Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

8 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 2 Tahun - Nutriclub
Tumbuh Kembang

8 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 2 Tahun

Article Oleh : Ega Krisnawati 31 Maret 2023

Memilih mainan edukasi untuk anak usia 2 tahun tidak boleh sembarangan. Mainan anak yang Mama dan Papa pilih ternyata tidak cuma dilihat dari nilai hiburannya saja. Akan tetapi, juga dilihat dari manfaatnya sebagai bekal si Kecil untuk menang di masa depan. Jadi, kira-kira seperti apa mainan edukasi yang bagus untuk perkembangan anak 2 tahun?

Peran Mainan untuk Perkembangan Anak

Mainan adalah “alat” yang perannya sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Pasalnya, mainan tidak hanya bagus untuk mengisi waktu luang, tapi juga membantu mengasah keterampilan yang mendukung setiap langkah perkembangan mereka.

Beberapa mainan edukatif biasanya dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan cara mengasah:

  • Koordinasi tangan dan mata.

  • Keterampilan motorik halus, seperti dari menggambar, menulis, maupun menggunting kertas.

  • Berpikir kritis. Dikutip dari Journal National Library of Medicine, bermain bisa membuat anak-anak berpikir lebih kritis dibanding hanya dari kegiatan belajar. 

  • Mengenalkan angka dan melatih kemampuan berhitung.

  • Berpikir logis dan menalar, contohnya memahami konsep sebab-akibat (mainan yang mengeluarkan suara saat dipukul).

  • Belajar tentang huruf, angka, warna, dan konsep berhitung.

  • Keterampilan bahasa yang berkaitan dengan kemampuan anak mengekspresikan atau mengkomunikasikan pikiran dan perasaannya lewat lisan maupun tulisan.

  • Melatih anak berbicara lebih baik dengan perbendaharaan kata yang lebih beragam.

  • Mainan seperti lego, mampu membangun kompetensi spasial yang bisa menumbuhkan keterampilan sains, teknologi, teknik, dan matematika yang kuat pada si Kecil.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh, seperti lewat permainan yang melibatkan aktivitas fisik, seperti bermain sepeda.

  • Kemampuan kognitif, seperti berhitung, menebak angka, membaca huruf, mendengar bunyi-bunyian, memperagakan hewan, dan menyusun balok.

Itu kenapa mainan edukasi bisa menjadi salah satu bekal yang tepat agar eksplorasi mereka terhadap dunia menjadi lebih nyata dan bisa mengasah keterampilan juara si Kecil.

Mama dan Papa mungkin menganggap bahwa anak usia 2 tahun tidak membutuhkan mainan edukasi seperti ini. Alasannya, karena hampir semua benda yang mereka sentuh, mulai dari batu, tongkat, hingga kursi ruangan makan mampu merangsang daya pikir anak.

Baca Juga: Manfaat Sensory Play untuk Anak dan Ide Permainannya

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak 2 Tahun

Berikut rekomendasi mainan pembelajaran untuk si Kecil yang sudah menginjak usia 2 tahun beserta manfaatnya yang bisa Mama dan Papa berikan!

1. Tabel Alfabet

Dengan tabel atau bagan dinding, si Kecil bisa terinspirasi untuk belajar terkait alfabet yang efektif dengan ilustrasi serta memperkaya perbendaharaan alfabet yang ia miliki.

Bahkan, Mama bisa mengajari si Kecil menyusun kata-kata yang mudah, contohnya, menyusun kata M-A-M-A atau P-A-P-A.

2. Balok Susun Kereta Angka

Balok susun kereta angka dapat membantu si Kecil untuk mengeksplorasi angka. Si Kecil akan tahu bagaimana bentuk angka dan mengurutkannya.

Mainan edukasi untuk anak usia 2 tahun ini juga mendukung kemampuan berpikir si Kecil jadi lebih terstruktur dan berpikir logis.

3. Tablet Menulis LCD

Dengan tablet menulis LCD, si Kecil bisa lebih terlibat untuk membuat tulisan atau gambar yang menurutnya menarik.

Mainan edukasi anak 2 tahun ini cocok untuk mengembangkan kemampuan motorik halus dan memperkenalkan si Kecil pada bentuk-bentuk huruf dan cara menulisnya.

4. Teka-Teki Balok

Mainan edukasi ini dibuat khusus untuk anak usia 2 tahun hingga anak prasekolah. Teka-teki balok cocok untuk melatih keterampilan motorik dan kreativitas si Kecil. Dengan permainan ini, si Kecil akan menumpuk, menyortir, dan mengatur balok secara berurutan.

5. Permainan Mencocokkan 

Pada permainan mencocokkan ini, Mama bisa memilih berbagai benda yang aman untuk dicocokkan berdasarkan warna maupun bentuk. Ambil contoh, beberapa buah mainan mobil-mobilan.

Minta si Kecil untuk mencocokkan bentuk mobil yang sama atau dari kelompok warna yang sama. Permainan ini mampu meningkatkan kemampuan fokus, memori, dan kemampuan reasoning si Kecil untuk menalar atau membuat kesimpulan.

6. Puzzle

Pilihan mainan edukasi untuk anak usia 2 tahun ini sangat beragam. Mama atau si Kecil bisa memilih tema sesuai keinginan, misalnya tema binatang. Mama juga bisa memilih tema atau karakter yang memang disukai si Kecil.

Coba ajak untuk menyusun potongan-potongan puzzle hingga menjadi gambar binatang yang utuh. Puzzle dapat membantu meningkatkan keterampilan atensi dan fokus anak untuk mengarahkan perhatiannya terhadap satu hal dan mengerjakannya sampai selesai.

7. Permainan Berkebun

Permainan berkebun bisa membantu si Kecil untuk meningkatkan koordinasi tangan-mata, penyortiran bentuk,  pengenalan warna, dan keterampilan motorik halus.

Permainan berkebun biasanya terdiri dari berbagai benda yang ditemui anak di kebun, misalnya wortel, kelinci, cacing, dan gerobak kayu. Nantinya, si Kecil akan belajar mengenali berbagai buah dan hewan di kebun sambil bersenang-senang.

8. Poster Interaktif dan Dinding Musik

Poster interaktif dan dinding musik merupakan mainan edukasi yang ideal untuk anak usia 2 tahun. Permainan ini bisa membantu si Kecil untuk mengembangkan kemampuan bicara, mengenal angka, dan huruf.

Setelah memahami manfaat mainan edukasi untuk anak 2 tahun, Mama dan Papa tentu jadi lebih bijak dalam memilih mainan untuk si Kecil tersayang. 

Mama dan Papa juga bisa memberikan simulasi untuk mengasah 8 kognitif penting demi fondasi keterampilan juara si Kecil dengan loh!

Banyak sekali manfaat yang dapat dinikmati oleh si Kecil dari bermain, ya? Mama dan Papa juga bisa mengetahui sudah sejauh mana keterampilan kognitif penting si Kecil lewat tes 8 Winning Skills yang diidentifikasi melalui perilaku kesehariannya, lho! 

Nah, jika waktu bermain juga diimbangi dengan asupan gizi seimbang, manfaatnya tentu akan lebih optimal dirasakan si Kecil, Ma. Jadi selain memberikan stimulasi yang tepat lewat aktivitas fisik, pastikan juga untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi hariannya dari makanan bergizi seimbang serta tambahan susu pertumbuhan anak seperti Nutrilon Royal 3 sebanyak tiga kali sehari. 

Susu Nutrilon Royal 3 dilengkapi dengan formula ACTIDUOBIO+ yaitu perpaduan FOS:GOS rasio 1:9 yang paling tinggi dan teruji klinis serta Omega 3 & 6, zat besi, dan DHA untuk bantu mendukung tumbuh kembang anak.

Dengan nutrisi dan stimulasi yang tepat sebagai Bekal untuk Menang, si Kecil dapat tumbuh menjadi pemenang di masa sekarang dan masa depan.

Agar Mama selalu update dengan informasi seputar nutrisi serta pertumbuhan dan perkembangan anak, yuk daftarkan diri Mama di MyNutriclub sekarang! Di sini, Mama juga bisa dapatkan konten-konten digital eksklusif Podcast, Parenting E-book, hingga Kulwap yang dimoderatori langsung oleh para ahli di bidangnya.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  • K;, H.-D. B. H.-P. (n.d.). Brain training for kids: Adding a human touch. Cerebrum : the Dana forum on brain science. Retrieved March 2, 2023, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32206164/ 

  • Cetin Dag, N. (2020). Children's only profession: Playing with toys. Northern Clinics of Istanbul. https://doi.org/10.14744/nci.2020.48243 

  • van der Wurff, I., Meijs, C., Hurks, P., Resch, C., & de Groot, R. (2021). The influence of sensory processing tools on attention and arithmetic performance in Dutch Primary School Children. Journal of Experimental Child Psychology, 209, 105143. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105143 

  • Hassinger-Das, B., & Hirsh-Pasek, K. (2019). Brain Training for Kids: Adding a Human Touch. Cerebrum: The Dana Forum on Brain Science, 2019, cer–01-19. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7075358/

Artikel Terkait
floating-icon