Loading...
Perkembangan Otak

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual (IQ) Anak

Disusun oleh: Tim Penulis

Diterbitkan: 11 Agustus 2023


  • Apa yang Dimaksud dengan Kecerdasan Intelektual?
  • Faktor yang Memengaruhi Kecerdasan Intelektual Anak
  • Ciri-Ciri Anak dengan Kecerdasan Intelektual Tinggi
  • Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual (IQ) Anak

Kecerdasan intelektual berhubungan dengan kemampuan kognitif anak. Apa saja faktor yang memengaruhi dan bagaimana cara mengoptimalkannya?

Apa yang Dimaksud dengan Kecerdasan Intelektual?

Kecerdasan intelektual adalah kemampuan memecahkan masalah dan menganalisis suatu informasi secara logis dan rasional. 

Contohnya kemampuan berpikir abstrak dan analitis, memecahkan masalah, mengingat informasi, bekerja dengan angka, dan belajar. 

Jenis kecerdasan ini disebut juga Intelligence Quotient (IQ).

Faktor yang Memengaruhi Kecerdasan Intelektual Anak

Jenis kecerdasan anak dipengaruhi berbagai faktor yang saling terkait. Di antaranya biologis, sosial, dan lingkungan memengaruhi perkembangan kecerdasan si Kecil. Berikut penjelasannya.

1. Genetik Warisan Orang Tua

Faktor utama penentu kecerdasan anak diturunkan dari Mama. Perempuan diketahui punya dua kromosom X (XX), sementara laki-laki satu kromosom X dan satu kromosom Y (XY). 

Anak laki-laki akan mendapat kromosom X dari Mama dan kromosom Y dari Papa. Sementara anak perempuan mendapat masing-masing kromosom X dari Mama dan Papanya.

Kromosom X sering disebut sebagai pembawa gen kecerdasan. Adapun Mama memiliki dua kromosom X, sedangkan Papa hanya memiliki satu jenis kromosom tersebut. 

Artinya, Mama lebih mungkin mewarisi gen kecerdasan pada anaknya. Meski begitu, perlu diingat juga bahwa kecerdasan anak dapat dipengaruhi berbagai faktor lain.

2. Pola Asuh Orang Tua

Memberikan stimulasi tepat dan didikan untuk mengembangkan mindset yang tepat sejak dini, menjadi fondasi paling krusial untuk menentukan masa depan anak.

Tujuannya agar si Kecil selalu meyakini bahwa kecerdasan juga sebagai hasil dari kegigihan dan ketekunan mereka untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik. 

Berkomunikasi, membacakan buku, dan mendiskusikan cerita merupakan contoh stimulasi yang mudah dilakukan. Aktivitas ini dapat bantu merangsang imajinasi anak dan mendorongnya berpikir kritis.

Baca Juga: 8 Jenis Kecerdasan Anak yang Perlu Mama Ketahui

3. Lingkungan

Faktor lingkungan, seperti riwayat pendidikan orang tua, juga memengaruhi kecerdasan intelektual anak. Orang tua dengan pendidikan tinggi umumnya memiliki wawasan dan pengetahuan lebih luas. 

Orang tua dengan pendidikan tinggi ini cenderung akan berpikir untuk mengajarkan dan menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah yang berkualitas. 

4. Asupan Nutrisi yang Optimal

Asupan nutrisi juga berperan besar dalam memengaruhi kecerdasan IQ anak dengan mendukung pertumbuhan dan fungsi otak yang optimal, terutama pada periode emasnya. 

Mama dapat mengoptimalkan perkembangan kognitif dan daya pikir anak melalui pemenuhan nutrisi yang berasal dari asam lemak omega-3, terutama DHA. 

Maka itu, penting selalu penuhi kebutuhan gizi anak melalui makanan sehat dan dampingan susu formula untuk kecerdasan otak yang tinggi DHA dan EPA, sudah teruji klinis maksimalkan inteligensi anak, menjadikannya nutrisi optimal untuk siapkan si Kecil jadi pemenang.

Ciri-Ciri Anak dengan Kecerdasan Intelektual Tinggi

Anak dengan kecerdasan IQ tinggi memiliki kemampuan kognitif dan potensi luar biasa dalam berbagai bidang intelektual. Berikut ciri-ciri anak ber-IQ tinggi:

  • Cenderung punya skor IQ di atas 140, menandakan kecerdasan di atas rata-rata.
  • Cepat paham dalam mempelajari topik yang baru.
  • Memiliki keinginan untuk mengeksplorasi topik tertentu secara mendalam.
  • Mampu memproses informasi dengan cepat.
  • Punya rasa ingin tahu tinggi, dipenuhi banyak pertanyaan yang diajukan.
  • Memiliki kemampuan emosional yang lebih peka.
  • Memiliki selera humor yang baik.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Imajinatif dan mampu menemukan solusi kreatif untuk memecahkan masalah.

Meski begitu, perlu diingat bahwa ciri ini dapat bervariasi. Penting untuk mengenali potensi dan minat anak serta berikan dukungan tepat untuk optimalkan tumbuh kembangnya. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Anak Pintar yang Bisa Dideteksi Sejak Dini

Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual (IQ) Anak

Meningkatkan IQ tidak hanya mengandalkan faktor genetik, tetapi juga upaya mengembangkan potensi melalui stimulasi kognitif yang tepat. Berikut cara meningkatkan kecerdasan IQ anak:

1. Kenalkan Anak dengan Musik

Penelitian menunjukkan bahwa belajar alat musik memiliki dampak positif yang signifikan pada kemampuan kognitif si Kecil.

Belajar memainkan alat musik juga dinilai berdampak positif pada keterampilan membaca. Ini didukung dengan penelitian yang menemukan hubungan antara belajar musik dan peningkatan kemampuan membaca anak. 

Saat terlibat dalam bermain musik anak secara tidak langsung terlatih dalam memahami ritme, notasi, dan bahasa musik lainnya. Pada akhirnya, kemampuan bahasa dan berpikir si Kecil meningkat. 

2. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga merupakan cara efektif untuk meningkatkan kecerdasan. Aktivitas fisik memiliki peran yang sama pentingnya dengan nutrisi dalam mendukung perkembangan pada anak.

Saat si Kecil olahraga, otak akan dirangsang menghasilkan endorfin, hormon yang memberikan efek positif bagi kesehatan mental dan emosional si Kecil.

Baca Juga: Apakah Benar Anak yang Aktif Cenderung Pintar?

3. Ajak Main Permainan Mengasah Otak

Otak juga membutuhkan latihan untuk mencapai kecerdasan IQ yang optimal. Caranya, mengajak anak bermain permainan yang mengasah otak seperti lego, puzzle, dan scrabble. 

Permainan seperti lego dapat bantu mengembangkan kreativitas dan keterampilan pemecahan masalah anak. Sementara itu, puzzle dapat meningkatkan kemampuan logika.

Dengan bermain permainan mengasah otak, Mama dapat memberikan dukungan bagi perkembangan kognitif anak, sambil membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

4. Ajarkan Bahasa Asing

Anak-anak yang mahir bahasa asing umumnya memiliki tingkat kecerdasan intelektual lebih tinggi dibandingkan yang hanya menggunakan bahasa ibu.

Untuk itu, Mama dapat bantu mengajarkan bahasa asing sejak dini untuk optimalkan kemampuan si Kecil dalam berpikir kritis, pemecahan masalah, dan mengingat.

Mama dapat mengajarkan si Kecil bahasa asing menggunakan buku, video, ataupun lagu. Jika perlu, Mama bisa mendaftarkan anak les bahasa asing. 

5. Uji Ingatan Anak

Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan IQ anak adalah "menantang" ingatan. 

Tantangan ini bisa diwujudkan melalui permainan yang merangsang fungsi otak atau hanya dengan meminta anak mengingat hal-hal tertentu. 

Mama bisa ajak si Kecil ngobrol mengenai hal apa saja yang dilakukannya di sekolah. Cara ini bisa melatih kemampuan ingatan jangka pendek, sehingga ia bisa mengingat informasi penting lebih baik.

6. Istirahat yang Cukup

Tidur cukup berperan penting dalam perkembangan kognitif anak. Penelitian menunjukkan adanya hubungan langsung antara kecerdasan dan waktu tidur. 

Anak dengan durasi tidur tepat cenderung tampil lebih baik dalam penilaian kognitifnya, seperti dalam tes IQ atau penilaian akademik.

Untuk meningkatkan kecerdasan intelektual, pastikan anak punya rutinitas tidur konsisten, tercipta lingkungan tidur nyaman, dan terhindar dari gangguan seperti penggunaan gadget sebelum tidur. 

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak

7. Sering Membacakan Buku

Aktivitas membaca ini tidak hanya menjadi momen bonding anak bersama orangtua, tetapi juga berguna bagi perkembangannya.

Membaca dapat bantu si Kecil mengembangkan keterampilan bahasa dan mendengarkan dengan lebih baik. Aktivitas ini juga dapat memperluas perbendaharaan kata. 

Penelitian juga menemukan hubungan erat antara membaca dan tingkat kecerdasan anak. Membaca secara konsisten bantu anak menjadi lebih cerdas dan mengasah kemampuan kognitifnya. 

8. Perbanyak Eksplorasi

Membiarkan anak mengeksplorasi dunia sekitar adalah cara yang baik untuk memperluas pemikiran dan pengetahuannya melalui pengalaman baru. 

Mengajak anak mengunjungi tempat menarik seperti museum, kebun binatang, atau akuarium akan memberikan pengalaman belajar mendalam dan berkesan bagi si Kecil.

Selama eksplorasi di luar rumah, anak akan terpapar banyak wawasan dan pelajaran yang baik bagi perkembangannya. Ia juga akan mengembangkan rasa ingin tahu pada lingkungan sekitarnya.

Temukan lebih banyak tips parenting serta panduan stimulasi anak yang tervalidasi expert dengan mendaftar di Nutriclub sekarang!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Dr. Sruthi M., MBBS. (2022, March 10). Can You Increase Your Child’s IQ? 25 Ways to Boost Intelligence. MedicineNet; MedicineNet. https://www.medicinenet.com/can_you_increase_your_childs_iq/article.htm
  2. ‌Brubaker, A. (2022, October 18). How to Raise Smart Kids: 10 Secrets. Connectionsacademy.com; Connections Academy. https://www.connectionsacademy.com/support/resources/article/how-to-raise-smart-kids-10-secrets/
  3. Is intelligence determined by genetics?: MedlinePlus Genetics. (2015). Medlineplus.gov. https://medlineplus.gov/genetics/understanding/traits/intelligence/
  4. ‌WebMD. (2021, May 25). What Are Signs of Genius? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/balance/what-are-signs-of-genius
  5. ‌Lockett, E. (2019, November 19). 8 Ways to Increase Your IQ Levels. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-iq#iq-boosting
  6. ‌Can parents make their kids smarter? - Florida State University News. Florida State University News. https://news.fsu.edu/news/education-society/2014/10/30/can-parents-make-kids-smarter/
  7. ‌IDAI | Gifted Children (Bagian 1). (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/gifted-children-bagian-1-2
  8. ‌Verywell. (2021). Genetic and Environmental Factors Influence Intelligence. Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-factors-determine-intelligence-2795285
  9. Homepage | Language Connects Foundation. (2024). Language Connects Foundation. https://www.languageconnectsfoundation.org/
  10. TINGKAT KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) ANAK USIA DINI. (n.d.). Retrieved October 2, 2024, from https://eprints.iain-surakarta.ac.id/6842/1/FILE%20SKRIPSI%20ANNISA%20NUR%20BAITI_163131029.pdf
  11. Lean, R. E., Paul, R. A., Smyser, C. D., & Rogers, C. E. (2017). Maternal intelligence quotient (IQ) predicts IQ and language in very preterm children at age 5 years. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 59(2), 150–159. https://doi.org/10.1111/jcpp.12810
Artikel Terkait