Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Obat Batuk Alami untuk Anak - Nutriclub
Imunitas

11 Obat Batuk Alami untuk Anak yang Aman dan Ampuh

Article Oleh : Annisa Amalia Ikhsania 30 Januari 2023

Ada banyak pilihan obat batuk alami untuk anak yang aman dan ampuh untuk bantu meredakan gejala si Kecil. Yuk, temukan ragam pilihannya dalam artikel ini!

Pilihan Obat Batuk Alami untuk Anak yang Ampuh

Batuk dapat membuat waktu istirahat anak jadi tidak maksimal dan mengganggu nafsu makannya. Ini dia pilihan obat alami batuk untuk anak yang bisa Mama berikan. 

1. Madu

Penelitian membuktikan, madu bisa meredakan batuk lebih baik daripada beberapa obat batuk bebas yang mengandung diphenhydramine dan salbutamol. 

Pada anak usia 1-5 tahun, berikan ½ sendok madu. Mama juga bisa melarutkan madu dengan air hangat, air lemon, atau susu apabila madu terlalu manis dan kental.

Madu mengandung zat antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang mampu melegakan tenggorokan dan meningkatkan imun tubuh anak.

Midbanner 8 Obat Batuk Alami untuk Anak yang Paling Ampuh

2. Air Garam

Air garam bagus sebagai obat batuk alami untuk anak dan meredakan gatal di tenggorokannya 

Berkumur air garam juga dapat mengurangi infeksi pada saluran pernapasan atas yang menyebabkan batuk. 

Coba Mama larutkan ½ sendok sampai ¼ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, minta si Kecil untuk berkumur menggunakan air garam.

Baca Juga: 11 Obat Radang Tenggorokan Anak yang Alami dan Ampuh

3. Air Putih Hangat

Air putih hangat bisa menjadi obat batuk alami untuk anak dengan menstimulasi mulut memproduksi lebih banyak air liur sehingga tenggorokannya tidak kering dan gatal.

Jika batuknya sudah agak mereda dan si Kecil sudah lebih baikan, Mama dapat berikan segelas susu hangat seperti susu Nutrilon Royal 3 untuk memenuhi asupan nutrisi hariannya.

Nutrilon Royal 3 adalah satu-satunya formula yang dirancang secara saintifik dengan Double Biotics FOS:GOS dan DHA EPA lebih tinggi, sebagai "Formula to Win" yang teruji klinis perkuat imunitas si Kecil.

4. Jahe

Jahe mengandung senyawa gingerol yang dapat mengurangi peradangan pada saluran napas sehingga bagus dijadikan obat batuk alami untuk anak. 

Mama bisa menyeduh jahe menjadi minuman hangat. Cukup ambil jahe seruas jari tangan, lalu potong tipis-tipis. Rebus dalam panci berisi air selama 10-15 menit sampai mendidih. 

Tuang ke dalam gelas dan larutkan 2 sendok teh madu.

5. Buah Nanas

Buah nanas juga bisa bantu meredakan batuk anak karena kandungan enzim bromelainnya.

Enzim bromelain bekerja meredakan peradangan dan mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan dan hidung.

Mama cukup berikan potongan buah nanas agar si Kecil bisa memakannya langsung. Jika bosan makan, cobalah untuk mengolahnya menjadi jus tanpa tambahan gula.

6. Makanan Probiotik

Probiotik memang bukan tergolong obat batuk alami untuk anak secara langsung. Namun, probiotik ternyata penting bagi anak yang sedang batuk. 

Manfaat probiotik dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan menyeimbangkan bakteri baik dalam pencernaan. Ketika sistem imun tubuh baik, maka dapat melawan infeksi akibat batuk.

Contoh makanan yang mengandung probiotik di antaranya yogurt, tempe, dan kimchi. 

Baca Juga: 14 Makanan yang Mengandung Probiotik Terbaik untuk Anak

7. Cengkeh

Cengkeh dapat diberikan sebagai obat alami batuk pada anak. Kandungan antibakteri di dalamnya mampu mengatasi antiradang di tenggorokan dan meredakan batuknya. 

Cobalah seduh cengkeh ke dalam segelas air hangat. Lalu, tambahkan madu ke dalamnya sebagai pemanis alami supaya si Kecil dapat menikmatinya.

8. Air Perasan Lemon

Lemon juga merupakan pilihan obat batuk alami untuk anak yang dapat mengencerkan lendir dahak sekaligus meredakan iritasi tenggorokan. 

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat meningkatkan sistem imun agar tubuh anak bisa melawan infeksi dengan baik. 

Untuk membuatnya, cobalah peras air lemon terlebih dulu. Kemudian, campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Berikan pada anak selagi hangat. 

9. Sup Ayam Hangat

Cara mengatasi anak batuk dengan bahan alami berikutnya bisa dengan konsumsi sup ayam hangat. Hasil studi membuktikan bahwa sup ayam memiliki sifat antiradang. 

Jika dikonsumsi selagi hangat dapat menenangkan si Kecil sekaligus melegakan area tenggorokan, mengencerkan lendir, sehingga bantu mengatasi batuk pada anak.

Tak hanya itu, pemberian sup ayam hangat juga dapat mencegah anak dehidrasi. Kandungan nutrisi seperti protein dan karbohidrat dapat bantu proses pemulihan si Kecil.

10. Peppermint 

Peppermint dikenal sebagai obat batuk alami untuk anak yang dapat melegakan sistem pernapasan.

Kandungan mentolnya mampu melegakan tenggorokan sekaligus berfungsi sebagai dekongestan, sehingga mampu memecah lendir agar lebih mudah dikeluarkan. 

Dapatkan manfaat peppermint ini dengan cara menyeduhnya sebagai minuman teh, atau biarkan si Kecil menghirup uap air yang sudah ditambahkan daun peppermint.

11. Daun Thyme

Mama dapat meredakan batuk pada anak dengan mengolah daun thyme. Jenis tanaman ini mengandung senyawa antimikroba yang mampu melawan infeksi saluran pernapasan atas. 

Mama cukup menyeduh beberapa daun thyme kering dalam segelas air hangat. Saring, kemudian sajikan pada si Kecil selagi hangat.

Kapan Batuk pada Anak Perlu Diperiksakan ke Dokter?

Jika batuk pada anak tak kunjung mereda meski sudah menggunakan obat-obatan alami di atas, sebaiknya segera bawa si Kecil ke dokter. 

Terutama apabila anak sering sakit dan menunjukkan tanda-tanda di bawah ini:

  • Sulit bernapas.

  • Bernapas lebih cepat dari biasanya.

  • Wajah, bibir, atau lidah berwarna kebiruan atau kehitaman.

  • Demam tinggi, khususnya bila batuk tidak disertai pilek atau hidung tersumbat.

  • Demam pada anak.

  • Napas berbunyi saat bernapas atau batuk.

  • Batuk berdarah.

  • Ada suara berisik saat menarik napas.

  • Bunyi mengi saat mengembuskan napas.

  • Anak tampak lemah, rewel, atau gelisah.

  • Muncul tanda-tanda dehidrasi, seperti pusing, mengantuk, mata cekung, mulut kering atau lengket, menangis tanpa atau dengan hanya sedikit air mata, pipis lebih jarang.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

Itulah informasi seputar obat alami batuk pada anak serta tindakan pencegahannya agar penyakit ini tidak muncul lagi di kemudian hari.

Dapatkan Ebook panduan eksklusif untuk dukung daya tahan tubuh anak selama 1000 hari pertamanya di sini. Semoga informasi ini berguna, ya Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Medicover Hospitals. (2022). 8 Home remedies for cold & cough in kids | Medicover. Best Hospitals in India | Medicover Hospitals. https://www.medicoverhospitals.in/articles/8-home-remedies-for-cold-and-cough-in-kids
  2. How to decode your baby’s cough. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/health/illness-and-infection/coughing-in-babies_11526#types-of-baby-cough
  3. SATOMURA, K., KITAMURA, T., KAWAMURA, T., SHIMBO, T., WATANABE, M., KAMEI, M., TAKANO, Y., & TAMAKOSHI, A. (2005). Prevention of Upper Respiratory Tract Infections by GarglingA Randomized Trial. American Journal of Preventive Medicine, 29(4), 302–307. https://doi.org/10.1016/j.amepre.2005.06.013
  4. Norris, T. (2018, August 30). How to Treat a Cough in Toddlers at Home. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/toddler-cough-remedy#cough-medicine
  5. Colds (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2020). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/cold.html
  6. Parents. (2014). 9 Natural Toddler Cough Remedies. Parents. https://www.parents.com/health/cold-flu/cold/natural-cold-cough-remedies/
  7. Coughing (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/childs-cough.html
  8. Corinne O'Keefe Osborn. (2018, July 11). Treating a Wet Cough at Home: 10 Natural Remedies. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-wet-cough#treating-children
  9. Home Remedies for Cough in Kids – Children’s Health. (2018). Childrens.com. https://www.childrens.com/health-wellness/home-remedies-for-cough-in-kids-infographic
  10. Leonard, J. (2020). What can I do to make my cough go away naturally? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322394#natural-cough-remedies
Artikel Terkait
floating-icon