Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Berat badan bayi 11 bulan - Nutriclub
Tumbuh Kembang

Berat Badan Bayi 11 Bulan yang Ideal dan Cara Menaikkannya

Article Oleh : Annisa Amalia Ikhsania 10 Juli 2024

Berat badan bayi 11 bulan sudah bertambah lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya. Lalu, berapa berat bayi di usia ini dan bagaimana cara menaikkannya agar mencapai angka ideal?

Berat Badan Bayi 11 Bulan yang Ideal

Menurut WHO dan Standar Antropometri Anak Kemenkes RI, berat badan bayi usia 11 bulan yang ideal sebagai berikut: 

  • Bayi laki-laki: 7,6 - 10,5 kg memiliki panjang badan sekitar 69,9 - 81,5 cm.
  • Bayi perempuan: 6,9 - 9,9 kg memiliki panjang badan sekitar 67,7 - 80,3 cm.

Perlu dipahami bahwa setiap bayi bisa saja melewati tahapan tumbuh kembang yang berbeda-beda, karena berbagai faktor. 

Bila BB bayi 11 bulan berada pada batas bawah atau cukup jauh dari rentang normal di atas, Mama jangan dulu khawatir berlebihan.

Hal paling penting, teruslah monitor berat badannya ke dokter saat kunjungan rutin.

Apa Penyebab Berat Badan Bayi 11 Bulan Tidak Naik?

Jika berat badan bayi 11 bulan tidak kunjung naik secara optimal, ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya, yaitu:

1. Kurangnya Asupan Kalori

Penyebab berat badan bayi tidak naik, salah satunya akibat kurangnya asupan kalori. Hal ini dapat terjadi karena metabolisme si Kecil yang tinggi. 

Sebab, pada usia ini umumnya bayi belajar berjalan dan aktif bergerak yang membuat energinya lebih banyak keluar. 

Maka itu, penting bagi Mama untuk menyediakan kalori yang cukup dengan cara memberinya makan sesuai jadwal.

2. Bayi Tidak Mau Makan

Di usia ini, biasanya bayi sudah mulai pilih-pilih makanan. Hal ini yang juga membuat berat badan bayi 11 bulan tidak mencapai angka ideal. 

Tekstur atau rasa makanan yang tidak disukai, serta bosan dengan makanan yang disajikan, dapat membuat bayi makan lebih sedikit atau tidak mau makan sama sekali. 

Baca Juga: 7 Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 11 Bulan

3. Alergi atau Intoleransi Makanan

Berat bayi usia 11 bulan tidak naik juga dapat disebabkan oleh kondisi alergi atau intoleransi makanan. 

Konsumsi makanan yang berisiko menyebabkan alergi dapat membuat sistem pencernaannya iritasi. Akibatnya, penyerapan nutrisi ke tubuhnya jadi terganggu.

4. Masalah Saat Menyusu

Meski sudah masuk fase MPASI, bayi usia 11 bulan tetap masih menerima ASI. Namun, masalah saat menyusu sering kali menjadi penyebab bayi sulit naik berat badan. 

Adapun masalah saat proses menyusu seperti pasokan ASI Mama yang sedikit atau bayi ketiduran saat menyusu sehingga si Kecil tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. 

Selain itu, kondisi bibir sumbing dan tongue tie juga dapat mempersulitnya untuk menyusu, sehingga berat badannya sulit naik. 

5. Masalah Kesehatan

Bayi yang mengalami masalah kesehatan tertentu bisa membuat berat badannya susah naik. Misalnya diare kronis, GERD, penyakit hati kronis, dan penyakit Celiac.

Infeksi yang disebabkan oleh paparan bakteri, virus, dan parasit juga dapat menurunkan nafsu makan, sehingga penyerapan nutrisinya terganggu. Alhasil, berat badan bayi tak kunjung naik.

Bagaimana Cara Menaikkan Berat Badan Bayi 11 Bulan? 

Berikut adalah beberapa cara menaikkan berat badan bayi usia 11 bulan selengkapnya:

1. Berikan ASI Lebih Sering

Salah satu cara menaikkan berat badan bayi 11 usia bulan adalah dengan memberikan ASI lebih sering. Caranya dengan meningkatkan frekuensi menyusui. 

Tidak perlu menunggu sampai si Kecil merasa lapar, Mama bisa memberikan ASI pada bayi setiap 2-3 jam sekali setiap harinya.

2. Tingkatkan Produksi ASI

Untuk meningkatkan produksi ASI, Mama perlu memompa ASI di antara waktu menyusui si Kecil. 

Selain itu, coba mengonsumsi makanan ASI booster ataupun suplemen kesehatan yang dapat meningkatkan produksi ASI. 

Beberapa jenis makanan yang diketahui dapat meningkatkan produksi ASI di antaranya adalah oatmeal, alpukat, bayam, kacang almond, dan daun katuk. 

Baca Juga: Normalkah Bayi Usia 11 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

3. Pastikan Bayi Tidak Tertidur Saat Menyusu

Jika ingin berat badan si Kecil mencapai ideal, Mama perlu pastikan si Kecil tidak tidur saat menyusu. Saat tertidur, bayi tidak dapat jumlah ASI cukup untuk bantu menaikkan bobot tubuhnya. 

Jadi saat Mama merasa isapan bayi melemah dan bayi tampak terlelap, coba bangunkan si Kecil secara perlahan.

Misalnya dengan menggelitik kakinya secara lembut, mengubah posisi saat menyusui, mengganti popok, atau menyendawakan bayi.

4. Beri MPASI Bergizi Seimbang

Untuk menaikkan berat badan bayi, Mama perlu menyiapkan MPASI bayi 11 bulan yang bergizi seimbang. 

Pastikan bayi mendapat asupan nutrisi dari berbagai zat gizi seperti karbohidrat, protein, serat, zat besi, kalsium, dan asam folat. 

Tak lupa berbagai vitamin seperti A, C, D, E, yang cukup dan seimbang. Dengan demikian, seluruh kebutuhan gizi bayi dapat terpenuhi dengan baik. 

5. Tambah Asupan Lemak Sehat

Cara menaikkan berat bayi berikutnya adalah dengan menambah asupan lemak sehat ke dalam menu makanan MPASI-nya. 

Pilih makanan kaya lemak sehat sebagai makanan penambah berat badan bayi 11 bulan, seperti alpukat, keju, salmon, ikan makarel, kacang kedelai, serta daging sapi tanpa gajih.

6. Berikan Camilan Tinggi Kalori 

Supaya berat bayi 11 bulan mencapai angka ideal, Mama bisa berikan camilan tinggi kalori di sela-sela menu makanan utamanya. 

Mama dapat memberikan camilan tinggi kalori dengan mengolah bahan makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, keju, pisang, telur, dan salmon, menjadi camilan sehat. 

7. Pastikan Bayi Cukup Istirahat

Bayi yang tidur cukup akan mencapai pertumbuhan fisik yang optimal. Sebab, selama tidur tubuhnya akan memproduksi hormon pertumbuhan secara maksimal.

Umumnya, bayi usia 11 bulan membutuhkan waktu tidur selama 14-15 jam setiap harinya. Jadi, pastikan si Kecil tidur cukup dan tidak berlarut-larut.  

Baca Juga: Panduan Berat Badan Bayi Normal Usia 0-12 Bulan

Itu dia penjelasan mengenai berat badan bayi 11 bulan lengkap dengan cara menaikkan bobot tubuhnya. 

Jika masih punya pertanyaan atau kekhawatiran, jangan ragu berkonsultasi dengan Nutriclub Expert Advisor yang siap 24 jam menjawab pertanyaan tumbuh kembang si Kecil.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi
  2. Barrell, A. (2020, January 17). What factors influence a person’s height? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327514#summary
  3. Lewis, R. (2020, October 23). Why Is My Baby Not Gaining Weight? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/baby-not-gaining-weight#promoting-healthy-gains
  4. Simplified field tables Weight-for-age BOYS Birth to 5 years (z-scores). (n.d.). https://cdn.who.int/media/docs/default-source/child-growth/child-growth-standards/indicators/weight-for-age/sft-wfa-boys-z-0-5.pdf?sfvrsn=c735bc54_16
  5. Simplified field tables Weight-for-age GIRLS Birth to 5 years (z-scores). (n.d.). https://cdn.who.int/media/docs/default-source/child-growth/child-growth-standards/indicators/weight-for-age/sft-wfa-girls-z-0-5.pdf?sfvrsn=6606c085_11
  6. Failure to gain weight in babies. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/health/illness-and-infection/failure-to-gain-weight-in-babies_1621
  7. Verywell. (2017). Reasons Your Breastfed Baby Is Not Growing as Expected. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/breastfed-baby-is-gaining-weight-slowly-4114196
Artikel Terkait