Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Cara Mengatasi Bayi Terjatuh dari Tempat Tidur

Rutinitas Anak

Cara Mengatasi Bayi Terjatuh dari Tempat Tidur


Tahukah Mama bahwa si Kecil membutuhkan tidur yang berkualitas untuk tumbuh dan berkembang? Meski telah banyak yang memahami hal ini, masih banyak dari kita yang tidak tahu bagaimana cara memastikan hal tersebut terjadi karena beberapa hal yang mengganggu atau bahkan mengancam keselamatannya sulit dihindari, sebagai contoh adalah bayi jatuh dari tempat tidur.

Jatuh dari tempat tidur dapat terjadi bisa ketika si Kecil sedang tidur maupun saat ia sedang bermain. Biasanya, jarak jatuhnya sekitar 50 cm dari lantai. Namun, karena tulang kepala bayi masih lentur dan cukup elastis maka ini tidak akan mengakibatkan benturan yang keras pada otaknya.

Kejadian bayi jatuh dari tempat tidur biasanya terjadi pada bayi yang sudah bisa tengkurap dan semakin aktif geraknya. Berikut tips bagaimana cara awal menangani hal ini.

Did you know?

”Untuk mengurangi terjadinya risiko sindrom kematian mendadak pada bayi atau sudden infant death syndrome (SIDS) di malam hari, si Kecil harus selalu tidur terlentang, tidak telungkup, dan tidak menghadap samping. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Tips Atasi Bayi Jatuh dari Tepat Tidur

  • Menjaga diri Mama untuk tidak panik, kemudian dengan tenang melihat bagaimana posisi si Kecil saat terjatuh 
  • Mengusap-usap punggungnya untuk mengatasi rasa terkejut. Hal ini dilakukan bila kepalanya tidak terbentur lantai. Mengamati kondisi si Kecil selama beberapa waktu, sampai dia benar-benar tenang kembali dan berhenti menangis.
  • Angkat si Kecil, peluk ia dengan hangat. Segera periksa dan cek apakah ada bagian tubuh yang terluka atau mengalami pembengkakan.
  • Mengawasi adanya tanda-tanda gegar otak, misalnya langsung tidak sadarkan diri (pingsan), dalam 24 jam si Kecil mengalami muntah terus menerus, terlihat mengantuk terus (sulit dibangunkan dari tidurnya), gerakan kedua bola mata tidak simetris, gerakan kedua tangan dan kaki menjadi tidak sama aktif, atau menjadi sangat rewel. Ini dilakukan bila kepalanya terbentur lantai. Bila ada gejala gegar otak, segera periksakan si Kecil ke dokter.
  • Bila Mama merasa khawatir, segera periksakan kondisi si Kecil ke dokter.

Cara Mencegah Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

  • Meletakkan si Kecil di tempat tidur Mama dengan diberi pengganjal pada sisi yang terbuka (bukan sisi yang dekat tembok). Misalnya, dengan menggunakan guling atau bantal.
  • Meletakkan si Kecil di tempat tidurnya, bila Mama hendak tinggalkan sehingga meminimalkan kemungkinan berguling dan terjatuh.
  • Letakkan alas tidur atau kasur, sehingga akan mengurangi risiko bila si Kecil terjatuh.

Demikian tadi penjelasan seputar cara mengatasi, mencegah, dan melindungi bayi jatuh dari tempat tidur. Kesimpulannya, tidur adalah satu dari sebagian cara untuk memastikan si Kecil tumbuh dan berkembang secara baik. Oleh karena itu, pastikan si Kecil dapat tidur secara nyaman dan lindungilah keamanannya di tempat tidur.

Nah, agar Mama bisa lebih maksimal menemani tumbuh kembang Si Kecil, perkaya informasi soal bayi melalui tools yang disediakan oleh Nutriclub. Mama bisa mencoba beberapa tools seperti:

Jangan ragu juga untuk melakukan Tes Resiliensi dari One Step Ahead Academy di mana Mama dapat mencari tahu hal-hal apa saja yang penting untuk ketangguhan si Kecil. Sebagai contoh adalah karakter, keterampilan, dan nutrisi. Selamat mencoba, Ma!

  • Mindell JA, et al. Sleep, 2006; 29: 1263-1276
  • Martin J, et al. Pediatrics, 2007; 119: 947-955
  • Baby sleep: 2-12 months. (2021, March 31). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/sleep/understanding-sleep/sleep-2-12-months
  • Nall, R. (2020, October 12). What to Do When Baby Falls Off the Bed. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/baby-fell-off-bed
comment-icon comment-icon