Rekomendasi Susu yang Bagus untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan
Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Susu yang Bagus untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan-nutriclub
Nutrisi

Rekomendasi Susu yang Bagus untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Article Oleh : Ester Sondang 04 Juli 2024

Seperti apa kriteria susu yang bagus untuk anak 2 tahun yang susah makan? Sebelum menjawabnya, mari simak kenapa ia susah makan terlebih dulu yuk, Ma!

Penyebab Anak Susah Makan

Mama tidak sendiri, masalah ini memang kerap menghantui orang tua. Alasannya bervariasi, berikut beberapa penyebab umum yang perlu diketahui mengapa anak tak mau menghabiskan makanannya:

1. Perilaku Makan yang Salah 

Penyebab paling sering si Kecil susah makan, ternyata bisa karena peran orang tua dan lingkungan sekitar yang salah saat menerapkan perilaku makan yang tepat.

Menurut IDAI, pemberian nutrisi yang kurang tepat lewat komposisi makanan, tekstur serta tata cara pemberian dapat mempengaruhi. Kerap, ini terjadi sejak dimulainya fase MPASI, Ma.

Pemberian makan yang benar sejatinya, wajib memperhatikan ketepatan waktu, kuantitas dan kualitas makanan, kebersihan penyiapan dan penyajian makanan, serta mesti sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Bergizi untuk Anak 2 Tahun 

2. Gangguan Pencernaan

Menolak makan ternyata juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan si Kecil. Sedang mengalami gangguan kesehatan seperti masalah di pencernaan, bisa mempengaruhi si Kecil jadi susah makan, Ma.

Di antaranya seperti sakit perut, mual, diare, sembelit, hingga penyakit GERD. Ini karena bisa sebabkan ketidaknyamanan di mulut dan perut, sampai membuatnya takut untuk buat makan.

3. Infeksi Gangguan Peradangan

Infeksi peradangan seperti demam, flu, maupun infeksi di telinga, pun bisa mempengaruhi nafsu makan si Kecil. Begitupun pada infeksi yang lebih serius seperti pneumonia, radang tenggorokan, dan gastroenteritis.

Ini tergolong normal, karena ketika tubuh melawan infeksi membutuhkan energi, dan ini bisa termasuk mengambil energi untuk makan dan mencerna makanan.

4. Masalah di Mulut

Gigi berlubang maupun sakit pada gusi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat makan. Inilah yang bisa sebabkan si Kecil menolak makan. Bila sudah begini, sudah waktunya mengajak si Kecil ke dokter gigi ya, Ma.

Tapi selain itu, jadi pengingat juga untuk berkunjung ke dokter gigi berkala setiap 6 bulan sekali dengan atau tanpa keluhan.

5. Efek Samping Obat

Apakah si Kecil lagi sakit dan sedang rutin minum obat dari dokter? Bila ya, maka efek samping dari beberapa jenis obat, seperti antibiotik dan pereda nyeri, diketahui memang bisa menurunkan nafsu makannya.

Dalam hal ini, Mama memang perlu bersabar, karena butuh waktu. Selain itu, bisa coba menyajikan makanan yang disukainya atau mengemas makanan dengan bentuk yang menarik.

6.  Kelelahan

Kelelahan ternyata juga bisa jadi penyebab si Kecil susah makan. Coba Mama ingat-ingat lagi, apakah di hari itu ia banyak aktivitas dan mendapat stimulasi berlebih?

Sebab terkadang setelah waktu yang sibuk, ia pun bisa terlalu lelah untuk makan (mengunyah dan menelan).

7. Selera Makan Berubah

Selera anak-anak memang bisa berubah seiring berjalan waktu. Bisa saja kemarin si Kecil lahap saat Mama menghidangkan makanan tertentu, tapi hari ini ia menolak padahal dengan menu yang sama.

Susu untuk Memenuhi Nutrisi Anak yang Susah Makan

Tetap konsisten menawarkan makanan pada anak, tentunya jadi cara tepat agar anak mau makan demi kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi. Selain itu, lengkapi dengan susu yang bagus untuk anak 2 tahun yang susah makan. Yang seperti apa?

Anak berusia 2 tahun sedang dalam masa pertumbuhan. Mereka masih sangat membutuhkan vitamin dan mineral, seperti vitamin D dan kalsium untuk tulang yang kuat.

Selain itu, kandungan lengkap dan yang mendukung tumbuh kembang sesuai usianya, juga perlu dipertimbangkan dijadikan pilihan demi mengoptimalkan manfaat anak minum susu

Rekomendasi Susu yang Bagus untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Kandungan lain pada kriteria susu yang bagus untuk anak 2 tahun yang susah makan, di antaranya untuk Mama pertimbangkan sebagai berikut:

  • Zinc. Zinc sangat membantu menyerap gizi dari makanan, serta bertugas sebagai pembentuk enzim pencernaan. 
  • PrebiotikKandungan ini tugasnya membantu proses pencernaan dan memelihara sistem organ ini secara keseluruhan.
  • FOS:GOS 1:9 Bertugas meningkatkan jumlah bakteri baik dan membatasi patogen sehingga sistem pencernaan anak selalu sehat.
  • Arachidonic Acid (AA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA): Keduanya membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak dan perkembangan otaknya.

Semua kandungan ini terdapat pada Nutrilon Royal 3. Produk susu formula ini sudah teruji klinis mampu meningkatkan imunitas dan membantu memaksimalkan intelegensi si Kecil untuk masa depannya yang gemilang. 

Jadi, jangan ragu memilih Nutrilon Royal 3, susu yang bagus untuk anak 2 tahun yang susah makan ya, Ma.

Semoga membantu.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. IDAI | SULIT MAKAN PADA BAYI DAN ANAK. (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/sulit-makan-pada-bayi-dan-anak‌
  2. IDAI | Gerakan Tutup Mulut (GTM) pada Batita. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/gerakan-tutup-mulut-gtm-pada-batita
  3. Rivera-Nieves, D., Conley, A., Nagib, K., Shannon, K., Horvath, K., & Mehta, D. (2019). Gastrointestinal Conditions in Children With Severe Feeding Difficulties. Global Pediatric Health6, 2333794X1983853–2333794X1983853. https://doi.org/10.1177/2333794x19838536
  4. What Can Cause a Loss of Appetite in Children? | First 5 California. (2024). First5california.com. https://www.first5california.com/en-us/articles/what-can-cause-a-loss-of-appetite-in-children‌
  5. Child. (2014). Child Nutrition. Child Nutrition. https://child-nutrition.co.uk/toddler-food-refusal
  6. Centers for Disease Control and Prevention. (2022, May 20). Cow’s Milk and Milk Alternatives. Cdc.com. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/foods-and-drinks/cows-milk-and-milk-alternatives.html
Artikel Terkait