Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Perkembangan Berat Badan Bayi Baru Lahir yang Perlu Mama Ketahui

Kesehatan

Perkembangan Berat Badan Bayi Baru Lahir yang Perlu Mama Ketahui


Berat badan si Kecil menjadi pertanyaan yang paling banyak ditanyakan orang setelah mengetahui jenis kelamin si Kecil. Oleh karenanya, setelah si Kecil lahir Mama akan fokus dengan perkembangan berat badan si Kecil.

Si Kecil lahir dalam berbagai bentuk dan ukuran, tapi seiring berjalan pertumbuhannya, berat badan si Kecil menjadi tanda penting bahwa si kecil menyusu dengan baik dan menjadi indikator positif bahwa si Kecil sehat dan berkembang. Dokter, secara teratur akan memeriksa berat badan, panjang badan dan ukuran kepala si Kecil.

Berat badan bayi saat lahir

Berat badan bayi ditentukan oleh genetika orang tua dan juga nutrisi Mama selama masa kehamilan. Selama masa kehamilan Mama, dokter kepercayaan Mama akan melakukan pengukuran tinggi fundus (umumnya didefinisikan sebagai jarak dari  tulang kemaluan ke bagian atas rahim yang diukur dalam sentimeter) untuk memastikan bahwa semuanya konsisten dan pada jalurnya. Pengukuran ini akan dicatat dalam catatan Mama. Jika ada kekhawatiran, Mama mungkin dirujuk untuk melakukan pemindaian pertumbuhan, tetapi perlu diingat bahwa ini bukan hanya tentang berat badan si Kecil, tetapi juga melacak konsistensi selama kehamilan. Bayi laki-laki cenderung sedikit lebih berat daripada bayi perempuan, dan karena pola pertumbuhan mereka sedikit bervariasi, mereka memiliki grafik pertumbuhan bayi yang berbeda.

Pola pertumbuhan bayi

Setiap anak mengikuti pola pertumbuhan sejak lahir dan biasanya hal pertama yang mereka lakukan adalah menurunkan berat badan, yang lebih sering terjadi pada bayi yang diberi ASI. Bayi dapat kehilangan antara 5-10% dari berat lahirnya dalam beberapa hari pertama, tetapi seharusnya bertambah lagi sekitar hari ke 10. Berat badan bayi turun karena mereka dilahirkan dengan cairan ekstra, yang akan mereka buang dalam beberapa hari pertama setelah lahir.

Seberapa sering Mama harus menimbang si Kecil?

Dokter kepercayaan Mama akan memantau perkembangan berat badan bayi dan memastikan bahwa si Kecil cukup makan dan mencapai pencapaian yang seharusnya. Untuk itu, sebaiknya si Kecil ditibang setiap:

  • Sebulan sekali, hingga usia 6 bulan
  • Dua bulan sekali dari usia 6-12 bulan
  • Tiga bulan sekali di atas usia 1 tahun

Tentu saja Mama diperbolehkan menimbang si Kecil sesering yang Mama suka, dan Mama tidak perlu menunggu sampai janji temu berikutnya. Mama dapat pergi ke klinik anak terdekat kapan saja, akan tetapi kemungkinan besar menimbang si Kecil lebih sering dikarenakan jika ada kekhawatiran pada perkembangan si Kecil. 

Catat berat badan bayi

Menjelang akhir kehamilan atau setelah melahirkan, dokter akan mencatat tinggi badan, berat badan dan imunisasi si Kecil (disarankan Mama selalu mencatatnya di buku pertumbuhan anak atau gadget). Catatan ini dapat digunakan untuk melihat perkembangan si Kecil sejak lahir, dan disarankan untuk selalu membawa catatan ke setiap janji di klinik anak atau rumah sakit.

Pertumbuhan berat badan bayi

Dokter Mama akan mencatat berat badan dan pertumbuhan mereka pada grafik pertumbuhan di buku pertumbuhan dan imunisasi. Grafik ini menunjukkan pola pertumbuhan anak laki-laki atau perempuan yang sehat. Apakah si Kecil besar atau kecil, dan diharapkan untuk menambah berat badan dengan kecepatan tetap, tetap dalam kisaran yang sama seperti yang ditunjukkan pada grafik centile. Namun, hanya karena Si Kecil berada di ujung atas atau bawah grafik tidak berarti mereka kelebihan atau kekurangan berat badan.

Grafik pertumbuhan berat badan bayi mungkin terlihat sedikit menakutkan pada awalnya, tetapi jangan khawatir, dokter Mama akan dapat menunjukkan cara melacak perkembangan berat badan bayi. Penting untuk diingat bahwa semua bayi berbeda dan grafik pertumbuhan bayi Mama tidak akan terlihat sama persis dengan bayi lain, atau bahkan saudara laki-laki atau perempuan mereka sendiri.

Pastikan Mama memeriksakan si Kecil secara teratur da membawa serta buku pertumbuhan dan imunisasi anak. Pertumbuhan dan kesehatan si Kecil akan dipantau dengan cermat.

Pertambahan berat badan normal pada bayi

Dalam beberapa minggu pertama, berat badan si Kecil mungkin akan bertambah sekitar 175 gram hingga 225 gram dalam seminggu. Sekitar enam bulan, si Kecil akan menggandakan berat lahirnya, dan setelah ini kenaikan berat badan si Kecil secara bertahap akan melambat.

Pada usia 1 tahun, berat badan si Kecil akan naik 3 kali lipat. Berikut gambar yang menunjukkan peningkatan tinggi anak di F1000d (first 1000 days).

Grafik pertumbuhan yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan hanyalah sebagai pedoman, jadi jika berat badan si Kecil biasanya tetap dalam kisaran ini, jangan khawatir bila si Kecil mengalami blip (tingkah aneh) sesekali. Ini mungkin disebabkan oleh lonjakan pertumbuhan, penyakit, kesulitan menyesuaikan diri dengan makan padat atau hanya membakar lebih banyak kalori saat si Kecil mulai merangkak. Jika Mama memiliki kekhawatiran tentang pertumbuhan si Kecil, konsultasikan dengan dokter kepercayaan Mama.

Grafik berat badan bayi

Tabel di bawah ini hanyalah panduan, tetapi jika Mama khawatir dengan berat badan si Kecil, pastikan untuk menghubungi dokter.

Berikut rincian berat badan bayi rata-rata di tahun pertama:

Usia Berat pertumbuhan ke-50 bayi laki-laki Berat pertumbuhan ke-50 bayi perempuan
Kelahiran 3,5kg 3,4kg
1 bulan 4,4kg 4,2kg
2 bulan 5,2kg 4,8kg
3 bulan 6kg 5,4kg
4 bulan 6,7kg 6,2kg
5 bulan 7,4kg 6,7kg
6 bulan 7,9kg 7,2kg
7 bulan 8,4kg 7,7kg
8 bulan 8,9kg 8,1kg
9 bulan 9,3kg 8,5kg
10 bulan 9,7kg 8,8kg
11 bulan 10kg 9,2kg
12 bulan 10,3kg 9,5kg

Berat badan bayi prematur

Bayi dianggap lahir prematur jika lahir sebelum 37 minggu. Jika si kecil lahir prematur, kebutuhan nutrisinya akan berbeda karena tumbuh lebih cepat daripada bayi cukup bulan.

Jika bayi Anda prematur, mereka juga akan memiliki grafik berat badan bayi yang sedikit berbeda. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memantau dan mengukur berat dan kesehatan bayi prematur, kunjungi Royal College of Paediatrics and Child Health.

Apakah Mama memiliki pertanyaan tentang berat badan Si Kecil?

Jika Mama memiliki pertanyaan seputar berat badan Si Kecil, Mama dapat menghubungi Nutriclub Expert Advisor dan berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Hubungi Sekarang!

 

comment-iconcomment-icon