Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Nutrisi

8 Manfaat Minum Susu untuk Tumbuh Kembang Anak

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 26 Juni 2023

Tahukah Mama bahwa minum susu memiliki banyak manfaat untuk anak? Susu tidak hanya membuat tulang anak menjadi lebih sehat dan kuat, tetapi juga membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Lalu, apa saja manfaat minum susu lainnya untuk anak? Dan kapan waktu yang tepat untuk minum susu? Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak artikel ini, ya, Ma!

Manfaat Minum Susu untuk Anak

Susu bukan hanya dapat dinikmati oleh anak-anak, bahkan orang dewasa juga perlu minum susu. Susu mengandung zat gizi seperti lemak, sumber vitamin A, vitamin E, dan vitamin D. Kandungan yang terdapat di dalam susu ini berperan penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anak di masa pertumbuhannya.

Perlu Mama tahu, manfaat utama susu yaitu menambah asupan kalsium harian anak untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Namun, ada beragam manfaat lainnya ketika anak minum susu. Berikut daftarnya.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat utama yang bisa didapatkan saat minum susu adalah meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Sistem imunitas sendiri merupakan kemampuan untuk melindungi diri dari bakteri, virus, jamur, maupun parasit yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, imun bisa diibaratkan sebagai tameng pelindung yang dimiliki tubuh agar berjaga-jaga dari hal negatif.

Jika imunitas tidak terjaga dengan baik, maka infeksi maupun penyakit akan mudah menyerang.

Maka dari itu, penting untuk kita menjaga sistem kekebalan tubuh salah satunya dengan meminum susu. Kandungan di dalam susu yang penting untuk kekebalan tubuh antara lain DHA, prebiotik, zat besi, karbohidrat, fosfor, dan berbagai vitamin penting lainnya. 

2. Optimalkan Daya Pikir

Selain dapat meningkatkan imunitas, susu juga berperan penting dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak, Ma.

Susu mengandung protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak. Tidak hanya itu, susu mengandung AA, DHA, kolin, serta asam lemak omega 3, 6, dan 9.

Asupan DHA pada susu berguna untuk mengoptimalkan perkembangan otak. Beberapa studi juga menjelaskan bahwa asupan DHA dapat membantu meningkatkan perkembangan kognitif si Kecil seperti peningkatan kemampuan belajar, daya tangkap, dan konsentrasinya.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi pada Susu Penting untuk Janin 

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Susu mengandung banyak kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang serta gigi. Sekitar 99% asupan kalsium saat minum susu memberi manfaat dalam pembentukan tulang dan gigi. Untuk itu, susu menjadi salah satu sumber kalsium terbaik yang dapat dikonsumsi si Kecil. Selain kalsium, kandungan vitamin D pada susu juga membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Jika tulang sehat dan kuat, si Kecil dapat beraktivitas dengan dengan baik. Jumlah kalsium pada susu sekitar 270 mg setiap 250 ml susu atau 1 cangkir susu. Sedangkan kebutuhan kalsium harian anak juga berbeda-beda setiap usianya, misal anak usia 1 sampai 3 tahun membutuhkan 500 mg sumber kalsium.

4. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi susu sebelum tidur dapat membantu anak tidur nyenyak di malam hari.

Ahli sepakat bahwa manfaat dari minum susu sebelum tidur berkaitan dengan efek kombinasi dari senyawa kimia dalam susu yang disebut triptofan dan efek psikologis dari mengonsumsi sesuatu yang hangat.

Triptofan merupakan salah satu jenis asam amino yang terkandung dalam protein dan memegang peran penting dalam produksi senyawa kimia serotonin. Kenaikan kadar serotonin dapat meningkatkan mood, memicu rasa relaksasi, serta merangsang produksi hormon melatonin.

Hormon melatonin, yang juga dikenal sebagai hormon tidur, dilepaskan oleh otak untuk memicu rasa kantuk yang membantu menyiapkan tubuh untuk memasuki fase tidur.

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Gampang Sakit dan Penyakit Umum Balita 

5. Sumber Energi yang Tahan Lama

Susu atau produk turunan susu adalah sumber kaya nutrisi, karena menyediakan energi berupa karbohidrat dan protein berkualitas tinggi sebagai sumber kalori utama, serta berbagai jenis mikronutrien esensial seperti kalsium, magnesium, potasium, seng, dan fosfor dalam bentuk yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. 

Pada masa ini, si Kecil masih aktif dalam proses pertumbuhan, perkembangan serta eksplorasi. Oleh karena itu, anak membutuhkan asupan energi yang lebih untuk mendukung kebutuhan tersebut. Nah, dengan minum susu, tubuhnya akan mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bergerak, berjalan, belajar, dan berpikir.

6. Menguatkan Gigi

Penelitian menunjukkan bahwa susu dan produk turunan susu lainnya, dapat membantu melawan kerusakan dan memberikan perlindungan pada gigi.

Protein susu yang disebut kasein, memiliki sifat pelindung dan membantu mencegah bakteri merusak mineral pada gigi si Kecil. Selain itu, berbagai elemen penting lainnya yang terkandung dalam susu juga berkontribusi untuk mengisi dan memperbaiki enamel gigi.

Meski demikian, minum susu juga tetap harus diimbangi dengan kebiasaan sikat gigi secara teratur supaya kesehatan gigi si Kecil tetap terjaga, ya, Ma. 

Baca Juga: 5 Tahap Pertumbuhan Gigi Si Kecil

7. Bantu Lengkapi Gizi Anak

Susu mengandung sekitar 87% air dan banyak vitamin serta mineral penting lainnya sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil setiap hari.

Rajin minum susu juga merupakan cara yang baik untuk menjaga anak tetap terhidrasi sepanjang hari, terutama setelah beraktivitas fisik atau berolahraga. Kehilangan cairan tubuh saat beraktivitas dapat menyebabkan dehidrasi, dan minum susu dapat membantu menggantikan cairan yang hilang serta menjaga keseimbangan hidrasi yang baik. 

Namun, air putih tetap menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan hidrasi sehari-hari pada si Kecil. Agar tetap terhidrasi dengan baik, anak usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 4 gelas minuman per hari, termasuk air putih atau susu.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai manfaat minum susu untuk anak. Ada banyak sekali kebaikan yang didapat jika si Kecil rutin minum susu.

Jadi jangan lupa berikan si Kecil susu Nutrilon Royal 3, ya, Ma. Sebab, susu Nutrilon Royal 3 dilengkapi dengan dengan formula ACTIDUOBIO+, yaitu perpaduan FOS:GOS rasio 1:9 paling tinggi dan teruji klinis dengan omega 3 & 6, zat besi, dan DHA yang bantu mendukung tumbuh kembang, imunitas, serta daya tangkap anak. 

Pastikan melengkapi kebutuhan gizi harian si Kecil dari makanan yang bergizi serta tambahan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 3 sebanyak tiga kali sehari sebagai Bekal si Kecil untuk terus Menang di setiap langkah.

  1. Lauritzen, L., Brambilla, P., Mazzocchi, A., Laurine, Ciappolino, V., & Agostoni, C. (2016). DHA Effects in Brain Development and Function. 8(1), 6–6. https://doi.org/10.3390/nu8010006
  2. Kuratko, C. N., Erin Cernkovich Barrett, Nelson, E., & Salem, N. (2013). The Relationship of Docosahexaenoic Acid (DHA) with Learning and Behavior in Healthy Children: A Review. 5(7), 2777–2810. https://doi.org/10.3390/nu5072777
  3. ‌Blerina Shkembi, & Thom Huppertz. (2023). Impact of Dairy Products and Plant-Based Alternatives on Dental Health: Food Matrix Effects. 15(6), 1469–1469. https://doi.org/10.3390/nu15061469
  4. ‌Rhemtulla, D. T. (2017, May 22). How can Milk Benefit Your Teeth? - Downtown Calgary Dentist - Centennial Smiles Dental. Centennial Smiles Dental; How can Milk Benefit Your Teeth? - Downtown Calgary Dentist - Centennial Smiles Dental. https://centennialsmiles.ca/how-can-milk-benefit-your-teeth/
  5. ‌Choose Water for Healthy Hydration. (2023). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/Choose-Water-for-Healthy-Hydration.aspx
  6. ‌Tian C. (2018, February 9). Milk For Kids – Reasons, Types & Benefits. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/milk-for-kids-reasons-types-benefits/?ref=interlink
  7. ‌Disnakkeswan Prov Jateng. (2023). SDM UNGGUL INDONESIA MAJU YA HARUS MINUM SUSU. Jatengprov.go.id. https://disnakkeswan.jatengprov.go.id/index.php/read/sdm-unggul-indonesia-maju-ya-harus-minum-susu
  8. ‌Chawla, V. (2018, December 28). 10 Benefits of Drinking Milk at Night. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/10-benefits-of-drinking-milk-before-bed-at-night/
  9. ‌Saha, R. (2015, April 23). 5 Amazing Benefits Of Milk For Kids. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-milk-for-kids_00351190/
  10. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/887/bagaimana-meningkatkan-kekebalan-tubuh
  11. ‌How Can Omega-3s Support Immunity Throughout Life? (2020, November 27). @Human-Nutrition. https://www.dsm.com/human-nutrition/en/talking-nutrition/how-can-omega-3s-support-immunity-throughout-life.html
  12. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1147/pemenuhan-nutrisi-sebagai-upaya-pencegahan-terjadinya-osteoporosis
  13. ‌Ansley. (2020, May 14). Should You Drink Milk Before Bed? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/drinking-milk-before-bed#fall-asleep-faster
  14. ‌Górska-Warsewicz, H., Rejman, K., Laskowski, W., & Maksymilian Czeczotko. (2019). Milk and Dairy Products and Their Nutritional Contribution to the Average Polish Diet. 11(8), 1771–1771. https://doi.org/10.3390/nu11081771
  15. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1867/fungsi-pangan-dan-gizi-untuk-kesehatan
comment-icon comment-icon