Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Perkembangan Bayi 3 Bulan, Sudah Bisa 4 Hal ini!

Stimulasi

Perkembangan Bayi 3 Bulan, Sudah Bisa 4 Hal ini!

Article By : Sindhi Aderianti

Perkembangan bayi 3 bulan semakin pesat dari bulan-bulan sebelumnya. Sebab, makin banyak kemampuan yang dapat dilakukan oleh si Kecil.

Selain tubuhnya kian berisi, ia pun kini sering tersenyum dan menirukan ekspresi wajah Mama. Bahkan, di usia ini bayi akan mulai bisa meraih mainan dan berinteraksi dengan orang lain. 

Mungkin sebagian Mama masih banyak bertanya, bayi 3 bulan sudah bisa apa? Yuk, ketahui selengkapnya di sini.

Perkembangan si Kecil akan semakin bertambah di bulan ketiganya. Kami dari Tim Ahli Nutriclub akan menjelaskan kepada Mama tentang perkembangan bayi di usia 3 bulan.

Bayi Umur 3 Bulan Sudah Bisa Apa Saja?

Mengecek seperti apa perkembangan bayi 3 bulan sangatlah penting, sebagai acuan untuk mengetahui apakah tumbuh kembang si Kecil sudah berjalan optimal. 

Lalu, idealnya bayi umur 3 bulan sudah bisa apa saja? Berikut di antaranya kemampuan-kemampuan yang ia kuasai di umur 3 bulan:

1. Tersenyum dan mengajak bicara

Dalam perkembangan bayi 3 bulan, si Kecil umumnya semakin sering tersenyum pada Mama.

Nikmatilah saat-saat ia tersenyum dan menirukan ekspresi wajah Mama, juga saat ia mulai mengoceh dan menirukan suara Mama.

Pada usia 2-3 bulan, si Kecil mulai dapat membuat suara-suara seperti "aah" atau "uuh" yang dikenal dengan istilah cooing.

Si Kecil senang bereksperimen dengan berbagai bunyi yang dapat dihasilkannya, misalnya suara menyerupai berkumur.

Mama bisa merespons dengan baik tiap kali ia bersuara atau menangis karena hal ini akan membuat si Kecil merasa diperhatikan dan disayang.

2. Mengangkat kepala

Melihat perkembangan bayi 3 bulan yang satu ini, Mama kini tidak lagi perlu menyangga kepala si Kecil.

Dalam posisi tengkurap, ia sudah bisa mengangkat kepala dan dadanya seperti push-up.

Pada perkembangan bayi 3 bulan, Si Kecil juga mulai bereaksi terhadap orang lain dengan menoleh ke sumber suara dan tersenyum. Ia sudah bisa mengenali Mama sejak Mama masuk ke kamarnya.

3. Belajar meraih mainan

Selanjutnya di perkembangan bayi 3 bulan, si Kecil akan mulai belajar meraih benda yang ada di sekitarnya.

Ia bisa membuka dan menutup tangannya, memegang mainan, menggerakkannya, memasukkan tangan ke mulut, dan menegakkan kakinya saat berdiri sambil dipegangi.

Koordinasi mata dan tangannya juga mulai berkembang. Si Kecil mulai mengikuti objek yang menarik dan senang menatap wajah orang. 

Ketika Mama menengkurapkan si Kecil dan meletakkan mainan di hadapannya, ia akan berusaha meraih, memegang, dan mengeksplorasinya.

4. Belajar berinteraksi dengan orang lain

Pada perkembangan bayi 3 bulan, ia umumnya mulai mengenali lingkungan sekitar. 

Si Kecil akan merasa excited saat melihat dirinya ada di cermin. 

Ia pun mulai terlihat senang memperhatikan Mama saat bicara padanya, dengan melepas dot atau payudara saat menyusu. 

Teruslah bicara padanya, dan perhatikan apakah ia akan merespon Mama.

Si Kecil di usia 3 bulan juga sudah bisa mengenali lingkungan sekitarnya. Ajak si Kecil melihat ke cermin, ia akan suka memerhatikan bayangan di dalamnya, meskipun ia belum menyadari bahwa bayangan di dalam cermin adalah dirinya.

Si Kecil akan mulai memerhatikan saat Mama bicara padanya, dengan melepas dot atau payudara Mama saat menyusu.

Teruslah bicara padanya, dan perhatikan apakah ia akan "menjawab" Mama.


Baca Juga: Yuk, Pantau Grafik Pertumbuhan Balita di Sini!

Pertumbuhan Fisik Bayi 3 Bulan

Ada tiga faktor yang menjadi acuan untuk mengukur pertumbuhan si Kecil, yaitu berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala. Ketiga acuan tersebut kemudian disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin si Kecil, Ma.

Menurut Kemenkes RI, berat badan bayi 3 bulan berjenis kelamin laki-laki idealnya berada di kisaran 4,5 - 6,6 kilogram, sementara perempuan sekitar 5,0 - 7,2 kilogram.

Sementara itu, tinggi alias panjang badan untuk bayi perempuan berkisar antara  61,5 sentimeter (cm), dan bayi laki-laki 60 sentimeter di usia ini.

Adapun lingkar kepala bayi 3 bulan yang normal, ada di angka 39,5 cm untuk perempuan dan 40,5 cm untuk laki-laki.

Jika di bulan ketiga lingkar kepala si Kecil lebih besar atau lebih kecil dari angka tersebut, segera konsultasikan ke dokter karena bisa jadi hal ini mengindikasikan adanya masalah kesehatan.

Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan

Seiring dengan bertambahnya usia, perkembangan bayi pun ikut mengalami banyak peningkatan. Menuju 4 bulan, si Kecil akan menunjukkan beberapa kemampuan motorik yang signifikan.

Melansir Raising Children, pada perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan, bayi semakin senang suka bergerak.

Ia mulai bisa berguling dari posisi terlentang menjadi tengkurap. Saat tummy time, otot leher si Kecil nampak semakin kuat yang ditunjukkan dari kemampuannya mengangkat kepala mereka tinggi-tinggi sambil mendorong tangannya ke lantai. 

Sebagian bayi ketika menuju 4 bulan bahkan mulai menunjukkan kesiapan untuk duduk. Namun, tentunya hal ini dilakukan dengan dukungan Mama yang menahan tubuhnya dari belakang atau bantuan kursi khusus.

Kapan Harus ke Dokter?

Ma, jangan tinggal diam apabila si Kecil tidak menunjukkan salah satu milestone perkembangan bayi 3 bulan tadi. Pasalnya, ada beberapa kondisi di mana tumbuh kembang bayi 3 bulan menunjukkan red flag alias tanda kewaspadaan. 

Mama wajib waspada jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda keterlambatan perkembangan, di antaranya apabila ia sudah berusia 3 bulan tapi belum bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Kepala belum tegak.

  • Belum bisa menggenggam benda.

  • Belum bisa memperhatikan benda bergerak.

  • Belum bisa tersenyum.

  • Tidak bereaksi terhadap suara keras.

  • Tidak memperhatikan wajah baru.

  • Rewel saat bertemu orang atau lingkungan baru.

  • Jari masih mengepal.

Jika Mama menemukan tanda-tanda keterlambatan perkembangan di atas, bisa dibilang tumbuh kembang bayi di 3 bulan mengalami sedikit keterlambatan. Maka itu, konsultasikan ke dokter spesialis anak atau bawa si Kecil ke klinik tumbuh kembang.

Baca Juga: Pahami Gejala Growth Spurt pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Kawal Tumbuh Kembang Si Kecil agar Jadi Pemenang

Memasuki bulan ketiga, si Kecil sudah berubah menjadi manusia mungil yang responsif terhadap berbagai aktivitas di sekitarnya. Gerakan tubuh si Kecil pun sudah semakin aktif. Jadi, tetaplah berhati-hati ketika bermain dengannya.

Teruslah berikan si Kecil bekal untuk menang, yaitu stimulasi agar ia bisa lebih aktif bergerak di usia 3 bulan ini. Dengan begitu, si Kecil pun akan tumbuh menjadi pemenang di masa depan!

Nah, Tahukah Mama dan Papa kalau tumbuh kembang si Kecil sangat bergantung pada daya tahan tubuhnya? Untuk bantu mengoptimalkannya, Mama dan Papa bisa pelajari panduannya di e-book eksklusif Dukung Daya Tahan Tubuh di 1000 Hari Pertama Anak.

  1. Raising Children https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/3-4-months Diakses 11 Juli 2022
     
  2. IDAI https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who Diakses 11 Juli 2022
     
  3. https://www.webmd.com/parenting/baby/milestones-3-months Diakses 14 Juli 2022
     
  4. https://www.verywellfamily.com/your-3-month-old-baby-development-and-milestones-4172049 Diakses 14 Juli 2022
     
  5. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-3-months-old Diakses 14 Juli 2022
     
  6. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/3-4-months Diakses 14 Juli 2022
     
  7. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/brain-development Diakses 14 Juli 2022
     
comment-icon comment-icon