Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
menciptakan-rutinitas-untuk-bayi_large
Pola Asuh Anak

Menciptakan Rutinitas untuk Bayi

15 Januari 2020

Setelah melahirkan, mungkin Ibu merasa canggung ketika harus mengurus kebutuhan dasar bayi. Terlebih lagi jika ini adalah anak pertama. Mencipatakan rutinitas keseharian bayi dapat membuat tugas Ibu jadi lebih praktis. Berikut adalah tips dari Tim Ahli Nutriclub.

Mengurus Bayi

Senangnya, saat Ibu keluar dari rumah sakit dan membawa si Kecil pulang kerumah. Inilah saatnya Ibu petualan hidup yang baru dimulai. Minggu-minggu pertama adalah tahap berkenalan lebih jauh dengan si Kecil. Saat ini juga merupakan saat di mana Ibu harus mengenali kebiasaannya dan menyiapkan keperluannya.

Pada tahap ini, yang terbaik untuk dilakukan adalah mengikuti kemauan si Kecil semampu Ibu. Mungkin ia lebih sering minta disusui ketika Ibu nyenyak tidur di malam hari atau tiap 15 menit ia menangis karena popoknya basah. Setelah Ibu berhasil melewati beberapa minggu, maka Ibu bisa mulai memiliki rutinitas baru.

Ikuti Rutinitas Si Kecil

Si Kecil memiliki kebiasaannya sendiri untuk makan dan tidur, jadi akan sulit memaksakan rutinitas tertentu.

Ibu bisa mencoba membedakan siang dan malam dengan mengatur cara pemberian susu dan berinteraksi dengannya sesuai waktunya. Membangun rutinitas harian sebaiknya dilakukan bertahap untuk memberi kestabilan pada si Kecil dan merencanakan aktivitas harian yang lebih baik.

Dengan begitu Ibu punya waktu lebih untuk istirahat. Jangan ragu untuk mengikuti kata hati Ibu. Coba amati si Kecil, lambat laun Ibu pun terbiasa dengan kebutuhan mereka. Mengenali kapan waktu makan, tidur atau bahkan waktu untuk memeluknya.

Did you know?

”Si Kecil dengan kebiasaan tidur yang baik akan memiliki kemampuan motorik dan konsentrasi yang lebih baik, dan menjadi lebih berprestasi di sekolah karena mampu menyerap pelajarannya dengan lebih baik. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Perhatikan Pola Harian Si Kecil

Si Kecil memang tampak seperti mengubah kebiasaannya setiap hari. Tapi sebenarnya kebiasaannya itu berubah tiap minggu, lalu tiap dua minggu. Setiap bayi punya pola sendiri dan Ibu perlu untuk mengetahui bagaimana kebiasaan-kebiasaan itu saling berkaitan.

Jika terasa ada yang salah, biasanya karena pola alamiah si Kecil terganggu oleh sesuatu. Periksalah kondisinya dan pastikan si Kecil minum susu dengan baik dalam selang waktu yang teratur. Saat Ibu telah mengetahui kebiasaan menyusui bayi maka si Kecil akan merasa puas karena perutnya kenyang. Ia pun bisa tidur dengan lelap. Saat bangun, mereka akan segar kembali dan siap melakukan aktivitas.

Menciptakan Rutinitas untuk Ibu

Ibu bisa menciptakan cara sendiri sewaktu mengurus si Kecil. Misalnya, agar memudahkan saat Ibu mengganti popoknya, Ibu bisa menyiapkan tempat khusus yang lengkap dengan segala keperluannya. Berikan mainan di dekat si Kecil untuk menarik perhatiannya saat Ibu mengganti popoknya.

Saat memandikan si Kecil, Ibu bisa mengatur segala perlengkapan mandi yang diperlukan dan membuat suasana waktu mandi jadi menyenangkan.

Cara ini dapat mencegah bayi kedinginan dan dapat membantu Ibu mengingat bagian tubuh mana yang sudah dibersihkan. Saat menyusui, Ibu bisa memilih kursi yang nyaman. Siapkan segelas air putih atau susu hangat untuk Ibu minum dan slabber/slabetje atau sapu tangan saat Ibu menyendawakan bayi setelahnya.

Cara ini juga memudahkan dalam mengurus bayi dan membuat Ibu rileks. Meski butuh persiapan dan kesabaran lebih, tapi Ibu akan membiasakan diri dan menciptakan ikatan yang lebih erat dengan si Kecil.

Minta Bantuan

Sebagai ibu baru, mungkin segala yang Ibu lakukan belum sempurna. Semua ibu perlu belajar dari waktu ke waktu. Bahkan sebagian ibu perlu meminta bantuan keluarga atau orang lain dalam hal merawat bayi. Jangan takut untuk berbicara dengan dokter pasangan, teman atau keluarga yang datang berkunjung, mereka datang untuk membantu Ibu dan si Kecil. Atau berkonsultasilah dengan Tim Ahli Nutriclub. Kami bersedia membantu Ibu.

comment-icon comment-icon