Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

11 Obat Radang Tenggorokan Anak yang Alami dan Ampuh - Nutriclub
Imunitas

11 Obat Radang Tenggorokan Anak yang Alami dan Ampuh

Article Oleh : Annisa Amalia Ikhsania 30 Januari 2023

Radang tenggorokan tidak selalu harus diobati dengan obat-obatan dari apotek. Mama bisa menggunakan berbagai macam obat radang tenggorokan anak yang terbuat dari dari bahan alami.

Pilihan Obat Radang Tenggorokan Anak dari Bahan Alami

Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh virus atau bakteri yang menyebabkan rasa gatal di tenggorokan serta sakit saat menelan. Alhasil, si Kecil jadi merasa tidak nyaman. 

Namun, Mama tidak perlu khawatir karena radang tenggorokan sangat mudah diatasi dengan perawatan rumahan. Apa saja obat tenggorokan anak yang alami?

Midbanner 11 Obat Radang Tenggorokan Anak yang Alami

1. Air Garam

Pusat pengendalian penyakit di Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan air garam sebagai obat radang tenggorokan anak yang alami dan paling ampuh. 

Air garam bersifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Berkumur air garam juga diyakini bisa membantu mengeluarkan lendir di tenggorokan.

Larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Lalu, minta si Kecil untuk menengadahkan kepala dan kumur air garam di pangkal tenggorokan (bukan di seluruh mulut).

Setelah itu, minta si Kecil membuang air bekas kumurnya. Jangan sampai tertelan.

2. Madu

Madu juga terbukti sebagai salah satu obat radang tenggorokan anak yang ampuh. 

Menurut sebuah studi minum satu sendok makan madu sebanyak 2 kali sehari dapat membantu meredakan rasa sakit akibat radang tenggorokan. 

Madu mengandung zat antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang dapat mempercepat proses pemulihan radang tenggorokan. 

Jika madu terlalu manis atau kental, Mama bisa melarutkannya dalam minuman hangat, seperti teh madu hangat atau air lemon.

Namun, jangan berikan madu untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak berusia di bawah satu tahun.

Madu mungkin mengandung bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan botulisme pada anak di bawah 1 tahun.

3. Air Hangat

Agar radang tenggorokan pada anak mereda, Mama juga bisa memberikan minuman hangat pada si Kecil. Sebagai contoh, teh tawar hangat atau air rebusan jahe.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Rhinology Journal juga menyebut minuman cepat bantu melegakan tenggorokan.

Air hangat juga memicu tubuh memproduksi lebih banyak air liur untuk melumasi dan mendinginkan tenggorokan yang meradang.

4. Minuman Dingin

Jika si Kecil tidak suka minum minuman hangat, coba tawarkan minuman atau makanan dingin seperti air es, yogurt dingin, atau buah potong beku.

Suhu dingin bekerja menyempitkan pembuluh darah dan menurunkan sirkulasi ke area tenggorokan yang meradang.

Alhasil, minum yang dingin-dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan sensasi gatal di tenggorokan.

Baca Juga: 8 Obat Batuk Alami yang Ampuh untuk Anak

5. Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga bisa dijadikan sebagai alternatif obat radang tenggorokan anak lho, Ma. 

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memiliki zat antimikroba dan antivirus untuk membantu imun bekerja melawan virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan. 

Bawang putih paling manjur mengatasi radang tenggorokan jika dimakan mentah. Namun, anak mungkin tidak suka bawang karena rasa dan baunya yang menyengat.

Jadi, Mama bisa menambahkan bawang putih yang dicincang kasar ke dalam tumisan atau sup sayur.

6. Teh Chamomile

Teh chamomile dapat membantu mengobati radang tenggorokan pada anak. Ini karena teh kamomil memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan astringent. 

Studi yang dimuat pada Spandidos Publications menunjukkan bahwa menghirup uap teh chamomile dapat membantu meredakan gejala flu dan batuk serta radang tenggorokan. 

Memberikan anak minum teh chamomile diyakini juga bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar radang tenggorokan membaik.

7. Peppermint 

Peppermint dikenal sebagai obat radang tenggorokan anak alami yang sekaligus berfungsi sebagai dekongestan untuk mengencerkan dahak tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Mama bisa menyeduh daun peppermint segar bersama teh, atau teteskan essential oil peppermint dalam baskom berisi air hangat.

Minta si Kecil menghirup uap hangatnya dengan bernapas lewat mulut.

8. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang ternyata sangat penting untuk mengoptimalkan kekebalan tubuh anak. 

Probiotik menyeimbangkan bakteri baik dalam pencernaan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat bekerja lebih cepat melawan infeksi penyebab radang.

Selain yogurt, Mama juga dapat memberikan segelas susu hangat seperti susu Nutrilon Royal 4 untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Susu Nutrilon Royal 3 telah diformulasikan dengan kandungan ACTIDUOBIO+, yaitu kombinasi prebiotik FOS:GOS 1:9 dan omega 3 & 6 yang dapat memperlancar sistem pencernaan dan meningkatkan imunitas si Kecil.

9. Uap Hangat

jMenghirup uap hangat bisa jadi cara mengatasi radang tenggorokan pada anak karena ini membantu mengencerkan lendir sehingga ia bisa bernapas lebih lega.

Cukup isi baskom dengan air hangat dan minta si Kecil menundukkan kepalanya di atas baskom tapi jangan terlalu dekat dengan permukaan airnya. 

Lalu, tutupi kepala si Kecil dengan handuk tipis agar uap tetap terasa dan masuk dengan baik ke dalam hidung.

Mama juga bisa menyalakan shower air hangat di kamar mandi dan tutup pintunya agar suhu kamar mandinya menghangat sendiri. 

Lakukan cara ini selama 10-15 menit, lalu istirahat si Kecil sekitar 2 menit dan ulangi lagi hingga ia bisa bernapas cukup lega.

10. Tidur dan Istirahat

Tidur adalah obat radang tenggorokan anak yang paling ampuh.

Selama tidur, sistem kekebalan tubuh anak akan bekerja paling optimal untuk melawan infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan.

Kurang tidur justru bisa meningkatkan risiko infeksi bertambah parah dan mungkin memicu demam.

Jadi, cobalah kurangi waktu bermainnya sementara waktu sampai anak kembali pulih seperti sedia kala.

Baca Juga: Waspada Penyebab dan Gejala Campak pada Anak

11. Humidifier

Mama bisa nyalakan humidifier (pelembap udara) mengatasi radang tenggorokan pada anak di malam hari agar tidurnya juga lebih nyenyak. 

Udara yang lembap akan menjaga lendir tenggorokan tetap licin dan basah sehingga mengurangi rasa gatal setiap si Kecil berdeham atau menelan.

Penggunaan humidifier juga bisa udara ruangan terkontaminasi virus dan bakteri. 

Humidifier model uap dingin dianggap lebih aman daripada uap hangat. Jangan lupa untuk bersihkan humidifier secara rutin untuk mencegah lumut.

Itulah informasi seputar obat radang tenggorokan untuk anak dari bahan alami dan cara mengatasinya dengan cepat di rumah. 

Yang paling penting, jangan ragu periksakan si Kecil ke dokter apabila cara-cara di atas tidak cukup efektif meredakan gejalanya.

Terutama jika si Kecil masih tampak kesulitan menelan, tidak bisa minum, merasa lemas, atau ada nanah di belakang tenggorokan.

Dapatkan juga Ebook eksklusif Nutrisi dan Gizi untuk Imunitas Anak untuk panduan mendukung daya tahan tubuh anak lewat pemenuhan gizi terbaik

Semoga informasi ini berguna, ya Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Nanda, M., Mittal, S., & Gupta, V. (2017). Role of honey as adjuvant therapy in patients with sore throat. National Journal of Physiology, Pharmacy and Pharmacology, 7(4), 1. https://doi.org/10.5455/njppp.2017.7.1233125122016
  2. What to Do About a Sore Throat (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/sore-throat-sheet.html
  3. ‌Barrell, A. (2022, July 27). What are the best ways to help a sore throat? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-help-sore-throats
  4. Story, C. M. (2022, February 18). Sore Throat Remedies That Work (and What Not to Do). Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/cold-flu/sore-throat-natural-remedies
  5. Yella Hewings-Martin, Ph.D. (2017, October 27). Are hot drinks or ice pops better for sore throat? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319896#Hot-drinks-have-best-effect
  6. Bathala, S., & Eccles, R. (2013). A review on the mechanism of sore throat in tonsillitis. The Journal of Laryngology & Otology, 127(3), 227–232. https://doi.org/10.1017/s0022215112003003
  7. Gupta. (2010). Chamomile: A herbal medicine of the past with a bright future (Review). Molecular Medicine Reports, 3(6). https://doi.org/10.3892/mmr.2010.377
  8. Leonard, J. (2022, June 27). What can I do to make my cough go away? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322394#natural-cough-remedies
Artikel Terkait
floating-icon