Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Ilustrasi susu formula tahan berapa jam - Nutriclub
Nutrisi

Susu Formula Tahan Berapa Jam Setelah Dibuat?

Article Oleh : Ester Sondang 03 Juli 2024

Mengetahui susu formula tahan berapa jam setelah dibuat sangat penting, mengingat agar si Kecil bisa mendapatkan manfaat optimal dari susu. Cek penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk, Ma!

Susu Formula Tahan Berapa Jam?

Menanggapi susu formula tahan berapa jam setelah dibuat, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan: “konsumsi secepatnya atau simpan dengan aman”. 

Saran dari CDC ini tentunya bukan tanpa alasan, pasalnya susu formula dinilai mudah rusak jika terlalu lama dibiarkan pada suhu ruangan.

Dua jam dianggap sebagai waktu maksimal paling aman untuk anak mengonsumsinya, karena belum berisiko terpapar bakteri.

Waktu durasi itu pun dengan catatan; susu berada pada suhu kamar, tidak disentuh dan belum pernah dipanaskan kembali sebelumnya.

Tak cuma itu, Mama pun harus jeli, sebab ada beberapa merek susu yang menuliskan pada kemasannya, bahwa hanya aman dikonsumsi dalam kurun waktu 1 jam setelah pembuatan.

Bila Susu Formula Tidak Dihabiskan Lebih dari 2 Jam..

Lantas, apa yang harus dilakukan pada susu formula yang tidak dihabiskan lebih dari 2 jam? Bisakah disimpan lalu diminum kembali nanti?

Tidak bisa, ya, Ma dan sebaiknya segera dibuang. Produk minuman berbahan dasar susu dinilai sebagai tempat sempurna bagi bakteri untuk mudah berkembang.

Terutama susu tersebut pada wadah terbuka, berada di suhu ruang, dan sudah terkena air liur si Kecil.

Ini berarti tak lama setelah susu dibiarkan, kemungkinan besar bakteri akan masuk ke dalamnya dan berkembang biak, sehingga berpotensi membahayakan yang terlanjur meminumnya.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Susu Pertumbuhan Anak Usia 1-3 Tahun

Susu Formula Tahan Berapa Jam, bila Disimpan di Kulkas?

Jika Mama terlanjur membuat dan si Kecil tidak menghabiskannya, Mama bisa gunakan saran kedua dari CDC, yaitu simpan dengan aman di lemari es.

Namun pastikan botol susu tersebut bukanlah botol yang baru saja digunakan, ya. Ini karena kombinasi susu formula dan air liur si Kecil berisiko menyebabkan bakteri semakin berkembang biak.

Karenanya, simpan susu formula dengan botol susu yang bersih dan steril. Botol yang digunakan juga harus tertutup rapat dan lemari es setidaknya bersuhu 40°F (4,4°C) atau lebih rendah.

Susu tersebut bisa diminum kembali dalam kurun waktu 24 jam saja. Lebih lama dari itu, sebaiknya dibuang.

Namun jika si Kecil tidak menghabiskan susunya lagi, jangan pernah mengembalikannya ke lemari es. Apakah dengan menyimpan susu formula di freezer, bisa memperpanjang durasi simpan? 

Ternyata ini juga sangat tidak disarankan, Ma.

Baca Juga: Cara Memilih Susu untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Penting Diperhatikan

Nutrisi susu sangat bermanfaat bagi pertumbuhan si Kecil. Namun jika Mama tidak memerhatikan aturan tentang ketahanan susu dan cara penyimpanannya, si Kecil justru berisiko terpapar bakteri dan mengalami sakit serius.

Penting juga untuk memerhatikan waktu terbaik membuat susu. Usahakan tidak pada waktu-waktu anak berpotensi tidak segera menghabiskan, contohnya saat setelah makan dan sudah sangat mengantuk.

Selain membaca penjelasan susu formula tahan berapa jam di atas, tidak ada salahnya Mama menanyakan kepada sales produk susu yang Mama pilih.

Karena itu tadi, setiap produk susu bisa jadi memiliki informasi dan petunjuk yang berbeda, baik mengenai produksi, ketahanan produk susu formulanya, hingga cara penyimpanan. 

Mama juga bisa bertanya kepada Nutriclub Expert Advisor Team mengenai segala hal yang berhubungan dengan tumbuh kembang si Kecil, salah satunya nutrisi dalam meningkatkan imunitas.

Semoga Mama dan si Kecil selalu dalam keadaan sehat ya, Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Melanie L. Pitone, MD. Diakses 27 Mei 2024. Formula Feeding FAQs: Preparation and Storage. Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/formulafeed-storing.html

  2. CDC. Diakses 27 Mei 2024. Infant Formula Preparation and Storage. Cdc.gov. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/formula-feeding/infant-formula-preparation-and-storage.html

  3. Headline Editorial Team. (2019. December 19). How Long Is Formula Good Once Mixed? And Other Questions About Formula. Healthline.com. https://www.healthline.com/health/baby/how-long-is-formula-good-for

Artikel Terkait