Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Berapa Berat Badan Ideal Bayi Usia 7 Bulan? - Nutriclub
Tumbuh Kembang

Berat Badan Bayi 7 Bulan yang Ideal dan Cara Mencapainya

Article Oleh : Febriyani Suryaningrum 10 Agustus 2023

Mulai bulan ke-7, berat badan bayi idealnya harus naik setidaknya 300 gram dari bulan lalu. Lalu, berapa berat badan bayi 7 bulan yang ideal dan bagaimana caranya agar BB bayi naik?

Berat Badan Bayi 7 Bulan yang Ideal Menurut WHO

Berdasarkan Grafik Pertumbuhan WHO, berat badan bayi usia 7 bulan normalnya adalah:

  • Bayi laki-laki : 6.7 - 9.2 kg dengan panjang badan 65 - 73 cm.

  • Bayi perempuan : 6 - 8.2 kg dengan panjang badan 63 - 71 cm.

Namun, tidak perlu langsung panik jika berat badan si Kecil sedikit kurang atau sedikit lebih tinggi daripada patokan di atas. Setiap bayi tumbuh dengan cara yang berbeda.

Penting untuk pastikan asupan gizinya tetap optimal dari ASI dan MPASI juga rutin kontrol ke dokter untuk memastikan tidak ada gangguan tumbuh kembang. 

Bagaimana Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Usia 7 Bulan?

Jika BB si Kecil belum mencapai standar umumnya, ada beberapa tips mudah yang dapat Mama lakukan di rumah untuk bantu menambah berat badan bayi: 

1. Memberikan Makanan yang Tinggi Kalori

Bayi usia 7 bulan membutuhkan 600 kilokalori (kkal). Sekitar 400 kkal berasal dari pemberian ASI, dan sisanya dari MPASI.

Jadi, selain memberikan ASI, Mama bisa memberikan makanan tinggi kalori pada MPASI si Kecil. Makanan yang memiliki kalori tinggi antara lain, telur, pisang, ayam, dan salmon

2. Menambahkan Asupan Lemak

Selanjutnya, Mama dapat menaikkan berat badan bayi 7 bulan dengan menambahkan asupan lemak dari keju, minyak zaitun, dan unsalted butter pada MPASI si Kecil.

Keju dan alpukat tinggi lemak sehat, kalsium, protein, dan zat besi yang bisa membantu optimalkan pertumbuhan fisik bayi. Minyak zaitun juga sumber lemak yang padat kalori.

Satu sdm minyak zaitun bisa mengandung sekitar 120 kalori. Menambahkan 1 sdm minyak zaitun ke dalam MPASI tiap hari dapat meningkatkan asupan kalori harian bayi.

Baca Juga: 9 Sumber Lemak Tambahan MPASI Terbaik dan Manfaatnya

3. Mengatur Jadwal Makan

Jadwal makan yang konsisten bukan hanya bantu si Kecil lahap makan, tapi juga bantu si Kecil mengenal rasa kenyang dan lapar secara alami.

Dengan begitu, asupan nutrisi hariannya lebih mudah untuk dipenuhi. Ia juga dapat mengontrol agar tidak makan berlebihan di masa depan sehingga terhindar dari obesitas. 

Untuk menyusun jadwal makan yang ideal, sesuaikan dengan kebiasaan tidur dan kondisi lingkungan tempat tinggal si Kecil. 

4. Berikan MPASI Bergizi Seimbang

Supaya berat badan bayi 7 bulan optimal, pastikan Mama memberikan MPASI dengan gizi yang seimbang.

Ini termasuk serat, karbohidrat, protein, dan lemak, hingga zat besi, zinc, prebiotik, dan asam lemak esensial seperti omega-3, DHA & EPA. 

Supaya setiap suap makanan si Kecil kaya akan nutrisi, Mama dapat menggabungkan bahan makanan aneka jenis dan warna. Contohnya membuat puree kentang, brokoli, dan ikan salmon. 

5. Naikkan Tekstur MPASI

MPASI untuk bayi 7 bulan harusnya sudah bisa dinaikkan menjadi bubur puree kental yang sedikit menggumpal.

Jumlah kalori dalam MPASI yang bertekstur lebih kasar umumnya lebih banyak untuk membantu meningkatkan berat badan bayi.

6. Berikan Protein Hewani

Ada beberapa jenis daging yang tinggi kandungan kalori, seperti daging paha ayam, ikan laut, dan kalkun giling.

Mama bisa olah prohe untuk MPASI sekreatif mungkin untuk meningkatkan berat badan si Kecil. Misalnya dimasak menjadi puree ayam mentega atau finger food stick kentang-kalkun. 

Baca Juga: 10 Menu MPASI 7 Bulan dan Panduan Jadwalnya

7. Tawarkan Buah Tinggi Kalori 

Untuk menaikkan berat badan bayi 7 bulan, pilih buah yang tinggi kalori seperti pisang, alpukat, dan pir. 

Olah menjadi puree buah dengan topping keju parut. Atau, sajikan sebagai smoothie yang dicampur dengan full-fat yogurt (pastikan bebas tambahan gula).

8. Ajak Makan Bersama

Membiasakan bayi makan sendiri ditemani Mama, Papa, dan anggota keluarga lainnya dapat meningkatkan motivasinya untuk makan dan mencoba makanan baru. 

Sebisa mungkin, luangkan waktu Mama dan Papa untuk makan bersama minimal 1 kali dalam sehari. 

Saat makan, jauhkan distraksi lain seperti smartphone, tablet, laptop, dan televisi. Fokus pada kegiatan sambil berkomunikasi secara interaktif dengan si Kecil.

9. Buat Waktu Makan Menyenangkan

Agar si Kecil makan dengan lebih lahap dan segera naik berat badannya, Mama dapat mengajak si Kecil makan di lingkungan yang lebih menyenangkan. 

Misalnya dengan piknik di halaman belakang di pagi yang cerah. Atau, meletakkan meja makan di pinggir kolam renang dan makan malam bersama di sana. 

Gunakan kesempatan ini untuk mengenalkan si Kecil pada rasa dan jenis makanan baru. Pastikan Mama mengenalkan satu jenis makanan baru saja pada tiap kesempatan, ya. Baca Juga: Berapa Berat Badan Ideal Bayi di Usia 8 Bulan?

10. Pastikan Bayi Tidur Cukup

Durasi tidur juga perlu diperhatikan supaya berat badan bayi 7 bulan meningkat mengikuti kurva pertumbuhan di usianya.

Idealnya, bayi 7 bulan butuh tidur selama 13-14 jam dalam sehari. Jika bayi kurang tidur, ia akan kelelahan karena banyak beraktivitas sehingga menolak makan dan BB-nya bisa turun. 

Jadi ketika si Kecil mulai tampak mengantuk, segera bawa ke kamar untuk siap-siap tidur. 

Mama juga bisa dapatkan panduan eksklusif tumbuh kembang bayi dan info seputar pemenuhan gizi untuk imunitas si Kecil selengkapnya di The Parent’s Guide Academy, lho!

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020. (2020). http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf

  2. ‌Failure to Thrive (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2020). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/failure-thrive.html

  3. ‌Chatterjee, T. (2019, June 24). List of 12 Healthy Weight Gain Foods for Babies & Kids. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/list-of-12-healthy-weight-gain-foods-for-babies-kids/

  4. ‌IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1

  5. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2034/bagaimana-mengatasi-berat-badan-kurang-pada-anak

  6. ‌IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi

  7. IDAI | Pentingnya Mengatur Jadwal Makan Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pentingnya-mengatur-jadwal-makan-anak

  8. ‌Arora, M. (2018, May 4). Introducing Cheese to Babies. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/cheese-for-babies-health-benefits-precaution-and-more/

  9. ‌Lewis, R. (2020, July 21). How To Increase Your Baby’s Weight. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-increase-baby-weight#tips

  10. IDAI | Pola Tidur Pada Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/pola-tidur-pada-anak

Artikel Terkait
floating-icon