Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Stimulasi

Mengenal Metode Montessori dan Manfaatnya untuk Anak Usia Dini

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 28 April 2023

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik dalam mendidik anak sebagai bekalnya untuk terus berkembang. Salah satu metode pendidikan yang bisa Mama coba terapkan adalah metode montessori.

Metode montessori memang cukup dikenal di kalangan orang tua, apalagi jika anak sudah mulai masuk usia prasekolah. Banyak juga orang tua yang menerapkan metode montessori untuk mendidik si Kecil di rumah.

Untuk lebih memahami apa itu metode montessori, manfaatnya untuk si Kecil, serta rekomendasi mainan montessori, Mama bisa simak penjelasannya di artikel ini. 

Pengertian Metode Montessori

Metode montessori adalah metode pendidikan yang dikhususkan untuk anak-anak. Metode ini dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori pada 1900. Metode montessori didasarkan pada aktivitas mandiri, pembelajaran langsung, dan permainan kolaboratif.

Nantinya, anak-anak akan membuat pilihan sendiri dalam aktivitas belajar mereka. Sementara guru menawarkan kegiatan yang sesuai dengan usia anak-anak.

Anak-anak akan bekerja secara individu maupun berkelompok untuk mengeksplorasi sekitarnya sekaligus mengembangkan potensinya.

Dr. Maria Montessori percaya jika diberi kesempatan untuk mengeksplorasi dan melatih keterampilan yang disenanginya, anak-anak akan membuat kemajuan luar biasa pada potensi mereka. Oleh karena itu, metode pendidikan montessori dirancang berdasarkan kebutuhan perkembangan anak.

Baca Juga: 10 Jenis Olahraga yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Metode Montessori untuk Perkembangan Anak

Metode montessori mungkin berbeda dengan metode pendidikan konvensional. Tujuan montessori yaitu meningkatkan potensi perkembangan anak (intelektual, fisik, emosional, dan sosial).

Sementara itu, sebagian besar metode pendidikan saat ini lebih fokus pada pencapaian mata pelajaran akademik seperti literasi dan matematika.

Lantas, apa saja manfaat metode montessori untuk anak?

1. Meningkatkan Kemandirian

Metode montessori memungkinkan anak-anak untuk memilih aktivitas yang ingin mereka lakukan setiap hari dan berapa lama mereka akan menyelesaikan tugasnya.

Tentunya metode montessori ini memberi manfaat pengajaran sikap disiplin diri pada anak dan mengembangkan keterampilan lainnya, seperti pengendalian diri dan motivasi.

Baca Juga: Yuk Ma! Ketahui Mainan Edukatif Anak Usia 1-3 Tahun

2.  Melatih Anak Memecahkan Masalah

Metode montessori melatih anak untuk mengenali, memperbaiki dan belajar dari kesalahan mereka. Caranya adalah dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk bertanya, dan menyelidiki secara mendalam. Dengan cara ini, anak-anak akan terlibat dengan pendekatan positif dan semakin percaya diri untuk ke depannya.

3. Melatih Ketertiban

Manfaat metode montessori lainnya yaitu meningkatkan ketertiban pada si Kecil. Ketika anak-anak selesai dengan suatu kegiatan, mereka akan mengembalikan barang-barang ke tempatnya. Proses pembelajaran ini akan membantu meningkatkan rasa tertib dan membentuk kebiasaan yang teratur pada anak.

4. Membangun Rasa Kebersamaan

Pada metode pendidikan montessori, anak akan dikelompokkan dengan berbagai usia dan didorong untuk saling membantu satu sama lain. Struktur lingkungan belajar ini mendorong anak untuk berbagi dan bekerja secara kooperatif untuk belajar berbagai kurikulum montessori.

Nantinya, anak akan lebih saling menghormati, berlatih memecahkan masalah bersama-sama, serta membangun rasa kebersamaan.

5. Mendorong Kreativitas Anak

Kreativitas anak menjadi salah satu kunci dalam penerapan metode montessori. Metode ini mendorong anak-anak untuk lebih fokus pada proses daripada hasil akhir. Anak-anak diperbolehkan untuk memilih aktivitas dan mengerjakan dengan cara mereka sendiri, sehingga di sinilah kreativitas anak dapat berkembang.

Baca Juga: Tahap Perkembangan Keterampilan Sosial & Interaktif Pada Anak

Jenis Permainan Montessori

Mengenalkan metode montessori pada si Kecil juga bisa dilakukan dengan berbagai permainan, Ma. Mainan montessori dapat mendorong anak untuk berinteraksi, belajar, serta melatih jenis kecerdasan lainnya, seperti kecerdasan musikal, interpersonal, spasial, serta bahasa.

Ada beragam permainan yang terinspirasi dari metode montessori. Yuk, ketahui berbagai jenis permainan montessori berikut ini!

1. Cylinder Socket

Permainan cylinder socket ini bisa dimainkan dari usia 1 tahun. Mainan montessori ini membantu si Kecil untuk belajar memperhatikan perbedaan visual, membandingkan setiap silinder dalam satu balok, dan melihat perbedaannya. Cara bermainnya sederhana, anak hanya memasukkan silinder ke dalam balok yang sesuai dengan ukurannya.

2. Pikler Triangle

Permainan pikler triangle dapat mendorong kecerdasan kinestetik-tubuh pada si Kecil. Anak dengan kecerdasan kinestetik tubuh pandai melakukan tindakan dan mampu mengontrol fisiknya dengan baik. Permainan ini juga dapat melatih keseimbangan, kekuatan, fleksibilitas, dan kelenturan pada anak.

3. Balok Susun Pelangi

Balok susun pelangi bisa menjadi pilihan mainan montessori untuk anak, Ma. Mainan ini berisi tujuh potongan kayu berwarna yang jika digabungkan akan menjadi warna pelangi. Potongannya berbentuk melengkung sehingga bisa mendorong imajinasi dan mengembangkan kreativitas anak

Permainan ini juga dapat melatih kecerdasan spasial pada anak. Karena biasanya anak yang mempunyai kecerdasan spasial akan pandai menyusun teka-teki, dan dapat mengenali pola dengan mudah.

4. Sortir Warna

Permainan sortir warna akan membantu anak mengenal warna, seperti merah, kuning, biru, dan hijau. Mainan ini juga mendorong koordinasi antara mata dan tangan si Kecil. Ketika bermain sortir warna, Mama bisa bantu menyebutkan nama warna tersebut agar kosakata anak semakin bertambah.

5. Alat Musik dari Kayu

Selanjutnya, mainan montessori yang bisa jadi pilihan yaitu alat musik dari kayu. Alat musik dapat mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar pada anak saat ia memetik gitar, atau bermain marakas. Selain itu, alat musik juga menjadi stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan kecerdasan musikalnya.

Baca Juga: DIY: Finger Print untuk Mengenal Bau, Rasa, dan Warna 

6. Busy Board

Busy board menjadi permainan yang cukup familier, Ma. Busy board biasanya berisi beberapa permainan yang bermanfaat bagi anak. Misalnya cara membuka ritsleting, mengikat tali sepatu, memasukkan kancing, atau membuka perekat. 

Berbagai permainan yang ada pada busy board dibutuhkan untuk keterampilan motorik halus dan kasar pada anak. Selain itu, busy board juga dapat mendorong pemikiran logis, memacu kreativitas, dan mendukung kemandirian si Kecil.

7. Meronce

Meronce adalah permainan atau aktivitas merangkai manik-manik. Permainan sederhana ini memiliki ragam manfaat untuk anak, seperti melatih koordinasi mata dan tangan, mengajarkan kesabaran, dan mengasah keterampilan motoriknya.

Pastikan ukuran manik-manik tidak terlalu kecil agar anak mudah untuk memasukkannya ke dalam benang atau tali. Manik-manik ukuran besar juga dapat menghindarkan anak memasukkannya ke dalam mulut sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Miniatur Hewan

Miniatur hewan termasuk jenis mainan montessori yang cocok untuk anak. Miniatur hewan bisa dijadikan pretend play pada anak sehingga dapat melatih perkembangan bahasanya. Mainan ini juga berguna untuk mendorong kecerdasan naturalis anak. Anak dengan kecerdasan naturalis biasanya mempunyai daya tarik pada lingkungan alam, termasuk hewan dan tumbuhan.

Nah, itu dia beragam permainan montessori yang bisa Mama pilih sesuai dengan jenis kecerdasan si Kecil. 

Baca Juga: Perkembangan Anak 1 Tahun, Sudah Bisa Apa Saja?

Sembari memberikan permainan montessori untuk si Kecil, pastikan juga untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi hariannya dari makanan yang bergizi serta tambahan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 3 sebanyak tiga kali sehari sebagai Bekal si Kecil untuk Menang. 

Susu Nutrilon Royal 3 dilengkapi dengan dengan formula ACTIDUOBIO+ yaitu perpaduan FOS:GOS rasio 1:9 paling tinggi dan teruji klinis serta omega 3 & 6, zat besi, dan DHA yang bantu mendukung tumbuh kembang dan daya tangkap anak.

Mama juga bisa mengetahui sejauh mana perkembangan 8 kemampuan kognitif si Kecil melalui tes 8 Winning Skills yang diidentifikasi dari kesehariannya. Dapatkan secara gratis Stimulation Kit di akhir tesnya.

  1. Marshall, C. (2017). Montessori education: a review of the evidence base. Npj Science of Learning, 2(1). https://doi.org/10.1038/s41539-017-0012-7
  2. Verywell. (2022). Gardner’s Theory of Multiple Intelligences. Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/gardners-theory-of-multiple-intelligences-2795161
  3. ‌Kadek Suarca, Soetjiningsih Soetjiningsih, & IGA Endah Ardjana. (2016, December 5). Kecerdasan Majemuk pada Anak. ResearchGate; Paediatrica Indonesiana - Indonesian Pediatric Society. https://www.researchgate.net/publication/312175228_Kecerdasan_Majemuk_pada_Anak
  4. Exploring the Pros and Cons of Montessori Education. (2019). Rasmussen.edu. https://www.rasmussen.edu/degrees/education/blog/pros_cons_montessori_education/
  5. Marshall, C. (2017). Montessori education: a review of the evidence base. Npj Science of Learning, 2(1). https://doi.org/10.1038/s41539-017-0012-7
  6. ‌Montessori Education — Montessori Northwest. (2014). Montessori Northwest. Montessori Northwest. https://montessori-nw.org/about-montessori-education
  7. ‌10 Benefits of a Montessori Preschool. (2012, August 7). Education.com. Education.com; Education.com. https://www.education.com/article/10-benefits-montessori-preschool/
  8. Juju. (2015, December 16). Montessori Education | Top 5 Benefits Of Montessori Education | Montessori Academy. Montessori Academy. https://montessoriacademy.com.au/top-five-benefits-montessori-education/
  9. ‌Labuz, M. (2022, December 13). 19 Best Montessori Toys for 1 Year Old Toddlers. Teaching Littles. https://www.teachinglittles.com/montessori-toys-for-1-year-old-toddlers
     
comment-icon comment-icon