Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

7 Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 11 Bulan - Nutriclub
Tumbuh Kembang

7 Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 11 Bulan

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 17 Maret 2023

Tidak terasa sebentar lagi bayi Mama akan memasuki tahun pertamanya. Pasti ada banyak keterampilan baru yang mengejutkan Mama dan Papa. Si Kecil yang sudah beranjak 11 bulan ini sudah bisa melakukan apa saja, ya? Bayi sekarang sudah bisa berdiri sendiri dan mencoba berjalan melangkah tanpa dipegangi Mama.  Keingintahuan si Kecil pada lingkungan sekitarnya akan semakin meningkat. Lalu, stimulasi apa yang cocok untuk bayi di usia 11 bulan?

Bayi Usia 11 Bulan Sudah Bisa Apa Saja?

Di usianya kini, si Kecil akan semakin aktif dan sangat suka bermain karena ia sudah lebih mantap untuk bergerak sendiri. Bayi usia 11 bulan umumnya juga sudah bisa berjalan merambat sambil berpegangan pada furnitur atau memegang tangan Mama. Bahkan ada juga yang berusaha melepaskan tangan Mama untuk mencoba berjalan sendiri. Meski langkahnya masih belum ajeg, si Kecil biasanya tetap bersemangat untuk mengeksplorasi sekitarnya.

Kemudian secara umum, bayi usia 11 bulan sudah mulai bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Mahir makan dengan tangan atau finger food. Mama juga bisa mulai mengajarkan anak untuk makan pakai sendok.

  • Berjalan sambil berpegangan pada furnitur atau tangan Mama.

  • Memahami beberapa kata bermakna. Misalnya, Mama menyebut kata “boneka”, lalu si Kecil akan menunjuk atau melihat bonekanya.

  • Memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya.

  • Emosinya semakin terbentuk dan si Kecil sudah tahu cara menolak. Misalnya si Kecil akan tantrum ketika keinginannya tidak dituruti.

  • Meniru suara Mama atau Papa meskipun masih terdengar seperti ocehan.

  • Memahami instruksi sederhana, seperti “Tolong buang sampah ini ya” atau “Coba lihat ke sini”.

Baca Juga: Anak Mulai Aktif? Yuk, Pantau Tahap Perkembangan Motoriknya! 

Cara Stimulasi Bayi Usia 11 Bulan

Sebagai orangtua, Mama tentu ingin si Kecil memiliki tumbuh kembang yang optimal, bukan? Mama bisa mencari tahu cara stimulasi bayi 11 bulan agar perkembangannya sesuai dengan tahapan pertumbuhannya. 

Sebelum Mama cari tahu rekomendasi aktivitasnya, ada satu hal yang perlu dipahami lebih dulu. Memberikan stimulasi haruslah mengikuti milestone yang sudah dicapai bayi di setiap bulan. Hal ini penting untuk dipertimbangkan karena memberikan stimulasi yang tidak sesuai dengan kemampuan bayi bisa membuat si Kecil mengalami overstimulasi.

Stimulasi yang berlebihan bisa membuat bayi merasa mudah lelah akibat banyaknya aktivitas dan sensasi di luar batas toleransinya. Akibatnya, si Kecil jadi lebih mudah menangis, rewel, bahkan mungkin menolak untuk bermain lagi. Berikut daftar stimulasi yang cocok untuk bayi 11 bulan.

1. Ajak Bicara Si Kecil

Mengajak bicara merupakan stimulasi yang baik agar si Kecil cepat memahami makna kata-kata. Mama bisa mengajak bicara si Kecil saat melakukan aktivitas, seperti memandikan si Kecil atau menggantikan popok, misalnya “Ayo mandi dulu biar bersih” atau “Mama gantikan popok kamu dulu, ya, sudah bau nih soalnya”.

Semakin sering Mama mengajak bicara, si Kecil akan semakin tertarik dengan percakapan Mama. Mama juga bisa menyebutkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Tujuannya untuk menambah kosakata baru untuk si Kecil.

2. Bermain Bersama

Sering-seringlah mengajak si Kecil bermain sebagai cara stimulasi perkembangan bayi 11 bulan. Misalnya, dengan meletakkan mainan ke posisi yang agak jauh. Biarkan si Kecil belajar berjalan untuk mengambil mainan tersebut. Selain menyenangkan, bermain bersama juga akan menciptakan ikatan antara Mama dan si Kecil.

3. Habiskan Waktu di Luar

Agar tidak bosan, Mama bisa mengajak si Kecil menghabiskan waktu di luar rumah. Berada di luar akan memberikan pengalaman berbeda untuk si Kecil. Ada begitu banyak hal untuk dilihat, didengar, dan disentuh oleh anak. Mama bisa ajak si Kecil mengunjungi taman atau playground. Biarkan anak bereksplorasi dengan lingkungan yang baru, Ma.

4. Bernyanyi Bersama

Bernyanyi bersama juga baik untuk stimulasi bayi usia 11 bulan. Si Kecil pastinya akan senang melakukannya dengan Mama dan Papa. Sebagai aktivitas menyenangkan, bernyanyi juga bertujuan agar anak mampu menghapal dan memahami kata. Mama bisa mengajak si Kecil bernyanyi sambil bertepuk tangan.

Baca Juga: Manfaat Sensory Play untuk Anak dan Ide Permainannya 

5. Membacakan Buku

Stimulasi seperti membaca buku bisa dilakukan bahkan sejak dini, Ma. Membacakan buku untuk si Kecil akan meningkatkan kemampuan berbahasanya. Pilihlah buku ukuran besar yang berwarna-warni, pop-up book, atau buku dengan gambar.

Libatkan si Kecil saat membaca buku, misalnya dengan menunjuk orang dan benda dalam gambar, setelah itu Mama bisa tanyakan ke si Kecil apa itu. Selain itu, Mama bisa membiarkan anak membalik halaman buku dan merasakan sensasinya.

6. Ajarkan Kebiasaan Baik

Di usianya yang ke-11 bulan, si Kecil biasanya sudah memahami apa yang diucapkan Mama. Oleh karena itu, Mama bisa mulai mengajarkan kebiasaan yang baik. Misalnya membiasakan mengucap kata “maaf”, “tolong”, dan “terima kasih”, serta mengajak anak untuk membuang sampah pada tempatnya.

7. Belajar Makan Pakai Sendok

Belajar makan menggunakan sendok bisa menjadi stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan motoriknya, Ma. Dengan makan tanpa disuapi, membuat anak jadi lebih mandiri. Mama dan Papa juga bisa makan bersama dengan si Kecil.

Itu dia berbagai stimulasi yang Mama bisa berikan untuk si Kecil yang sudah menginjak usia 11 bulan. Agar bisa lebih maksimal menemani tumbuh kembang si Kecil, Mama juga bisa menanyakan segala hal terkait tumbuh kembang bayi ke tim Nutriclub Expert Advisor untuk temukan jawaban lengkapnya langsung dari para ahli.

Mama juga bisa download eksklusif e-book atau mendengarkan podcast parenting secara gratis melalui website Nutriclub sebagai bekal untuk jadikan si Kecil pemenang di masa depan!

Baca Juga: 5 Ide Stimulasi untuk Optimalkan Perkembangan Bayi 12 Bulan

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Watson, S. (2009, October 22). Baby Development: Your 11-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-11-month-old#:~:text=11%20months%20old.-,Eleventh%20Month%20Baby%20Milestones%3A%20Motor%20Skills,might%20even%20be%20walking%20independently.
     
  2. 11-12 months: baby development. (2022, December 15). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/11-12-months
     
  3. Marcin, A. (2020, September 30). How to Teach Your Baby to Walk. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-teach-baby-to-walk‌
     
  4. Misirliyan SS, Huynh AP. Development Milestones. [Updated 2022 Apr 30]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557518/
     
  5. Earley, B. (2021, September 21). Best Activities for an 11-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-11-month-old-baby
     
Artikel Terkait
floating-icon