Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Fosgos dan manfaatnya terhadap pencernaan si kecil - Nutriclub
Imunitas

7 Manfaat FOS dan GOS untuk Optimalkan Pertumbuhan Anak

Article Oleh : Febriyani Suryaningrum 15 Januari 2020

Mama pasti setuju bahwa pencernaan yang sehat merupakan awal dari tumbuh kembang yang optimal pada anak. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan si Kecil adalah dengan memberikan anak asupan FOS dan GOS yang seimbang. 

Selain mendukung sistem pencernaan anak sehat, ada segudang manfaat lain yang ditawarkan oleh FOS dan GOS. Mama dan Papa dapat menemukan penjelasan lengkapnya dengan menyimak artikel berikut ini sampai selesai.  

Apa Perbedaan FOS dan GOS?

Sebelumnya, tentu Mama perlu memahami dulu apa itu FOS dan GOS. 

FOS dan GOS adalah salah satu jenis serat pangan yang tidak bisa dicerna oleh lambung sehingga ia akan terbawa hingga ke usus besar. 

Di dalam usus besar, serat pangan ini akan mengalami proses fermentasi dan menjadi makanan bagi bakteri baik (probiotik) bernama Bifidobacterium dan Lactobacillus. Kedua jenis bakteri baik tersebut berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan si Kecil agar tetap sehat. 

Karena FOS dan GOS bisa menjadi bahan makanan untuk bakteri baik (probiotik), maka FOS dan GOS disebut sebagai prebiotik.  

Sebenarnya, prebiotik juga terkandung dalam ASI, Ma. Mungkin Mama sudah mengetahui bahwa komponen utama yang ada di dalam ASI adalah karbohidrat. Karbohidrat tersebut tersusun dari dua jenis gula yaitu laktosa dan oligosakarida. Nah, FOS dan GOS adalah bagian dari oligosakarida. 

Lantas, apa perbedaan FOS dan GOS? FOS adalah kependekan dari fructo-oligosaccharides (frukto-oligosakarida). Selain dari ASI, jenis gula sederhana satu ini dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-mayur. 

FOS merupakan jenis gula yang tidak terlalu manis dan rendah kalori. Nah, karena jenis gula ini tidak bisa dicerna oleh lambung maupun diserap oleh usus, FOS tidak akan memengaruhi kadar gula darah.

Sementara itu, GOS adalah kependekan dari galacto-oligosaccharides (galakto-oligosakarida). Sama seperti FOS, selain dari ASI, jenis gula satu ini dapat ditemukan dalam bahan makanan seperti produk yang terbuat dari susu, kacang-kacangan, dan beberapa jenis akar sayuran. 

Baca juga: Manfaat Penambahan Sinbiotik di dalam Susu Si Kecil

Manfaat FOS dan GOS untuk Pencernaan Anak

FOS dan GOS memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh si Kecil, Ma, mulai dari kesehatan pencernaan hingga memperkuat daya tahan tubuhnya. Berikut berbagai manfaat FOS dan GOS untuk pencernaan anak:

1. Menumbuhkan Bakteri Baik di dalam Usus

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, manfaat FOS dan GOS yang utama adalah untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik alias probiotik di dalam sistem pencernaan. 

Bakteri baik ini akan berfungsi untuk melawan bakteri jahat jika jumlah mereka terlalu banyak di dalam sistem pencernaan si Kecil. Ketika jumlah bakteri baik dan bakteri jahat sudah seimbang, tubuh si Kecil akan terasa lebih baik. 

Oleh karena itu Ma, sangat penting bagi si Kecil untuk mengonsumsi prebiotik FOS dan GOS dalam rasio yang seimbang agar anak daya tahan tubuh si Kecil lebih kuat, sehingga ia tidak mudah terserang infeksi hingga mengalami peradangan.

Baca Juga: Pencernaan Sehat Kunci Daya Tahan Tubuh Kuat

2. Mencegah dan Mengatasi Konstipasi

Anak-anak sering kali mengalami konstipasi atau sembelit karena perubahan diet makanan atau pola makan yang kurang sehat sehingga tubuhnya kekurangan asupan serat. 

Hal tersebut menyebabkan feses si Kecil keras, kering, dan susah hingga terasa sakit untuk dikeluarkan. Selain itu, frekuensi buang air besar si Kecil juga jadi tidak teratur. Hal ini tentu sangat membuat si Kecil merasa tidak nyaman. 

Nah, salah satu hal yang dapat Mama lakukan untuk membantu anak menghadapi sembelit adalah dengan memberikan asupan prebiotik FOS dan GOS dengan jumlah yang seimbang. 

FOS dan GOS adalah salah satu sumber serat yang baik bagi tubuh. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine pada tahun 2020, ketika dikonsumsi FOS GOS akan membantu memperbaiki konsistensi feses, meningkatkan pergerakan usus, dan mengurangi kembung.     

3. Mendukung Penyerapan Kalsium

Ma, ternyata prebiotik dapat berfungsi sebagai booster penyerapan kalsium di dalam usus bagian bawah. Oleh karena itu, konsumsi susu yang kaya kalsium dibarengi dengan asupan prebiotik FOS dan GOS yang seimbang akan membantu si Kecil memiliki tulang lebih sehat dan kuat. 

Mama tentu saja ingin si Kecil tumbuh dengan tulang kuat dan struktur tubuh yang tegap, bukan? Oleh karena itu, minum susu kaya dengan kalsium dan FOS GOS merupakan kombinasi yang sangat baik untuk bantu pertumbuhan anak yang optimal.

4. Meningkatkan Penyerapan Magnesium

Selain meningkatkan penyerapan kalsium, hasil penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine juga menunjukkan konsumsi prebiotik mampu membantu tubuh si Kecil untuk melakukan penyerapan magnesium yang lebih optimal. 

Magnesium sendiri merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik, Ma. Mineral satu ini berperan dalam proses regulasi otot, tekanan gula darah, dan tekanan darah serta pembuatan protein, tulang, dan DNA. 

5. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Ketika anak memiliki pola makan yang tidak sehat, ia juga dapat terpapar kolesterol. 

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa prebiotik FOS mampu merangsang pertumbuhan mikroflora usus dan meningkatkan jumlah asam organik di bagian bawah saluran pencernaan. Hal tersebut kemudian memberikan dampak positif pada tingkat kolesterol dalam tubuh.  

Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Mama dapat memanfaatkan FOS dalam jumlah yang seimbang, diiringi dengan pola makan yang sehat, untuk menjaga kadar kolesterol anak agar tetap stabil. 

6. Meringankan Gejala Eksim

Konsumsi prebiotik FOS dapat menurunkan risiko perkembangan serta keparahan alergi kulit seperti atopik dermatitis atau eksim dengan cara menurunkan produksi zat bernama Interleukin 6 (IL 6). 

Interleukin merupakan zat yang menyebabkan keparahan pada peradangan, autoimun, atau infeksi virus. 

Di sisi lain, prebiotik GOS dapat meningkatkan produksi lapisan pelindung kulit dengan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, khusus pada anak perempuan, konsumsi GOS juga meningkatkan jumlah keratin dan air dalam tubuh. 

7. Meringankan Gejala Intoleransi Laktosa

Menurut sebuah penelitian berjudul “Prebiotics for Lactose Intolerance: Variability in Galacto-Oligosaccharide Utilization by Intestinal Lactobacillus rhamnosus” konsumsi GOS dapat meringankan gejala intoleransi laktosa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, prebiotik mampu mendukung perkembangan bakteri baik dalam sistem pencernaan anak. Dalam kasus ini bakteri baik yang berkembang adalah Bifidobacterium, Faecalibacterium, Lactobacillus, dan Roseburia.  

Keberadaan bakteri baik tersebut ternyata turut memengaruhi kemampuan sistem pencernaan anak dalam menerima laktosa yang biasanya terkandung dalam susu. 

Baca Juga: Kenali Masalah Pencernaan pada Balita

Sumber Makanan Kaya FOS dan GOS

Sebenarnya, ketika anak masih menyusu, ia akan mendapatkan asupan prebiotik FOS dan GOS dari ASI. Namun, selepas usia 2 tahun umumnya anak sudah disapih dan harus mendapatkan nutrisi hariannya dari makanan padat. 

Nah, untuk mendapatkan prebiotik FOS dan GOS si Kecil dapat mengonsumsi makanan yang terbuat dari: 

  • Daun bawang.

  • Bawang putih.

  • Bawang merah.

  • Bawang bombay.

  • Kangkung.

  • Kol merah.

  • Kol hijau.

  • Kale.

  • Asparagus.

  • Brokoli. 

  • Jerusalem artichoke.

  • Chicory.

  • Semangka.

  • Pir.

  • Apel.

  • Blueberry. 

  • Mulberry. 

  • Raspberry. 

  • Cherry (asam).

  • Kismis merah. 

  • Pisang.

  • Kacang polong.

  • Lentil.

  • Susu.

Sayangnya, FOS dan GOS yang secara alami terkandung di dalam makanan jumlahnya sangat sedikit. Oleh karena itu, untuk mendapatkan asupan prebiotik yang mencukupi si Kecil dapat mengonsumsi bahan makanan yang telah difortifikasi, seperti susu Nutrilon Royal 3 (untuk usia 1-3 tahun) dan Nutrilon Royal 4 (untuk usia 3 tahun ke atas).

Susu Nutrilon dilengkapi formula Actiduobio+, yaitu kombinasi tepat antara prebiotik FOS:GOS dengan rasio 1:9 yang paling tinggi dan teruji klinis serta Omega 3, 6, dan DHA yang lebih tinggi untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil sebagai bekal si Kecil untuk menang. 

Nah, untuk mengetahui lebih banyak lagi soal pemenuhan gizi harian anak untuk mengoptimalkan imunitas tubuhnya, Mama bisa juga mengunduh e-book eksklusif Nutrisi dan Gizi untuk Imunitas Anak secara gratis. Yuk, download sekarang!

Semoga artikel kali ini bermanfaat ya, Ma! 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Dall’Oglio, F., Milani, M., & Micali, G. (2018). Effects of oral supplementation with FOS and GOS prebiotics in women with adult acne: the “S.O. Sweet” study: a proof-of-concept pilot trial. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, Volume 11, 445–449. https://doi.org/10.2147/ccid.s179627

  2. Davani-Davari, D., Negahdaripour, M., Karimzadeh, I., Seifan, M., Mohkam, M., Masoumi, S., Berenjian, A., & Ghasemi, Y. (2019). Prebiotics: Definition, Types, Sources, Mechanisms, and Clinical Applications. Foods, 8(3), 92. https://doi.org/10.3390/foods8030092

  3. FRUCTO-OLIGOSACCHARIDES (FOS): Overview, Uses, Side Effects, Precautions, Interactions, Dosing and Reviews. (2021). Webmd.com. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-450/fructo-oligosaccharides-fos

  4. Whelan, C. (2017, August 7). Fructooligosaccharides. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/fructooligosaccharides

  5. GALACTO-OLIGOSACCHARIDES (GOS): Overview, Uses, Side Effects, Precautions, Interactions, Dosing and Reviews. (2017). Webmd.com. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1462/galacto-oligosaccharides-gos

  6. Petre, A. (2022, April 4). What Are Oligosaccharides? All You Need to Know. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/oligosaccharides

  7. Petre, A. (2022, April 4). What Are Oligosaccharides? All You Need to Know. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/oligosaccharides#foods

  8. Sabater-Molina, M., Larqué, E., Torrella, F., & Zamora, S. (2009). Dietary fructooligosaccharides and potential benefits on health. Journal of Physiology and Biochemistry, 65(3), 315–328. https://doi.org/10.1007/bf03180584

  9. Probiotics: What is it, Benefits, Side Effects, Food & Types. (2020). Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/14598-probiotics

  10. Naseer, M., Poola, S., Uraz, S., & Tahan, V. (2020). Therapeutic Effects of Prebiotics in Constipation: A Review. Current Clinical Pharmacology, 15. https://doi.org/10.2174/1574884715666200212125035

  11. ‌Whisner, C. M., & Castillo, L. F. (2017). Prebiotics, Bone and Mineral Metabolism. Calcified Tissue International, 102(4), 443–479. https://doi.org/10.1007/s00223-017-0339-3

  12. Legette, L. L., Lee, W., Martin, B. R., Story, J. A., Campbell, J. K., & Weaver, C. M. (2012). Prebiotics Enhance Magnesium Absorption and Inulin-based Fibers Exert Chronic Effects on Calcium Utilization in a Postmenopausal Rodent Model. Journal of Food Science, 77(4), 88–94. https://doi.org/10.1111/j.1750-3841.2011.02612.x

  13. Office of Dietary Supplements - Magnesium. (2021). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Magnesium-Consumer/#:~:text=Magnesium%20is%20a%20nutrient%20that,protein%2C%20bone%2C%20and%20DNA.

  14. Ooi, L.-G., & Liong, M.-T. (2010). Cholesterol-Lowering Effects of Probiotics and Prebiotics: A Review of in Vivo and in Vitro Findings. International Journal of Molecular Sciences, 11(6), 2499–2522. https://doi.org/10.3390/ijms11062499

  15. Arnold, J., Simpson, J., Roach, J., Bruno-Barcena, J., & Azcarate-Peril, M. (2018). Prebiotics for Lactose Intolerance: Variability in Galacto-Oligosaccharide Utilization by Intestinal Lactobacillus rhamnosus. Nutrients, 10(10), 1517. https://doi.org/10.3390/nu10101517

Artikel Terkait
floating-icon