Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Camilan bayi 11 bulan - Nutriclub
Nutrisi

17 Ide Camilan Bayi 11 Bulan yang Sehat

Article Oleh : Annisa Amalia Ikhsania 08 Juli 2024

Pemberian camilan bayi 11 bulan di tengah-tengah makanan utama penting untuk memenuhi asupan nutrisi harian si Kecil. Apa saja pilihan snack yang bisa Mama berikan? 

Camilan Bayi 11 Bulan Apa Saja? 

Camilan sehat untuk bayi 11 bulan sebaiknya tinggi protein, probiotik, omega 3&6, serta DHA dan EPA. Berikut adalah beberapa pilihan camilan yang bisa diberikan:

1. Pisang Kukus Selai Kacang

Pisang bisa menjadi pilihan camilan bayi 11 bulan karena teksturnya padat dan lembut sehingga mudah dikunyah si Kecil. 

Jika disajikan dengan selai kacang, kedua bahan ini bisa jadi sumber makanan tinggi asam lemak esensial, yakni omega 3&6 yang baik, bagi perkembangan otak bayi. 

Cukup kukus beberapa potong buah pisang matang, kemudian haluskan. Tambahkan ASI perah, dan oles tipis-tipis dengan selai kacang.

2. Banana and Chia Seeds Pudding

Selain dikukus, Mama dapat mengolah pisang menjadi puding. Sementara itu, chia seeds merupakan bahan makanan tinggi asam lemak omega 3 dan serat yang baik untuk si Kecil. 

Cara membuatnya, campurkan buah pisang yang sudah dihaluskan, biji chia, dan santan. Aduk seluruh bahan ini sampai merata. 

Diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai teksturnya mengental sempurna. Lalu, sajikan pada si Kecil. 

3. Mango Pineapple Smoothie Bowl

Selain pisang, mangga juga merupakan makanan bayi 11 bulan yang tinggi omega 3, vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. 

Mama bisa mengolah mangga dengan jenis buah lain yang tak kalah sehat dan menyegarkan, seperti nanas. 

Haluskan potongan buah nanas dan mangga beku dengan yogurt tanpa rasa ke dalam blender. Sajikan smoothie ke dalam mangkuk dan berikan pada si Kecil sebagai snack sore. 

4. Baby Muffin Apel Wortel

Bosan mengolah buah-buahan menjadi jus atau smoothie? Mama bisa buat baby muffin apel wortel yang tinggi beta karoten sehingga mampu meningkatkan imun tubuh si Kecil. 

Selain itu, apel mengandung asam folat serta berbagai vitamin (A, B6, dan C) yang dapat bantu optimalkan tumbuh kembang bayi di masa pertumbuhannya. 

Pastikan Mama mengukus apel sampai benar-benar lunak sehingga teksturnya lembut untuk dikunyah bayi. 

Baca Juga: 9 Pilihan Finger Food untuk Bayi dan Tips Pemberiannya

5. Cheesy Potato With Scrambled Egg

Ingin berikan camilan bayi 11 bulan yang bercita rasa gurih? Cobalah buat kentang saus keju dan scrambled egg yang dijamin kelezatannya. 

Kentang merupakan sumber karbohidrat dan serat, sedangkan telur adalah sumber makanan kaya protein dan kolin yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. 

Sementara itu, keju merupakan pilihan snack dengan kandungan nutrisi seperti kalsium, vitamin D, dan protein hewani. Pastikan Mama gunakan jenis keju yang sudah terpasteurisasi, ya.

6. Stik Daging Ayam Tepung

Camilan homemade untuk bayi 11 bulan berikutnya terbuat dari olahan daging ayam yang kaya protein hewani, sehingga baik untuk optimalkan kecerdasan otak bayi. 

Pastikan Mama menyajikan stik daging ayam tepung sesuai dengan kemampuan bayi. Di usia 11 bulan, umumnya bayi sudah mahir menggunakan jari-jemarinya untuk memegang makanan.

7. Lemon Baked Chicken Tenderloins

Jika si Kecil sedang susah makan, Mama dapat memberikan camilan bayi usia 11 bulan berupa ayam sebagai sumber protein hewani tinggi. 

Cara buatnya, marinasi ayam ke dalam campuran bumbu yang terdiri dari air perasan lemon segar, minyak alpukat, dan Greek yoghurt. Aduk merata.

Letakkan potongan dada ayam marinasi di atas loyang oven yang sudah disiapkan. Panggang ayam dalam oven, hingga permukaan ayam berwarna kecokelatan pertanda matang.

Baca Juga: Apakah Normal Bayi Usia 11 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

8. Salmon and Spinach Fritters

Salmon merupakan sumber makanan tinggi DHA yang baik untuk perkembangan kognitif si Kecil. Sementara itu, kandungan zat besi, vitamin A, B6, B12, D baik untuk imunitas dan tulang bayi.

Jika dikombinasikan dengan bayam dan diolah semenarik mungkin menjadi fritter, bisa menjadi pilihan resep camilan yang menggugah bayi usia 11 bulan. 

9. Salmon Quesadillas

Supaya si Kecil tidak bosan dengan menu snack itu-itu saja, Mama bisa buatkan camilan bayi 11 bulan yang menarik seperti salmon quesadillas.

Caranya, gunakan tortilla wrap dan ambil 3 sendok makan adonan sayur dan salmon yang sudah dimasak sebelumnya. Taburkan keju di atasnya. Lipat tortilla wrap.

Potong lebih kecil berbentuk segitiga bila ukurannya terlalu besar. Biarkan dingin sebelum disajikan pada si Kecil. Lakukan sampai seluruh adonan dan tortilla wrap habis. 

10. Veggie Meatballs

Daging merah merupakan sumber protein hewani yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Supaya menarik, Mama bisa mengolahnya dengan dicampur sayuran dan dibentuk menyerupai bakso.

Mama dapat mencampurkan daging sapi cincang dan ragam sayuran seperti wortel dan tomat yang kaya beta karoten untuk meningkatkan fungsi penglihatannya. 

Gunakan tangan Mama untuk membulat-bulatkan campuran bahan sehingga menjadi seukuran bakso kecil. Lakukan langkah ini sampai seluruh adonan habis. 

11. Pancake Oat

Resep camilan bayi 11 bulan selanjutnya adalah pancake oat. Oat adalah bahan MPASI mengandung sumber nutrisi penting bagi otak si Kecil agar dapat berfungsi secara optimal. 

Mama bisa sajikan pancake oat dengan topping sesuai selera, seperti potongan buah raspberry, stroberi, dan butter.

Baca Juga: Beragam Manfaat Unsalted Butter untuk MPASI

12. Avocado Creamy Maple Sauce

Alpukat adalah buah bertekstur lembut yang kaya gizi. Misalnya lemak sehat, serat, kalium, folat, zat besi, dan berbagai vitamin seperti C, E, dan B6 yang baik untuk pertumbuhan si Kecil.

Oleh karena itu, bahan makanan satu ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan untuk bayi 11 bulan. 

Cara membuatnya pun sangat mudah. Mama cukup haluskan buah alpukat yang sudah matang dan menambah saus maple secukupnya. 

13. Es Loli Semangka

Semangka bagus dijadikan sebagai camilan bayi 11 bulan karena banyak kandungan air di dalamnya. Dengan begitu, si Kecil dapat terhindar dari risiko dehidrasi.

Mama bisa membuat es loli dari buah semangka yang segar. Suhu dinginnya pasti disukai si Kecil.

Cukup hancurkan buah semangka sampai halus dan tuang ke dalam cetakan es krim. Bekukan dalam freezer dan berikan si Kecil keesokan harinya.

14. Yogurt Blueberry

Blueberry merupakan makanan tinggi serat yang dapat cegah si Kecil dari risiko sembelit. Menariknya, buah ini juga kaya antioksidan sehingga mampu menjaga sel-sel dan imun tubuh. 

Kemudian, yogurt merupakan sumber probiotik yang mampu menjaga kesehatan pencernaan. Cara mengolahnya pun sangat mudah. 

Mama cukup menghaluskan beberapa buah blueberry dan yogurt dalam blender. Kemudian, berikan pada si Kecil. 

15. Spaghetti Bayam Saus Keju

Keju merupakan pilihan camilan bayi 11 bulan yang baik karena sumber lemak sehat, tinggi protein hewani, vitamin D, dan kalsium.

Kandungan probiotik yang tinggi pada keju juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan imunitas tubuh secara keseluruhan. 

Supaya lebih bervariasi, Mama bisa buat spaghetti bayam saus keju yang menggiurkan.

16. Tahu Putih Kukus Daging

Menu ini cocok, jika Mama ingin berikan sumber protein nabati berkualitas tinggi untuk dukung tumbuh kembang bayi.

Tak hanya itu, tahu juga mengandung zat besi, kalsium, dan probiotik alami untuk menjaga pencernaan dan sistem kekebalan tubuh si Kecil. 

Mama dapat mengolah tahu putih menjadi berbagai macam makanan, termasuk tahu putih kukus daging.

17. Puding Labu Kuning

Labu kuning merupakan makanan sumber vitamin A yang bermanfaat dalam meningkatkan penglihatan dan sistem imunitas tubuh si Kecil. 

Labu juga mengandung asupan nutrisi penting harian lainnya seperti zat besi, vitamin C, folat, serat, kalium, vitamin E, dan vitamin B6. 

Mama bisa menyajikan labu kuning yang diolah menjadi puding labu kuning lezat.

Bagaimana, Ma, sekarang pasti sudah semangat membuat ragam resep di atas bukan?

Jangan lupa unduh E-Book Kreasi MPASI untuk dapat lebih banyak kreasi resep makanan, terlebih untuk kecerdasan si Kecil lainnya.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. When Can Babies Eat Blueberries? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/blueberries/
  2. Arora, M. (2019, October 19). 11 Months Old Meal & Food Ideas. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/11-month-old-baby-food-ideas-chart-recipes-and-more/
  3. Martinelli, K. (2023, August 10). The Best Finger Foods for Baby. Thebump.com; The Bump. https://www.thebump.com/a/finger-foods-for-baby
  4. Swati Patwal. (2014, April 24). 11 Months Baby Food Chart With Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/top-10-food-ideasdiet-11-months-baby_007327/#what-can-a-baby-eat-at-11-months-of-age
  5. Health. (2024). 7 Ways Eating More Bananas Can Boost Your Health. Health. https://www.health.com/bananas-8413931
  6. Nair, A. (2018, May 22). Mango for Babies – Health Benefits and Recipes. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/mango-for-babies-health-benefits-and-recipes/#nutritionfactsofmango
  7. Salmon for Babies - When Can Babies Eat Salmon? (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/salmon/
  8. NHS Choices. (2024). Foods to avoid giving babies and young children. https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/foods-to-avoid-giving-babies-and-young-children/
  9. Chia Seeds for Babies - Can Babies Eat Chia Seeds? (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/chia-seed/
Artikel Terkait