Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Manfaat Vitamin A untuk Anak dan Sumber Makanannya

Nutrisi

Manfaat Vitamin A untuk Anak dan Sumber Makanannya

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 08 Agustus 2023

Mama mungkin sudah tahu kalau manfaat vitamin A untuk anak sangat baik bagi kesehatan matanya. Namun, itu bukanlah satu-satunya manfaat yang didapat dari kandungan vitamin A. Lalu, apa saja manfaat vitamin A untuk tumbuh kembang anak dan macam-macam sumber makanan? Yuk, simak selengkapnya pada artikel ini, Ma!

Manfaat Vitamin A untuk Tumbuh Kembang Anak

Vitamin A adalah vitamin esensial yang penting bagi kesehatan anak dan orang dewasa. Sayangnya, tubuh kita tidak mampu memproduksi vitamin A sendiri, sehingga perlu mendapatkannya melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Vitamin A berperan dalam berbagai fungsi penting tubuh, termasuk menjaga kesehatan mata dan membantu tubuh melawan infeksi. Kekurangan asupan vitamin A yang parah pada usia ini akan menyebabkan gangguan penglihatan. 

Lantas, apa lagi manfaat vitamin A tidak hanya itu saja, ada berbagai manfaat lainnya perlu Mama ketahui. Berikut daftarnya.

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A memiliki sifat antioksidan yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Antioksidan dalam vitamin A dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit.

Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat, tubuh anak dapat secara efektif melawan bakteri serta virus dan menjaga diri dari infeksi yang berbahaya bagi kesehatannya.

2. Mendukung Kesehatan Tulang

Tidak hanya protein, kalsium, dan vitamin D, tetapi vitamin A juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang seiring bertambahnya usia. Vitamin A berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang yang sehat. 

Kekurangan vitamin A dapat berdampak buruk pada kesehatan tulang, salah satunya menyebabkan masalah kepadatan tulang menjadi rendah dan rapuh.

Nah dengan asupan yang cukup dari vitamin A, tulang si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan demikian, dapat membantu dalam membangun struktur tulang yang kuat pada si Kecil.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata, terutama pada anak. Jenis vitamin ini dapat membantu menjaga fungsi normal retina, yaitu lapisan dalam mata yang bertanggung jawab untuk menangkap cahaya dan mengirimkan sinyal ke otak. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan anak mengalami masalah penglihatan, termasuk rabun senja.

Rabun senja atau nyctalopia adalah salah satu kondisi yang dapat muncul akibat kekurangan vitamin A. Pada kondisi ini, seseorang masih dapat melihat dengan jelas di siang hari, tetapi saat cahaya berkurang di malam hari atau dalam kondisi gelap, kemampuan penglihatannya menurun.

Untuk itu, Mama dapat membantu mencegah terjadinya rabun senja dan menjaga kesehatan mata pada anak secara umum dengan memberikan makanan yang mengandung vitamin A dalam menu hariannya.

4. Menjaga Kesehatan Gigi

Vitamin A memainkan peran penting dalam mempengaruhi pertumbuhan gigi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin A yang rendah dapat berkontribusi pada penurunan perkembangan epitel mulut serta gangguan pembentukan gigi pada anak-anak.

Epitel merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh yang bertugas melindungi rongga mulut dari serangan mikroorganisme. Epitel mulut yang sehat penting dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta dalam proses pembentukan gigi yang normal.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A memiliki manfaat penting dalam membantu meregenerasi jaringan dan mempercepat penyembuhan luka. Dalam menjaga struktur semua jaringan permukaan, termasuk kulit, vitamin A berperan dalam melawan infeksi dan mendorong proses penyembuhan luka.

Ketika terjadi luka, vitamin A mempercepat regenerasi dan pertumbuhan sel-sel baru yang penting untuk memperbaiki jaringan yang rusak.

Baca Juga: Aktivitas untuk Menunjang Kesehatan dan Kecerdasan Anak 

Berapa Kebutuhan Vitamin A untuk Anak?

Kebutuhan vitamin A pada anak bervariasi tergantung pada usianya, Ma. Berikut kebutuhan vitamin A untuk anak per hari sesuai usia menurut anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

  • Anak usia 1-3 tahun: 400 RE

  • Anak usia 4-6 tahun: 450 RE

Sekadar informasi, RE atau retinol equivalent merupakan satuan internasional untuk menghitung kandungan vitamin A. 

Sementara itu, rekomendasi batas tinggi asupan harian vitamin A berbeda-beda tergantung pada kelompok usia. Untuk anak-anak usia 1 hingga 3 tahun, disarankan agar tidak melebihi asupan harian sebanyak 2.000 IU (600 mcg RE). Kemudian, untuk anak-anak usia 4 hingga 8 tahun, disarankan agar tidak melebihi asupan harian sebanyak 3.000 IU (900 mcg RE). 

Angka tersebut ditetapkan untuk memastikan bahwa anak menerima kebutuhan vitamin A yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat serta memperhatikan batas yang aman untuk anak. 

Baca Juga: 15 Makanan Nutrisi Tinggi untuk Daya Tahan Tubuh Anak 

Apa Saja Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin A?

Menyediakan makanan kaya akan vitamin A merupakan hal yang penting untuk anak. Vitamin A merupakan kelompok vitamin larut dalam lemak, yang dapat ditemukan dalam makanan dalam dua bentuk, yaitu vitamin A (retinoid) dan provitamin A (karotenoid).

Vitamin A dalam bentuk retinoid dapat ditemukan dalam produk hewani. Sementara itu, provitamin A dalam bentuk karotenoid sering kali ditemukan dalam makanan nabati dan sayuran.

Berikut ini sumber makanan mengandung vitamin A yang bisa menjadi pilihan Mama untuk si Kecil.

1. Bayam

Bayam sering dianggap sebagai sumber nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsi setengah cangkir bayam saja sudah dapat memberikan manfaat yang signifikan, terutama karena kandungannya yang kaya akan vitamin A. Lebih dari 570 mikrogram (mcg) vitamin A terkandung dalam satu porsi setengah cangkir bayam. 

Selain itu, bayam mengandung zat besi tinggi. Meski demikian, kandungan zat besi pada bayam hanya dapat diserap oleh tubuh sekitar 3-8% dibandingkan dengan sumber hewani yang mampu diserap oleh tubuh hingga 23%.

2. Wortel

Wortel sering kali menjadi salah satu sumber makanan utama yang terlintas dalam pikiran ketika membicarakan vitamin A. Wortel memang dikenal sebagai sumber makanan yang kaya akan vitamin A dan karotenoid, yang merupakan provitamin A.

Setengah cangkir wortel mentah dapat memberikan lebih dari 450 mcg vitamin A. Hal ini menjadikan wortel sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

3. Ubi Jalar

Selanjutnya, sumber makanan yang mengandung vitamin A, yaitu ubi jalar. Ubi jalar memang kaya akan beta karoten. Beta karoten adalah provitamin A yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

Beta karoten berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah kehilangan penglihatan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, vitamin A dibutuhkan oleh mata untuk menjaga fungsi penglihatan secara optimal.

4. Hati Sapi

Memiliki rasa khas dan tekstur yang unik, hati sapi kaya akan sumber nutrisi yang baik. Hati sapi mengandung protein, zat besi, dan vitamin B yang penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, hati sapi terkenal sebagai salah satu sumber vitamin A hewani yang baik.

Dalam satu porsi hati sapi, si Kecil dapat memperoleh lebih dari 100% kebutuhan harian akan vitamin A. Memastikan asupan vitamin A yang cukup juga berhubungan pada penurunan risiko kondisi masalah mata, seperti rabun senja dan katarak.

5. Susu Pertumbuhan

Penting bagi anak-anak minum susu secara rutin setiap hari, karena susu mengandung banyak vitamin A yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Jadi selain sumber makanan tinggi vitamin A di atas, lengkapi juga kebutuhan gizi harian si Kecil dengan dampingan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 3 sebagai Bekalnya untuk Menang.

Susu Nutrilon Royal 3 dilengkapi dengan dengan formula ACTIDUOBIO+, yaitu perpaduan FOS:GOS rasio 1:9 paling tinggi dan teruji klinis dengan omega 3 & 6, zat besi, dan DHA yang bantu mendukung tumbuh kembang, imunitas, serta daya pikir anak. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Memperkuat Daya Tahan Tubuh Anak 

Itulah penjelasan lengkap mengenai manfaat vitamin A untuk anak. Perlu diingat bahwa memberikan asupan nutrisi yang tepat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat pada si Kecil. Dengan memberikan makanan bergizi dan bernutrisi kepada si Kecil, Mama dapat membantunya tumbuh menjadi generasi yang sehat, cerdas, dan siap untuk menang.

Ma, ingin mendapatkan informasi seputar imunitas dan nutrisi tepat untuk si Kecil? Yuk, download e-book Nutrisi dan Gizi untuk Imunitas Anak agar Mama dan Papa tahu bagaimana cara meningkatkan imun tubuh si Kecil dengan asupan gizi yang berkualitas. 

  1. IDAI | Pastikan Bayi Anda Cukup Zat Besi? (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pastikan-bayi-anda-cukup-zat-besi
  2. Julson, E. (2019, January 9). 6 Surprising Health Benefits of Sweet Potatoes. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/sweet-potato-benefits#supports-vision
  3. ‌WebMD Editorial Contributors. (2020, September 28). Liver: Is It Good for You? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/liver-good-for-you
  4. ‌PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.). http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
  5. Swati Patwal. (2014, September 16). Vitamin A For Kids: Right Dosage, Benefits & Side Effects. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/health-benefits-of-vitamin-a-for-children_0092460/
  6. ‌West, H. (2023, May 7). 6 Health Benefits of Vitamin A, Backed by Science. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-a-benefits#TOC_TITLE_HDR_6
  7. ‌Vitamin A in your child’s diet. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/toddler/feeding/vitamin-a-in-your-childs-diet_10324693
  8. ‌Gossweiler, A. G., & E. Angeles Martinez-Mier. (2019). Chapter 6: Vitamins and Oral Health. 59–67. https://doi.org/10.1159/000455372
  9. ‌WebMD Editorial Contributors. (2020, September 30). Healthy Foods High in Vitamin A. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-vitamin-a
comment-icon comment-icon