Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Nutrisi

Cara Memilih Susu Terbaik untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 30 Mei 2023

Tentunya sebagai orangtua, Mama ingin daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga agar tidak mudah sakit. Berbagai upaya pun Mama lakukan untuk meningkatkan imunitas si Kecil. Salah satunya yakni dengan memberikan susu untuk daya tahan tubuh anak.

Namun, apakah benar minum susu pertumbuhan dapat memengaruhi daya tahan tubuh anak? Dan bagaimana cara memilih susu yang tepat untuk si Kecil? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini selengkapnya, ya, Ma.

Manfaat Minum Susu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Sistem daya tahan tubuh atau sistem imunitas adalah kemampuan tubuh untuk melindungi diri dari bakteri, virus, jamur, parasit dan lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Bisa dibilang, fungsi imun ini seperti garis pertahanan pada tubuh agar terhindar dari berbagai pengaruh negatif.

Tanpa sistem kekebalan tubuh yang kuat dan efektif, tubuh menjadi rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit. Oleh karena itu, diperlukan sistem kekebalan tubuh yang sehat untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyebab penyakit.

Nah, supaya sistem imun pada anak bekerja dengan optimal, diperlukan nutrisi yang tepat untuk dikonsumsi setiap hari. Salah satunya adalah dengan memberikan si Kecil segelas susu. Sebab, susu pertumbuhan memiliki banyak manfaat untuk anak, termasuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 EPA dan DHA yang terdapat di dalam susu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, otak, dan mata, serta mendukung kekebalan tubuh yang optimal.

Asam lemak omega 3 dan senyawa turunannya memiliki kemampuan untuk mengatur komponen respon imun dan menunjukkan efek anti-inflamasi. Hal ini dapat memberikan manfaat dalam mengontrol gejala reaksi alergi dan asma pada anak-anak.

Selain itu, untuk meningkatkan imunitas tubuh si Kecil secara umum, Mama perlu menjaga sistem pencernaan anak supaya tidak mengalami gangguan pencernaan. Ada triliunan bakteri yang hidup di dalam usus. Bakteri-bakteri ini mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik anak-anak, serta mengurangi risiko berbagai penyakit. 

Jika terdapat gangguan pada usus, anak dapat terjangkit sakit perut, nutrisi yang dikonsumsinya kurang terserap, sistem imunitasnya menjadi buruk, dan pola tidurnya berubah berantakan. Tentunya semua hal ini berdampak buruk bagi anak.

Oleh karena itu, penting untuk mendukung mikrobioma usus anak untuk berkembang saat mereka tumbuh. Salah satu caranya ialah memberikan makanan dengan kandungan prebiotik dan probiotik.

Prebiotik merupakan serat pangan yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus. Sementara itu, probiotik berbeda dengan prebiotik, Ma. Probiotik adalah si bakteri baik itu sendiri. Kedua nutrisi ini penting untuk sistem pencernaan anak. Prebiotik juga terdapat pada susu sehingga ini menjadi manfaat untuk daya tahan tubuh anak.

Baca Juga: 13 Manfaat Probiotik untuk Anak dan Imunitasnya 

Mama juga bisa, lho, lebih lanjut pelajari cara mengoptimalkan daya tahan tubuh anak dengan mengunduh E-Book Eksklusif yang dikurasi langsung oleh para ahli di bidangnya secara gratis. Yuk, download E-Booknya sekarang!

Cara Memilih Susu untuk Imunitas Anak

Setelah mengetahui manfaat susu untuk imunitas anak, sekarang saatnya Mama memahami bagaimana cara memilih susu yang tepat. Supaya tidak salah pilih, yuk ikuti tipsnya berikut ini, Ma.

1. Pilih yang Diperkaya Prebiotik FOS:GOS 1:9

Susu yang Mama pilih untuk si Kecil harus mengandung prebiotik FOS:GOS. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat Mama ingin meningkatkan daya tahan tubuh anak, Mama perlu menjaga kesehatan pencernaannya juga.

Sebanyak 70% sistem kekebalan tubuh berada dalam usus.Jika usus si Kecil memiliki masalah, anak kemungkinan besar akan terkena bakteri, parasit dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. 

Oleh sebab itu, bakteri yang bermanfaat di usus anak dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi prebiotik yang telah terbukti efektif seperti frukto-oligosakarida (FOS), dan galakto-oligosakarida (GOS) dalam nutrisi yang dikonsumsi si Kecil setiap hari.

Pada dasarnya, apa saja yang si Kecil konsumsi dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Prebiotik dapat membantu mengurangi peradangan, terutama di usus anak, dan memperkuat sistem kekebalan dengan mengubah keseimbangan bakteri usus "baik" dan "jahat".

Memiliki keseimbangan bakteri usus yang baik dapat membantu melindungi tubuh si Kecil dari berbagai penyakit.

Baca Juga: 5 Masalah Pencernaan Umum pada Balita 

2. Pastikan Mengandung Zat Besi

Nutrisi ini penting dalam pembentukan hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi akan mengikat oksigen dalam darah, sehingga oksigen berhasil sampai ke tempat yang seharusnya.

Kekurangan zat besi bisa menjadi masalah pada anak, karena dapat memengaruhi pertumbuhan, serta mengalami anemia defisiensi besi atau penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kekurangan zat besi dapat memengaruhi kinerja anak di sekolah. Sebab, kurang asupan zat besi dapat menyebabkan masalah konsentrasi, rentang perhatian yang lebih pendek, dan prestasi akademik yang buruk. Kadar zat besi yang rendah juga dapat membuat si Kecil merasa mudah lelah.

Si Kecil bisa mendapatkan kebaikan zat besi dengan mengonsumsi makanan berprotein seperti daging ayam, daging sapi, telur, hati ayam, dan ikan. Zat besi juga terdapat pada beberapa makanan seperti susu, Ma. Betapa penting peran zat besi pada pertumbuhan anak, sehingga Mama perlu pastikan susu formula yang dipilih mengandung zat besi di dalamnya.

3. Dilengkapi Kandungan Omega 3 dan Omega 6

Mama juga perlu memastikan susu yang dipilih mengandung omega 3 dan omega 6. Sebab lemak esensial ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan pada anak.

Omega 3 dan omega 6 membantu semua fungsi dalam setiap dinding sel yang ada dalam tubuh, sehingga mampu membuat jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan sistem kekebalan dapat bekerja dengan baik.

Nah, semua kandungan seperti di atas bisa Mama peroleh dalam susu Nutrilon Royal 3. Susu Nutrilon Royal 3 dilengkapi dengan dengan formula ACTIDUOBIO+, yaitu perpaduan FOS:GOS rasio 1:9 paling tinggi dan teruji klinis dengan omega 3 & 6, zat besi, dan DHA yang bantu mendukung tumbuh kembang, imunitas, serta daya tangkap anak. 

Jadi, jangan lupa untuk memastikan kebutuhan gizi harian si Kecil dari makanan yang bergizi serta tambahan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 3 sebanyak tiga kali sehari sebagai Bekal si Kecil untuk terus Menang di setiap langkah.

Tertarik mencoba? Yuk, daftarkan diri Mama di MyNutriclub untuk dapatkan beragam promo dan penawaran menarik seputar susu Nutrilon serta informasi lengkap seputar cara menjaga daya tahan tubuh anak.

  1. Iron (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2021). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/iron.html
  2. ‌Iron needs of babies and children. (2007). Paediatrics & Child Health, 12(4), 333–334. https://doi.org/10.1093/pch/12.4.333
  3. ‌WebMD Editorial Contributors. (2020, November 11). Foods High in Prebiotics. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-prebiotic
  4. ‌CDC. (2022, May 25). Choosing an Infant Formula. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/formula-feeding/choosing-an-infant-formula.html
  5. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/887/bagaimana-meningkatkan-kekebalan-tubuh
  6. The Importance of Good Gut Health in Children. Only about Children. https://www.oac.edu.au/news-views/the-importance-of-good-gut-health-in-children
  7. Dr. Joyani Das. (2021, December 5). Omega-3 For Kids: Safety, Benefits, Side Effects & Dosage. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/kids-omega-3-benefits-dosage-side-effects_00790878/
  8. ‌Yahfoufi, N., Mallet, J., Graham, E., & Matar, C. (2018). Role of probiotics and prebiotics in immunomodulation. Current Opinion in Food Science, 20, 82–91. https://doi.org/10.1016/j.cofs.2018.04.006
  9. ‌R. Morgan Griffin. (2008, November 25). The Facts on Omega-3 Fatty Acids. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/healthy-aging/omega-3-fatty-acids-fact-sheet
  10. ‌Ajmera, R. (2019, October 9). Should Kids Take Omega-3 Supplements? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids
  11. ‌How Can Omega-3s Support Immunity Throughout Life? (2020, November 27). https://www.dsm.com/human-nutrition/en/talking-nutrition/how-can-omega-3s-support-immunity-throughout-life.html
comment-icon comment-icon