Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Bayi Susah Tidur? Ini Istilah yang Perlu Mama Ketahui!

Rutinitas Anak

Bayi Susah Tidur? Ini Istilah yang Perlu Mama Ketahui!


Menjadi orang tua merupakan perjalanan yang penuh tantangan. Banyak hal-hal baru yang Mama dan Papa akan alami bersama si Kecil yang kini telah lahir, yang kalian harap ada buku panduan yang tepat untuk membantu menanganinya.

Nah, salah satu tantangan baru yang akan Mama hadapi adalah perihal tidur si Kecil. Namun sebelumnya, sudah tahukah Mama istilah-istilah seputar tidur si Kecil? Simak ulasan di bawah ini yuk, Ma.

Fase active sleep

Fase tidur aktif atau tidur REM (rapid eye movement) merupakan fase dimana ritme napas si Kecil masih teratur dan ia masih sedikit terjaga; kemungkinan si Kecil akan bergerak pelan sebagai reaksi saat mendengar suara.1 (hal 4), 2 (hal 1)

Fase deep sleep

Fase deep sleep disebut juga dengan fase non-REM, merupakan fase dimana si Kecil sudah tidur nyenyak tanpa gerak.1 (hal 4), 2 (hal 1)

Cluster feeding

Cluster feeding merupakan istilah yang menjelaskan kondisi dimana si Kecil banyak menyusu atau sering menyusu dalam jeda waktu singkat di siang atau malam hari menjelang waktu tidurnya.3 (hal 1-2)

Dream feeding

Dream feeding atau menyusui si Kecil yang masih dalam kondisi setengah tertidur dapat membuat si Kecil tidur lebih lama, sekaligus melatih si Kecil untuk memiliki pola tidur yang lebih teratur. Dream feeding ini bisa Mama lakukan tiga atau empat jam setelah si Kecil mulai tidur, dengan cara setengah-membangunkannya (tidak sampai benar-benar terbangun) dan menyusuinya dalam diam. Dengan teknik dream feeding, si Kecil tidak akan terbangun karena lapar dan tidurnya pun jadi lebih panjang.4 (hal 2-3)

Self -soothing

Kemampuan bayi untuk tenang dan kembali tidur ini bisa si Kecil miliki di usia 3-4 bulan. Kebanyakan bayi dapat tidur selama delapan jam atau lebih, tanpa keinginan untuk menyusu  saat mereka menginjak usia 6 bulan. Karena itu, latihlah si Kecil untuk dapat melakukan self-soothing di usia tersebut.5 (hal 2)

Regresi tidur

Regresi tidur adalah kondisi dimana si Kecil yang sebelumnya tidak memiliki masalah tidur tiba-tiba susah untuk tidur atau jadi kerap terbangun di malam hari. Kondisi ini bisa terjadi selama dua hingga empat minggu, yang biasanya dipicu oleh kondisi growth spurt (lonjakan pertumbuhan), rutinitas baru di sekitar si Kecil, pernah dalam kondisi bepergian (traveling), nyeri karena tumbuh gigi, sakit, atau karena si Kecil sedang mengalami perkembangan (milestone) tertentu.6 (hal 1-2)

Tanda mengantuk

Semakin tumbuh besar, si Kecil akan semakin aktif dan waktu bermain si Kecil akan lebih panjang. Perhatikan dan kenali tanda-tanda bila si Kecil sudah merasa lelah, misalnya saat ia mulai diam dan melamun. Hal ini perlu Mama pahami, karena lebih mudah bagi si Kecil untuk tidur dengan lelap saat ia sudah mengantuk (dalam kondisi siap tidur) daripada saat ia masih aktif atau justru terlalu lelah.7 (hal 6)

Latihan tidur

Melatih si Kecil tidur berarti membuat si Kecil terbiasa untuk mulai tidur tanpa bergantung pada bantuan Mama atau Papa. Latihan ini biasanya dilakukan dengan mengajak si Kecil ke tempat tidurnya dalam keadaan masih terbangun. Lalu, tanpa menggendong, mengayun-ayun atau menemani si Kecil, biarkan ia tidur dengan sendirinya. Selain berguna untuk membuatnya tidur mandiri, latihan ini juga bermanfaat untuk membuatnya kembali tidur dengan sendirinya saat ia terbangun di malam hari.7 (hal 5)

Membedong

Salah satu cara yang kerap dilakukan untuk membantu si Kecil tidur adalah dengan membedongnya. Membedong merupakan metode membalut tubuh bayi menggunakan selimut tipis atau kain bedong (lampin) agar ia merasa nyaman dan terlindungi. Jika ingin membedong si Kecil, pastikan Mama tidak memasang kain terlalu kencang, khususnya di bagian pinggul dan tangan agar ia tetap dapat bergerak dengan nyaman. Selain itu, jangan membedong terlalu kencang hingga membuatnya kepanasan.1 (hal 6), 8 (hal 2-4)

Nah, sudah tahu kan, Ma, apa saja istilah-istilah terkait tidur si Kecil? Jika Mama ingin mengetahui lebih banyak tentang tips, manfaat, dan pola tidur si Kecil, download e-booknya di sini ya! 

  1. Shallow C. Understanding your baby’s sleep patterns [Internet]. 2016 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.aptaclub.co.uk/baby/health-and-wellbeing/stress-and-sleep/what-does-it-mean-to-sleep-like-a-baby.html
  2. American Academy of Pediatrics. Stages of newborn sleep [Internet]. Itasca: AAP; 2013 [cited 2021 June 13]. Available from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/sleep/Pages/default.aspx
  3. Norris T. How to identify and manage cluster feeding [Internet]. 2018 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.healthline.com/health/parenting/cluster-feeding
  4. Wisner W. Sweet dreams are made of milk: all about dream feeding [Internet]. 2020 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.healthline.com/health/baby/dream-feed
  5. Crider C. 8 self-soothing techniques to help your baby [Internet]. 2020 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.healthline.com/health/baby/self-soothing-baby
  6. de Bellefonds C. What is sleep regression? [Internet]. 2020 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.whattoexpect.com/first-year/sleep/sleep-regression/
  7. When and how to sleep train your baby [Internet]. Cleveland: Cleveland Clinic; 2021 [cited 2021 June 13]. Available from: https://health.clevelandclinic.org/when-and-how-to-sleep-train-your-baby/
  8. Swaddling a baby: the benefits, risks and seven safety tips [Internet]. Bristol: NCT; 2018 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.nct.org.uk/baby-toddler/slings-and-swaddling/swaddling-baby-benefits-risks-and-seven-safety-tips
comment-iconcomment-icon