Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Bolehkah bayi 10 bulan makan nasi utuh - Nutriclub
Nutrisi

Bolehkah Bayi 10 Bulan Makan Nasi Utuh?

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 09 Juli 2024

Mengingat nasi merupakan makanan pokok kebanyakan orang Indonesia, tak heran jika banyak Ibu penasaran bolehkah bayi 10 bulan makan nasi utuh? Simak artikel ini untuk tahu jawabannya!

Bolehkah Bayi 10 Bulan Makan Nasi Utuh?

Bayi sudah bisa dikenalkan nasi sejak usia 6 bulan. Namun, teksturnya harus halus seperti bubur agar mudah dikonsumsi. 

Seiring waktu, bayi 10 bulan boleh makan nasi utuh asalkan ia sudah memiliki refleks menelan yang baik.

Mama bisa mencampurkan nasi utuh dan nasi lembek untuk membantunya belajar mengunyah, sekaligus mengenalkan aneka tekstur.

Selain itu, nasi dapat diratakan menggunakan bagian belakang sendok agar butiran nasi saling menempel, sehingga mempermudah bayi makan sendiri.

Berapa Porsi Nasi untuk Bayi?

Nasi adalah salah satu sumber karbohidrat dan energi yang dibutuhkan bayi untuk bertumbuh kembang. 

Untuk MPASI 10 bulan, takaran nasi yang dibutuhkan sekitar 25-40 gram nasi per porsi sekali makan.

Perlu Mama ingat, nasi perlu disajikan bersama dengan lauk pauk bergizi lengkap dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan energi bayi.

Baca Juga: 9 Manfaat Teri Nasi untuk MPASI, Tips Mengolah, dan Resepnya

Makanan Apa Saja yang Boleh untuk Bayi 10 Bulan?

Pada usia 10 bulan, bayi memang sudah bisa menikmati berbagai variasi rasa dan tekstur makanan. Umumnya, bayi juga sudah memiliki sekitar empat gigi seri di atas dan bawah mulut.

Meskipun sudah bisa menggigit, masih sulit baginya  mengunyah dengan baik. Sebaiknya tekstur MPASI 10 bulan dibuat cukup lunak, agar bisa dihaluskan dengan gigi depan dan gusinya.

Berikut adalah daftar makanan yang boleh dikonsumsi oleh bayi berusia 10 bulan.

  • Protein hewani: telur, daging ayam, ikan, udang, hati ayam yang dimasak hingga matang dan dicincang.

  • Karbohidrat: nasi, pasta, mie, roti, kentang, jagung.

  • Sayuran matang: termasuk wortel, kacang polong, buncis, bayam, labu siam yang sudah dihaluskan atau dipotong kecil-kecil.

  • Buah-buahan lunak dan matang: seperti pisang, pir, semangka, mangga, buah naga, apel.

  • Protein nabati: tempe, tahu, berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian.

  • Lemak tambahan: santan, butter, keju, yogurt.

Untuk frekuensi makan bayi 10 bulan, Mama disarankan memberikan tiga kali makan utama serta dua kali camilan atau snack, bisa berupa finger food di antara waktu makan utama.

Tetap berikan ASI meski bayi 10 bulan sudah boleh makan nasi utuh dan berbagai makanan lainnya.

Pemberian diberikan setidaknya dalam 3-4 kali sehari agar bayi mendapatkan nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhannya.

Baca Juga: Kebutuhan Gizi Bayi 10-12 Bulan yang Perlu Mama Ketahui

Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan Bayi 10 Bulan?

Setelah tahu jawaban bolehkah bayi 10 bulan makan nasi utuh dan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi, tidak jarang Mama ingin mencoba memberikan semua jenis makanan pada si Kecil. 

Perlu diingat bahwa tubuh bayi masih sangat sensitif dan rentan terhadap bahan-bahan tertentu. Berikut jenis makanan yang perlu dihindari karena berisiko bagi kesehatan si Kecil. 

  • Madu: madu sebaiknya dihindari karena mengandung spora bakteri yang dapat menyebabkan penyakit botulisme pada bayi di bawah 12 bulan.

  • Jus buah kemasan: karena kandungan gulanya yang tinggi dan kurangnya lemak, protein, kalsium, vitamin, atau serat yang dibutuhkan bayi. Bayi 10 bulan cukup diberikan ASI atau air putih.

  • Ikan dengan potensi merkuri tinggi: hindari ikan seperti hiu, ikan todak, king mackerel, dan tuna segar, karena potensi tingginya kandungan merkuri yang berisiko bagi perkembangan bayi.

  • Kacang utuh: tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 12 bulan karena berisiko tersedak. Boleh diberikan jika sudah dihancurkan, digiling, atau dalam bentuk selai.

  • Telur setengah matang: telur setengah matang berisiko mengandung bakteri Salmonella. Telur sebaiknya dimasak hingga benar-benar matang sebelum diberikan pada bayi.

  • Kerang yang dimasak sebentar: konsumsi kerang yang hanya dimasak sebentar dapat meningkatkan risiko keracunan makanan pada bayi.

  • Makanan terlalu banyak garam: hindari makanan yang mengandung terlalu banyak garam seperti sosis, biskuit, keripik, makanan siap saji, dan daging asap karena dapat berdampak buruk pada ginjal bayi.

  • Camilan manis: hindari camilan manis seperti permen dan jeli karena dapat merusak gigi bayi. Lebih baik pilih buah potong manis yang lebih alami sebagai alternatif.

  • Buah utuh berukuran kecil dan berbiji: seperti anggur, kismis, beri, dan tomat ceri, untuk terhindar dari risiko tersedak.

  • Sayuran mentah yang keras: seperti wortel dan paprika. Boleh dikonsumsi selama sudah direbus dan dicincang kecil-kecil.

Penting diingat, selalu berikan makanan dengan tekstur sesuai usia bayi ya, Ma. Jika pengenalan tekstur terlambat, ada potensi risiko bayi mengalami kesulitan saat makan ke depannya

Di antaranya yakni bayi cenderung menelan makanan secara langsung tanpa mengunyah dulu, atau bahkan mengemutnya jika teksturnya tidak sesuai.

Itulah penjelasan lengkap untuk menjawab pertanyaan bolehkah bayi 10 bulan makan nasi utuh. 

Mama bisa juga lho, mendapatkan berbagai macam topik menarik, mulai dari kreasi nutrisi, panduan tumbuh kembang, dan tips parenting lainnya melalui Ebook gratis dari Nutriclub. 

Download sekarang, yuk!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Buku Resep MPASI (Makanan Pendamping ASI). (2024). Kemkes.go.id. https://ayosehat.kemkes.go.id/buku-resep-makanan-lokal
  2. ‌Introducing new food textures to your baby. (2013, September 27). Aboutkidshealth.ca; AboutKidsHealth. https://www.aboutkidshealth.ca/introducing-new-food-textures-to-your-baby
  3. Verywell. (2022). Can My Baby Eat Rice? Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/can-my-baby-eat-rice-5216069
  4. Can a 14-month-old child eat rice? (2019). Vinmec.com. https://www.vinmec.com/en/news/health-news/pediatrics/can-a-14-month-old-child-eat-rice/
  5. ‌Can Babies Eat Rice and Rice Cereal? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/rice/
  6. ‌10-Month-Old’s Feeding Schedule: What to Feed a 10 Months Old Baby. (2014). Flo.health. https://flo.health/being-a-mom/your-baby/baby-care-and-feeding/10-month-olds-feeding-schedule
  7. ‌NHS Choices. (2024). 10 to 12 months. https://www.nhs.uk/start-for-life/baby/weaning/what-to-feed-your-baby/10-to-12-months/
  8. ‌NHS Choices. (2024). Foods to avoid giving babies and young children. https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/foods-to-avoid-giving-babies-and-young-children/
  9. ‌Conte, K. (2021, February 23). 8 Foods to Avoid Feeding Your Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/foods-babies-shouldnt-eat
  10. ‌Common Choking Hazards for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/choking-hazards-babies/
Artikel Terkait