Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

6 Rekomendasi Mainan untuk Stimulasi Bayi Usia 1-2 Bulan - Nutriclub
Tumbuh Kembang

6 Rekomendasi Mainan untuk Stimulasi Bayi Usia 1-2 Bulan

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 05 Juni 2023

Tahukah Mama kalau perkembangan bayi dapat didukung dengan memberikan mainan yang tepat? Simak apa saja mainan untuk meningkatkan perkembangan motorik bayi usia 1-2 bulan pada artikel ini.

Bayi pada usia 1 bulan mungkin masih terlihat belum bisa melakukan banyak hal. Namun, jangan salah sangka, Ma, perkembangan bayi dari lahir sampai bayi usia 2 bulan sangatlah cepat. Bahkan, di usianya ini, si Kecil mulai senang menemukan dan menjelajahi lingkungan barunya.

Maka itu, si Kecil perlu stimulasi untuk tumbuh kembangnya dengan mainan motorik yang pas sesuai usianya. Namun, mari ketahui dulu berbagai manfaat mainan untuk bayi berikut ini.

Manfaat Mainan untuk Bayi

Tahukah Mama? Pemberian mainan bukan hanya untuk menghibur agar si Kecil tidak menangis atau diberikan agar bayi “anteng” saja, tetapi juga untuk mendidiknya. Saat bayi berusia 1-2 bulan, ia mulai menunjukkan ketertarikannya dengan mainan. Ditambah lagi, si Kecil juga sudah bisa memegangnya. 

Mainan memiliki manfaat untuk mengajari bayi berpikir, memahami, serta meningkatkan kemampuan motoriknya. Jika Mama memberikan mainan yang tepat untuk si Kecil, maka dapat membuat keajaiban bagi perkembangan bayi.

Pada usia 1-2 bulan, penglihatan bayi mulai belajar menyesuaikan diri dengan dunia sekitarnya. Bayi hanya dapat fokus melihat pada sesuatu berjarak 20 cm atau 30 cm dari matanya. Selain itu, telinga bayi juga sudah mulai mendengar dengan cukup baik, sehingga si Kecil akan menoleh ke arah sumber suara.

Mainan yang paling disukai bayi adalah mainan yang dapat dilihat dan didengarkannya. Namun untuk bayi usia 1-2 bulan masih senang bermain dengan segala bentuk mainan atau benda apa pun di sekitarnya.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Wajib Mama Tahu 

Pertimbangan Sebelum Memberi Mainan untuk Bayi 1-2 Bulan

Sebelum memilih mainan, Mama perlu tahu beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika memberikan atau membeli mainan untuk bayi sebagai berikut.

1. Bahan yang Lembut

Kulit bayi sangatlah lembut dan sensitif. Agar menjaga kesehatan kulit bayi, Mama perlu memberikan mainan dengan tekstur yang halus dan ujungnya tidak tajam agar tidak melukai kulitnya. Sebab, bayi belum tahu cara menggunakan mainan dengan benar sehingga perlu mainan yang aman untuknya.

2. Ukuran yang Cukup

Untuk memberi mainan pada bayi usia 1-2 bulan, Mama harus memastikan ukuran mainan yang akan diberikan kepadanya tidak kekecilan atau kebesaran. Bayi masih suka memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, jadi jika mainan terlalu kecil dapat membuat bayi tersedak.

3. Memiliki Beragam Variasi

Mainan dengan banyak bentuk dan warna juga dibutuhkan bayi. Selain menghibur, mainan jenis ini dapat merangsang keterampilan sensorik baru seperti tekstur, cahaya, dan suara seperti musik.

4. Memiliki Berat yang Cukup

Ketika bermain, bayi akan mencoba memegang dan menggoyangkan mainan yang diberikan. Karena genggamannya belum begitu kuat, sebaiknya Mama memberikan mainan yang ringan, mudah diangkat, dan tidak menyakitinya ketika terjatuh.

5. Mainan yang Sesuai Usia

Sebenarnya, bayi usia 1-2 bulan akan bermain dengan benda apa pun yang diberikan karena ia memiliki rasa penasaran tinggi. Namun, memberi si Kecil mainan yang sesuai usia akan merangsang mereka dengan cara yang benar dan membantu perkembangannya lebih baik. Lantas, apa saja mainan yang cocok untuk bayi usia 1-2 bulan?

Baca Juga : 6 Cara Stimulasi yang Tepat untuk Bayi 1 Bulan

Rekomendasi Mainan untuk Bayi Usia 1-2 bulan

Ada banyak mainan yang memberikan informasi sesuai rentang usia bayi pada kemasan mainan tersebut. Hal ini memudahkan Mama dalam memilih mainan yang tepat sesuai usia si Kecil.

Namun, Mama harus mempertimbangkan tahap perkembangan bayi ketika ingin membelikan mainan. Untuk itu, Mama dapat melihat rekomendasi mainan yang cocok untuk bayi usia 1-2 bulan agar dapat membantu tumbuh kembangnya, antara lain sebagai berikut.

1. Mainan Kerincing (Rattle)

Untuk meningkatkan motorik halus pada bayi, Mama dapat memberikannya mainan kerincing atau berbunyi (rattle). Mainan dengan warna yang cerah dan suara gemerincing dapat menenangkan bayi yang menangis. Mainan seperti ini juga mudah dibawa dan disimpan.

Manfaat mainan kerincing yaitu dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada bayi, seperti penggunaan otot-otot kecil di tangan dan pergelangan tangan. 

Selain itu, mainan seperti ini mudah dipegang dan digoyang-goyangkan sehingga dapat membantu mengembangkan daya cengkeram si Kecil.

2. Mainan Menggantung

Mainan menggantung atau crib toys juga bisa diberikan untuk bayi usia 1-2 bulan, Ma. Mainan menggantung ini menampilkan gambar pola, binatang, dan desain yang cerah dengan tambahan fitur musik dan lampu. Memberikan mainan gantung juga bisa sekaligus menstimulasi penglihatan si Kecil. Untuk itu, alangkah baiknya Mama memberikan mainan gantung dengan warna-warna yang menarik atau mencolok.

Selain itu, beberapa mainan menampilkan ragam suara yang menenangkan dan nada musik yang dapat merangsang keterampilan pendengaran bayi serta membantu si Kecil tertidur.

3. Mainan Teether

Mainan teether bukan hanya diberikan untuk fase tumbuh gigi pada bayi saja, tetapi bisa juga diberikan pada bayi usia 1-2 bulan. Apalagi bayi usia 1-2 bulan senang memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya.

Teether dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada otot-otot wajah seperti mulut, rahang, lidah, bibir, dan pipi. Memberikan mainan teether juga dapat menstimulasi si Kecil sejak dini agar siap memasuki fase makan dan berbicara. 

Baca Juga: 7 Refleks Bayi yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

4. Mainan Musik

Menurut penelitian, pendengaran merupakan indrra pertama yang bayi miliki dan rasai. Oleh karena itu, mainan musik diperlukan untuk membantu perkembangan si Kecil.

Mama bisa memberikan si Kecil mainan musik dengan suara yang lembut, santai, dan menciptakan suasana tenang, sehingga dapat membantu bayi nyaman ketika tidur. Selain itu, mainan musik dapat membantu bayi mengenali suara dan membedakan sumber suara yang ia dengar.

5. Boneka 

Boneka mungkin menjadi mainan yang tak pernah lupa diberikan untuk si Kecil. Mainan sederhana ini dapat menghibur dan juga mengajarkan bayi berbagai keterampilan.

Terdapat sejumlah keterampilan motorik yang dapat ditingkatkan bayi dengan bermain boneka, yaitu membantu koordinasi mata dan tangan saat boneka digerakkan ke arah yang berbeda. Boneka juga aman untuk main si Kecil karena teksturnya yang lembut, nyaman, dan tidak membahayakan.

6. Playmat

Playmat atau baby gym adalah paket lengkap yang mempunyai ragam manfaat untuk bayi. Mainan ini terdiri atas matras yang empuk dengan dua lengkungan di kedua sisinya untuk menggantung mainan di atas kepala. 

Selain itu, paket mainan ini biasanya dilengkapi dengan bantal empuk, piano, cermin, dan mainan lainnya, sehingga si Kecil dapat melakukan berbagai aktivitas.

Keterampilan motorik si Kecil juga akan terlatih dengan mainan ini, karena mendorong bayi untuk menjangkau dan menggenggam mainan yang tergantung. Selain itu, bayi akan mulai menendang kakinya saat dia tertarik dengan suara yang berasal dari piano.

Tentunya hal tersebut dapat membantu perkembangan otot di sekitar kaki, lengan, leher, dan perutnya. Manfaat lain dari mainan ini, yaitu meningkatkan koordinasi mata, meningkatkan perkembangan kognitifnya, dan mengembangkan keterampilan visual serta sensoriknya.

Baca Juga: 4 Stimulasi Tepat untuk Dukung Kecerdasan si Kecil 

Nah, itu dia manfaat dan rekomendasi mainan untuk bayi usia 1-2 bulan yang bisa Mama berikan untuk si Kecil. Yang terpenting, pilihlah mainan yang tepat sesuai usia dan juga aman agar si Kecil dapat mengembangkan keterampilan barunya tanpa bahaya.

Jadi, mainan mana nih yang paling cocok untuk si Kecil, Ma? Jangan lupa juga unduh E-Book Panduan Dukung Daya Tahan Tubuh di 1000 Hari Pertama untuk bantu optimalkan masa emasnya dengan stimulasi aktivitas bayi dari para ahli!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Bose, P. (2021, July 19). 11 Best Baby Crib Toys in 2023. MomJunction; Momjunction. https://www.momjunction.com/articles/best-baby-crib-toys_00755761/
  2. Baby toys from birth to six months. (2022). BabyCentre UK. https://www.babycentre.co.uk/a568524/baby-toys-from-birth-to-six-months
  3. ‌Hari, A. (2022, July 12). Toys For 2 Month Old Baby - Types, Benefits and What to Buy. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/toys-for-2-month-old-baby-types-benefits-and-what-to-buy/
  4. ‌Bose, P. (2015, August 25). 23 Best Toys For 2-Month-Old Babies To Buy In 2023. MomJunction; Momjunction. https://www.momjunction.com/articles/toys-for-two-month-old-babies_00369266/
  5. ‌Choosing toys for children. (2020, August 10). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/getting-play-started/choosing-toys
  6. Katie. (2023, March 25). The Benefits Of Musical Toys For Babies. Brightstarmusical.com. https://brightstarmusical.com/the-benefits-of-musical-toys-for-babies/
  7. ‌How music affects your baby’s brain: Mini Parenting Master Class. (2019). Unicef.org. https://www.unicef.org/parenting/child-development/how-music-affects-your-babys-brain-class
  8. ‌Hari, A. (2022, December 28). Puppet Play For Babies - How it Helps in Baby’s Development. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/puppet-play-for-babies-how-it-helps-in-babys-development/
  9. ‌Mcilroy, T. (2020, January 6). The Amazing Benefits of Playing with Puppets in Early Childhood. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/playing-with-puppets/
  10. ‌Nair, A. (2018, September 26). Does Your Baby Need a Play Gym? These 4 Reasons Are Too Good To Ignore! FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/does-your-baby-need-a-play-gym-these-4-reasons-are-too-good-to-ignore/
Artikel Terkait
floating-icon