Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Tumbuh Kembang

Mengenal Wonder Week pada Bayi dan Cara Tepat Mengatasinya

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 05 Juni 2023

Meski baru beberapa minggu lahir ke dunia, si Kecil pasti sudah menunjukkan begitu banyak hal baru yang membuat Mama bangga. Namun, kenapa, ya, belakangan si Kecil suka tiba-tiba sangat rewel, sering menangis, dan sulit lepas dari Mama? Kemungkinan, si Kecil sedang melewati masa wonder week, Ma.

Berikut bahasan selengkapnya mengenai apa itu wonder week pada bayi, penyebab yang melatarbelakanginya, dan cara tepat mengatasinya.

Apa Itu Wonder Week Bayi?

Wonder week adalah istilah yang diperkenalkan pada tahun 1992 oleh pasangan dokter asal Belanda, Frans Plooij dan Hetty van de Rijt.

Wonder week menggambarkan fase lonjakan perkembangan mental bayi dalam 20 bulan pertama kelahirannya yang membuat si Kecil jadi sangat rewel (cranky), sering menangis (crying), dan tidak mau lepas dari Mama (clingy) karena sistem saraf di otaknya sedang mengalami peningkatan yang pesat.

Perubahan drastis pada kondisi otak dan mental dalam periode ini memungkinkan si Kecil mengalami peningkatan kemampuan sensori. Karena sensitivitas indranya juga meningkat, bayi dapat mulai merasakan dan melihat hal-hal baru yang terlalu cepat untuk dipahami di usianya saat ini.

Jadi tak jarang, bayi akan cenderung lebih rewel selama wonder week karena ia merasa kewalahan dan frustasi dengan segala kemampuan baru yang belum dapat sepenuhnya ia kuasai atau pahami.

Wonder week secara umum terjadi pada bayi di minggu ke-5, 8, 12, 17, 26, 36, 44, dan 53 hingga sekitar usia 17 hingga 20 bulan.

Namun melihat ciri-ciri umumnya, Mama mungkin bertanya-tanya apa yang membedakan wonder week dengan growth spurt?

Apa Bedanya Wonder Week dengan Growth Spurt?

Wonder week dan growth spurt tidak sama, Ma. Wonder week berhubungan dengan perubahan perkembangan mental bayi. Ini terjadi saat si Kecil mulai melihat dan memahami hal-hal yang terlalu cepat untuk ia pahami sebelumnya.

Sementara itu, growth spurt lebih spesifik menandakan percepatan pertumbuhan fisik bayi. Growth spurt biasanya ditandai dengan pertambahan berat badan dan panjang badan dalam waktu yang singkat. Bayi mengalami pertumbuhan badan yang signifikan dalam dua tahun pertama, yaitu sekitar 25 cm lebih panjang dan beratnya naik tiga kali lipat dari berat lahir.

Karena si Kecil berkembang secara fisik, bayi mungkin mengalami perubahan jam menyusui, jam makan, dan waktu tidurnya yang bisa mempengaruhi emosinya.

Sama seperti wonder week, perubahan ini bisa menyebabkan si Kecil jadi rewel, tapi itu bukan sebuah tanda ia merasa sakit, ya, Ma. Growth spurt tidak menyebabkan nyeri secara fisik. Tanda-tanda growth spurt ini hanya bersifat sementara dan termasuk hal yang normal.

Baca Juga: Cara Memantau Perkembangan Berat Badan Ideal Bayi 

Ciri-Ciri Bayi Mengalami Wonder Week

Bayi yang mengalami wonder week memiliki ciri-ciri yang dikenal dengan 3C, yaitu clinginess, crankiness, dan crying. 

Saat mengalami peningkatan kemampuan yang baru, biasanya bayi akan lebih suka menempel (clingy) dengan Mama. Si Kecil takut jika Mama atau Papa tidak berada di dekatnya. Kondisi ini lebih dikenal dengan separation anxiety atau kecemasan saat berpisah atau ditinggal orang tua meski sebentar.

Fase wonder week juga membuat bayi mudah rewel (cranky). Jam tidur dan nafsu makannya pun ikut berubah, Ma. Bisa jadi, Mama jadi lebih sering menyusui si Kecil saat ia mengalami wonder week.

Selain itu, bayi lebih sering menangis (crying) tanpa sebab. Namun, seperti Mama tahu, menangis merupakan satu-satunya cara komunikasi yang bisa bayi lakukan. Meskipun memang, saat si Kecil menangis tidak jarang Mama bingung harus berbuat apa.

Bisa dibilang wonder week adalah salah satu fase perkembangan bayi yang paling menantang bagi orang tua. Ini menjadi masa-masa ketika bayi tidak mudah untuk ditenangkan dan sulit diketahui penyebabnya sehingga banyak orang tua yang merasa sedih atau bahkan menyalahkan diri sendiri karena menganggap tidak bisa mengasuh bayi dengan benar.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari wonder week, Ma, karena ini adalah fase normal yang dialami kebanyakan bayi dalam masa perkembangannya. 

Baca Juga: 10 Penyebab Bayi Menangis Terus dan Cara Mengatasinya 

Tahapan Wonder Week pada Bayi

Wonder week memiliki 10 tahapan yang terjadi dari minggu ke-5 kelahiran bayi hingga usia sekitar 17 bulan. Setiap tahapnya merupakan perkembangan dan persepsi bayi tentang lingkungan sekitarnya.

Berikut adalah 10 tahapan wonder week pada bayi yang perlu Mama ketahui.

1. Tahap Pertama

Wonder week pertama terjadi sekitar 4 hingga 5 minggu setelah bayi lahir. Ini merupakan kali pertama bayi mulai sadar pada indranya. Ada banyak sekali hal yang bisa diproses bayi melalui indranya.

Misalnya, saat Mama menyentuh tangan bayi, memakaikan baju di tubuhnya, mencium aroma ASI, mendengar suara, hingga melihat pergerakan cahaya dan warna di sekitar mereka. Hal ini bisa membuat bayi rewel dan kewalahan karena ia merasa “kaget” dengan perubahan yang terjadi.

Namun, setelah tahap pertama mulai terlewati, bayi akan lebih waspada dan lebih tertarik pada sekitarnya. Si Kecil mungkin akan memberikan respons berupa senyuman saat Mama menyentuh jari-jari mungilnya.

2. Tahap Kedua

Tahapan kedua wonder week pada bayi terjadi sekitar 8 minggu, saat ia mulai mengenali objek yang ada di sekitarnya. Bayi mulai menyadari pola gerakan tubuhnya dan perlahan bayi menggerakkan lengan dan tangannya.

Setelah tahapan ini, bayi akan menunjukkan tanda-tanda ingin mencoba menggenggam mainan. Mama bisa memberikan mainan yang sesuai usia bayi untuk dapat menstimulasinya.

3. Tahap Ketiga

Wonder week ketiga biasanya terjadi pada 11 hingga 12 minggu. Pada tahapan ini, bayi sudah bisa mengendalikan gerakan tubuhnya.

Si Kecil mulai menggerakkan lengan dan kakinya lebih lancar. Bahkan bayi mungkin mulai melambaikan tangan ke arah benda yang ingin disentuhnya.

Selain itu, mata si Kecil akan mengikuti benda bergerak atau arah suara. Ia juga akan mulai tertawa, Ma.

4. Tahap Keempat

Saat usia 19 minggu, bayi mengalami wonder week keempat. Pada tahapan ini, si Kecil mulai memahami sebab dan akibat.

Oleh karena itu, bayi semakin aktif bereksperimen untuk menunjukkan sesuatu. Misalnya, bayi melempar bola untuk mengetahui apa yang terjadi jika sebuah bola dilempar.

Mama akan melihat bayi melakukan banyak hal baru, kemampuan menggenggamnya juga semakin baik.

Pada tahapan keempat wonder week pada bayi ini, ia mulai menunjukkan tanda-tanda rasa bosan dan mulai tidak sabar.

Baca Juga: 13 Ciri-Ciri Anak Ber-IQ Tinggi yang Perlu Mama Tahu

5. Tahap Kelima

Wonder week kelima terjadi sekitar usia 26 minggu. Bayi mulai memahami hubungan antara berbagai hal, Ma. Banyak perkembangan yang bisa ia tunjukkan kepada Mama, seperti mengangkat, melempar, dan melihat ke bawah.

Nah, pada tahapan inilah bayi mulai merasa cemas saat Mama jauh dari si Kecil, karena bayi menganggap tidak akan bertemu lagi. Oleh karena itu, wonder week kelima ini akan membuat bayi lebih suka menempel dengan Mama (clinginess).

6. Tahap Keenam

Tahap wonder week keenam terjadi pada bayi usia 37 minggu. Di usia ini, bayi mulai mempelajari tentang adanya kelompok.

Si Kecil mulai memahami bahwa anjing berbeda dengan kuda, atau pisang bukanlah seekor hewan. Tahapan ini membutuhkan banyak pengamatan dan perbandingan yang dilakukan oleh bayi.

7. Tahap Ketujuh

Sekitar 46 minggu, fase wonder week ketujuh terjadi, saat bayi mulai memahami urutan. Bayi sudah mulai menyadari bahwa untuk mendapatkan yang diinginkan, ia harus memulai sesuatu dengan urutan yang benar. Misalnya, saat menumpuk mainan dan memahami urutan memakai baju.

8. Tahap Kedelapan

Pada tahap kedelapan, bayi yang sudah paham soal “urutan” mulai memahami konsep ”jika-maka”. Ini berarti bayi mulai mengerti bahwa apa yang terjadi selanjutnya bergantung pada yang dilakukannya.

Misalnya, jika tidak mengganti popok, maka timbul rasa tidak nyaman. Atau jika tidak mau makan, maka bayi akan merasa lapar. Wonder week yang kedelapan ini biasanya terjadi saat bayi berusia 55 minggu.

9. Tahap Kesembilan

Wonder week kesembilan terjadi pada usia sekitar 64 minggu, Ma. Pada tahapan ini, bayi mulai lebih terampil dengan bahasa, dan mulai menunjukkan emosi.

Si Kecil mulai bisa mengomel dan bernegosiasi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Bayi usia ini juga mulai ingin melakukan sesuatu sendiri, serta mahir meniru dan bermain peran.

10. Tahap Kesepuluh

Tahapan wonder week pada bayi yang terakhir terjadi pada usia 75 minggu atau 17 bulan. Si Kecil mulai memahami bagaimana menerapkan apa yang sudah dipelajarinya, serta menyesuaikan perilaku mereka dengan situasi.

Selain itu, bayi mulai mengerti rasa empati, serta mulai paham makna berbagi. Mama juga akan melihat perkembangan bahasa si Kecil yang semakin baik.

Untuk membantu si Kecil melewati setiap tahapan ini, Mama dan Papa perlu terus memberikan perhatian lebih. Misalnya dengan menggendong atau dekap bayi setiap kali ia menangis agar merasa nyaman, disusui lebih sering supaya mengantuk, hingga bawa bayi jalan-jalan keluar rumah atau ajak bermain mainan baru untuk mengalihkan perhatiannya. 

Baca Juga: Aspek Emosional Dalam Perkembangan Otak Si Kecil 

Cara Mengatasi Wonder Week pada Bayi

Pastinya Mama akan bingung saat melihat bayi lebih rewel dari biasanya. Namun, ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi wonder week pada bayi sebagai berikut:

  • Pahami bahwa kerewelan bayi hanya bersifat sementara. Memeluk bayi lebih sering dapat membantu si Kecil agar merasa lebih baik. Mama juga bisa kunjungi tools Health Immune Checker untuk dapatkan berbagai solusi praktis meredakan tangisan bayi yang tidak kunjung berhenti.

  • Wonder week membuat nafsu makan bayi bertambah, oleh karena itu perbanyak menyusui si Kecil.

  • Berikan si Kecil lebih banyak perhatian, misalnya menggenggam jari mungilnya, mengelus rambutnya, atau sering berbicara pada bayi.

  • Usahakan untuk menjaga rutinitas tidur bayi seperti biasanya. Bermain, memberi makan, dan pijatan adalah cara yang dapat membantu menenangkan bayi.

Yang perlu diingat, semua perasaan frustrasi, kesal, dan tidak sabar yang Mama rasakan selama melewati fase wonder week bersama si Kecil adalah pergolakan emosi yang sangat wajar. Merasa sedih, cemas, dan frustasi bukan berarti Mama adalah orang tua yang buruk. Mama hanya perlu mengingat bahwa fase ini bersifat sementara dan pasti bisa dilalui. 

Jika merasa kewalahan atau bingung tentang apa pun yang terjadi selama masa perkembangan bayi, Mama bisa konsultasikan pada dokter anak atau bertanya pada Nutriclub Expert Advisor yang siap 24 jam menjawab pertanyaan seputar nutrisi, menyusui dan tumbuh kembang si Kecil secara langsung.

Jangan lupa juga unduh E-Book Panduan Dukung Daya Tahan Tubuh di 1000 Hari Pertama untuk bantu optimalkan masa emasnya dengan tips stimulasi bayi dari para ahli!

Semoga artikel ini dapat membantu, ya, Ma!

  1. Growth Spurts & Baby Growth Spurts — What They Are & What To Do. (2021). Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22070-growth-spurts
  2. The Wonder Weeks. (2017, July 19). What is a Mental Leap in your Baby’s Development? - The Wonder Weeks. The Wonder Weeks. https://www.thewonderweeks.com/mental-leap/
  3. ‌Donné Restom. (2016, May 27). The Wonder Weeks: Don’t confuse them with growth spurts. Kidspot; kidspot. https://www.kidspot.com.au/baby/baby-development/the-wonder-weeks-dont-confuse-them-with-growth-spurts/news-story/c6a009e5a5fcca560c5b96b5d487ea19
  4. ‌Rosser, K. (2023, March 14). Mumcentral.com.au. https://mumcentral.com.au/what-are-the-wonder-weeks/
  5. ‌Lentz, M. (2022, September 21). Wonder Weeks Chart: Can You Predict Your Baby’s Moods? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/wonder-weeks-chart#tips
  6. ‌What is all the fuss about the Wonder Weeks? - Today’s Parent. (2019, January 16). Today’s Parent. https://www.todaysparent.com/baby/baby-development/what-is-all-the-fuss-about-the-wonder-weeks/
  7. ‌The Wonder Weeks. (2017, July 28). Your baby’s mental leaps in the first year | The Wonder Weeks. The Wonder Weeks. https://www.thewonderweeks.com/babys-mental-leaps-first-year/
  8. The Wonder Weeks. (2017, July 19). Clingy Baby | The 3 C’s: Clinginess, Crankiness and Crying. The Wonder Weeks. https://www.thewonderweeks.com/crankiness-and-crying/
comment-icon comment-icon