nutrisi susu di dalam tubuh.

Penelitian menyebutkan, kebiasaan minum susu tinggi gula berhubungan dengan penurunan kadar vitamin D yang mengganggu penyerapan kalsium. Hal ini dapat menyebabkan anak kekurangan kalsium dan vitamin D.

Susu formula pertumbuhan untuk anak yang bagus biasanya juga difortifikasi dengan prebiotik FOS:GOS yang bantu menjaga kesehatan pencernaan dan imun.

4. Bantu Perkuat Tulang

Anak Indonesia rata-rata memiliki kadar vitamin D rendah. Defisiensi vitamin D pada anak dalam jangka panjang bisa melemahkan tulang dan menghambat pertumbuhan fisik.

Mengkonsumsi susu formula pertumbuhan yang tinggi kalsium dan vitamin D bermanfaat untuk bantu memperkuat tulang anak.

Minum susu formula rendah gula dapat membantu mengurangi asupan gula harian sekaligus memungkinkan anak-anak mendapatkan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.

Kuncinya, konsumsi susu pertumbuhan harus tetap didampingi dengan asupan vitamin D dari sinar matahari serta makanan seperti ikan tuna, ikan tenggiri, ikan kembung, salmon, dan telur.

5. Menambah Energi 

Selama periode pertumbuhan, anak membutuhkan asupan makanan bergizi agar ia tetap berenergi saat beraktivitas. Susu formula pertumbuhan rendah gula adalah sumber nutrisi yang baik bagi anak.

Susu formula pertumbuhan mengandung banyak vitamin yang membantu mengubah makanan jadi energi. Terdapat protein, lemak, dan karbohidrat yang turut melengkapi kebutuhan nutrisi anak.

Selain itu, agar anak bisa tumbuh tinggi dan berat badannya naik secara sehat, susu pertumbuhan adalah opsi penambah kalori yang tepat. 

6. Menurunkan Risiko Obesitas

Susu tinggi gula berbahaya bagi kesehatan anak karena bisa menyebabkan obesitas.

Maka itu, WHO sangat menganjurkan membatasi asupan gula tambahan anak hingga kurang dari 5% dari jumlah total kalori per hari.

Salah satu upaya yang bisa Mama lakukan untuk mengurangi asupan gula tambahan si Kecil adalah dengan memberikan susu formula rendah gula yang terbaik untuk balita 1-5 tahun.

Baca Juga: 10 Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas dan Daya Tahan Tubuh Kuat

Rekomendasi Susu Formula Pertumbuhan Rendah Gula untuk Anak 1-5 Tahun

Nutrilon adalah pilihan susu formula pertumbuhan rendah gula yang bisa Mama berikan untuk anak 1-5 tahun. Berikut ini kandungan dan mnafaat yang terdapat di dalam Nutrilon Royal 3 dan Nutrilon Royal 4:

1. 0 Gram Sukrosa

Nutrilon Royal adalah pilihan susu formula pertumbuhan rendah gula karena tidak mengandung gula tambahan dengan kandungan 0 gram sukrosa. Namun, tetap disukai si Kecil karena rasanya yang lezat.

2. Tinggi Double Biotics (FOS:GOS)

Nutrilon Royal satu-satunya susu pertumbuhan yang dirancang secara saintifik dengan Double Biotics FOS:GOS.

FOS:GOS adalah prebiotik yang menjadi sumber makanan bagi bakteri baik dalam usus yang membantu meningkatkan sistem imun anak.

3. Tinggi DHA dan EPA

Nutrilon Royal 3 dan 4 adalah susu tinggi DHA & EPA yang mendukung perkembangan kognitif dan daya tangkap si Kecil.

DHA dan EPA adalah nutrisi untuk otak yang mampu meningkatkan fungsi kognitif, seperti fokus, daya ingat, kemampuan belajar, dan daya tangkap anak. 

4. Diperkaya 12 Vitamin dan 9 Mineral

Nutrilon Royal merupakan susu tinggi kalsium yang diperkaya juga dengan 12 vitamin dan 9 mineral penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan optimal si Kecil agar siap jadi pemenang.

Seluruh kombinasi formula ini menjadikan Nutrilon Royal sebagai "The Formula For Winning Child" yang dirancang secara saintifik serta teruji klinis perkuat imunitas dan maksimalkan intelegensi si Kecil.

Untuk anak yang berusia 1-3 tahun, Mama bisa pilih Nutrilon Royal 3 sedangkan untuk si Kecil yang berusia 3-5 tahun, pilihlah Nutrilon Royal 4 untuk maksimalkan imunitas dan intelegensi anak di usia prasekolah.

Jangan lupa langsung bergabung di Nutriclub agar Mama bisa mendapatkan banyak promo dan penawaran eksklusif dari setiap pembelian susu Nutrilon. Dapatkan juga akses eksklusif untuk konsultasi langsung dengan ahli kapan pun dan di mana pun!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Children's Health. “What Is the Best Milk for Children?” Childrens.com, 2019, www.childrens.com/health-wellness/what-is-the-best-milk-for-children.

  2. Kwon, Yoowon, et al. “Is High Milk Intake Good for Children’s Health? A National Population-Based Observational Cohort Study.” Nutrients, vol. 13, no. 10, 2 Oct. 2021, p. 3494, https://doi.org/10.3390/nu13103494. Accessed 23 Apr. 2022.

  3. Manchester Metropolitan University. “Children Prefer Healthier Low-Sugar Flavoured Milk, Taste Tests Show.” Manchester Metropolitan University, 15 Nov. 2018, www.mmu.ac.uk/news-and-events/news/story/8825/. Accessed 19 Mar. 2024.

  4. Torrens, Kerry. “Milk for Kids: What Parents Need to Know.” BBC Good Food, 27 Aug. 2020, www.bbcgoodfood.com/health/milk-for-kids-what-parents-need-to-know.

  5. Universitas Gadjah Mada. “Anak Indonesia Hadapi Ancaman Kekurangan Vitamin D .” Universitas Gadjah Mada, 22 May 2018, ugm.ac.id/id/berita/16262-anak-indonesia-hadapi-ancaman-kekurangan-vitamin-d/.

  6. ---. “Role of Milk and Milk Product in Body Immune System.” Universitas Gadjah Mada, 30 Nov. 2017, ugm.ac.id/en/news/15275-role-of-milk-and-milk-product-in-body-immune-system/. Accessed 19 Mar. 2024.

  7. Vinmec International Hospital. “Is Low-Sugar Milk Good?” Www.vinmec.com, www.vinmec.com/en/news/health-news/healthy-lifestyle/is-low-sugar-milk-good/. Accessed 19 Mar. 2024.

  8. World Health Organization. “Guideline: Sugars Intake for Adults and Children.” Www.who.int, 4 Mar. 2015, www.who.int/publications/i/item/9789241549028.

Artikel Terkait
floating-icon