Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Tumbuh Kembang

Bayi Susah Tidur di Malam Hari? Ini 5 Cara Mengatasinya

Article Oleh : Annisa Amalia Ikhsania 03 Agustus 2021

Menghadapi bayi susah tidur di malam hari menjadi salah satu isu yang kerap dihadapi banyak orang tua baru. Sebab ketika si Kecil tidak bisa tidur nyenyak, Mama dan Papa tentu jadi harus ikut terjaga semalaman untuk menemaninya sampai kembali lelap. 

Jangan panik. Tim Nutriclub memiliki berbagai tips supaya si Kecil bisa tidur nyenyak dan orang tua juga bisa beristirahat dengan tenang di malam hari.

Penyebab Bayi Susah Tidur di Malam Hari

Bayi umumnya bisa tidur sekitar 16 jam atau lebih tiap hari. Namun, bayi susah tidur nyenyak di malam hari adalah hal yang cukup normal, terutama pada tiga bulan pertama kelahirannya.

Beberapa kemungkinan penyebab bayi susah tidur adalah sebagai berikut:

1. Bayi Belum Memahami Siang dan Malam Hari

Penyebab pertama bayi tidak mau tidur di malam hari adalah karena mereka belum mengenal siang dan malam. Beberapa bayi mungkin mengalami fenomena yang dikenal dengan pola day/night reversal, di mana mereka akan tidur di siang hari dan terjaga di sepanjang malam. 

Selain itu, jam biologis tubuh bayi masih berkembang sehingga si Kecil belum bisa membedakan mana siang dan malam. Itulah kenapa jadwal tidur dan bangun bayi juga belum teratur. 

Kebanyakan bayi baru mulai bisa tidur teratur sepanjang malam tanpa terbangun di usia 3 bulan. Tetapi, beberapa bayi mungkin bisa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai perkembangan ritme sirkadian yang matang.

Ritme sirkadian sendiri adalah jam biologis yang fungsinya membantu tubuh untuk tahu kapan siang dan malam, juga mengatur kapan kita perlu tidur dan terbangun.

2. Bayi Lapar

Bayi yang baru lahir biasanya cepat lapar karena ASI sangat cepat dicerna tubuhnya. Itu kenapa bayi harus lebih sering disusui. Ketika lapar, ia akan menjadi rewel dan mungkin menangis sepanjang malam sehingga bayi susah tidur nyenyak di malam hari.

Selain rewel, gerak-gerik seperti menjilat bibir dan mengepalkan tangannya juga menjadi tanda bayi sedang lapar.

3. Bayi Merasa Tidak Nyaman

Jika bukan karena lapar, penyebab bayi tidak mau tidur di malam hari juga bisa karena sedang sakit atau tidak enak badan akibat tumbuh gigi, pilek, alergi, kembung, sembelit, dan masalah lainnya.

Jika Mama mencurigai bayi sakit atau alergi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengatasinya sekaligus mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

4. Bayi Tidak Mau Ditinggal

Mama dan Papa adalah sosok keluarga terdekat yang pertama kali dikenal si Kecil. Jadi, bukan hal yang aneh jika ia ingin terus dekat dengan orang tuanya dan menjadi rewel ketika ditinggal atau berpisah dengan Mama, terutama di malam hari.

Perasaan sedih atau takut ditinggal ini disebut dengan separation anxiety dan umum terjadi pada bayi berusia sekitar 7 hingga 10 bulan.

5. Terlalu Banyak Stimulasi

Bayi mungkin tidak bisa tidur nyenyak sepanjang malam juga karena menerima terlalu banyak stimulasi seharian.

Si Kecil mungkin dapat merasakan terlalu banyak stimulasi apabila terlalu banyak orang yang mengunjunginya, atau terlalu sering diajak bermain terutama menjelang waktu tidurnya.

Overstimulasi bisa juga datang dari asupan coklat dalam ASI karena Mama sebelumnya memakan coklat dan kandungannya terbawa ke dalam ASI. 

Baca Juga: Pentingnya Tidur Berkualitas Bagi Kesehatan Si Kecil

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur?

Menghadapi bayi susah tidur memang bukan perkara mudah, Ma, terutama bagi orang tua baru. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dicoba agar bayi bisa dengan mudah tidur nyenyak dan Mama pun bisa beristirahat dengan tenang. 

Berikut berbagai cara mengatasi bayi susah tidur di malam hari selengkapnya. 

1. Buat Jadwal Harian untuk Si Kecil

Salah satu cara mengatasi bayi susah tidur pada malam hari adalah dengan menetapkan jadwal kapan bangun dan tidur di waktu yang sama tiap hari. Termasuk juga jadwal kapan waktunya minum ASI dan bermain atau berinteraksi dengan orang lain.

Usahakan untuk tidak membuat bayi terlalu banyak beraktivitas di sore menjelang malam untuk menghindari overstimulasi yang bisa membuat si Kecil makin susah tidur.

Baca Juga: 5 Rutinitas Bayi Sebelum Tidur agar Deep Sleep

2. Perlihatkan Suasana Siang dan Malam 

Cara berikutnya adalah dengan memperlihatkan waktu siang dan malam. Pada siang hari, Mama bisa mengajak si Kecil bermain, bercanda, dan berbicara. 

Mama juga bisa membawa bayi keluar rumah, seperti saat waktu menjemur di pagi hari. Langkah ini dapat membantunya mengatur jam biologis tubuh.  

Pastikan pencahayaan di dalam ruang selalu terang, dan biarkan ia mendengarkan suara yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari, seperti suara Mama sedang memasak atau lainnya.

Kemudian di malam hari, usahakan untuk tidak mengajak bermain, bercanda, dan berbicara terlalu lama, terutama jelang waktu tidur. Kurangi juga pencahayaan dan suara di dalam rumah, agar bayi mengetahui bahwa ini memasuki waktu malam hari.

3. Kenali Tanda-Tanda Bayi Mengantuk

Semakin tumbuh besar, bayi Mama akan semakin aktif dan waktu bermainnya akan lebih panjang. Namun, jika Mama mengenali tanda-tanda bayi mengantuk dan sudah merasa lelah, segera tempatkan ia di tempat tidurnya. 

Bayi yang mengantuk biasanya ditandai dengan terdiam, melamun, menguap, menggosok mata, dan rewel. Hal ini perlu Mama perhatikan, karena lebih mudah bagi si Kecil untuk tidur dengan lelap saat ia sudah mengantuk (dalam kondisi siap tidur) daripada saat ia masih aktif atau justru terlalu lelah.

4. Ciptakan Suasana Nyaman Sebelum Tidur

Mama bisa membantu bayi lebih nyenyak tidur di malam hari dengan menidurkannya di ruangan yang lebih tenang. Sebelumnya, Mama bisa memandikan bayi. Kemudian selanjutnya, cobalah redupkan lampu, kurangi kebisingan suara, membacakan buku, dan menyelimuti bayi untuk membuatnya lebih tenang.

5. Membedong Bayi

Membedong bayi juga bisa menjadi cara ampuh untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak di malam hari. Membedong bayi merupakan metode membalut tubuh bayi menggunakan selimut tipis atau kain bedong (lampin) agar ia merasa nyaman dan terlindungi. 

Namun, jika ingin membedong si Kecil, pastikan Mama tidak memasang kain terlalu kencang, khususnya di bagian pinggul dan tangan agar ia tetap dapat bergerak dengan nyaman. Selain itu, jangan membedong terlalu kencang hingga membuatnya kepanasan.

Mama juga bisa cari tahu lebih lengkap lagi tentang cara menenangkan si Kecil yang menangis berkepanjangan karena susah tidur lewat tools Health & Immune Checker.

Baca Juga: 15 Cara Sukses Menidurkan Si Kecil Setelah Disapih

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi bayi susah tidur di malam hari. Dapatkan juga panduan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil setiap bulannya di The Parent’s Guide Academy, sambil terus memberikan nutrisi terbaik dari ASI untuk mendukung imunitasnya, ya!

Semoga informasi ini berguna, Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Shallow C. Understanding your baby’s sleep patterns. 2016 https://www.aptaclub.co.uk/baby/health-and-wellbeing/stress-and-sleep/what-does-it-mean-to-sleep-like-a-baby.html
  2. American Academy of Pediatrics. Stages of newborn sleep. Itasca: AAP. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/sleep/Pages/default.aspx
  3. Norris T. How to identify and manage cluster feeding. 2018. https://www.healthline.com/health/parenting/cluster-feeding
  4. Wisner W. Sweet dreams are made of milk: all about dream feeding. 2020. https://www.healthline.com/health/baby/dream-feed
  5. Crider C. 8 self-soothing techniques to help your baby. 2020. https://www.healthline.com/health/baby/self-soothing-baby
  6. de Bellefonds C. What is sleep regression?. 2020 https://www.whattoexpect.com/first-year/sleep/sleep-regression/
  7. When and how to sleep train your baby. Cleveland: Cleveland Clinic; 2021 https://health.clevelandclinic.org/when-and-how-to-sleep-train-your-baby/
  8. Swaddling a baby: the benefits, risks and seven safety tips. Bristol: NCT; 2018 https://www.nct.org.uk/baby-toddler/slings-and-swaddling/swaddling-baby-benefits-risks-and-seven-safety-tips
  9. Newton, A. (2023, May 9). 5 Reasons Why Your Newborn Isn’t Sleeping at Night. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/newborn-not-sleeping#hunger.
  10. default - Stanford Medicine Children’s Health. (2019). Stanfordchildrens.org. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=infant-sleep-90-P02237
  11. Expert tips to help baby sleep through the night. (2023). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/baby-sleep/art-20045014
  12. Establishing good sleep habits: newborn to three months. (2022). BabyCentre UK. https://www.babycentre.co.uk/a7654/establishing-good-sleep-habits-newborn-to-three-months
  13. Rivkees, S. A. (2003). Developing Circadian Rhythmicity in Infants. Pediatrics, 112(2), 373–381. https://doi.org/10.1542/peds.112.2.373
Artikel Terkait
floating-icon