Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
makanan-bayi-9-bulan
Nutrisi

Resep MPASI 9 Bulan Serta Aturan Pemberiannya

Article Oleh : Annisa Amalia Ikhsania 08 November 2021

Memasuki bulan ke-9, Mama akan semakin dibuat kagum oleh keterampilan makan bayi yang semakin baik. Oleh karena itu, Mama perlu meningkatkan tekstur MPASI dan porsinya di bulan ini agar kemampuan mengunyah bayi juga makin terlatih.

Selain itu, di usia ini si Kecil sudah mulai memilih makanan yang ia mau makan dan mencoba makan sendiri dengan tangannya. 

Simak ulasan mengenai aturan pemilihan makanan, tekstur, porsi, dan jadwal MPASI 9 bulan berikut ini!

Jadwal Pemberian Makan MPASI Bayi 9 Bulan

Bayi 9 bulan umumnya membutuhkan tambahan energi sebanyak 300 kilo kalori per hari dari MPASI selain dari ASI eksklusif. Untuk bayi berusia 9 bulan, IDAI dan WHO merekomendasikan pemenuhan asupan gizi sebanyak 50% berasal dari ASI dan 50% lainnya berasal dari MPASI. 

Jadi, Mama bisa meningkatkan pemberian MPASI 9 bulan jadi sebanyak 3-4 kali dalam sehari dengan takaran per porsinya setengah mangkuk berukuran 250 ml untuk satu kali makan. Di antara jadwal makan utamanya ini, Mama bisa memberikan 1-2 kali makanan selingan (snack). 

Berikut adalah contoh jadwal makan bayi 9 bulan yang bisa Mama jadikan panduan: 

  • 06.00: Sarapan MPASI oatmeal atau sereal.

  • 08.00-09.00: ASI atau snack pagi.

  • 12.00-13.00: Makan siang MPASI.

  • 14.00-15.00: ASI atau snack sore

  • 17.00-18.00: Makan malam MPASI

  • 19.00-20.00 (sebelum tidur): ASI

Baca Juga: Panduan MPASI Bayi 8 Bulan dan Rekomendasi Resep yang Bergizi

Makanan Apa yang Cocok untuk Bayi Usia 9 Bulan?

Ketika sudah berusia 9 bulan, biasanya bayi penasaran ingin mencoba makanan baru yang berbeda dengan apa yang sering ia makan. Oleh karena itu, Mama sudah boleh mengenalkan tekstur dan jenis makanan yang baru pada si Kecil.

Jadi setelah memberikan MPASI bertekstur puree atau mashed, Mama bisa naikkan menjadi makanan yang bertekstur cincang halus (minced) dan cincang kasar (chopped). Mama juga masih boleh terus memberikan finger food untuk melatih si Kecil terbiasa mengunyah makanan bertekstur lebih padat.

Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan jenis makanan yang bisa Mama berikan pada si Kecil:

  • Buah: pisang, pir, peach, semangka, stroberi.

  • Sayur: brokoli, wortel, kacang-kacangan, ubi, dan kentang.

  • Makanan bertepung sebagai pelengkap karbohidrat, seperti roti, nasi, pasta, dan kentang sebagai sumber energi.

  • Makanan yang mengandung protein, seperti daging, ikan, telur dan kacang-kacangan yang berguna untuk tumbuh kembang anak.

  • Makanan yang mengandung lemak, seperti susu, keju, yoghurt yang berguna untuk memenuhi nutrisi bagi kesehatan gigi dan tulang bayi.8,9.10

Hal yang penting diingat adalah bayi Mama membutuhkan “makanan pelangi” tiap harinya, yakni warna hijau (kacang polong, kacang hijau, asparagus dan bayam), oranye (ubi jalar, melon oranye), kuning (labu, pisang) dan merah (tomat).7

Saat memberikan MPASI untuk bayi, Mama bisa membatasi atau bahkan menghindari penambahan garam ke dalam menu makanan. Bayi di bawah 1 tahun hanya membutuhkan garam sebanyak 1 gram garam (atau 0,4 gram sodium) per hari. Mama bisa mengganti rasa asin pada MPASI dengan keju dan daging. 

Begitu juga dengan gula. Mama bisa mengganti asupan gula dengan buah-buahan yang memiliki cita rasa manis alami.

Baca Juga: Yuk, Kenali Tekstur Makanan Bayi 9 Bulan yang Tepat!

Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Bayi 9 Bulan

Hindari pemberian makanan selingan yang mengandung lemak jenuh, seperti keripik, kue, dan biskuit tertentu karena tidak dianjurkan bagi kesehatannya.8

Selain itu, berikut adalah makanan yang tidak dianjurkan bagi si Kecil yang berusia di bawah 1 tahun karena sistem pencernaannya masih belum berkembang sempurna: 

  • Madu. Memberikan madu hanya berlaku bila si Kecil sudah berusia di atas 1 tahun ya, Ma. Pemberian madu kepada bayi usia 0-12 bulan dapat berisiko menyebabkan botulisme atau keracunan makanan langka yang berbahaya. Selain itu, madu juga mengandung tinggi gula yang akan mengganggu pertumbuhan gigi bayi.

  • Ikan jenis tertentu yang tidak dimasak dengan matang. Ikan hiu, pari, dan kerang mengandung level merkuri yang cukup tinggi sehingga dapat menganggu pertumbuhan sistem saraf si Kecil. Selain itu, makan makanan laut mentah juga akan meningkatkan risiko keracunan makanan bagi si Kecil.

  • Telur mentah. Telur dan jenis makanan lainnya harus dimasak matang bila diberikan kepada si Kecil untuk menghindari risiko gangguan pencernaan.

  • Makanan rendah lemak dan rendah kalori. Pada usia ini, bayi Mama justru membutuhkan kalori sebagai sumber energi yang mendukung tumbuh kembangnya. Jadi, jangan batasi makanan yang masuk. Berikan makanan bergizi apa pun yang ia inginkan.

  • Kacang-kacangan utuh. Jangan berikan kacang-kacangan dalam bentuk utuh sampai bayi berusia 5 tahun karena berisiko membuatnya tersedak. Solusinya, berikan kacang dalam bentuk selai, Ma.8

Baca Juga: Menu Sehat untuk Anak agar Tumbuh Kembang Si Kecil Optimal

Rekomendasi Resep MPASI Bayi 9 Bulan

Sekarang Mama sudah tahu ‘kan bahan makanan apa saja yang bisa dimasak dan tidak untuk menu MPASI bayi 9 bulan? Nah, ada beberapa rekomendasi resep MPASI 9 bulan yang sangat mudah untuk Mama buat di rumah. Yuk, simak resepnya di bawah ini!

1. Brokoli dan Kembang Kol Keju Panggang

Resep brokoli dan kembang kol keju panggang bisa menjadi pilihan makanan bayi 9 bulan agar tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Apalagi aroma kejunya dijamin buat si Kecil tak bisa menolak kelezatannya. Berikut bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya. 

Bahan yang dibutuhkan:

  • 125 gram brokoli, potong per kuntum lalu cuci bersih

  • 125 gram kembang kol, potong per kuntum lalu cuci bersih

  • 1 sendok makan unsalted butter

  • 1 sendok makan tepung terigu serbaguna

  • 125 ml susu putih cair

  • 100 g keju mozarella

  • 100 g keju parmesan bubuk

  • 50 gram keju cheddar parut

  • Mentega secukupnya

Cara membuat:

  1. Kukus brokoli dan kembang kol yang sudah dicuci bersih selama kurang lebih 3-5 menit, atau sampai setengah matang. Angkat, kemudian masukkan ke dalam air es. Tiriskan dan sisihkan terlebih dahulu.

  2. Untuk membuat saus keju, pertama-tama lelehkan unsalted butter dalam wajan. Kemudian, masukkan tepung terigu serbaguna, aduk hingga rata. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai mengental dan mendidih. 

  3. Masukkan keju mozarella dan parmesan secukupnya ke dalam wajah. Aduk sampai keju larut. Jika sudah, angkat dan sisihkan. 

  4. Siapkan loyang atau wadah tahan panas yang sudah diolesi mentega. Tata brokoli dan kembang kol ke dalam wadah. 

  5. Selanjutnya, siram brokoli dan kol dengan saus keju. Taburi kembali dengan keju mozzarella, keju cheddar, dan parmesan bubuk.

  6. Panggang brokoli dan kembang kol dalam suhu 180ºC hingga kecokelatan (kurang lebih 15 menit). Jika sudah, keluarkan dan sajikan hangat untuk si Kecil. 

2. Scramble Tomat dan Alpukat 

Mama pasti setuju kalau telur adalah bahan makanan yang sangat terjangkau dan mudah diolah menjadi berbagai makanan lezat. Terlebih, telur mengandung tinggi protein yang baik untuk membantu perkembangan otak bayi.

Nah, Mama bisa mengolah telur bersama jenis buah-buahan lain yang bernutrisi, seperti tomat dan alpukat. 

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 butir telur ayam

  • 1 sendok teh air 

  • ¼ buah tomat yang sudah dipotong dadu dan dicuci bersih

  • 1 sendok teh minyak zaitun

  • ¼ buah alpukat yang sudah dipotong dadu

Cara membuat:

  1. Dalam sebuah mangkuk kecil, kocok telur, air, dan tomat.

  2. Panaskan minyak zaitun di atas wajan. Tuang telur, aduk rata menggunakan spatula secara perlahan sampai menjadi orak-arik. 

  3. Sebelum matang sepenuhnya, masukkan potongan buah alpukat. Lalu, masak kembali hingga matang sempurna. 

  4. Angkat dan tuang ke piring saji. 

3. Tropical Fruit Salad

Makanan selingan yang terbuat dari buah-buahan berikut ini pasti akan disukai si Kecil. 

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2-3 sendok makan Greek yoghurt

  • 45 gram buah kiwi yang sudah dipotong kecil-kecil

  • 45 gram buah mangga yang sudah dipotong kecil-kecil

  • 45 gram buah pisang yang sudah dipotong kecil-kecil

Selain buah-buahan di atas, Mama juga bisa mengganti atau menambahkan buah lainnya sesuai selera. Misalnya, pepaya, anggur, stroberi, dan lainnya. Pastikan buah-buahan yang sudah dicuci bersih ya, Ma.

Cara membuat:

  1. Dalam sebuah mangkuk berukuran agak besar, campurkan semua bahan-bahan yang telah disiapkan. Aduk sampai seluruh bahan tercampur merata. 

  2. Masukkan salad buah ke dalam kulkas, lalu dinginkan selama beberapa jam.

  3. Lalu, sajikan untuk si Kecil saat jam makan snack siang atau sore hari.

Nah, itu dia beberapa resep MPASI 9 bulan yang mudah Mama buat di rumah. Hindari memaksa anak agar mau makan, Ma! Apalagi memaksa untuk menghabiskan makanannya jika memang ia tidak mau. Hal ini sering mengakibatkan anak malah jadi menolak untuk makan dan semakin susah untuk menghabiskan isi mangkuknya. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Panduan MPASI Bayi 10 Bulan dan Ide Resep yang Bergizi

  1. Find out which food groups you should include in your baby's diet [Internet]. Start4Life. 2021 [cited 15 October 2021]. Available from: https://www.nhs.uk/start4life/weaning/what-to-feed-your-baby/7-9-months/
  2. Your baby's developmental milestones at 9 months [Internet]. Unicef.org. 2021 [cited 15 October 2021]. Available from: https://www.unicef.org/parenting/child-development/your-babys-developmental-milestones-9-months
  3. What developmental milestones is your 9-month-old reaching? [Internet]. Centers for Disease Control and Prevention. 2021 [cited 15 October 2021]. Available from: https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-9mo.html
  4. Brusie, RN C. Your 9-Month-Old Baby's Development & Milestones [Internet]. Verywell Family. 2019 [cited 15 October 2021]. Available from: https://www.verywellfamily.com/your-9-month-old-baby-development-and-milestones-4172786
  5. Torroll B. Baby Feeding Schedule: 9 to 12 Months Old [Internet]. Parents. 2021 [cited 15 October 2021]. Available from: https://www.parents.com/baby/feeding/solid-foods/feeding-9-12-month-old-baby/
  6. Solids by age: 10 to 12 months [Internet]. BabyCentre UK. 2021 [cited 15 October 2021]. Available from: https://www.babycentre.co.uk/a9146/solids-by-age-10-to-12-months
  7.  Landes E, Stephens C. Foods, Tips, and Meal Plan for Feeding Your 9-Month-Old [Internet]. Healthline. 2021 [cited 15 October 2021]. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/food-for-9-month-old
  8. L. Gavin, MD M. Feeding Your 8- to 12-Month-Old (for Parents) - Nemours Kidshealth [Internet]. Kidshealth.org. 2021 [cited 15 October 2021]. Available from: https://kidshealth.org/en/parents/feed812m.html
  9. Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/schedules/sample-baby-schedules-for-9-and-10-month-olds_3657239. Diakses pada 30 November 2022.
  10. Ikatan Dokter Anak Indonesia. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pentingnya-mengatur-jadwal-makan-anak. Diakses pada 30 November 2022. 
  11. Ikatan Dokter Anak Indonesia. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi. Diakses pada 30 November 2022. 
  12. Ikatan Dokter Anak Indonesia. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/nutrisi-pada-bayi-dan-batita-di-era-new-normal-pandemi-covid-19. Diakses pada 30 November 2022. 
  13. Ikatan Dokter Anak Indonesia. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/kemampuan-motor-bayi-terkait-dengan-keterampilan-kemampuan-makan. Diakses pada 30 November 2022.
  14. Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/homemade-baby-food-recipes-for-10-to-12-months_10411472. Diakses pada 30 November 2022.
  15. Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/tropical-fruit-salad_10412201. Diakses pada 30 November 2022.
  16. Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/tomato-avocado-scramble_10412206. Diakses pada 30 November 2022.
  17. Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/broccoli-cauliflower-cheese_10403214. Diakses pada 30 November 2022.
comment-icon comment-icon