Loading...
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak Usia 2 Tahun - Nutriclub
Tumbuh Kembang

Berat Badan Anak 2 Tahun Idealnya Berapa?

Disusun oleh: Tim Penulis

Diterbitkan: 31 Agustus 2023


  • Berat Badan Anak 2 Tahun yang Ideal
  • Cara Menaikkan Berat Badan Anak 2 Tahun

Pertambahan berat badan anak 2 tahun perlu menjadi salah satu fokus utama setiap orang tua. Lantas, apa yang bisa dilakukan jika berat badan anak masih kurang? Bunda bisa temukan caranya di sini! 

Berat Badan Anak 2 Tahun yang Ideal

Menurut grafik tumbuh kembang WHO, berat badan ideal anak perempuan 2 tahun adalah 9,0 -13,0 kg dan anak laki-laki sekitar 9,7-13,6 kg.

Pertumbuhan berat setiap anak tidak ada yang sama persis. Umumnya penyebab BB anak tidak naik adalah karena asupan kalori kurang, porsi makan sedikit, metabolisme tubuh lambat, atau faktor genetik.

Baca Juga: Tinggi Anak 2 Tahun yang Normal dan Cara Menambahnya

Cara Menaikkan Berat Badan Anak 2 Tahun

Jika berat badan si Kecil belum ideal, ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan untuk menambahnya: 

1. Sediakan Makanan Bergizi Seimbang

Pastikan untuk selalu menyediakan makanan bergizi untuk anak 2 tahun, yang mencakup zat besi, karbohidrat, protein, lemak, omega-3 & DHA, serat dan prebiotik, serta vitamin dan mineral. 

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut pastikan Mama mengolah berbagai jenis bahan makanan hewani maupun nabati. 

2. Perbanyak Asupan Kalori Anak

Anak 2 tahun membutuhkan kalori harian sebesar 1.000 kkal. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Mama bisa berikan makanan berkalori tinggi seperti telur, pisang, daging, atau salmon. 

Untuk memperkaya asupan kalori anak, Mama bisa menambahkan full-fat yogurt, keju, mentega, margarin, minyak zaitun, atau santan kental.

3. Pastikan Ada Lauk Protein

Makanan sumber protein dapat membantu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan (human growth hormone) yang berperan dalam meningkatkan massa otot, berat badan, dan tinggi badan. 

Untuk anak usia 1-3 tahun, asupan proteinnya cukup sebanyak 20 gram per hari. Sebagai gambaran, 20 gram protein bisa didapat dari 100 gram ikan salmon atau 100 gram tempe.

Jika ingin menambah berat badan anak, pastikan setidaknya pada 2x waktu makan anak ada lauk protein hewani dan nabati. Misalnya pada waktu sarapan dan makan malam.

Baca Juga: 10 Resep Menu Makan Anak 2 Tahun yang Lezat Bergizi

4. Berikan Camilan dari Buah Tinggi Kalori

Ternyata ada banyak buah dengan kandungan kalori tinggi yang bisa bantu menaikkan berat badan anak 2 tahun. Di antaranya adalah pisang, alpukat, kelapa, mangga, kurma, dan kismis. 

Mama bisa mengolahnya dengan bahan makanan lain yang juga tinggi kalori seperti avocado smoothies dengan taburan keju, es campur mangga-kelapa-susu, atau kue pisang mentega.  

Selain tinggi kalori, buah-buahan tersebut juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat sehat. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk membentuk imun tubuh yang lebih kuat, Ma. 

5. Membuat Jadwal Makan 

Membuat jadwal 3 kali makan makanan utama dan 1-2 kali makan cemilan sehat yang dijalankan secara konsisten bisa membentuk kebiasaan makan yang teratur.

Makan secara terjadwal juga bantu mencegah anak susah makan karena ia akan memiliki kesadaran penuh untuk makan di saat lapar.

6. Penuhi Waktu Tidur si Kecil

Anak yang aktif cenderung lebih suka bermain daripada beristirahat. Hal ini sering membuat waktu tidur siang dan malamnya kurang. 

Padahal, waktu istirahat yang cukup juga penting untuk menambah berat badan anak agar ideal. Untuk itu, sebaiknya Mama mengatur jadwal tidur yang dijalankan secara konsisten. 

Secara umum, anak usia 2 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 10-12 jam di malam hari dan 1-2 jam di siang hari. 

Baca Juga: 6 Cara agar Berat Badan Anak yang Kurus Cepat Naik

7. Biasakan Minum Susu

Untuk mengoptimalkan pertambahan berat badan dan tinggi badannya, American Academy of Pediatric menyarankan anak minum susu 2 kali sehari. 

Supaya asupan nutrisi hariannya semakin optimal, Bunda bisa berikan susu pertumbuhan yang telah terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 3

Nutrilon Royal 3 satu-satunya formula yang dirancang secara saintifik dengan Double Biotics FOS:GOS dan DHA EPA lebih tinggi dan teruji klinis perkuat imunitas serta bantu maksimalkan inteligensi si Kecil agar siap menang.

Apabila berat badan anak 2 tahun belum juga ideal setelah cara-cara di atas, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih akurat. 

Mama juga bisa download e-book Nutrisi dan Gizi untuk Imunitas Anak untuk dapatkan informasi lengkap terkait nutrisi tepat yang mampu mengoptimalkan imunitas si Kecil. 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Weight-for-age. (2024). Who.int. https://www.who.int/tools/child-growth-standards/standards/weight-for-age
  2. Clinic, C. (2020, August 19). 10 Possible Reasons Why Your Child Isn’t Growing. Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/10-possible-reasons-why-your-child-is-not-growing
  3. Failure to Thrive (for Parents). (2023). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/failure-thrive.html
  4. Boston Children’s Hospital. (2024). Childrenshospital.org. https://www.childrenshospital.org/conditions/slow-weight-gain-infants-and-children
  5. Kids and Sleep (for Parents). (2021). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/sleep.html
  6. ‌Raman, R. (2019, July 5). 11 Healthy, High-Calorie Fruits to Help You Gain Weight. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/high-calorie-fruits#dried-fruits
  7. IDAI | Tips Memilih Snack Sehat Untuk Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/tips-memilih-snack-sehat-untuk-anak
  8. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2034/bagaimana-mengatasi-berat-badan-kurang-pada-anak
  9. ‌Your Child’s Growth (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/childs-growth.html
  10. ‌IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1
  11. ‌Chatterjee, T. (2019, June 24). Healthy Weight Gain Foods for Babies & Kids. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/list-of-12-healthy-weight-gain-foods-for-babies-kids/
  12. ‌Lewis, R. (2020, July 21). How To Increase Your Baby’s Weight. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-increase-baby-weight#tips
  13. ‌IDAI | Pentingnya Mengatur Jadwal Makan Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pentingnya-mengatur-jadwal-makan-anak
Artikel Terkait