Loading...
7 Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 11 Bulan - Nutriclub
Tumbuh Kembang

10 Stimulasi Bayi 11 Bulan yang Edukatif agar Cerdas

Foto Reviewer

Disusun oleh: Tim Penulis

Ditinjau oleh: Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

Diterbitkan: 17 Maret 2023


  • Cara Stimulasi Bayi 11 Bulan
  • Tips Stimulasi Bayi yang Efektif 

Menginjak usia ini, keingintahuan si Kecil pada lingkungan sekitar makin meningkat. Agar ia tumbuh jadi pemenang di masa depan, ada berbagai stimulasi bayi 11 bulan yang bisa dilakukan.

Cara Stimulasi Bayi 11 Bulan

Pemberian stimulasi sebaiknya mengikuti milestone yang sudah dicapai bayi setiap bulannya. Berikut yang bisa Mama berikan agar si Kecil tumbuh optimal:

1. Ajak Bicara Si Kecil

Idealnya, bayi 11 bulan sudah bisa bicara 2-3 kata tanpa makna, serta mengucapkan “Mama” atau “Papa”. 

Ya, mengajak bicara merupakan stimulasi bayi 11 bulan agar cerdas dan cepat memahami makna kata-kata. Semakin sering Mama mengajak bicara, ia akan semakin tertarik. 

Mama juga bisa menyebutkan benda yang ada di sekitar. Tujuannya untuk menambah kosakata baru.

2. Bermain Bersama

Sering ajak si Kecil bermain merupakan cara stimulasi perkembangan bayi 11 bulan. Misalnya, dengan meletakkan mainan ke posisi yang agak jauh. 

Biarkan si Kecil belajar berjalan untuk mengambil mainan tersebut. Selain menyenangkan, bermain bersama juga akan menciptakan ikatan antara Mama dan si Kecil.

3. Habiskan Waktu di Luar Rumah

Agar tidak bosan, Mama bisa mengajak si Kecil menghabiskan waktu di luar rumah sebagai salah satu stimulasi. Berada di luar akan memberi pengalaman berbeda untuk si Kecil, lho. 

Ada begitu banyak hal untuk dilihat, didengar, dan disentuhnya. Biarkan ia bereksplorasi dengan lingkungan yang baru, Ma.

Bermain di luar rumah juga menjadi stimulasi bayi yang sangat baik guna meningkatkan kemampuan si Kecil dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. 

Baca Juga: Berat Badan Bayi 11 Bulan yang Ideal dan Cara Menambahkannya

4. Bernyanyi Bersama

Bernyanyi bersama juga baik untuk stimulasi bayi usia 11 bulan. Si Kecil tentu akan senang melakukannya bersama Mama Papa. 

Sebagai aktivitas menyenangkan, bernyanyi juga bertujuan agar ia mampu memahami dan mengingat kata. Mama bisa ajak si Kecil bernyanyi dan bertepuk tangan.

5. Membacakan Buku

Membacakan buku untuk si Kecil akan meningkatkan kemampuan berbahasanya sejak dini. Pilih buku berukuran besar berwarna-warni, pop-up book, atau buku dengan gambar. 

Libatkan si Kecil saat membaca buku, misalnya dengan menunjuk objek atau gambar, setelah itu Mama bisa tanyakan padanya apa itu. 

Selain itu, Mama bisa membiarkannya membolak-balikkan halaman buku dan merasakan sensasinya.

6. Ajarkan Kebiasaan Baik

Di usianya yang ke-11 bulan, biasanya ia sudah memahami apa yang diucapkan Mama. Maka itu, Mama bisa mulai mengajarkan kebiasaan baik stimulasi bayi 11 bulan agar cerdas. 

Contohnya membiasakan ia mengucap kata “maaf”, “tolong”, dan “terima kasih”, serta mengajak ia membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga: Normalkah Bayi Usia 11 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

7. Belajar Makan Pakai Sendok

Belajar makan menggunakan sendok bisa menjadi stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan motoriknya, Ma. 

Dengan makan tanpa disuapi, membuat si Kecil jadi lebih mandiri. Mama dan Papa juga bisa makan bersama dengan si Kecil di meja makan.

8. Susun Balok Kubus

Seiring dengan kemampuan koordinasi mata-tangan bayi yang meningkat, Mama bisa berikan  mainan stimulasi bayi 11 bulan seperti balok.

Mama bisa ajak si Kecil menyusun mainan bayi 11 bulan berdasarkan ukuran dan warna, serta membongkar dan memasangnya kembali.

Pastikan ukuran mainan balok yang digunakan cukup besar sehingga mencegah bayi tersedak bila memasukkannya ke dalam mulut. 

9. Ajak Bayi Berjalan Tanpa Alas Kaki

Bayi sudah bisa berjalan pada usia ini, dengan cara merambat sambil berpegangan pada benda sekitar atau memegang tangan Mama. 

Supaya si Kecil semakin lancar jalan sendiri dan bersemangat untuk mengeksplorasi sekitar, Mama bisa menuntunnya berjalan. 

Mama juga bisa mengajaknya berjalan tanpa alas kaki agar ia lebih mengenal berbagai macam tekstur. Misalnya rumput, lantai, ataupun karpet. 

10. Lakukan Pretend Play

Lakukan aktivitas pretend play atau bermain peran sederhana sebagai stimulasi bayi yang dapat membantunya mengembangkan kemampuan imajinasi dan keterampilan sosialnya. 

Mama dapat mengajak si Kecil bermain peran dengan boneka. Sediakan sendok kecil dan piring mainan agar ia dapat berlatih memberi makan boneka menirukan cara Mama memberi makan.

Baca Juga: Umur Berapa Bayi Bisa Bicara dan Bagaimana Stimulasinya?

Tips Stimulasi Bayi yang Efektif 

Stimulasi berlebihan bisa buat bayi mudah lelah karena banyak aktivitas dan sensasi di luar batas toleransinya. Akibatnya, si Kecil lebih mudah menangis, rewel, bahkan menolak untuk bermain lagi.

Agar stimulasi bayi dapat berjalan efektif, berikut beberapa hal yang perlu Mama ketahui:

1. Buat Rutinitas Jadwal Kegiatan 

Membuat rutinitas jadwal sehari-hari sangat penting bagi si Kecil untuk mengetahui kapan waktu menyusu, makan MPASI, mandi, bermain, dan tidur. 

Dengan begitu, ia dapat terhindar dari kecapekan yang membuatnya rewel seharian.

2. Berikan Variasi Mainan

Berikan mainan stimulasi bayi 11 bulan yang menarik dan aman untuk mengasah kemampuannya. Jadi, Mama dapat berikan mainan yang variatif sesuai dengan perkembangan anak usia dini

3. Pilih Waktu yang Tepat

Jadwalkan waktu bermain ketika si Kecil dalam kondisi tidak lelah, mengantuk, lapar, atau rewel. Sebagai contoh, setelah bangun tidur atau makan. 

4. Lakukan Secara Konsisten

Mama bisa melakukan stimulasi secara rutin setiap hari untuk membuat kebiasaan dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. 

Konsistensi penting agar bayi bisa menginternalisasi keterampilan yang mereka pelajari.

5. Kenali Tanda-Tanda Bayi Lelah

Hentikan pemberian stimulasi apabila bayi merasa lelah (overstimulasi) untuk mencegahnya rewel dan menangis. 

Itu dia berbagai stimulasi bayi 11 bulan yang Mama bisa berikan untuk si Kecil.

Agar bisa lebih maksimal menemani tumbuh kembang si Kecil, Mama juga bisa bertanya segala hal terkait tumbuh kembangnya ke tim Nutriclub Expert Advisor. Langsung dijawab dari para ahli.

Mama juga bisa mendapat panduan untuk optimalkan daya tahan tubuh si Kecil di usia ini dengan mengunduh E-Book 1000 HPK sekarang juga, gratis!

Yuk, ketahui juga apa yang bisa dilakukan Mama untuk optimalkan perkembangan bayi 12 bulan.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Watson, S. (2009, October 22). Baby Development: Your 11-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-11-month-old
  2. 11-12 months: baby development. (2022, December 15). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/11-12-months
  3. Marcin, A. (2020, September 30). How to Teach Your Baby to Walk. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-teach-baby-to-walk‌
  4. Misirliyan SS, Huynh AP. Development Milestones. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-.https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557518/
  5. Earley, B. (2021, September 21). Best Activities for an 11-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-11-month-old-baby
  6. Watson, S. (2009, October 21). Baby Development: Your 11-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-11-month-old
  7. Activities for 11-Month-Old: Fun and Engaging Playtime Ideas. (2024). Healthyyoungminds.com. https://www.healthyyoungminds.com/activities-for-11-month-old/
  8. Aggarwal, N. (2023, September). Signs of an Overstimulated Baby (and How to Calm Their System). Thebump.com; The Bump. https://www.thebump.com/a/overstimulated-baby-signs
  9. Marie, S. (2021, July 30). 11 Signs of an Overstimulated Baby and How to Soothe Them. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/11-signs-of-an-overstimulated-baby-and-how-to-soothe-them#prevention
Artikel Terkait