Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

manfaat minum susu sebelum tidur-nutriclub
Nutrisi

11 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Anak

Article Oleh : Intan 05 Juli 2024

Selain bantu anak cepat tumbuh tinggi, apa saja manfaat minum susu sebelum tidur dan kapan paling telat anak boleh minum susu sebelum tidur?

Apa Saja Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur? 

Salah satu kebiasaan yang baik untuk diterapkan sejak dini adalah minum susu setiap malam. Berikut adalah sejumlah manfaat yang bisa anak dapatkan kalau rajin minum susu sebelum tidur:

1. Memperkuat Imun 

Rajin minum susu sebelum tidur ternyata bermanfaat untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh anak. 

Ini karena susu merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi.

Susu pertumbuhan ada juga yang terfortifikasi dengan vitamin serta prebiotik FOS:GOS untuk bantu memelihara bakteri baik dalam perut yang kerjanya menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga:  10 Cara Memilih Susu Terbaik untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

2. Dukung Perkembangan Otak 

Manfaat minum susu sebelum tidur juga mendukung perkembangan otak anak karena kandungan asam lemak DHA & EPA serta omega-3 di dalamnya.

Minum susu tinggi DHA membantu optimalkan fungsi kognitif anak, karena sebagian besar perkembangan otak anak terjadi saat tidur. 

Waktu tidur adalah saat paling penting di mana koneksi antara belahan otak kiri dan kanan sedang terbentuk. 

3. Optimalkan Fungsi Kognitif Anak 

Ada lebih dari 1.000.000 koneksi saraf terbentuk per detik selama 3 tahun pertama, terutama selama tidur.

Selama tidur, otak juga akan melepaskan hormon yang penting untuk konsolidasi memori, proses pembelajaran, dan daya tangkap anak. 

DHA adalah salah satu nutrisi penting untuk otak karena bisa mempercepat laju komunikasi antar sel saraf. Mengoptimalkan asupan DHA juga meningkatkan kemampuan membaca anak.

4. Bantu Anak Tidur Nyenyak

Minum susu hangat membantu anak tidur lebih nyenyak, karena susu mengandung asam amino triptofan yang merangsang produksi melatonin.

Melatonin merupakan hormon yang dilepaskan tubuh di malam hari untuk memicu rasa ngantuk agar anak bisa tidur lelap.

Selain mengoptimalkan perkembangan otak, tidur yang cukup dan nyenyak juga bantu memperkuat sistem imun.

5.  Menambah Tinggi Badan

Salah satu manfaat minum susu sebelum tidur adalah menambah tinggi badan anak karena susu tinggi kalsium dan vitamin D.

Selama tidur, tubuh akan mencerna dan menyerap kalsium serta vitamin D secara lebih efektif yang digunakan untuk memperkuat pertumbuhan tulang.

Di saat yang bersamaan, otak akan melepaskan growth hormone yang dibutuhkan untuk pertumbuhan fisik yang optimal.

Baca Juga: 8 Manfaat Minum Susu untuk Tumbuh Kembang Anak

6. Cadangan Energi untuk Esok Hari 

Susu sapi mengandung laktosa, gula alami yang akan dijadikan sumber energi oleh tubuh anak.

Minum susu sebelum tidur akan membantu anak memiliki cadangan energi yang cukup untuk dipakai beraktivitas di pagi hari. 

Jika dipadukan dengan menu makan malam yang bergizi lengkap, manfaat minum susu dapat berdampak positif pada tingkat energi anak di pagi hari serta kesehatannya dalam jangka panjang.

7. Melancarkan Pencernaan 

Susu punya banyak nutrisi yang membantu melancarkan pencernaan, seperti selenium, vitamin B, dan vitamin D. 

Konsumsi susu di malam hari bisa membantu proses pencernaan dan meningkatkan penyerapan kalsium dan nutrisi lainnya untuk perbaikan dan pemulihan yang optimal.

8. Mencegah Anak Ngemil Malam 

Mama mungkin tidak menyadari manfaat minum susu sebelum tidur yang satu ini. Minum susu di malam hari membuat anak merasa kenyang dan mencegahnya ngemil makanan tidak sehat.

9. Memperkuat Gigi Anak 

Susu termasuk makanan tinggi kalsium dan fosfor yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan gigi kuat.  

Kalsium membutuhkan fosfor untuk membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan gigi si Kecil. 

Protein dalam susu juga memberikan lapisan pelindung di gigi yang bisa mengurangi kerusakan gigi.

10. Meningkatkan Suasana Hati

Vitamin D mendukung produksi serotonin, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati, nafsu makan, dan membantu tidur. 

Kekurangan vitamin D sering kali dikaitkan dengan depresi dan suasana hati yang buruk.

11. Menjaga Kesehatan Jantung 

Membiasakan makan makanan tinggi gula dan garam dapat membahayakan kesehatan jantung anak, karena gula dan garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah.

Susu merupakan sumber kalium yang berfungsi membantu menurunkan tekanan darah. 

Minum susu dengan kandungan 0 gram sukrosa dan makan malam rendah garam dapat bantu menjaga asupan si Kecil supaya tidak melewati batas hariannya, sehingga tekanan darah bisa tetap stabil. 

Baca Juga: 4 Tips Memilih Susu Pertumbuhan Anak Usia 1-3 Tahun

Supaya si Kecil bisa mendapatkan semua manfaat minum susu di malam hari, pastikan Mama memberikan susu pertumbuhan yang terfortifikasi nutrisi penting, seperti Nutrilon Royal 3.

Nutrilon Royal 3 satu-satunya formula yang dirancang secara saintifik dengan Double Biotics FOS:GOS, DHA & EPA yang lebih tinggi, serta 12 vitamin dan 9 mineral untuk bantu perkuat imunitas si Kecil dan maksimalkan inteligensi si Kecil.

Berapa Jam Jarak Boleh Tidur Setelah Minum Susu? 

Manfaat minum susu sebelum tidur untuk anak sangatlah banyak, sehingga sayang bila dilewatkan.

Sebaiknya berikan anak susu untuk diminum 2-3 jam sebelum tidur agar penyerapan kalsium dan nutrisinya maksimal.

Berikanlah segelas susu yang hangat agar perutnya nyaman selama tidur. Minum susu dingin sebelum tidur justru bisa memicu sakit perut yang mengganggu tidurnya. 

Daftar member Nutriclub sekarang untuk dapatkan akses eksklusif ke banyak konten digital terkurasi seputar pemenuhan gizi anak yang tervalidasi expert serta promo berhadiah dari setiap pembelian produk Nutrilon!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Doctors, Verified By Star Health. 12 Powerful Health Benefits of Milk. 3 Aug. 2023, www.starhealth.in/blog/benefits-of-milk. Accessed 30 May 2024.
  2. FirstCry Parenting . “10 Super Benefits of Drinking Milk at Night.” Parenting.firstcry.com, parenting.firstcry.com/articles/10-benefits-of-drinking-milk-before-bed-at-night/.
  3. Fonterra. “Milk and Your Immune System – Good Together.” Fonterra, www.fonterra.com/nz/en/our-stories/articles/milk-and-your-immune-system-good-together.html. Accessed 30 May 2024.
  4. Natural Food Group. “Best Times to Drink Milk, Based on Different Purposes.” Natural Food Group, 22 Mar. 2022, natural-food.asia/best-times-to-drink-milk-based-on-different-purposes/.
  5. Pearson, Keith. “How Omega-3 Fish Oil Affects Your Brain and Mental Health.” Healthline, 2017, www.healthline.com/nutrition/omega-3-fish-oil-for-brain-health.
  6. Rejuvenation Health. “Is Milk Good for Your Teeth? Facts & Precautions | Rejuvenation Health.” Www.rejuv-Health.com, 2 Nov. 2022, www.rejuv-health.com/nutrition-and-oral-health/is-milk-good-for-teeth/. Accessed 30 May 2024.
  7. Verywell Health. “Does Warm Milk Help You Sleep?” Verywell Health, www.verywellhealth.com/does-warm-milk-help-you-sleep-8601809. Accessed 30 May 2024.
  8. ---. “Drinking Milk: Will It Make Me Grow Taller in Puberty?” Verywell Health, www.verywellhealth.com/does-milk-make-you-taller-8584902.
  9. Vinmec. “The Role of DHA in the Development of Young Children.” Www.vinmec.com, www.vinmec.com/en/news/health-news/pediatrics/the-role-of-dha-in-the-development-of-young-children/. Accessed 30 May 2024.
  10. Ware, Megan. “Milk: Health Benefits and Nutritional Information.” Www.medicalnewstoday.com, 16 Mar. 2020, www.medicalnewstoday.com/articles/273451.
Artikel Terkait