Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
11-artikel-perkembangan-bayi-2-bulan_ratio-1_700x278pxl-1
Tumbuh Kembang

Kenali Tumbuh Kembang Si Kecil Usia 2 Bulan

12 Maret 2020

Setiap Mama pasti sangat menantikan tumbuh kembang si kecil. Setiap perkembangan si kecil selalu memberikan kepuasan tersendiri, membuat jerih lelah dan malam malam tanpa tidur rasanya terbayarkan.

Keuntungan lain jika Mama selalu memantau perkembangan si kecil adalah jika memang ada gangguan yang ditemukan, karena ditemukan secara dini dan intervensi secara dini akan jauh lebih baik bagi si kecil.

Saat ini si kecil telah melewati fase neonatus atau 1 bulan awal masa kehidupan dan saat ini pula ketika memasuki bulan ke 2, Mama sudah dapat mulai memantau kepribadian si kecil. Mama sudah dapat belajar tentang apa yang disukai atau tidak disukai si kecil, Mama juga mulai mempelajari apa yang menjadi penyebab si kecil menangis seperti ; lapar, mengantuk atau karena popok yang basah.

Ada kalanya si kecil baru mulai tersenyum di usia 6 minggu atau lebih lambat atau beragam hal lain yang sudah lebih dahulu dialami anak lain seusianya, namun Mama tidak perlu khawatir karena setiap anak memiliki kecepatan tumbuh kembang yang berbeda-beda.1,2 Berikut pertumbuhan dan perkembangan si kecil pada usia 2 bulan:

Motorik

Setiap ibu pasti sangat menantikan tumbuh kembang si kecil. Setiap perkembangan si kecil selalu memberikan kepuasan tersendiri, membuat jerih lelah dan malam malam tanpa tidur rasanya terbayarkan. Keuntungan lain jika ibu selalu memantau perkembangan si kecil adalah jika memang ada gangguan yang ditemukan, karena ditemukan secara dini dan diintervensi secara dini akan jauh lebih baik bagi si kecil. Saat ini si kecil telah melewati fase neonatus atau 1 bulan awal masa kehidupan dan saat ini pula ketika memasuki bulan ke 2, ibu sudah dapat mulai memantau kepribadian si kecil. Ibu sudah dapat belajar tentang apa yang disukai atau tidak disukai si kecil, ibu juga mulai mempelajari apa yang menjadi penyebab si kecil menangis seperti ; lapar, mengantuk atau karna popok yang basah. Ada kalanya si kecil baru mulai tersenyum di usia 6 minggu atau lebih lambat atau beragam hal lain yang sudah lebih dahulu dialami anak lain seusianya, namun ibu tidak perlu khawatir karena setiap anak memiliki kecepatan tumbuh kembang yang berbeda-beda.1,2

Panca Indra

pada usia dua bulan, si kecil sudah mulai melihat objek dengan jarak terjauh 45 – 60 cm, itu berarti Mama masih harus dekat agar si kecil mampu melihat. Pada usia 2 bulan pendengaran si kecil mulai dapat membeda-bedakan suara yang sering mereka dengar. Berbicara atau menyanyi kepada si kecil secara sering akan membantunya mengenali suara mama dan pada akhirnya dapat menenangkannya jika dia sudah terbiasa akan suara tersebut.1,2,3

Perkembangan sosial

Pada usia 2 bulan si kecil akan mulai tersenyum dan memperlihatkan rasa senang atau rasa tidak sukanya, mulai mengenali suara anggota keluarga lainnya, tenang ketika digendong, senang ketika sedang digelitiki, mampu melakukan kontak mata terutama saat Mama menyusui, serta menghisap jempol atau beberapa jari untuk menenangkan dirinya. Ketika mama berbicara kepada si kecil sebaiknya beri mereka waktu untuk merespon tentang apa yang mama katakan yang biasanya lewat tolehan atau celotehan. Karena penelitian menunjukkan hal ini akan mempercepat kemampuan berbicara si kecil.4,5

Pola tidur

Pada usia ini si kecil biasanya menghabiskan waktu 15 hingga 16 jam untuk tidur dalam sehari, namun pembagiannya masih tidak teratur dan mereka biasanya tidak dapat tertidur sepanjang malam, khususnya dalam hal menyusui karena si kecil biasanya butuh asupan setiap 2- 3 jam.1,2

Lebih dari segalanya mereka butuh cinta, pengertian, stimulasi dan perlindungan. Mereka butuh pertolongan Mama untuk belajar tentang dunia mereka, mengembangkan kemampuan dan menyesuaikan kebutuhan mereka yang selalu berubah-ubah.

Demikian beberapa informasi mengenai tumbuh kembang anak usia 2 bulan. Agar Mama bisa lebih maksimal menemani tumbuh kembang Si Kecil, perkaya informasi soal bayi melalui tools yang disediakan oleh Nutriclub. Mama bisa mencoba beberapa tools, antara lain sebagai berikut:

Selamat mencoba, Ma!

comment-icon comment-icon