Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Ilustrasi susu formula diminum lebih dari 2 jam-nutriclub
Nutrisi

Susu Formula yang Sudah Lebih dari 2 Jam Dibuat, Amankah Diminum Si Kecil?

Article Oleh : Ester Sondang 04 Juli 2024

Sebenarnya, bolehkah susu formula diminum lebih dari 2 jam? Atau, apakah susu formula yang tidak habis, bisa disimpan dan diminum di lain waktu? Langsung simak penjelasannya di bawah ini, Ma!

Bolehkah Susu Formula Diminum Lebih dari 2 Jam oleh Si Kecil?

Bertahannya susu untuk tetap dalam kondisi baik setelah dicampur air, tergantung beberapa faktor.

Antara lain merek susu, apakah susu formula yang sudah dicampur pernah dipanaskan kembali, serta suhu penyimpanannya.

Umumnya, setelah dicampur dengan air panas, susu hanya bisa bertahan pada kurun waktu 2 jam. Itu pun susu formula mesti berada pada suhu kamar, tidak disentuh dan tidak dipanaskan.

Merek susu juga memegang peranan, karena ada beberapa yang menyatakan produknya hanya aman dikonsumsi selama 1 jam di suhu kamar setelah dicampur.

Apa Efek Jika Minum Susu Lebih dari 2 Jam? 

Mengenai bolehkah susu formula diminum lebih dari 2 jam, Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan prinsip ini: Habiskan dengan cepat atau simpan dengan aman. 

Dengan kata lain, susu harus dihabiskan sesegera mungkin setelah dibuat. Pada waktu itu, kondisi susu dinilai masih sangat baik dan potensi tercemar kotoran atau mikroorganisme berbahaya juga sangat sedikit.  

Setelah itu, kandungan gizi susu akan semakin menurun dan berisiko beracun bila tetap dikonsumsi, setelah lebih dari 2 jam.

Bagaimana Menyimpan Susu Formula yang Sudah Terlanjur Dibuat?

Jika Mama sudah terlanjur membuat susu formula dan memperkirakan anak tidak akan menghabiskannya, sebaiknya bagi dua susu tersebut.

Setengah pertama masukkan ke dalam botol susu dan berikan kepada anak. Setengah kedua, masukkan ke dalam botol lain, tutup rapat, dan simpan di dalam lemari es.

Susu setengah yang disimpan ini, masih bisa dikonsumsi si Kecil dalam waktu 24 jam.

Agar kondisi susu tetap aman, suhu lemari es haruslah 40°F atau 4,4°C atau lebih rendah lagi. Bila anak tidak menghabiskannya lagi, segera dibuang. 

Baca Juga: 8 Manfaat Minum Susu untuk Tumbuh Kembang Anak

Bolehkah Membekukan Susu Formula?

Membekukan susu formula tidak akan memperpanjang masa penyajian susu, tapi hanya mengubah teksturnya. Karenanya, membekukan susu sangat tidak disarankan, Ma. 

Bagaimana Cara Menghangatkan Susu Formula Setelah Disimpan di Lemari Es?

Susu sebenarnya boleh langsung diminum tanpa dihangatkan. Namun jika anak tidak menyukai susunya dingin, Mama bisa menghangatkan susu dengan cara berikut:

  • Membasahi botol dengan kucuran air panas selama beberapa menit
  • Merendam botol susu di dalam panci yang berisi air panas
  • Menggunakan penghangat botol portable.

Jangan sekali-kali menggunakan microwave untuk menghangatkan susu. Sebab, gelombang mikro pada microwave dinilai tidak dapat memanaskan susu secara merata.

Bolehkah Susu yang Dipanaskan Ulang Disimpan Kembali ke Lemari Es?

Susu yang telah dipanaskan kembali harus diminum dalam waktu 1 jam. Jika tidak habis, meski tidak tersentuh air liur anak, Mama wajib membuangnya.

Bakterilah yang menjadi akar masalahnya. Bakteri tersebut akan berisiko tumbuh dan berkembang lebih pesat jika diberikan lingkungan hangat yang nyaman.

Aturan-aturan di atas terkesan ribet, ya? Tapi tidak apa-apa, Ma, ini demi perut mungil si Kecil tetap aman dan sehat.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Susu Pertumbuhan Anak Usia 1-3 Tahun

Semoga dengan ini, Mama jadi lebih memperhatikan waktu pemberian susu dan pertanyaan terkait bolehkah susu formula diminum lebih dari 2 jam terjawab, agar tidak ada lagi susu yang terbuang percuma. 

Jika masih ada yang ingin ditanyakan seputar tumbuh kembang si Kecil, Mama bisa menggunakan layanan Nutriclub Expert Team yang siap membantu 24/7. 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Centers for Disease Control and Prevention. Diakses 25 Mei 2024. Infant Formula Preparation and Storage. cdc.gov. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/formula-feeding/infant-formula-preparation-and-storage.html
  2. Healthline Editorial Team. (2019, December 19). How Long Is Formula Good Once Mixed? And Other Questions About Formula. Healthline.com. https://www.healthline.com/health/baby/how-long-is-formula-good-for
  3. Sherri Gordon. (2022, October 24). New Abbott Baby Formula Recall Due to Potential Spoilage. Verywellfamily.com. 
  4. CDC. (2024). Preventing Cronobacter in Infants. Cronobacter Infection. https://www.cdc.gov/cronobacter/prevention/?CDC_AAref_Val=https://www.cdc.gov/cronobacter/infection-and-infants.html
  5. https://www.verywellfamily.com/how-to-know-if-your-baby-formula-is-spoiled-6752858
  6. Office. (2023). Infant Formula: Safety Do’s and Don’ts. U.S. Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/infant-formula-safety-dos-and-donts
  7. Kidshealth. Diakses 25 Mei 2024. Formula Feeding FAQs: Preparation and Storage. Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/formulafeed-storing.html
Artikel Terkait