Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

9 Pilihan Mainan Edukasi untuk Bayi 7 Bulan - Nutriclub
Tumbuh Kembang

9 Pilihan Mainan Edukasi untuk Bayi 7 Bulan

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 07 Juli 2023

Bayi usia 7 bulan sedang mengalami perkembangan pesat dalam berbagai kemampuan, termasuk motorik dan kognitif. Nah, memberikan mainan bisa menjadi salah satu alat penting untuk makin mengasah keterampilannya agar anak Mama selalu siap menghadapi tantangan dan bersaing sehat dengan teman-teman seusianya. 

Melalui mainan, si Kecil akan melatih perkembangan kognitif, motorik, psikososial, emosional, dan linguistik sejak dini. Mainan juga menjadi peran kunci dalam membesarkan si Kecil agar menjadi anak yang percaya diri, kreatif, dan bahagia. Lantas, apa saja rekomendasi mainan bayi untuk usia 7 bulan?

Rekomendasi Mainan Bayi Usia 7 Bulan

Si Kecil sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan ketika memasuki paruh kedua tahun pertamanya. Selain pertumbuhan fisik yang meningkat, perkembangan emosional dan kognitifnya juga semakin bertambah.

Selain itu, perkembangan bayi usia 7 bulan menunjukkan banyak kemajuan yang dapat mengejutkan Mama dan Papa, mulai dari aspek kognitif, bahasa, hingga motorik.

Bayi usia 7 bulan kemungkinan besar juga sudah bisa untuk duduk sendiri dan bahkan mulai merangkak. Bayi mulai mempunyai rasa penasaran yang besar sehingga akan merangkak untuk mengeksplorasi hal sekitarnya, bahkan mulai mempunyai ketertarikan dengan benda-benda yang dilihatnya.

Pada usia ini, kehidupan si Kecil hanyalah untuk bermain. Maka dari itu, penting untuk Mama memberikan mainan yang sesuai usianya. Berikut daftarnya.

1. Mainan Boneka Tangan

Mainan boneka tangan dapat melatih kemampuan perhatian dan fokus pada bayi 7 bulan. Mama dapat mengajak si Kecil bermain boneka tangan dengan duduk menghadap si Kecil dan melakukan interaksi. Selain itu, mainan ini mampu meningkatkan perkembangan bahasa si Kecil.

Mama bisa juga untuk membuat boneka tangan dari kaus kaki dan kancing sebagai mata boneka tersebut. Buatlah mainan boneka dalam beberapa karakter agar semakin menarik minat si Kecil untuk bermain, Ma.

2. Mainan Rattle

Mainan untuk bayi 7 bulan berikutnya adalah rattle. Rattle berguna untuk menstimulasi perkembangan dan penglihatan bayi. Mainan ini sangat direkomendasikan untuk tumbuh kembang bayi karena akan bantu menarik perhatian si Kecil.

Selain itu, mainan ini juga biasanya terdiri dari berbagai macam warna yang baik untuk mengasah mata si Kecil. Mainan ini bagus untuk mengajarkan bayi konsep sebab akibat, misalnya memberi tahu bahwa mainan ini akan berbunyi jika digoyangkan.

Mainan untuk bayi 7 bulan ini terdiri dari berbagai macam bentuk dan tekstur. Pilihlah bentuk yang paling mudah untuk digenggam dan dimainkan oleh anak. 

3. Mainan Bola Puzzle

Bermain puzzle merupakan cara terbaik untuk melatih fokus dan kemampuan motorik halus si Kecil. Namun, pada umumnya puzzle berbentuk papan dengan gambar yang terpotong-potong beberapa bagian. Mungkin permainan puzzle seperti itu masih sangat sulit untuk bayi usia 7 bulan.

Untuk itu, Mama dapat memberikan bayi puzzle berbentuk bola dengan beragam bentuk di dalamnya seperti lingkaran, kotak, segitiga, dan lainnya. Permainan ini dapat melatih keterampilan daya ingat, fokus, serta nalar si Kecil.

4. Mainan Mobil

Mainan mobil-mobilan tidak hanya memberikan kesenangan dan menghibur bayi, tetapi juga dapat melatih logikanya. Bermain mobil-mobilan akan memberikan kesempatan kepada si Kecil untuk memahami hubungan sebab dan akibat.

Si Kecil akan belajar bahwa mendorong atau menggerakkan mobil bisa membuatnya bergerak maju atau berbelok. Jadi, si Kecil akan belajar bahwa gerakan tertentu dapat menyebabkan perubahan pada objek atau benda. Selain itu, mainan ini mampu mendorong imajinasi dan kreativitas pada bayi sejak dini.

5. Playmat

Untuk melatih kemampuan psikomotor bayi usia 7 bulan, Mama dapat memberikannya playmat dengan beragam warna dan mainan yang menarik. Matras empuk ini dapat melatih sensor motorik bayi secara keseluruhan serta mendorongnya untuk bergerak, bermain, dan belajar.

Playmat biasanya dilengkapi berbagai macam mainan. Bayi pasti akan senang bermain playmat, apalagi bila terdapat musik dalam permainan tersebut. Bukan hanya motorik si Kecil saja yang dapat berkembang, kemampuan kognitif pada bayi juga akan terlatih dengan mainan yang terdapat pada playmat.

Baca Juga: Permainan untuk si Kecil yang Mama dapat Lakukan di Rumah

6. Mainan Donat Susun

Salah satu mainan edukasi yang cocok untuk bayi usia 7 bulan, yaitu donat susun. Mainan ini cocok untuk melatih motorik halus dan kemampuan mengambil keputusan pada bayi. Umumnya, bayi usia 7 bulan sudah dapat duduk sendiri, sehingga permainan ini cocok untuknya karena bisa bermain sambil duduk.

Mainan ini memiliki bentuk seperti donat dengan ragam ukuran yang berurutan dari besar hingga kecil. Bayi bisa memasukkan donat-donat ke dalam tiang sesuai dengan urutannya. Dengan begitu, ia akan belajar mengenal bentuk dan ukuran yang berbeda, sekaligus melatihnya untuk memecahkan masalah.

7. Board Book

Board book adalah buku dengan material tebal yang tak mudah dirobek. Selain menambah pengetahuan si Kecil, board book yang beredar di pasaran kini lebih menyenangkan untuk dibaca karena tampilan atraktifnya. 

Ada berbagai jenis dan variasi board book yang menarik untuk bisa menjadi mainan edukasi anak 1 tahun. Misalnya lift the flap, yaitu board book berisi informasi tersembunyi di balik ilustrasi gambar yang bisa dibuka. Ada juga touch and feel, yakni board book yang berisi stimulasi sensori untuk si Kecil. 

Saat bermain, si Kecil akan melatih kemampuan memori dalam mengingat suara dan menghubungkannya dengan gambar. Bermain buku berbunyi juga dapat melatih konsentrasi si Kecil, sebab ia akan fokus memperhatikan setiap gambar dan suara yang berbeda-beda.

Memberikan si Kecil board book juga dapat menjadi awal yang baik untuk menanamkan minat si Kecil membaca dan memahami literasi sejak dini. 

8. Mainan Bola

Selanjutnya, mainan yang cocok untuk bayi 7 bulan ialah bola. Saat bermain dengan bola, si Kecil akan melibatkan gerakan tubuh dan keterampilan motorik bayi. Mama dapat mengajak si Kecil untuk menggulirkan bola atau melemparnya dengan perlahan, kemudian minta bayi untuk kembali menggulirkan bola ke arah Mama.

Selain itu, bermain bola dapat melatih kemampuan logis dan pemecahan masalah sederhana. Sebagai contoh, saat si Kecil melempar bola hingga masuk ke dalam kolong kursi, ia pasti akan coba mencari cara untuk mengambilnya.

9. Sensory Board

Permainan sensory board bisa jadi salah satu contoh mainan bayi 7 bulan yang mudah dan menarik dilakukan di rumah. Sesuai namanya, sensory board adalah papan sederhana yang diisi berbagai benda dengan aneka bentuk dan tekstur. 

Dengan begitu, anak dapat merasakan pengalaman sensorik sendiri terhadap sentuhan hingga penglihatan suatu benda. Mama atau Papa bisa membuatnya sendiri di rumah, lho.

Cara membuatnya, gunakan papan kayu atau plastik yang tidak terpakai. Kemudian, tempelkan macam-macam barang, seperti gantungan kunci, spons mandi, kain atau serbet, roda lemari, bulu-bulu halus, rumput sintetis, telepon, kalkulator, hingga benda-benda lain untuk merangsang panca indera anak. 

Namun, ingat jangan memasang benda-benda di papan yang dapat membahayakan si Kecil ya, Ma. Jika tidak sempat membuat papan sensory sendiri, tak perlu khawatir. Mama bisa membeli macam-macam mainan sensorik anak yang sekarang banyak dijual di pasaran.

Baca Juga: 10 Cara Stimulasi Terbaik untuk Bayi Usia 7 Bulan 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi mainan edukasi untuk bayi usia 7 bulan yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil. Kira-kira mainan mana yang paling disukai si Kecil, Ma?

Agar bisa lebih maksimal menemani tumbuh kembang si Kecil, Mama juga bisa menanyakan segala hal terkait tumbuh kembang bayi di usia 7 bulan ini ke tim Nutriclub Expert Advisor untuk temukan jawaban lengkapnya langsung dari para ahli.

Mama juga bisa download E-Book 1000 HPK untuk bantu kawal pertumbuhan si Kecil dan optimalkan masa emasnya dengan tips stimulasi aktivitas rekomendasi para ahli!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Rohit Garoo. (2014, June 17). 22 Learning Activities And Games For 7 Month Old Baby. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/learning-activities-for-your-7-month-old-baby_0077472/
  2. ‌IDAI | Membaca Bersama Bayi. (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/membaca-bersama-bayi
  3. ‌Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.htm‌l
  4. Smith, L. (2022, May 13). How to Choose Toys for Preschoolers. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/how-to-choose-toys-for-preschoolers
  5. ‌Verywell. (2023). The 27 Best Infant Toys of 2023. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-infant-toys-4165642
  6. ‌Reading Books to Babies (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2019). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/reading-babies.html
  7. ‌Verywell. (2022). Playing With Balls: Benefits for Little Ones and Games to Try. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-your-child-should-be-playing-with-balls-289705
  8. BabySparks. (2019). The Many Benefits of Ball Play. Babysparks.com. https://babysparks.com/2019/11/07/the-many-benefits-of-ball-play/
  9. ‌Nevin Cetin Dag, Emine Türkkan, Alper Kacar, & Dag, H. (2020). Children’s Only Profession: Playing with Toys. https://doi.org/10.14744/nci.2020.48243
  10. ‌Earley, B. (2021, September 21). Best Activities for a 7-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-7-month-old-baby
  11. ‌Masters, M. (2018, December 27). 7-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-7.aspx
Artikel Terkait
floating-icon