8 Rekomendasi Mainan untuk Stimulasi Bayi 5 Bulan
Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
8 Rekomendasi Mainan untuk Stimulasi Bayi 5 Bulan - Nutriclub
Tumbuh Kembang

8 Rekomendasi Mainan untuk Stimulasi Bayi 5 Bulan

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 07 Juli 2023

Pada beberapa bulan pertama kehidupan si Kecil, bermain adalah bagian penting dalam proses eksplorasi. Bayi secara aktif menggunakan panca indra mereka untuk menggali pengetahuan tentang dunia yang menarik di sekitar mereka.

Melalui bermain, bayi juga akan berlatih keterampilan baru seperti menggenggam, meraih, bahkan berguling. Selain itu, bermain juga menjadi momen yang berharga untuk Mama dan si Kecil agar saling terhubung. Saat bermain bersama, Mama dapat memberikan dukungan, pujian, dan berinteraksi langsung dengan si Kecil.

Ada banyak sekali manfaat mainan untuk si Kecil. Oleh karena itu, Mama perlu memilih mainan yang tepat untuk menstimulasi tumbuh kembangnya. Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui berbagai rekomendasi mainan bayi 5 bulan. 

Rekomendasi Mainan Bayi 5 Bulan

Menginjak usia 5 bulan, waktu bermain merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh si Kecil. Bermain memberikan banyak manfaat yang penting bagi perkembangan bayi. 

Ketika Mama memegang mainan di depan si Kecil, ini memberi bayi kesempatan untuk berlatih meraih dan mengambilnya, yang merupakan langkah penting dalam mengembangkan keterampilan motorik halus bayi.

Bayi 5 bulan juga suka melihat orang di sekitarnya dan melacak gerakan menggunakan matanya dengan cepat. Si Kecil cenderung lebih tertarik pada wajah dan warna-warna cerah yang mencolok. Kemampuan penglihatan bayi untuk melacak gerakan dan fokus pada objek yang menarik semakin berkembang.

Selain itu, bayi pada usia 5 bulan juga mulai menunjukkan reaksi terhadap suara. Bayi dapat memutar kepala ke arah sumber suara yang menarik minat mereka. Si Kecil pun mulai menggigit atau memasukkan benda ke dalam mulut sebagai bagian dari eksplorasi sensorik mereka.

Sebagai orang tua, Mama dapat memberikan stimulasi yang tepat untuk membantu bayi mendorong perkembangan mereka, salah satunya menggunakan mainan. Berbagai mainan ini sangat cocok untuk diberikan untuk bayi 5 bulan. Berikut daftarnya:

1. Soft Book

Soft book atau buku dengan bahan yang lembut dapat menjadi pilihan mainan bayi usia 5 bulan, Ma. Bayi mungkin belum sepenuhnya mengerti arti dari gambar di buku. Namun, mereka dapat fokus pada gambar-gambar tersebut, terutama pada wajah, warna cerah, dan pola. Bayi sangat tertarik pada kontras warna, seperti hitam dan putih atau warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan biru.

Membacakan buku juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk bayi. Ketika bayi mendengar suara Mama membaca buku menggunakan suara yang ekspresif, ini akan mendukung perkembangan sosial dan emosional si Kecil. 

Selain itu, dengan membacakan buku, keterampilan bahasa bayi akan semakin meningkat. Bahkan penelitian menunjukkan, anak-anak yang sering dibacakan buku akan mengetahui lebih banyak kata pada usia 2 tahun dibanding anak yang belum pernah dibacakan buku. Jadi, membacakan buku sejak dini sangat penting untuk perkembangan si Kecil, ya, Ma.

Baca Juga: 10 Ide Stimulasi untuk Maksimalkan Tumbuh Kembang Bayi 5 Bulan

2. Boneka Tangan

Bayi memiliki rentang perhatian yang rendah dan mudah teralihkan. Mereka cenderung ingin menjelajahi lingkungan sekitar dan mungkin sulit untuk tetap fokus selama sesi cerita. 

Namun, dengan bantuan boneka tangan yang menarik, Mama dapat mendorong mereka untuk tinggal lebih lama dan konsentrasi, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan keterampilan mendengarkan si Kecil. 

Saat Mama bercerita menggunakan boneka tangan, bayi juga akan lebih memperhatikan setiap kata yang Mama ucapkan. Hal ini akan tentunya akan meningkatkan keterampilan bahasa mereka.

3. Teether

Mainan bayi 5 bulan selanjutnya yang bermanfaat adalah teether. Umumnya, bayi 5 bulan suka memasukkan benda ke dalam mulutnya. Ini merupakan hal yang normal dan termasuk perkembangan pada bayi.

Saat bayi memasukkan benda ke dalam mulut, gerakan mulut dan mengunyah membantu dalam perkembangan otot-otot wajah dan lidah. Aktivitas ini melibatkan gerakan lidah yang akhirnya akan memperkuat otot-otot yang berguna untuk bayi belajar bicara.

Mama bisa memberikan teether yang mempunyai tekstur dan warna mencolok untuk menarik minat bayi. Pilihlah teether dengan bentuk bulat sehingga mudah digenggam dan dipegang bayi. Hindari teether terlalu besar atau terlalu kecil yang dapat membahayakan si Kecil. 

4. Playmat

Mainan playmat bisa dibilang merupakan paket lengkap yang menyediakan berbagai manfaat bagi perkembangan bayi. Mainan ini terdiri dari matras yang empuk dengan dua lengkungan di kedua sisinya yang digunakan untuk menggantung mainan di atas kepala bayi.

Playmat biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis mainan seperti piano, cermin, dan mainan lainnya yang dirancang khusus untuk bayi. Mainan ini memberikan stimulasi sensorik yang beragam untuk bayi.

Saat bayi tertarik dengan suara yang dihasilkan dari piano atau mainan lainnya di playmat, mereka mungkin akan mulai menendang kakinya sebagai respons. Tentunya hal tersebut dapat membantu perkembangan otot di sekitar kaki, lengan, leher, dan perutnya. 

Selain itu, bayi juga akan menyadari bahwa dengan menendang kaki, mereka dapat mendengar suara piano. Ini dapat membantu bayi memahami hubungan sebab dan akibat.

5. Crib Toys 

Crib toys atau mainan menggantung juga bisa diberikan untuk bayi 5 bulan, Ma. Mainan yang menggantung di atas bayi tentunya akan menarik minat si Kecil, apalagi jika mainan ini mempunyai warna mencolok atau bentuk yang unik.

Bayi sering kali berusaha keras untuk menjangkau, menggenggam, dan memegang mainan tersebut. Ini membantu dalam pengembangan keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata bayi. 

Crib toys juga biasanya memiliki berbagai suara atau musik yang menenangkan yang bermanfaat untuk menstimulasi keterampilan pendengaran bayi dan membantu membuat si Kecil tidur dengan nyenyak.

6. Rattle

Mainan rattle merupakan salah satu mainan yang bermanfaat untuk menstimulasi keterampilan motorik halus pada bayi 5 bulan. Mainan ini biasanya dirancang dengan bentuk yang mudah dipegang oleh tangan mungil bayi.

Saat bayi memegang mainan rattle, mereka menggunakan otot-otot kecil di tangan dan pergelangan tangan mereka. Hal ini dapat membantu dalam pengembangan kekuatan, koordinasi, dan keterampilan motorik halus.

Si Kecil juga dapat menggoyangkan mainan rattle dan suara yang dihasilkan akan membuat bayi semakin tertarik. Bayi akan memahami bahwa dengan menggoyangkan mainan, mereka dapat menghasilkan suara yang menyenangkan.

7. Mainan Musik

Pendengaran merupakan indra pertama yang bayi miliki dan sangat penting dalam perkembangan si Kecil. Mainan musik dapat memainkan peran penting dalam menstimulasi perkembangan pendengaran bayi dan membantu menciptakan lingkungan yang nyaman dan menenangkan bagi bayi.

Dengan memberikan mainan musik yang menghasilkan suara lembut dan menenangkan, Mama dapat membantu bayi untuk tidur dengan nyaman. Selain itu, mainan musik juga membantu bayi mengenali dan membedakan suara. Bayi akan mulai mengenali suara yang sering mereka dengar, seperti suara-suara dari mainan musik yang Mama berikan.

8. Cermin Mainan

Selanjutnya, Mama bisa memberikan cermin mainan untuk bayi 5 bulan. Siapa sangka cermin mempunyai banyak sekali manfaat untuk perkembangan si Kecil, Ma. 

Saat bayi melihat ke cermin, mereka merasa terhibur dengan bayangannya dan akan bereaksi dengan senyuman, berkedip, dan gerakan lainnya. Ini adalah salah satu pengalaman yang menarik dan bermanfaat bagi perkembangan sosial dan emosional si Kecil.

Mama bisa menempatkan cermin mainan di depan bayi selama sesi tummy time. Melihat bayangannya di cermin akan membuat si Kecil tetap berada dalam posisi tengkurap lebih lama. Selain itu, posisi kepalanya pun akan menghadap ke depan sehingga dapat menguatkan otot leher, bahu, dan lengan si Kecil.

Baca Juga: Umur Berapa Bayi Bisa Tengkurap? Latih dengan 6 Cara Ini!

Nah, itu dia berbagai rekomendasi mainan untuk menstimulasi bayi 5 bulan yang bisa Mama berikan. Yang terpenting, pilihlah mainan yang tepat sesuai usia dan juga aman agar si Kecil dapat mengembangkan keterampilan barunya tanpa bahaya.

Jadi, mainan mana nih yang paling cocok untuk si Kecil, Ma?

Agar bisa lebih maksimal menemani tumbuh kembang si Kecil, Mama juga bisa download E-Book 1000 HPK untuk optimalkan masa emasnya dengan stimulasi aktivitas rekomendasi para ahli!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html
  2. ‌Why play is important for baby development - Today’s Parent. (2021, August 18). Today’s Parent. https://www.todaysparent.com/baby/baby-development/why-play-is-important/
  3. ‌Good Toys for Young Children by Age and Stage. (2023). NAEYC. https://www.naeyc.org/resources/topics/play/toys
  4. Verywell. (2020). Why Do Babies Like Teethers? Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-do-babies-like-teethers-3255327
  5. ‌5-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/5-month-old-baby-milestones-and-development_720
  6. ‌Reading Books to Babies (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2019). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/reading-babies.html
  7. ‌Hari, A. (2022, December 28). Puppet Play For Babies - How it Helps in Baby’s Development. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/puppet-play-for-babies-how-it-helps-in-babys-development/
  8. ‌Mishra, S. (2022, June 22). Reasons Why Rattles Are The Best Toys For Babies! - Firstcry Intelli Education. Firstcry Intelli Education. https://www.firstcry.com/intelli/articles/reasons-why-rattles-are-the-best-toys-for-babies/
  9. ‌How music affects your baby’s brain: Mini Parenting Master Class. (2019). Unicef.org. https://www.unicef.org/parenting/child-development/how-music-affects-your-babys-brain-class
  10. ‌Suma rp. (2022, October 13). Why is Mirror Play Important For Babies? Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/why-is-mirror-play-important-for-babies/
Artikel Terkait
floating-icon