Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
8 Pilihan Buah yang Baik untuk MPASI Bayi 6 Bulan - Nutriclub
Nutrisi

8 Pilihan Buah yang Baik untuk MPASI Bayi 6 Bulan

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 07 Juli 2023

Memasuki fase MPASI, Mama pasti mulai sibuk menyiapkan menu makanan hingga sumber makanan apa saja yang baik untuk si Kecil. Memang tahapan MPASI menjadi fase yang sangat penting bagi bayi ketika ia memasuki usia 6 bulan. Selain sebagai penambah nutrisi karena ASI mulai tidak mampu mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi untuk bayi, MPASI juga sangat penting untuk kebiasaan makan si Kecil hingga besar nanti.

Untuk itu, Mama harus tahu beberapa sumber makanan yang bernutrisi untuk si Kecil seperti daging, sayuran, dan buah-buahan.

Nah, pada artikel ini akan membahas lengkap mengenai pilihan buah bernutrisi tinggi yang baik untuk diperkenalkan bayi usia 6 bulan saat mulai MPASI pertama. Apa saja? Yuk, cari tahu selengkapnya, Ma!

Apa Saja Buah yang Bagus untuk Bayi 6 Bulan?

Menginjak usia 6 bulan, bayi membutuhkan tambahan energi, protein, dan zat besi. Kebutuhan nutrisi tersebut bisa terpenuhi jika Mama memberikan makanan yang tepat untuk si Kecil. Salah satu sumber vitamin yang baik untuk si Kecil adalah mulai membiasakannya memberi buah-buahan.

Memperkenalkan buah saat bayi mulai MPASI sangatlah tepat, karena buah dapat menjadi camilan sehat yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Mengonsumsi buah juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi secara keseluruhan dan baik untuk tumbuh kembangnya.

Penting untuk Mama ingat, jika ingin menyajikan buah harus bertekstur puree atau dilumatkan bagi bayi usia 6 bulan. Sebab, si Kecil masih beradaptasi dengan makanan padat. Buah umumnya mempunyai rasa yang manis dan bayi mudah menyukainya.

Jadi Mama jangan ragu untuk memberikan buah sebagai menu MPASI atau camilan untuk bayi sejak usia 6 bulan. Berikut pilihan buah-buahan yang bisa Mama berikan untuk bayi usia 6 bulan:

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki tekstur lembut yang mudah dihaluskan atau dijadikan puree untuk bayi yang baru mulai MPASI. Mama dapat menyajikan alpukat yang dicampur ASI sebagai camilan sehat untuk si Kecil. Mengonsumsi alpukat juga baik untuk sistem pencernaan bayi karena kandungan seratnya yang tinggi. 

Alpukat mempunyai banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi, mulai dari vitamin B, vitamin K, vitamin C, vitamin E, fosfor, potassium, dan selenium. 

Selain itu, alpukat merupakan buah rendah kolesterol mengandung lemak jenuh yang membantu penyerapan vitamin di dalam tubuh bayi. Buah ini sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan baik perkembangan bayi secara keseluruhan. 

Baca Juga: Manfaat Vitamin A untuk Bayi dan 25 Rekomendasi Makanannya

2. Apel

Apel termasuk buah dengan serat tinggi yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi. Buah untuk bayi 6 bulan ini bisa menjadi menu camilan MPASI-nya sehari-hari. Mama dapat menyajikan apel dengan cara dikukus terlebih dahulu baru dihaluskan untuk menjadi puree atau bubur.

Kandungan nutrisi buah ini juga sangat banyak seperti karbohidrat yang dapat meningkatkan energi pada bayi. Apel kaya vitamin C yang dapat memperkuat tulang dan menjaga sistem kekebalan tubuh bayi. Apel juga membantu melindungi sel-sel tubuh bayi akibat radikal bebas karena mengandung senyawa antioksidan.

Apel memiliki serat tinggi yang berperan sebagai prebiotik untuk menyehatkan saluran pencernaan bayi secara keseluruhan.

3. Pisang

Pisang menjadi salah satu pilihan buah untuk MPASI yang memberikan banyak manfaat kesehatan untuk bayi. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, pasti sangat disukai bayi. 

Untuk mengolahnya juga sangat mudah, Mama hanya perlu memotong pisang yang sudah makan dan dihaluskan hingga menjadi puree, lalu bisa ditambahkan ASI agar tekstur semakin halus. 

Namun, sebaiknya Mama berikan pisang yang matang atau kulitnya sudah berbintik-bintik karena mudah dicerna dan terbukti mengurangi sembelit pada si Kecil.

Pisang yang matang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi sebagai sumber energi si Kecil. Bahkan, pisang juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh bayi karena mengandung vitamin A, vitamin C, dan B6. Mengonsumsi pisang juga bisa memperkuat otot dan tulang yang baik untuk mendukung pertumbuhan bayi, sebab menjadi sumber kalium utama.

4. Pepaya

Pepaya disarankan untuk diberikan kepada bayi sebagai buah untuk bayi 6 bulan pertama. Buah ini mempunyai tekstur lembut dan aroma yang khas ketika matang. Pepaya yang matang mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan bayi. 

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada pepaya sangatlah tinggi, bahkan kandungan vitamin C diketahui lebih tinggi dari pada apel, pisang, dan jeruk.

Nutrisi ini dapat mendukung penglihatan, sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan membantu penyerapan zat besi. Pepaya juga baik untuk memperkuat sel-sel dalam tubuh karena kaya akan vitamin E.

5. Buah Naga

Buah satu ini juga bisa menjadi pilihan Mama sebagai MPASI bayi usia 6 bulan. Buah naga memiliki tekstur sedikit berair dan rasanya yang manis. Mengonsumsi buah naga dapat memperbaiki sistem pencernaan karena serat dan kandungan airnya yang bisa membantu usus menjadi lebih sehat.

Selain itu, buah naga kaya akan nutrisi penting bagi pertumbuhan bayi seperti vitamin C, vitamin A, kalsium, dan zat besi. Nutrisi ini akan membantu si Kecil untuk memiliki tulang yang sehat dan kuat.

Bahkan, buah naga juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Karena teksturnya yang lembut dan berair, tidak sulit untuk menghidangkan buah naga bagi bayi usia 6 bulan. Buah naga bisa menjadi camilan sehat bagi si Kecil setiap harinya.

6. Mangga

Mangga mempunyai beragam jenis dan kandungan nutrisinya juga bervariasi. Pada umumnya, mangga mengandung kalsium, zat besi, serat, vitamin A, dan vitamin C.

Sebagai buah untuk MPASI bayi usia 6 bulan, mangga kaya akan senyawa bioaktif yang berpotensi mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Kandungan vitamin A dan C dari mangga dapat memberikan energi untuk fungsi tubuh si Kecil, serta menjaga kesehatan kulit dan rambutnya. 

Mama sebaiknya memberikan si Kecil mangga yang matang secara sempurna. Sebab, mangga matang memiliki tekstur yang lembut dan mudah untuk dihaluskan atau dijadikan puree. Mangga juga mempunyai serat tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan si Kecil.

7. Pir

Buah pir merupakan sumber serat larut yang baik dan mempunyai tekstur yang mirip seperti apel. Hanya saja kulit buah pir lebih mudah dicerna untuk bayi.

Mengonsumsi buah pir dapat memenuhi kebutuhan serat si Kecil agar sistem pencernaan lebih sehat dan sistem kekebalan tubuh juga lebih terjaga.

Buah pir memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti vitamin C, folat, kalium, dan zinc. Buah pir juga mengandung asam lemak esensial yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Karena mempunyai serat yang cukup tinggi, untuk mengolah pir Mama harus mengukusnya terlebih dahulu agar mudah dihaluskan.

8. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang dapat memenuhi kebutuhan serat si Kecil dan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Buah ini kaya akan vitamin C dan E yang mampu mendukung kekebalan tubuh, memperbaiki fungsi organ, dan membantu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Selain itu, kiwi juga mengandung fitonutrien dan enzim yang mendukung kesehatan jantung, kulit, dan pencernaan.

Mama dapat menyajikan kiwi dengan menghaluskannya. Pastikan kiwi yang dipakai sudah matang dengan sempurna karena mempunyai rasa yang lebih manis. 

Baca Juga: 5 Tanda Bayi Siap MPASI yang Wajib Mama Perhatikan

Nah, itulah beragam buah untuk bayi 6 bulan yang baik untuk diperkenalkan pada MPASI pertama si Kecil. 

Mama dapat mulai memberikan buah yang mempunyai rasa manis terlebih dahulu dan sajikan buah dengan tekstur lain secara bertahap. Sebab, buah dengan rasa yang cenderung asam atau sepat umumnya kurang disukai si Kecil. Jika, si Kecil mulai mahir untuk makan Mama bisa mencoba berikan potongan buah untuk dipegangnya sebagai finger food.

Mama juga bisa download E-Book 1000 HPK untuk bantu kawal pertumbuhan si Kecil dan optimalkan masa emasnya dengan tips nutrisi untuk mendukung imunitasnya dari para ahli!

  1. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://promkes.kemkes.go.id/?p=8904
  2. Pear for Infants: Nutritional Value, Benefits and Recipes. (n.d.). Parenting.firstcry.com. Retrieved May 24, 2023, from https://parenting.firstcry.com/articles/pear-for-baby-health-benefits-nutritional-value-recipes/
  3. ‌Swati Patwal. (2022, January 18). Mango For Babies: Nutritional Value, Benefits, And Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/mango-for-baby-benefits-recipes-tips_00804133/
  4. ‌IDAI | Makanan Pendamping ASI (MPASI). (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/makanan-pendamping-asi-mpasi
  5. ‌Parents. (2020). Understanding Baby Food Stages: A Cheat Sheet for Parents. Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/nutrition/baby-food-stages-and-steps-by-age/
  6. ‌Healthxchange.sg. (2019) https://www.healthxchange.sg/children/food-nutrition/food-children-fruits-vegetables-important
  7. ‌Bananas for Babies - When Can Babies Eat Bananas? - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/banana/
  8. ‌Mrunal. (2019, July 18). Introducing Avocado to Babies: When, Why & How. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/introducing-avocado-to-babies-when-why-how/
  9. Swati Patwal. (2021, May 28). Dragon Fruit For Babies: Benefits, Precautions And Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/dragon-fruit-for-babies-benefits-recipes_00737451/
  10. ‌Chatterjee, T. (2018, January 11). Apples for Kids – Benefits & Interesting Facts. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/apples-for-kids-benefits-interesting-facts/
  11. ‌Papaya for Babies - First Food for Babies - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/papaya/
  12. Kiwi for Babies - Can Babies Eat Kiwi? First Foods for Baby - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/kiwi/
floating-icon