Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

10 Cara Stimulasi Bayi Usia 7 Bulan agar Tumbuh Optimal - Nutriclub
Tumbuh Kembang

10 Cara Stimulasi Terbaik untuk Bayi Usia 7 Bulan

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 04 April 2023

Perkembangan bayi sungguhlah pesat, terutama bagi bayi 7 bulan yang butuh stimulasi besar. Ia akan lebih aktif menggunakan tangan, mulut, mata, dan telinga mungilnya untuk menyerap apa yang mereka bisa dari dunia di sekitarnya. Lalu, aktivitas stimulasi apa saja yang pas untuk bayi 7 bulan?

Sebelum Mama cari tahu rekomendasi aktivitasnya, ada satu hal yang perlu dipahami lebih dulu. Memberikan stimulasi haruslah mengikuti milestone yang sudah dicapai bayi setiap bulannya.

Stimulasi yang tepat penting untuk dipertimbangkan karena memberikan stimulasi yang tidak sesuai dengan kemampuan bayi bisa membuat si Kecil mengalami stimulasi berlebihan atau overstimulation.

Stimulasi berlebihan bisa membuat bayi cepat lelah akibat banyaknya aktivitas dan sensasi di luar batas toleransinya. Hal tersebut mengakibatkan si Kecil lebih mudah menangis, rewel, bahkan mungkin menolak untuk bermain lagi.

Bayi Usia 7 Bulan Sudah Bisa Apa Saja?

Si Kecil tumbuh semakin besar saat memasuki paruh kedua tahun pertamanya. Tahapan emosional dan kognitifnya pun semakin berkembang. Selain pertumbuhan fisik, bayi umur 7 bulan pun sudah bisa menunjukkan banyak perkembangan baru dari aspek kognitif, bahasa, sampai motorik yang mengejutkan Mama dan Papa. 

Saat ini, si Kecil kemungkinan besar sudah bisa duduk sendiri dan bahkan mulai merangkak untuk melihat sekelilingnya dengan lebih baik.

Secara umum, berikut tanda-tanda bahwa perkembangan bayi Mama sudah sesuai dengan tahapan usianya di bulan ke-7 ini:

  • Bayi mulai belajar merangkak, dan semakin senang untuk bereksplorasi.

  • Bayi mulai belajar duduk tanpa disandarkan Mama atau disangga bantal. Si Kecil sudah bisa menegakkan punggung dan memutar tubuhnya, sehingga ia bisa bermain lebih lama sambil duduk. 

  • Bayi pintar berceloteh dan mulai memahami kata bermakna. Perkembangan bayi 7 bulan dalam hal komunikasi dan bahasa juga semakin menakjubkan. 

  • Bayi semakin mahir menggenggam makanan atau mainan.

  • Bayi mulai suka bermain dengan orang terdekatnya, seperti Ibu dan Ayah.

Baca Juga: Panduan Jadwal MPASI 7 Bulan dan Resep Praktisnya 

Cara Stimulasi Terbaik untuk Bayi 7 Bulan

Pada usia 7 bulan, bayi mulai bisa belajar merangkak untuk mengeksplorasi hal sekitarnya. Si Kecil juga mulai merasa penasaran pada benda yang ada di sekitarnya, Ma. Oleh karena itu, Mama perlu melakukan stimulasi untuk si Kecil agar tumbuh kembangnya semakin optimal.

Berikut berbagai stimulasi yang bisa Mama berikan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi 7 bulan. 

1. Bermain Cilukba di Depan Cermin

Permainan ini sederhana sekaligus menyenangkan untuk si Kecil. Mama bisa coba gendong si Kecil dan ajarkan bermain cilukba di depan cermin. Jika menyukainya, si Kecil akan ceria hingga tertawa terbahak-bahak. Jangan lupa untuk biarkan si Kecil memperhatikan bayangannya sendiri.

2. Bermain Finger Painting

Bayi usia 7 bulan sangat menyukai warna. Ajak si Kecil melukis menggunakan tangannya. Si Kecil akan senang mencelupkan tangannya ke dalam cat dengan ragam warna yang cerah. Mama bisa membuat cat dari bahan makanan seperti warna ungu dari puree buah naga, warna hijau dari puree buah melon, warna merah dari puree buah semangka, dan lain-lain.

3. Bermain Boneka Tangan

Aktivitas stimulasi untuk tingkatkan tumbuh kembang bayi usia 7 bulan juga bisa memakai boneka tangan. Mama bisa duduk di belakang objek sehingga yang terlihat hanya si boneka tangan bagi si Kecil. Atau, Mama juga bisa duduk menghadap si Kecil. Apa pun caranya, bermain boneka tangan baik untuk stimulasi si Kecil sekaligus menambah kosakata baru.

Baca Juga: Tahap Perkembangan Motorik Bayi 0-12 Bulan

4. Membacakan Buku

Stimulasi seperti membaca buku bisa dilakukan bahkan sejak dini. Membacakan buku untuk si Kecil akan meningkatkan kemampuan berbahasanya. Pilihlah buku dengan ukuran besar dan berwarna-warni, pop-up book, atau buku ilustrasi bertekstur. Terkadang, di usia 7 bulan, si Kecil sudah memiliki buku bergambar favoritnya.

5. Menggenggam Mainan

Mama bisa memberikan stimulasi dengan mengajari si Kecil menggenggam mainan. Pilih mainan yang aman. Mama juga bisa menaruh mainan agak jauh dari si Kecil, lalu biarkan ia merangkak untuk meraih mainannya. Stimulasi ini baik untuk motorik anak.

6. Menari Bersama

Menari bersama bisa meningkatkan bonding antara anak dan Mama Papanya. Nyalakan sebuah lagu dan menarilah bersama si Kecil. Nantinya si Kecil akan menggerakkan tangannya atau bertepuk tangan. Mendengarkan musik juga bermanfaat bagi si Kecil karena meningkatkan kemampuan memproses ucapan, pendengaran, dan responnya.

7. Mengajari Tepuk Tangan

Cobalah ajari si Kecil untuk tepuk tangan sambil bernyanyi. Si Kecil pasti senang karena ketika tepuk tangan akan timbul suara yang dihasilkan. Mama bisa biarkan si Kecil bertepuk tangan sambil mengoceh sesuai imajinasinya.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Keterlambatan Bicara pada Balita 

8. Bermain Gelembung

Bermain gelembung merupakan stimulasi bayi 7 bulan yang menyenangkan untuk merangsang inderanya. Tujuannya ialah meningkatkan koordinasi antara tangan dan matanya saat ia mencoba menjangkau dan menyentuh gelembung.

9. Mengenalkan Nama Keluarga

Ma, mulailah ajari si Kecil mengenal nama-nama anggota keluarga melalui foto keluarga. Mama bisa menunjukkan foto keluarga dan menyebutkan nama-namanya. Misalnya “Ini kakek”, “Ini kakak”, “Ini Papa”. Si Kecil mungkin akan menirukannya. Stimulasi ini berguna agar anak memahami konsep visual dan meningkatkan kognitif bayi.

10. Melatih Gerak Tubuh

Stimulasi melatih gerak tubuh seperti membiarkan si Kecil belajar merangkak juga baik untuk meningkatkan motorik anak. Mama bisa menaruh mainan favorit si Kecil, dan biarkan anak merangkak meraihnya. Stimulasi ini  juga bisa mengoptimalkan tumbuh kembang bayi 7 bulan.

Itu dia berbagai stimulasi yang bisa diberikan kepada bayi yang sudah menginjak usia 7 bulan. Stimulasi mana yang menjadi favorit Mama Papa untuk dilakukan bersama si Kecil?

Baca Juga: 7 Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 8 Bulan

Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi yang Perlu Diwaspadai

Jika semua stimulasi di atas sudah Mama lakukan tapi si Kecil tidak menunjukkan perkembangan baru yang berarti, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis tumbuh kembang anak untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih akurat.

Mama juga bisa bertanya langsung dengan team Nutriclub Expert Advisor untuk berkonsultasi mengenai perkembangan dan kesehatan si Kecil.

Terutama jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda hal-hal di bawah ini: 

  • Bayi tidak tampak senang ketika melihat orang-orang yang dikenalinya.

  • Bayi tidak membuat kontak mata dengan Mama, Papa, atau orang lain.

  • Bayi tidak menunjukkan tanda-tanda bergerak. 

  • Bayi belum bisa tengkurap atau berguling sendiri.

  • Bayi tidak berceloteh atau mengenali suara Mama, Papa, atau orang terdekat lainnya.

Apabila Mama membutuhkan informasi lain mengenai tumbuh kembang si Kecil dari bulan ke bulan, Mama bisa download eksklusif e-book atau dengarkan podcast parenting secara gratis melalui website Nutriclub. Jadikan ini sebagai bekal untuk menang si Kecil agar ia bisa tumbuh menjadi pemenang di masa depan!

Semoga artikel ini membantu ya, Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Rohit Garoo. (2014, June 17). 22 Learning Activities And Games For 7 Month Old Baby. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/learning-activities-for-your-7-month-old-baby_0077472/
     
  2. ‌Earley, B. (2021, September 21). Best Activities for a 7-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-7-month-old-baby
     
  3. ‌Learning, Play, and Your 4- to 7-Month-Old (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/learn47m.html
     
  4. ‌IDAI | Kemampuan Motor Bayi Terkait dengan Keterampilan Kemampuan Makan. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/kemampuan-motor-bayi-terkait-dengan-keterampilan-kemampuan-makan
     
  5. ‌Misirliyan SS, Huynh AP. Development Milestones. [Updated 2022 Apr 30]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557518/
     
  6. Marie, S. (2021, July 30). 11 Signs of an Overstimulated Baby and How to Soothe Them. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/11-signs-of-an-overstimulated-baby-and-how-to-soothe-them#what-is-overstimulation
     
Artikel Terkait
floating-icon