Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

7 Cara Stimulasi untuk Bayi Usia 8 Bulan - Nutriclub
Tumbuh Kembang

7 Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 8 Bulan

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 04 April 2023

Di usia 8 bulan ini, bayi semakin tertarik untuk menjelajah dunia sekitar. Si Kecil umumnya sudah bisa berdiri sendiri dan mulai belajar berjalan dengan berpegangan pada kursi atau meja. 

Keterampilan emosional, bahasa, dan kognitifnya pun semakin berkembang dan pastinya mengejutkan Mama dan Papa. Lalu, apa stimulasi yang tepat untuk bayi usia 8 bulan?

Akan tetapi sebelum Mama cari tahu rekomendasi aktivitasnya, penting untuk memahami lebih dulu bahwa stimulasi haruslah mengikuti milestone yang sudah dicapai bayi setiap bulannya. Ini penting untuk dipertimbangkan karena memberikan stimulasi yang tidak sesuai dengan kemampuan bayi bisa membuat si Kecil mengalami stimulasi berlebihan atau overstimulation. 

Stimulasi berlebihan bisa membuat si Kecil kewalahan karena terlalu banyak menerima aktivitas dan sensasi baru di luar batas toleransinya. Hal ini dapat membuat si Kecil lebih mudah menangis, rewel, kecapekan, dan bahkan mungkin menolak untuk bermain lagi.

Bayi Usia 8 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja?

Pada dasarnya, setiap bayi akan belajar kemampuan yang baru setiap bulan mengikuti arah tumbuh kembangnya. Secara umum, berikut beberapa hal yang idealnya sudah bisa dilakukan bayi di usia 8 bulan:

  • Mulai mengenali wajah orang di sekitarnya. Si Kecil juga mengerti apabila ada orang asing yang belum pernah dilihat sebelumnya.

  • Mencoba mengulangi suara yang si Kecil dengar. Walaupun masih belum jelas dalam berbicara, si Kecil berusaha untuk membuat celotehan.

  • Menggabungkan bunyi konsonan dan vokal saat mengoceh.

  • Mulai belajar memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lainnya.

  • Memahami kata yang biasa didengarnya.

  • Mulai bisa memegang benda berukuran kecil dengan tangannya.

  • Mulai bisa berguling dari depan ke belakang, atau sebaliknya.

  • Sudah mulai mahir ketika merangkak.

  • Terkejut ketika mendengar suara yang keras dan bising. Mungkin saat si Kecil ketakutan akan langsung menangis dan mencari Mama.

  • Takut berpisah dengan Mama (separation anxiety).

  • Indera penglihatannya sudah semakin baik. Saat ini ketajaman pandangan bayi 8 bulan sudah semakin berkembang sehingga ia sudah bisa melihat lebih jelas layaknya orang dewasa.

Meski begitu, perlu Mama pahami dulu bahwa setiap bayi akan mengalami proses perkembangan yang berbeda antara satu sama lain. Ada bayi yang bisa belajar kemampuan baru dengan cepat, ada pula yang butuh pelan-pelan belajar sampai akhirnya merasa percaya diri untuk melakukannya sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan panik dulu jika Mama perhatikan si Kecil belum menunjukkan keterampilan di level yang sama dengan bayi usia 8 bulan lainnya.

Hal yang paling penting, terus pantau perkembangan bayi Mama dan beri stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Seperti apa? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Cara Merawat Bayi Usia 8-11 Bulan

Cara Stimulasi Bayi Usia 8 Bulan 

Berikut berbagai stimulasi bayi usia 8 bulan yang bisa Mama berikan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

1. Ajak Si Kecil Belajar Melangkah

Si Kecil umumnya sudah bisa berdiri meski sambil berpegangan. Lakukan stimulasi bayi usia 8 bulan dengan menaruh mainan favoritnya dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Setelah itu, ajak si Kecil untuk merambat berpegangan pada meja atau kursi untuk mencapai mainan tersebut.

Usia ini merupakan momen awal si Kecil untuk belajar berjalan. Ada bayi 8 bulan yang bisa berjalan, tetapi ada juga yang baru bisa berjalan ketika menjelang usia 2 tahun. 

2. Sering Ajak Bicara

Jangan pernah bosan untuk mengajak bicara si Kecil, Ma. Karena ini salah satu stimulasi yang baik agar si Kecil cepat memahami kata-kata bermakna.

Si Kecil tentu akan merasa senang bila Mama mendengarkan ocehannya dan meresponnya, seolah-olah Mama paham apa yang diucapkan olehnya. Merespon ocehan si Kecil juga dapat membantunya belajar bicara.

Mama juga bisa menyebutkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Tujuannya untuk menambah kosakata baru untuk si Kecil. Ajak si Kecil bernyanyi juga ide yang bagus, Ma. Pasti si Kecil senang bernyanyi bersama Mama.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Melatih Anak Berbicara 

3. Berikan Bola Kecil

Stimulasi bayi usia 8 bulan juga bisa dengan memberikan si Kecil bola, Ma. Biarkan bola bergelinding dan si Kecil pun semangat untuk meraih bola tersebut. Pilih mainan bola yang sesuai dan tidak membahayakan si Kecil, ya.

4. Bermain Balok Tumpuk

Permainan ini bisa menjadi stimulasi untuk anak lebih terampil dan meningkatkan motoriknya. Si Kecil mungkin akan awalnya akan kesulitan saat menumpuk balok. Tetapi lama-kelamaan si Kecil semakin tertantang dan fokus untuk menumpuk balok lebih tinggi.

Untuk membuat kegiatan ini lebih menarik, gunakan balok berwarna cerah dengan huruf dan angka di atasnya. Mama bisa sekaligus menyebutkan huruf dan angka, atau warna yang ada pada balok tersebut. Si Kecil pasti semakin senang, Ma.

5. Berikan Finger Food

Pada usia 8 bulan, bayi sudah bisa mengambil dan memegang makanan sendiri. Cara stimulasi bayi 8 bulan lainnya yaitu dengan memberi kesempatan untuk si Kecil makan sendiri dengan metode baby-led weaning (membiarkan si Kecil memilih makanannya) melalui pemberian finger food atau makanan seukuran jari tangan. 

Ada berbagai pilihan finger food yang bisa Mama berikan. Misalnya memberikan potongan buah-buahan, roti, pasta, daging matang, atau potongan sayuran yang sudah direbus (kentang, wortel, buncis), ubi yang dikukus, dan lainnya. 

Baca Juga: Cara Memberikan Makanan pada Bayi Usia 8-10 Bulan

6. Bermain Cilukba

Permainan ini sederhana, tapi menyenangkan untuk si Kecil. Mama bisa coba gendong si Kecil dan ajarkan bermain cilukba. Jika si Kecil menikmati permainannya, ia akan tertawa terbahak-bahak. Mama juga bisa bermain cilukba bersama si Kecil di depan cermin. Biarkan si Kecil memperhatikan dirinya tertawa di depan cermin.

7. Ajak si Kecil Genggam Benda

Sering-seringlah mengajak si Kecil bermain, Ma. Misalnya, dengan meletakkan mainan yang tidak dapat pecah (kubus atau balok kecil) di tangan kanan dan kiri si Kecil. Ajak si Kecil membuat bunyi-bunyian dengan cara memukul-mukul kedua benda tersebut.

Mama juga bisa menyediakan mainan kerincingan atau mainan yang menimbulkan bunyi-bunyian agar si Kecil tertarik memainkannya. Selain menyenangkan, bermain bersama juga akan menciptakan bonding antara Mama dan si Kecil.

Baca Juga: 12 Cara Stimulasi Bayi 9 Bulan untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

Itu dia berbagai cara stimulasi bayi usia 8 bulan yang Mama bisa berikan untuk si Kecil. Stimulasi mana yang Mama mau coba untuk si Kecil?

Agar bisa lebih maksimal menemani tumbuh kembang si Kecil, Mama juga bisa menanyakan segala hal terkait tumbuh kembang bayi di 8 bulan ini ke tim Nutriclub Expert Advisor untuk temukan jawaban lengkapnya langsung dari para ahli.

Mama juga bisa download eksklusif e-book atau mendengarkan podcast parenting secara gratis melalui website Nutriclub sebagai bekal untuk jadikan si Kecil pemenang di masa depan!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Earley, B. (2021, September 20). Best Activities for an 8-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-8-month-old-baby
     
  2. Learning, Play, and Your 8- to 12-Month-Old (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/learn812m.html.
     
  3. ‌Harshita Makvana. (2014, November 7). Activities For 8 Month Old Baby - 10 Fun And Interesting Ones. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/fun-and-interesting-activities-for-8th-month-old-baby_00104542/
     
  4. Pentingnya stimulasi Bermain Untuk merangsang Kecerdasan Multipel. IDAI. (n.d.). Retrieved February 18, 2023, from https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-stimulasi-bermain-untuk-merangsang-kecerdasan-multipel 
     
  5. Misirliyan SS, Huynh AP. Development Milestones. [Updated 2022 Apr 30]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557518/
     
Artikel Terkait
floating-icon