Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

8 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Bayi 8 Bulan - Nutriclub
Tumbuh Kembang

8 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Bayi 8 Bulan

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 07 Juli 2023

Di usia 8 bulan, si Kecil pasti sedang aktif-aktifnya bermain. Terlebih, bayi di usia ini sudah memiliki kontrol gerakan yang lebih baik, terutama di tangan dan jarinya. Dengan penuh rasa ingin tahu, ia akan terus bergerak untuk mengeksplorasi dunia sekitarnya. 

Nah, tak ada salahnya juga untuk Mama memberikan beberapa pilihan mainan edukasi untuk makin mengasah keterampilannya. Pemberian mainan yang tepat berperan penting dalam merangsang berbagai aspek perkembangan bayi, seperti keterampilan motorik, kognitif, sensorik, dan sosial-emosional si Kecil.  Lantas, apa saja rekomendasi mainan edukasi untuk bayi usia 8 bulan?

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Bayi 8 Bulan

Pada dasarnya, memberikan mainan kepada bayi tidak hanya bertujuan untuk menghibur mereka agar tidak menangis atau membuatnya "anteng", tetapi juga memiliki tujuan mendidik. Melalui mainan, bayi dapat belajar dan mengembangkan berbagai keterampilan baru.

Oleh karena itu, Mama perlu mengetahui jenis mainan edukasi untuk bayi 8 bulan yang tepat diberikan kepada si Kecil. Berikut daftarnya.

1. Puzzle

Puzzle adalah mainan edukasi bayi 8 bulan yang tepat untuk membangun keterampilan kognitif dan motorik halusnya, Ma! Puzzle biasanya punya beragam bentuk dan warna untuk disusun menjadi sebuah bentuk atau gambar yang utuh.

Dengan demikian, ia akan berlatih memungut atau mencapit kepingan puzzle dengan tangan mungilnya dan meletakkannya kembali di tempat yang benar. 

Selain itu, si Kecil bisa belajar kata-kata baru, seperti “atas”, “bawah”, “kiri”, “kanan”, “di samping”, dan lainnya saat Mama membantu ia mencari potongan yang tepat untuk menyusun puzzle. 

Anak-anak juga akan lebih sering mendengar dan belajar tentang bilangan urut dan kata-kata yang menunjukkan posisi dalam urutan, seperti pertama, kedua, ketiga, dan terakhir ketika Mama membantu mereka menyatukan potongan-potongan puzzle tersebut.

2. Mainan Balok

Mainan blok bangunan dapat menjadi alternatif untuk mengasah keterampilan fokus dan melatih konsentrasi si Kecil. Bayi akan berkonsentrasi penuh pada proses menumpuk balok setinggi mungkin serta memastikan bangunan yang dibuatnya tidak roboh.

Selain itu, mainan blok bangunan bermanfaat juga untuk membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangan, serta keterampilan motorik si Kecil.

Bayi 8 bulan suka memasukkan benda atau mainan ke dalam mulutnya, Ma. Maka dari itu, pilihlah blok dengan ukuran yang besar untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Saat bayi sedang bermain, Mama juga harus terus mengawasinya, ya.

Baca Juga: Permainan untuk si Kecil yang Mama dapat Lakukan di Rumah

3. Mainan Alat Musik

Selanjutnya, Mama bisa memberikan alat musik mainan untuk bayi 8 bulan. Memberikan mainan kepada bayi yang mirip dengan benda asli, seperti alat musik mini ini, dapat menarik minat si Kecil.

Bayi pada usia ini sering kali tertarik pada objek-objek yang menyerupai kenyataannya sehingga memberikan pengalaman sensorik yang mirip dengan barang asli. 

Bermain alat musik juga mengajarkan bayi sebab dan akibat antara gerakan tangan si Kecil dan bunyi yang dihasilkan. Ini merupakan keterampilan kognitif yang penting, Ma. Pilihlah alat musik mainan seperti marakas, drum, atau mainan kerincingan yang sesuai dengan usia bayi.

4. Mainan Susun Cangkir

Mainan satu ini memang terlihat sederhana, tapi memberikan banyak manfaat bagi perkembangan bayi lho, Ma. Bermain susun cangkir dapat mendorong kemampuan pemecahan masalah dan mengembangkan keterampilan kognitif pada bayi.

Saat bermain, bayi akan berpikir bagaimana caranya agar bisa menumpuk cangkir di atas satu sama lain. Mungkin awalnya si Kecil akan kesulitan. Untuk itu, Mama perlu mengajarinya cara menumpuk cangkir dari ukuran besar hingga kecil secara perlahan.

Setelah itu, berikan kesempatan kepada bayi untuk mengeksplorasi sendiri. Biarkan ia bereksperimen dan mencoba-coba berbagai cara untuk dapat menyusunnya dengan benar.

5. Bola Berwarna

Bayi sangat tertarik pada benda-benda yang menggelinding. Untuk itu, Mama bisa memberikan si Kecil mainan bola dengan warna yang menarik.

Bermain bola akan memberikan kesempatan kepada bayi untuk berlatih memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya, sehingga dapat mendukung perkembangan motorik halus si Kecil. 

Selain itu, Mama bisa "memancing" bayi untuk merangkak dengan menggulirkan bola. Biarkan bayi bergerak mengejar bola dan berusaha untuk mengambilnya. Ini dapat mendorong keterampilan motorik kasar pada bayi 8 bulan.

6. Terowongan

Pada dasarnya, melibatkan bayi dalam permainan yang membuatnya bergerak adalah cara yang bagus untuk mendukung perkembangan keterampilan motoriknya. Salah satunya yaitu mainan edukasi terowongan.

Permainan ini dapat membantu bayi untuk melatih dan mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasarnya. Mama juga bisa membuat terowongan dari kardus berukuran besar. Buka setiap bagian ujung kardus dan biarkan bayi bergerak dan melewati kolong terowongan kardus tersebut.

Baca Juga: Manfaat Sensory Play untuk Anak dan Ide Permainannya 

7. Pop It

Selanjutnya, mainan edukasi untuk bayi 8 bulan yang bisa Mama berikan yaitu pop it. Mainan yang sedang tren di kalangan anak-anak ini terbuat dari silikon dan memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan warna yang menarik perhatian si Kecil.

Mainan ini memang terlihat sederhana, tetapi bermanfaat untuk melatih fokus, konsentrasi, dan kontrol motorik halus pada bayi. Bermain pop it dapat menstimulasi penggunaan indra peraba sehingga dapat membantu si Kecil untuk fokus saat menekan gelembung yang ada pada mainan tersebut.

Selain itu, pop it dapat mengurangi kecemasan dan kegelisahan pada si Kecil, Ma. 

8. Finger Painting

Melukis dengan jari atau finger painting adalah kegiatan yang dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar bayi. Tidak hanya itu, permainan ini dapat meningkatkan kreativitas dan minat seni si Kecil.

Umumnya, bayi 8 bulan mungkin mempunyai rasa penasaran yang tinggi, sehingga mungkin saja ia ingin "mencicipi" rasa cat pada jarinya. Untuk mencegah hal tersebut, Mama bisa membuat cat sendiri di rumah yang tentunya aman untuk bayi.

Cukup dengan bahan tepung maizena, air panas, dan pewarna makanan. Caranya, campurkan tepung maizena dengan air panas sedikit demi sedikit, kemudian aduk sampai berbentuk seperti adonan pasta. Setelah itu, teteskan pewarna makanan berbagai warna supaya lebih menarik.

Baca Juga: DIY Finger Print untuk Mengenal Bau, Rasa, dan Warna

Nah, itu dia berbagai rekomendasi mainan edukasi bayi 8 bulan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Banyak sekali manfaat yang dapat dinikmati si Kecil dengan mainan yang tepat ya, Ma.

Dari berbagai rekomendasi mainan edukasi di atas, mana yang ingin Mama mainkan dengan si Kecil hari ini? 

Agar bisa lebih maksimal menemani tumbuh kembang si Kecil, Mama juga bisa download E-Book 1000 HPK untuk optimalkan masa emasnya dengan tips stimulasi & aktivitas rekomendasi para ahli!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Verywell. (2021). Storytime: Why You Should Be Reading to Your Baby. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-reading-to-babies-is-important-5189827
  2. ‌Reading Books to Babies (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2019). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/reading-babies.html
  3. ‌Mcilroy, T. (2022, January 21). 16 Benefits of Musical Instruments for Toddlers and Preschoolers. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-musical-instruments-for-toddlers/
  4. ‌Baby crawling: Age when babies crawl and how to help. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/baby-development/baby-milestone-crawling_6501
  5. Verywell. (2022). Playing With Balls: Benefits for Little Ones and Games to Try. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-your-child-should-be-playing-with-balls-289705#
  6. Parents. (2021). What Are Pop Its and Why Are They So Popular? Parents. https://www.parents.com/fun/toys/kid-toys/what-are-pop-it-fidget-toys-and-why-are-they-so-popular-right-now/
  7. ‌Movement and play: babies. (2023, February 10). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/play-baby-development/movement-play-babies
  8. ‌Mcilroy, T. (2020, December 31). The 12 Biggest Benefits of Painting for Children + 15 Easy Painting Ideas. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-painting-for-children/
  9. ‌Tian C. (2018, October 6). Toys for 8 Months Old Baby. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/toys-for-8-month-old-baby/
Artikel Terkait
floating-icon