Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Normalkah Bayi 11 Bulan Belum Tumbuh Gigi? - Nutriclub
Tumbuh Kembang

Normalkah Bayi Usia 11 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 06 Juli 2023

Pertumbuhan bayi di setiap bulannya pasti menjadi momen yang paling Mama tunggu. Sebab, pasti ada banyak sekali kemampuan dan perubahan yang terjadi pada si Kecil. Apalagi ketika si Kecil mulai memasuki tahun pertamanya, sekitar usia 10-11 bulan. Selain bertambahnya berat badan si Kecil, hal paling mendasar terlihat adalah ketika gigi-gigi kecil mulai tumbuh. 

Namun, normalkah jika bayi 11 bulan belum tumbuh gigi sama sekali? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak selengkapnya artikel ini ya, Ma!

Apakah Normal Bayi 11 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

Kemampuan bayi pada usia 11 bulan memang semakin bertambah. Selain itu, pertumbuhan bayi juga semakin meningkat mulai dari berat badan dan tingginya. Namun, ada saja kekhawatiran kita sebagai orang tua ketika melihat ada perkembangan bayi yang terlambat. Contohnya, bayi belum tumbuh gigi ketika usianya menjelang 1 tahun.

Umumnya, bayi usia 8 sampai 14 bulan akan mulai tumbuh gigi pertamanya. Akan tetapi, ada beberapa bayi yang juga mendapatkan gigi pertamanya ketika memasuki usia 17 bulan. 

Meski demikian, penelitian menyebutkan bahwa bayi yang mengalami keterlambatan tumbuh gigi, bukanlah indikasi adanya masalah pada perkembangan secara keseluruhan.

Yang perlu Mama khawatirkan jika bayi mulai memasuki usia 18 bulan belum juga tumbuh gigi. Untuk itu, Mama harus segera berkonsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Jadi untuk menjawab kegelisahan Mama, apakah normal bayi 11 bulan belum tumbuh gigi? Jawabannya adalah kondisi ini masih dalam tahap yang normal kok, Ma, karena pertumbuhan bayi berbeda-beda, termasuk tumbuh gigi. Oleh karena itu, Mama tidak perlu khawatir apabila bayi mengalami keterlambatan dalam tumbuh gigi.

Baca Juga: Kebutuhan Gizi Bayi 10-12 Bulan yang Perlu Mama Ketahui

Apa Penyebab Bayi Terlambat Tumbuh Gigi?

Bayi terlambat tumbuh gigi memang bukanlah masalah besar jika masih dalam batas usia yang wajar. Hanya saja, kondisi ini juga dapat menyebabkan si Kecil sulit mengunyah saat makan, kesulitan dalam kemampuan bicara, hingga sulit membuat ekspresi wajah seperti tersenyum. Namun, setiap keterlambatan pertumbuhan juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya, seperti:

1. Adanya Impaksi Gigi

Impaksi gigi dapat menjadi salah satu penyebab bayi 11 bulan belum tumbuh gigi. Hal ini biasanya terjadi saat gigi tertanam di dalam gusi sehingga gagal untuk tumbuh. Impaksi bukan hanya bisa terjadi pada gigi permanen, tapi gigi susu juga bisa mengalami impaksi.

Oleh karena itu, gigi susu yang mengalami impaksi kemungkinan besar akan sulit untuk tumbuh dan akan tetap berada di dalam gusi si Kecil. 

Untuk mengetahui kondisi ini perlu dilakukan pemeriksaan khusus dengan menggunakan x-ray. Saat mengalami impaksi biasanya gejala terlihat pada gusi yang kemerahan, bengkak, dan terasa nyeri. Jika terindikasi adanya impaksi gigi, Mama harus mengajak si Kecil ke dokter gigi.

2. Kurangnya Asupan Nutrisi

Pada usia 11 bulan, bayi masih mendapatkan nutrisi dari ASI dan MPASI. Mama harus memperhatikan asupan tambahan nutrisi ini untuk si Kecil sesuai kebutuhannya, karena pertumbuhan gigi juga bisa terhambat jika asupan nutrisi si Kecil tidak tercukupi.

Nutrisi yang harus diberikan pada bayi untuk pertumbuhan yang optimal berupa fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin D. Keseluruhan nutrisi tersebut sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil.

Bahkan, nutrisi tersebut juga berperan penting pada sistem kekebalan tubuh dan perkembangan si Kecil secara keseluruhan. Maka dari itu, Mama dapat memberikan tambahan nutrisi tersebut dengan memberikan camilan sehat berupa buah, daging, maupun sayuran.

3. Genetik

Mungkin selama ini Mama sudah memberikan nutrisi lengkap untuk si Kecil mulai dari ASI bahkan pemberian MPASI. Namun, mengapa si Kecil tetap mengalami pertumbuhan gigi yang lambat, ya? Hal ini bisa juga terjadi disebabkan oleh faktor genetik yang dialami si Kecil.

Mama dan Papa harus mencari tahu apakah ketika kecil dulu mengalami keterlambatan tumbuh gigi atau tidak. Jika hal tersebut pernah dialami Mama atau Papa, maka kemungkinan besar si Kecil dapat mengalaminya juga. Faktor genetik merupakan hal yang wajar terjadi jika adanya keterlambatan pertumbuhan pada bayi.

4. Faktor Kondisi Medis Tertentu

Penyebab terlambatnya tumbuh gigi pada bayi usia 11 bulan, bisa terjadi karena beberapa kondisi medis tertentu. Salah satu kondisi medis yang bisa mempengaruhi pertumbuhan si Kecil ialah kelainan hipotiroidisme. Kelainan ini merupakan kondisi kelenjar tiroid di dalam tubuh tidak dapat menghasilkan hormon tiroid dengan jumlah yang cukup.

Maka dari itu, beberapa sistem tubuh tidak dapat berfungsi dengan normal. Hal ini dapat mempengaruhi metabolisme, detak jantung, dan suhu tubuh. 

Jika si Kecil mengalami fungsi tiroid yang kurang baik, akan memengaruhi tonggak pertumbuhannya secara keseluruhan termasuk tumbuh gigi, kemampuan berjalan, hingga berbicara.

Cara Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Hal yang wajar jika Mama khawatir akan tumbuh kembang si Kecil yang terasa terlambat dari usia semestinya. Seperti halnya bayi 11 bulan belum tumbuh gigi. Untuk itu, Mama dapat memberi stimulasi pada si Kecil agar merangsang pertumbuhan giginya lebih cepat, seperti:

1. Berikan Finger Food untuk Bayi

Kemampuan makan bayi 11 bulan umumnya akan semakin terlatih. Maka dari itu, bayi pada usia ini sudah cocok untuk diberikan finger food agar dapat merangsang pertumbuhan giginya. Walaupun si Kecil belum memiliki gigi, proses mengunyah ini akan melibatkan pergerakan lidah, rahang, dan pipi. Jadi saat diberikan finger food, si Kecil akan terlatih untuk menggigit dan mengunyah makanan.

2. Tambah MPASI Tinggi Kalsium

Salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan gigi si Kecil agar cepat tumbuh, Mama perlu memberikan nutrisi yang tepat dari makanan. Mama dapat memberikan si Kecil asupan makanan yang mengandung banyak kalsium. Jenis makanan tinggi kalsium sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi.

Nutrisi ini bisa didapat dari brokoli, yogurt, keju, kedelai, pisang, edamame, tahu, hingga jeruk. Selain dari makanan kaya kalsium, Mama juga bisa memberikan si Kecil tambahan vitamin D dengan mengajaknya berjemur kurang lebih 30 menit dalam sehari. Asupan vitamin D ini sangat penting untuk menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsi si Kecil.

3. Berikan Pijatan Gusi pada Bayi

Salah satu cara untuk merangsang gigi bayi agar cepat tumbuh, Mama bisa melakukan pijatan gusi pada si Kecil. Cara ini akan merangsang gusi dan dapat mengurangi rasa tidak nyaman ketika gigi akan tumbuh. 

Memijat gusi juga dapat membantu si Kecil untuk tidur pulas di malam hari. Mama hanya perlu membaringkan bayi di tempat tidur, kemudian lilitkan jari telunjuk dengan kasa steril yang sudah dibasahi air matang. Setelah itu, pijat perlahan gusi bayi di seluruh bagian.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Anak Sehat dan Punya Imunitas yang Baik

Bayi 11 bulan belum tumbuh gigi merupakan kondisi yang normal terjadi dan Mama tidak perlu khawatir. Hal yang paling penting adalah Mama perlu menstimulasi perkembangan si Kecil dan memberikannya nutrisi seimbang setiap hari. Jika, Mama khawatir akan tumbuh kembang si Kecil yang tampak terhambat, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Mama juga bisa download E-Book 1000 HPK untuk bantu kawal pertumbuhan si Kecil dan optimalkan masa emasnya dengan stimulasi aktivitas rekomendasi para ahli!

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Nunez, K. (2021, October 13). When to Worry About Baby Teeth Not Coming In. Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/when-to-worry-about-baby-teeth-not-coming-in
  2. Khan, A. (2019, August 6). Late Teething in Babies – Causes and Complications. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/late-teething-in-babies-causes-and-complications/
  3. ‌Is there any way to help children grow teeth faster? (2019). Vinmec.com. https://www.vinmec.com/en/news/health-news/pediatrics/is-there-any-way-to-help-children-grow-teeth-faster/
  4. ‌Is it normal that my baby doesn’t have teeth yet? (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/health/teething-and-tooth-care/is-it-normal-that-my-baby-doesnt-have-teeth-yet_10329253
  5. WebMD. (2016, April 20). Teething. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/teething-symptoms-remedies
  6. Parents. (2015). 13 Finger Foods for Babies With No Teeth. Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/solid-foods/15-easy-finger-foods-for-babies-with-no-teeth/
  7. ‌Dr. Meenakshi Maruwada. (2021, August 14). Late Teething In Babies: 10 Reasons And Complications. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/delayed-late-teething-in-babies-causes-complications_00708872/
Artikel Terkait
floating-icon