Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Yuk Kenali Tekstur Makanan Bayi 9 Bulan yang Tepat

Nutrisi

Yuk Kenali Tekstur Makanan Bayi 9 Bulan yang Tepat


Mama, seperti yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan World Health Organization (WHO), pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) idealnya dimulai pada usia 6 bulan. Hal ini karena sejak lahir hingga usia 6 bulan seluruh kebutuhan gizi si Kecil masih tercukupi dengan ASI, namun seiring bertambahnya usia dan perubahan tubuh, si Kecil membutuhkan nutrisi dari MPASI. Jumlah dan tekstur makanan bayi juga harus disesuaikan dengan usia si Kecil. Nah, untuk Mama yang memiliki bayi berusia 9 bulan, bagaimana ya, Ma, tekstur makanan bayi 9 bulan? Yuk, Ma, kita bahas bersama.

Prinsip Pemberian Makanan Bayi Usia 9 Bulan

Pada usia 9-12 bulan, jumlah energi yang dibutuhkan dari MPASI adalah 300 kilo kalori per hari. Makanan bayi 9 bulan dapat diberikan sebanyak 3-4 kali sehari dan 1-2 kali selingan tiap harinya. Jumlah MPASI yang diberikan adalah 125 ml. Tekstur makanan bayi 9 bulan yang direkomendasikan adalah makanan yang dicincang halus atau kasar (minced atau chopped) atau makanan yang dapat dipegang (finger foods). Mama dapat memberikan jenis makanan bayi 9 bulan yang lebih bervariasi agar si Kecil tidak cepat bosan. Mama bisa memberikan buah yang dihaluskan (puree) atau finger food 1-2 kali per hari. Jangan lupa ASI tetap diberikan, ya Ma.

Mengapa Menyesuaikan Tekstur Makanan Bayi dan Usia Si Kecil Itu Penting?

Pemberian makan bayi 9 bulan tidak hanya sebatas sesuai dari komponen nutrisinya, Ma. Tekstur makanan bayi 9 bulan harus disesuaikan dengan usia dan kemampuan si Kecil. Ketika kita memberikan makan si Kecil, saat itu juga adalah proses pembelajaran baginya. Jangan sampai melewatkan tahapan usia tertentu. Ketika naik tekstur makanan si Kecil belajar cara mengunyah, menelan, memindah makanan dari pipi kiri ke kanan dan sebaliknya. Sebelum Mama dapat membuat makanan dengan tekstur yang tepat sesuai usia, Mama harus tahu jenis-jenis tekstur makanan bayi.

  • Puree: makanan yang dihaluskan hingga menjadi bubur kental

  • Mashed: makanan yang dilumatkan hingga halus

  • Minced: makanan yang dicincang halus

  • Chopped: makanan yang dicincang kasar

  • Finger Food: makanan yang dapat digenggam anak

  • Makanan Keluarga: makanan keluarga (haluskan seperlunya).

Strategi Pemberian Makanan Bayi 9 Bulan

Proses pemberian makananan bayi 9 bulan tidak sekedar memberikan makanan bagi si Kecil hingga ia kenyang, tetapi lebih dari itu. Makan adalah suatu rangkaian proses pembelajaran. Banyak keterampilan yang diasah untuk proses makan yang baik dan benar, maka dari itu ada strategi-strategi khusus yang bisa Mama terapkan.

  • Jangan menyerah memperkenalkan jenis makan baru. Mungkin Mama harus memperkenalkan suatu jenis makan baru sebanyak 10-15 kali hingga si Kecil mengatakan ia tidak suka. Mama juga bisa memberikan contoh makan makanan tersebut agar si Kecil mencontoh mama.

  • Matikan TV, komputer, dan handphone saat jam makan berlangsung agar si Kecil bisa lebih fokus.

  • Batasi pemberian jus buah, walaupun buah adalah makanan yang sehat, jus mengandung gula dalam jumlah yang cukup banyak. Konsumsi jus ini membuat si Kecil lebih kenyang, sehingga tidak berselera saat jam makan tiba. Solusinya, Mama dapat memberikan buah potong.

  • Tawarkan selingan sehat di antara waktu makan jika anak terlihat lapar.

  • Berikan berbagai variasi pilihan rasa dan jenis makan sehat untuk anak.

Nah, itu lah beberapa ulasan mengenai tekstur makanan bayi 9 bulan yang perlu Mama ketahui. Untuk mendukung perjalanan luar biasa Mama dan si Kecil, Mama juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai gizi si Kecil di e-book Nutrition for Imunnity dengan mengunjungi https://www.nutriclub.co.id/ebook-balita/nutrisi/gizi/nutrition-for-immunity untuk mencari jawaban pertanyaan dengan berbagai topik, seperti nutrisi, tumbuh kembang, dan imunitas.

Referensi:

  1. Photo by Istock [Internet]. Available from https://www.istockphoto.com/id/foto/sayuran-dan-buah-bayi-haluskan-dalam-mangkuk-putih-dengan-bahan-bahan-konsep-makanan-gm1156492841-315207474  

  2. Logan-Banks P. Which foods to introduce when [Internet]. San Francisco: BabyCentre; [cited 2022 April 2]. Available from: https://www.babycentre.co.uk/a546661/which-foods-to-introduce-when  

  3. Kementrian Kesehatan RI. Praktik menyusui dan pemberian MPASI pada masa pandemi COVID-19 [Internet]. Jakarta: Kemenkes RI; 2020 [cited 2022 2 Apr]. Available from: https://gizi.kemkes.go.id/katalog/paparan-menyusui-dan-mp-asi.pdf

  4. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Pemberian makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Jakarta: IDAI; 2018.

comment-icon comment-icon