Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Perkembangan Bayi Usia 18 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja? - Nutriclub
Tumbuh Kembang

Perkembangan Anak Usia 18 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja?

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 05 April 2023

Perkembangan anak di usia 18 bulan ini akan menjadi momen yang Mama ingat terus, karena ada banyak sekali keterampilan baru yang lucu dan bikin Mama bangga. Usia 18 bulan adalah masa dimulainya anak belajar mandiri dengan meniru orang dewasa, seperti mencoba berbicara di telepon, bantu beres-beres mainan, dan makan sendiri. Mama mungkin juga mulai kewalahan menemani si Kecil bermain karena tenaganya seperti tidak habis-habis. Apa lagi perkembangan baru yang ditunjukkan si Kecil di bulan ini?

Perkembangan Anak Usia 18 Bulan

Si Kecil sudah melewati tahun pertamanya. Keterampilan emosional, bahasa, kognitif, dan keterampilan motoriknya pun semakin berkembang. Berikut ragam perkembangan anak usia 18 bulan yang perlu Mama ketahui.

1. Berjalan dengan Mandiri

Setelah beberapa bulan lalu mulai aktif merangkak, berdiri sendiri, dan melangkah dengan ditatih, kini si Kecil sudah lebih mantap untuk berjalan sendiri tanpa dibantu. Pada usia ini, anak bahkan akan mulai aktif untuk mencoba berlari.

2. Memanjat

Karena energinya tinggi dan rasa ingin tahunya juga semakin tinggi, anak di usia ini akan mulai mencoba mengeksplorasi dunia sekitar dengan caranya sendiri. Beberapa gerakan baru akan dilakukannya, seperti jongkok, menungging, bahkan melompat.

Pada usia 18 bulan, beberapa anak juga sudah bisa naik dan turun sendiri dari tempat tidur, naik turun tangga, hingga bahkan mulai penasaran untuk memanjat meja atau lemari kecil. Jadi, Mama sekarang harus lebih ekstra waspada dan cepat tanggap saat menemani si Kecil, ya. Hindari barang-barang yang berbahaya dan pecah belah dari sekitar anak. Berikan juga pengaman pada sekeliling tempat tidur maupun furniture rumah untuk meminimalisir risiko cedera.

3. Makan Sendiri Memakai Sendok

Insting eksplorasi anak akan semakin bertambah setelah mulai bisa melakukan sesuatu sendiri. Perkembangan motorik halus anak juga makin meningkat di usia 18 bulan ini, Ma.

Jadi, si Kecil umumnya sudah mulai mampu menggerakkan jari-jarinya dengan lebih mantap untuk memegang cangkirnya sendiri, memegang sendok untuk makan, menumpuk dua benda atau mainan balok, hingga memegang alat tulis untuk mencorat-coret.

Baca Juga: 17 Cara Melatih Fokus Anak yang Efektif Diterapkan di Rumah

4. Memahami Perintah Sederhana

Pada usia 6 -12 bulan, anak mulai mengerti nama-nama orang tua, benda, hingga hal-hal dasar seperti iya, tidak, sudah.

Beranjak usia 18 bulan biasanya si Kecil dapat mengucapkan 3-6 kata yang berarti dan menunjuk anggota tubuhnya. Pada tahap ini, si Kecil juga mulai mengetahui nama bermacam-macam benda di sekitarnya dan fungsinya, seperti sendok, garpu, kursi, atau sapu.

Bahkan, anak sudah mulai bisa menyatakan sebagian besar keinginannya dengan kata-kata, seperti “Aku lapar ingin makan” atau “Aku mau sayang-sayang kucing itu, Ma” juga mengikuti perintah satu langkah dari Mama, misalkan “Ayo, duduk yang tertib yuk” atau “Nak, coba taruh bola biru itu di lemari.” Selain itu anak mulai bisa menanggapi perkataan Mama, biasanya dengan kalimat simpel seperti “nggak mau” atau “iya, mah” juga dengan mengangguk atau menggelengkan kepalanya. 

5. Mulai Belajar Mandiri

Pada usia 18 bulan, si Kecil sudah mulai lebih memberanikan diri untuk lebih mandiri. Ia mulai berani melakukan eksplorasi lebih jauh akan lingkungannya. Ia mulai mencoba-coba hal baru dan mulai dari amarah jika sesuatu yang dia inginkan tapi tidak didapatkannya.

Selain itu si Kecil sudah mulai memahami belajar berbagi dan menunjukkan rasa sayang kepada orang yang dia kenal. Mama harus lebih sabar ketika menghadapi si Kecil ketika emosionalnya sedang memuncak. Saat melakukan berbagai macam hal sendiri, Mama tentu juga harus tetap siaga mengawasi si Kecil, ya.

Baca Juga: 5 Rutinitas Sebelum Tidur untuk Si Kecil 

Apabila Mama membutuhkan informasi lain mengenai tumbuh kembang si Kecil dari bulan ke bulan, Mama bisa download eksklusif e-book atau dengarkan podcast parenting secara gratis melalui website Nutriclub. Jadikan ini sebagai bekal untuk menang si Kecil agar ia bisa tumbuh menjadi pemenang di masa depan!

Cara Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia 18 Bulan

Anak pada usia 18 bulan sudah mulai bisa berjalan dan berbicara dengan kata-kata sederhana. Anak juga mungkin sedang senang-senangnya bermain dan bereksplorasi, mulai menunjuk mainan yang dia suka, atau berlari-lari sehingga Mama mulai lelah. Si Kecil juga sudah memahami benda-benda yang ada di sekitarnya.

Untuk terus mendukung tumbuh kembangnya di bulan ini, berikut beberapa tips stimulasi yang bisa Mama dan Papa lakukan bersama anak:

1. Melatih Berbicara

Untuk melatih anak berbicara, Mama harus sering mengajak anak mengobrol. Selain itu ajak anak untuk membaca buku bersama. Membacakan cerita adalah cara terbaik untuk meningkatkan kosakata pada anak. Berikan buku cerita dengan gambar yang menarik lalu ajak menunjuk gambar dan menyebutkan benda yang ditunjuknya.

2. Melatih Motorik Halus

Pada usia 18 bulan, anak mulai belajar untuk menggunakan kemampuan jari-jari tangannya. Mama bisa ajak si Kecil bermain balok tumpuk, atau memasukkan benda ke dalam kotak. Memberinya krayon untuk mencoret-coret juga bisa Mama lakukan, atau biarkan dia makan menggunakan sendok sendiri.

3. Melatih Motorik Kasar

Mama harus mulai mencoba mengajak si Kecil untuk ikut melakukan rutinitas sehari-hari. Ajak anak berjalan bersama di luar rumah atau belajar naik-turun tangga dengan masih tetap digandeng tangan. Mama juga harus tetap waspada dan berikan anak tempat bermain yang aman dan nyaman.

Baca Juga: Perkembangan Motorik Halus Anak 1-3 Tahun dan Stimulasinya 

Mama juga bisa mengetahui sejauh mana perkembangan 8 kemampuan kognitif si Kecil melalui tes 8 Winning Skills yang diidentifikasi dari kesehariannya. Dapatkan secara gratis Stimulation Kit di akhir tesnya.

Selain dari stimulasi, penting juga untuk selalu memenuhi kebutuhan gizinya dari makanan sehat dan dampingan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 3 sebanyak tiga kali sehari sebagai bekal si Kecil untuk Menang. 

Susu Nutrilon Royal 3 dilengkapi dengan formula ACTIDUOBIO+, yaitu perpaduan FOS:GOS dengan rasio 1:9 yang paling tinggi dan teruji klinis serta kandungan omega 3 & 6, zat besi, dan DHA untuk bantu optimalkan tumbuh kembang anak.

Waspada Red Flag pada Tumbuh Kembang Anak Usia 18 Bulan

Perkembangan pada anak memang berbeda-beda, tidak semua anak akan berjalan di usia 10 - 12 bulan, atau anak mulai berbicara di usia 18 bulan. Untuk itu Mama jangan khawatir dan harus terus menstimulasi perkembangan anak sejak dini.

Ada beberapa hal yang Mama harus mulai waspadai pada anak usia 18 bulan di bawah ini.

  • Tidak bisa berjalan.

  • Tidak bisa menunjuk.

  • Tidak mencoba meniru orang lain.

  • Belum mampu mengucapkan setidaknya 6 kata.

  • Kehilangan keterampilan yang pernah dimiliki.

  • Tidak memperhatikan ketika ditinggal sendiri atau ketika ada yang menghampiri.

Bila Mama mencurigai si Kecil mengalami beberapa gejala di atas, segera konsultasikan dengan dokter anak terpercaya. Mama juga bisa diskusi langsung dengan tim Nutriclub Expert Advisor yang siap 24/7 menjawab pertanyaan Mama terkait perkembangan dan kesehatan si Kecil.

  1. IDAI | Kurva Pertumbuhan WHO. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who
     
  2. WebMD. (2017, May 12). Your Child at 18 Months: Milestones. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/child-18-months-milestones
     
  3. ‌IDAI | Keterlambatan Bicara. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/keterlambatan-bicara#:~:text=Usia%2012%2D18%20bulan,(Tolong%20ambilkan%20mainan%20itu)
     
  4. Your toddler’s developmental milestones at 18 months. (2020). Unicef.org. https://www.unicef.org/parenting/child-development/your-toddlers-developmental-milestones-18-months#food-and-nutrition
     
floating-icon