Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

camilan bayi 6 bulan - Nutriclub.
Nutrisi

18 Ide Camilan Bayi 6 Bulan yang Bergizi Tinggi

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 07 Juli 2023

Pemberian camilan bayi 6 bulan dapat bantu penuhi asupan energi hariannya. Apa saja pilihan makanan yang bisa dijadikan sebagai makanan selingannya? Yuk, temukan di bawah inI!

Ide Camilan untuk Bayi 6 Bulan

Bayi usia 6 bulan sudah boleh diperkenalkan dengan berbagai macam makanan sehat. Oleh karena itu, Mama bisa coba buat camilan menggunakan bahan-bahan berikut ini: 

1. Telur 

Telur termasuk kategori superfood. Mama dapat merebus telur kemudian membuatnya menjadi puree. Tiap satu butir telur terdapat banyak nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. 

Ada zat besi, protein hewani, kolim, kalsium, zinc, fosfor, selenium, lemak, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, folat, dan vitamin B122. 

2. Keju 

Keju dapat menjadi bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang serta kaya akan kalsium, protein, dan vitamin A.

Keju yang telah dipasteurisasi dan rendah garam dapat diberikan pada bayi mulai dari usia 6 bulan. Di antaranya adalah keju cheddar, mozzarella, dan ricotta. 

Untuk memperkenalkan keju sebagai camilan bayi 6 bulan, Mama dapat memarut keju cheddar dan mencampurnya ke dalam camilan si Kecil. 

3. Yogurt

Yogurt memiliki tekstur lembut dan rasa yang nikmat. Jadi, sangat cocok dijadikan camilan bayi usia 6 bulan yang baru belajar makan. 

Di samping itu, yogurt kaya akan nutrisi penting seperti probiotik, kalsium, protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin A, vitamin B kompleks, zinc, dan kalium. 

Mama bisa berikan full-fat yogurt tanpa tambahan pewarna serta perasa buatan. 

Baca Juga: 15 Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak

4. Alpukat 

Alpukat adalah buah bertekstur lembut kaya serat prebiotik. Konsumsi prebiotik yang cukup memicu pertumbuhan probiotik di dalam usus. Jadi, pencernaan si Kecil lebih sehat. 

Buah ini juga kaya akan folat, vitamin B6, vitamin E, zinc, dan asam lemak sehat yang dapat dukung perkembangan otak bayi supaya lebih optimal. 

Untuk menyajikan alpukat sebagai camilan bayi 6 bulan, Mama dapat menghaluskannya menjadi puree. Campur dengan yogurt untuk menambah nutrisinya.

5. Pisang

Pisang padat nutrisi penting seperti folat, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan antioksidan yang lebih tinggi daripada golongan buah beri dan sejumlah sayur lain.

Mama bisa berikan buah pisang yang matang sempurna untuk diolah menjadi puree.  

6. Mangga

Buah mangga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi. Di antaranya karbohidrat, serat, cairan, serta berbagai vitamin seperti A, B6, C, E, dan K. 

Nutrisi tersebut bisa menyediakan energi tambahan bagi bayi agar dapat bermain, belajar, dan tumbuh lebih optimal. Cukup olah buah berwarna kuning ini menjadi makanan sarong halus. 

7. Apel Kukus

Selain alpukat dan pisang, apel juga merupakan buah yang tinggi akan serat prebiotik. Selain itu, apel juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan antioksidan. 

Untuk menyajikan apel sebagai camilan bayi 6 bulan, Mama bisa membuatnya menjadi puree. Bisa dicampur dengan yogurt dan keju sebagai penambah nutrisi. 

Baca Juga: 8 Pilihan Buah yang Baik untuk MPASI Bayi 6 Bulan

8. Selai Kacang

Selai kacang (peanut butter) tanpa tambahan gula dan pewarna makanan bisa diberikan pada awal masa MPASI. Selai kacang tinggi protein, lemak sehat, omega 6, zat besi, dan karbohidrat. 

Campur selai kacang dalam puree buah atau yogurt. Ketika si Kecil sudah semakin pintar makan, Mama bisa jadikan selai kacang yang dicampur sedikit ASI sebagai dipping sauce. 

9. Salmon

Salmon aman bagi bayi usia 6 bulan karena kaya akan omega 3, termasuk DHA, yang sangat baik bagi perkembangan otak si Kecil.  

Ikan yang baik untuk MPASI ini juga menawarkan mineral penting seperti protein, zat besi, yodium, kalium, selenium dan zinc. Ada pula sejumlah vitamin seperti A, D, B6, B12, dan folat. 

10. Ikan Kembung

Ikan kembung juga merupakan ikan berlemak yang rendah kandungan merkuri. Jadi, aman untuk diberikan satu minggu sekali sebagai camilan bayi 6 bulan. 

Mengandung omega 3 yang berperan dalam perkembangan otak dan kesehatan mata. Terkandung juga protein hewani, zat besi, selenium, dan vitamin B kompleks.  

11. Tahu 

Tahu bisa menjadi bahan dasar camilan bayi usia 6 bulan karena mengandung protein nabati. Tahu juga kaya nutrisi penting seperti lemak sehat, zat besi, kalsium, zinc, dan vitamin A. 

Untuk mengolahnya, Mama bisa menggunakan tahu putih atau tahu sutra yang bertekstur lembut. Lumatkan tahu, lalu tambahkan keju atau unsalted butter agar lebih bernutrisi.

12. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran tinggi zat besi dan vitamin C. Sangat baik untuk bantu cegah risiko anemia pada bayi usia 6 bulan. 

Sayuran hijau tua ini juga menawarkan nutrisi lain seperti  vitamin A, vitamin B6, folat, dan antioksidan. 

13. Labu 

Labu merupakan bahan dasar camilan yang direkomendasikan karena tinggi vitamin A, vitamin E, vitamin B6, folat, vitamin C, zat besi, kalium, serat, dan masih banyak lagi.  

Labu juga mengandung antioksidan bernama karotenoid yang dapat melindungi sel-sel tubuh si Kecil dari kerusakan. 

14. Kentang

Selain sebagai sumber karbohidrat, kentang juga dapat menjadi sumber zat besi, vitamin B6, folat, zinc, dan serat. 

Kentang juga mengandung vitamin C yang dapat dukung daya tahan tubuh dan kolin untuk dukung perkembangan otak bayi 6 bulan. 

Mama dapat mengukus kentang lalu menumbuknya hingga halus. Campur dengan bahan makanan lain untuk tambahan nutrisi, contohnya 1 sendok makan unsalted butter dan salmon. 

15. Ubi 

Ubi memiliki cita rasa lebih manis daripada sumber karbohidrat lain seperti nasi dan kentang. Oleh karena itu, ubi mudah dibuat menjadi berbagai macam camilan bayi 6 bulan. 

Selain manis dan cenderung disukai, ubi mengandung vitamin A yang dapat dukung kesehatan mata dan kulit, serta kekuatan imun tubuh bayi. 

Ada pula vitamin C yang dapat dukung penyerapan zat besi di dalam tubuh agar lebih optimal hingga 2 kali lipat.   

Baca Juga: 6 Manfaat Margarin untuk MPASI dan Cara Mengolahnya

16. Pasta 

Pasta memiliki banyak bentuk dan tekstur yang lembut sehingga sangat cocok digunakan sebagai camilan bayi 6 bulan. Pilihlah pasta yang telah difortifikasi zat besi dan vitamin B. 

Saat merebus pasta, jangan menambahkan garam. Untuk menambah rasa gurih dan kandungan nutrisi, lebih baik tambahkan unsalted butter setelah pasta ditiriskan. 

17. Oatmeal Bayi

Bayi dapat diperkenalkan dengan oat sejak awal mulai MPASI di usia 6 bulan. Makanan ini mengandung karbohidrat, serat, zinc, zat besi, kolin, magnesium, selenium, dan vitamin C. 

Oatmeal dapat disajikan bersama puree buah-buahan atau yogurt sebagai camilan bayi 6 bulan yang sehat dan penuh nutrisi. 

18. Biskuit Bayi

Mama dapat membuat biskuit bayi di rumah menggunakan bahan-bahan yang sehat kaya nutrisi. Contohnya oats, ubi, kentang, apel parut, ASI perah, dan lain sebagainya. 

Pastikan Mama tidak menambahkan gula dan garam ke dalam biskuit. Lebih baik gunakan unsalted butter dan sari buah untuk memberikan cita rasa pada biskuit. 

Nantinya, biskuit dapat direndam dalam ASI untuk menjadi puree. 

Baca Juga: 9 Sumber Lemak Tambahan MPASI Terbaik dan Manfaatnya

Berapa Kali Bayi 6 Bulan Boleh Makan Camilan?

Dalam sehari, bayi 6 bulan boleh diberikan 1-2 kali makanan selingan di antara waktu makan pagi, siang, atau malam. 

Atur jarak antara pemberian camilan dengan makanan utama. Supaya bayi merasa lapar saat waktu makan utama tiba. 

Terapkan jadwal makan MPASI yang sudah Mama buat secara teratur sehingga si Kecil secara alami dapat mengenali rasa lapar dan kenyang. 

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai camilan bayi 6 bulan. Dari rekomendasi resep di atas, kira-kira mana yang mau Mama coba untuk si Kecil?

Mama juga bisa download E-Book Kreasi MPASI untuk bantu kawal pertumbuhan si Kecil di masa emasnya dengan tips nutrisi dari para ahli!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Gunnars, K. (2018, June 28). 9 Health Benefits of Eating Eggs. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/proven-health-benefits-of-eggs
  2. Contributing, T. (2021, May 4). Introducing Cheese to Your Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/when-can-babies-eat-cheese
  3. When Can Babies Eat Yogurt? - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/yogurt/
  4. Semeco, A. (2023, October 31). The 20 Best Prebiotic Foods You Should Eat. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods#seaweed
  5. Avocados for Babies - How to Introduce Avocado to Babies. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/avocado/
  6. When can babies have bananas? (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-babies-eat-bananas_40009330
  7. When Can Babies Eat Bananas? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/banana/
  8. Mango for Babies - Can Babies Eat Mangoes? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/mango/
  9. Can Babies Eat Apples - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/apple/
  10. Gunnars, K. (2018, April 30). Is Peanut Butter Good or Bad for Your Health? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/is-peanut-butter-bad-for-you#protein
  11. Peanut / Peanut Butter for Baby - Introducing This Allergen. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/peanut/
  12. Mackerel for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/north-atlantic-mackerel/
  13. Petre, A. (2018, December 13). What Is Tofu, and Is It Healthy? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/what-is-tofu#nutrition
  14. Franziska Spritzler. (2020, January 27). 12 Healthy Foods That Are High in Iron. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-iron-rich-foods#9.-Broccoli
  15. Pumpkin for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pumpkin/
  16. Can Babies Eat Potatoes? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/potato/
  17. Can Babies Eat Sweet Potato? - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/sweet-potato/
  18. Pasta for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2021). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pasta/
  19. IDAI | Makanan Pendamping ASI (MPASI). (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/makanan-pendamping-asi-mpasi
  20. Oats for Babies - First Food for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/oatmeal/
  21. Khan, A. (2018, June). Giving Biscuits to Babies – Is It Safe? FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/biscuits-for-babies-are-they-safe/
  22. NHS Choices. (2024). Dairy and alternatives in your diet. https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/food-types/milk-and-dairy-nutrition/
Artikel Terkait