Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

8 Pilihan Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak - Nutriclub
Perkembangan Otak

8 Pilihan Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 11 Agustus 2023

Ada banyak cara yang bisa Mama lakukan untuk bantu mengoptimalkan kecerdasan anak. Misalnya dengan memberikan mainan edukatif dan aktivitas-aktivitas lain yang dapat menstimulasi fungsi kognitifnya. Bagaimana dengan asupan nutrisi, Ma? Memang tidak dapat disangkal bahwa makanan juga turut berperan penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Terutama sekali dari ikan yang mengandung nutrisi penting seperti omega-3 dan 6, DHA, protein, zinc, selenium, dan masih banyak lagi.

Artikel ini akan membahas jenis-jenis ikan yang bagus untuk anak, khususnya untuk perkembangan otak. Yuk, simak penjelasan selengkapnya, Ma.

Ikan yang Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak

Pada dasarnya, apa yang dikonsumsi si Kecil akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya. Nah, ikan mengandung omega-3 yang sangat tinggi dibanding sumber protein hewani lainnya. 

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa memberikan anak makanan yang mengandung asam lemak omega-3 DHA dapat menghasilkan peningkatan dalam kemampuan koordinasi tangan dan mata, fokus perhatian, keterampilan sosial, dan kecerdasan.

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang baik untuk kecerdasan otak anak:

1. Ikan Shisamo

Ikan shisamo adalah ikan kecil yang berwarna hijau keperakan mirip dengan ikan sarden dan ikan teri. Ikan shisamo disebut juga sebagai smelt fish atau capelin fish. Ikan shisamo termasuk ikan laut yang bagus untuk anak karena rendah kolesterol jahat dan rendah merkuri.

Jenis ikan asal Jepang ini memang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan orang tua berkat nutrisi di dalamnya. Sebagai contoh, kalsium yang membantu membangun dan melindungi tulang dan gigi yang sehat, potasium yang menjaga detak jantung tetap stabil, serta vitamin B yang membantu mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk mendukung fungsi kognitif serta kesehatan kulit dan rambut anak.

Ikan shisamo juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi berupa asam lemak omega-3. Asupan teratur dari omega-3 bantu meningkatkan pembelajaran, memori, keterampilan kognitif.

Untuk mengolahnya pun termasuk mudah, Mama bisa menyajikannya dengan cara dipanggang atau digoreng. Duri pada ikan shisamo termasuk lunak, sehingga cocok untuk dikonsumsi anak-anak.

2. Ikan Tuna

Ikan tuna adalah ikan yang kaya akan nutrisi penting untuk kecerdasan otak anak. Ikan tuna mengandung fosfor, omega-3, kalium, dan magnesium yang semuanya dapat berkontribusi pada optimalisasi perkembangan kognitif.

Fosfor sendiri adalah mineral yang diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan otak dan tulang. Selain itu, ikan tuna kaya akan omega-3, terutama asam lemak DHA,  yang merupakan nutrisi esensial penting untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif yang optimal. Kalium dan magnesium juga berperan dalam menghantarkan sinyal saraf dan baik untuk fungsi saraf yang sehat.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon seringkali menjadi salah satu jenis ikan yang pertama kali dipikirkan orang ketika membahas ikan yang baik untuk meningkatkan fungsi kognitif anak.

Ikan salmon merupakan sumber makanan yang kaya akan lemak omega-3, terutama asam lemak omega-3 EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Kedua jenis lemak ini penting untuk perkembangan otak dan kemampuan kognitif anak.

Selain itu, ikan salmon mengandung vitamin D, yang penting untuk penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang yang sehat. Kalsium, sebagai mineral utama dalam tulang, juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang si Kecil.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak, Dari Mata Hingga Otak 

4. Ikan Kembung

Ikan kembung merupakan ikan lokal yang umumnya memiliki harga lebih terjangkau dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket. Meskipun tidak sepopuler ikan salmon, ikan kembung juga memiliki nilai gizi yang baik.

Ikan kembung mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, ikan kembung mengandung lemak omega-3 dan DHA, yang memiliki manfaat untuk perkembangan kognitif anak.

Melansir situs web Kementerian Kesehatan RI, kandungan omega-3 dalam ikan kembung bahkan 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan ikan salmon.

5. Ikan Tilapia

Ikan tilapia memang terkenal dengan rasanya yang agak manis dan teksturnya yang lembut. Ikan ini juga termasuk yang mudah ditemukan dan relatif terjangkau.

Ikan tilapia kaya akan vitamin B12 yang penting untuk menjaga sistem saraf dan membantu dalam produksi sel darah merah. Selain itu, ikan tilapia mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh si Kecil.

Tidak hanya berperan untuk meningkatkan fungsi kognitif anak, asam lemak omega-3 juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung dan daya tahan tubuh anak

6. Ikan Teri

Ikan teri kaya akan vitamin dan mineral, serta merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA. Omega-3 memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

Satu porsi ikan teri seberat 28,35 gram mengandung sekitar 0,45 gram EPA dan 0,77 gram DHA. Konsumsi asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup memberikan manfaat seperti meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Ikan teri juga diketahui memiliki tingkat merkuri yang lebih rendah daripada beberapa jenis makanan laut lainnya, tetapi tetap harus dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Anak Sehat dan Punya Imunitas yang Baik

7. Ikan Trout

Ikan trout menjadi pilihan yang tepat untuk si Kecil yang kurang menyukai rasa amis dari ikan, seperti salmon atau tuna. Selain rasanya yang lezat, ikan trout juga kaya akan nutrisi.

Tidak hanya tinggi asam lemak omega-3 yang baik untuk fungsi kognitif anak, ikan trout juga merupakan sumber protein, kalsium, magnesium, dan niasin yang baik. Niasin atau vitamin B3 berperan dalam metabolisme energi dan menjaga kesehatan sistem saraf.

8. Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan laut yang telah dibudidayakan melalui sistem tambak. 

Ikan bandeng diketahui memiliki kandungan omega-3 yang tinggi yakni sebesar 14,2 persen. Angka tersebut lebih tinggi daripada ikan sarden dengan kandungan omega-3 sebesar 3,9 persen. Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, termasuk ikan bandeng, dapat memberikan manfaat bagi kecerdasan otak dan memori anak. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi ikan bandeng adalah duri kecil yang terdapat di seluruh tubuh ikan. Mama bisa mengolahnya dengan menggunakan presto agar duri-durinya bisa lebih lunak sehingga mudah dikonsumsi si Kecil. 

Demikian penjelasan lengkap mengenai jenis ikan yang baik untuk kecerdasan anak. Untuk mengolah jenis-jenis ikan tersebut, Mama bisa menggoreng atau mengukusnya langsung. Mama juga bisa membuatnya menjadi semur ikan yang pastinya lezat. 

Penting untuk diingat bahwa apa yang Mama sajikan untuk anak akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Jadi, jangan lupa untuk selalu memberikan makanan bernutrisi dan bergizi seimbang agar si Kecil tumbuh dengan optimal.

Temukan berbagai informasi seputar panduan untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil yang dilengkapi dengan tips untuk dukung tumbuh kembangnya, melalui E-Book 1000 HPK. Download sekarang juga secara gratis, Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. WebMD Editorial Contributors. (2020, December 7). Health Benefits of Tilapia. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-tilapia
  2. ‌WebMD Editorial Contributors. (2020, August 20). Health Benefits of Anchovies. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-anchovies
  3. Verywell. (2015). Top 8 Fish for Omega-3 Fatty Acids. Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/best-fish-for-omega-3-fatty-acids-2506714
  4. ‌Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Kemkes.go.id. https://www.kemkes.go.id/article/print/18032900001/sumber-protein-bukan-hanya-susu.html
  5. ‌R. Morgan Griffin. (2008, November 24). Who Needs Omega-3s? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/who-needs-omega-3s#2
  6. ‌(2011, May 28). LIVESTRONG.COM. https://www.livestrong.com/article/457143-what-are-the-health-benefits-of-smelt/
  7. McGrane, K. (2020, November 6). Is Canned Tuna Good for You, or Bad? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/is-canned-tuna-healthy#benefits
  8. ‌Franziska Spritzler. (2016, December 20). Salmon Nutrition and Health Benefits. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/salmon-nutrition-and-health-benefits
Artikel Terkait
floating-icon