Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

tanda bayi 1 bulan sehat-nutriclub
Imunitas

10 Tanda Bayi 1 Bulan Sehat yang Bisa Mama Pantau

Article Oleh : Intan 10 Juli 2024

Tahukah Mama apa saja tanda bayi 1 bulan sehat? Mengetahui hal ini penting, lho, untuk memastikan  tumbuh kembang bayi sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 

Tanda Bayi 1 Bulan yang Sehat

Tanda bayi sehat mencakup banyak aspek, dari perubahan fisik, perkembangan milestone-nya, respon refleks, sampai pola BAB-nya. Berikut adalah ciri-ciri bayi 1 bulan yang sehat:

1. Panjang dan Berat Badan Bertambah

Salah satu indikator bayi 1 bulan dikatakan sehat adalah mengalami pertambahan panjang dan berat badan.

Berat bayi 1 bulan idealnya naik sekitar 800 gram dari berat saat lahir dan panjang badan bertambah sekitar 1,5-2,5 cm.

Berikut adalah berat dan panjang badan bayi 1 bulan ideal menurut WHO: 

  • Bayi laki-laki: 3,9-5,1 kg, dengan panjang badan 52,8-56,7 cm. 

  • Bayi perempuan: 3,6-4,8 kg, dengan panjang badan 51,7-55,6 cm.

Baca Juga: Ukuran Lingkar Kepala Bayi yang Normal Sesuai Usianya

2. Refleks Bayi Responsif

Tanda bayi 1 bulan sehat bisa dilihat dari semua refleks tubuh yang masih sangat responsif. Refleks bayi ada 7 yang bisa Mama perhatikan, yaitu:

  • Rooting reflex (reflek menoleh): untuk mencari puting dan menyusu.

  • Sucking reflex (refleks mengisap): untuk mengisap dan menelan ASI.

  • Moro reflex (refleks moro): respon kaget saat tidur atau terhadap suara kencang atau gerakan tiba-tiba.

  • Tonic neck reflex: refleks untuk melatih bayi meraih atau menggapai benda.

  • Grasping reflex (refleks menggenggam): untuk menggenggam atau mencengkram.

  • Refleks Babinski: meregangkan telapak kaki ketika disentuh.

  • Stepping reflex: refleks menempatkan satu kaki ke depan saat digendong di ketiak, seperti akan berjalan.

Kebanyakan refleks ini akan menghilang setelah usia 2-3 bulan ke atas. Jika usia bayi masih 1 bulan tapi sudah tidak menunjukkan refleks apa pun saat distimulasi, segera ke dokter.

3. Sering Menyusu

Bayi 1 bulan yang sehat bisa ditandai dari berapa sering ia menyusui. Pada umumnya, bayi bisa menyusu sebanyak 8-12 kali per hari. 

Namun, penting juga memperhatikan berapa lama bayi menyusu dan tanda-tanda bayi cukup ASI untuk memastikan kebutuhan ASI-nya juga sudah terpenuhi.

Bayi 1 bulan butuh menyusui sekitar 20-45 menit sampai bisa kenyang. Jika bayi sudah melepas isapannya dan terlihat nyaman serta mengantuk setelah menyusui, artinya ia sudah kenyang.

4. BAK dan BAB Lancar

Seberapa sering si Kecil buang air kecil dan buang air besar juga dapat menjadi tanda bayi 1 bulan sehat. 

Bayi 1 bulan bisa buang air kecil (BAK) sedikitnya 4-6 kali sehari atau sekali per 1-3 jam, sedangkan frekuensi BAB bayi 1 bulan normalnya 3 kali sehari atau lebih.

Urine bayi yang sehat biasanya berwarna kuning (bisa kuning terang, kuning tua, atau di antara keduanya). Feses bayi yang sehat umumnya agak encer dan warnanya kuning kecoklatan seperti mustard.

5. Tidur 14 Jam Sehari

Durasi tidur bayi usia 1 bulan yang normal adalah sekitar 14-15 jam sehari, yang terbagi 8-9 jam tidur malam dan 2 kali tidur siang dengan total 7 jam.

Bayi bisa kurang tidur jika mendapat terlalu banyak stimulasi, baik dari terlalu banyak bermain di siang hari atau dari residu kafein yang Mama konsumsi dan tersalurkan lewat ASI. 

Terus-terusan kurang tidur dapat mengganggu proses perkembangan otak bayi, penurunan sistem imun, dan masalah pertumbuhan.

6. Menyadari Suara di Sekitarnya

Jika si Kecil mudah kaget dan menangis ketika mendengar suara kencang di sekitarnya, ini tanda bayi 1 bulan sehat karena pendengarannya berfungsi dengan baik. 

Ia juga mengetahui suara Mama dan Papa, ia bahkan bisa berhenti menangis ketika Mama berbicara padanya.

7. Melakukan Kontak Mata 

Bayi 1 bulan juga dikatakan sehat apabila bisa melakukan kontak mata. Meski penglihatan bayi 1 bulan masih belum sempurna, tapi ia sudah bisa melakukan dan mempertahankan kontak mata dengan Mama.

Bayi usia 1 bulan sudah bisa melihat dengan jarak pandang sekitar 45 cm. Si Kecil bisa melihat wajah Mama dan Papa, juga benda-benda di dekatnya. 

Mungkin Mama menyadari kadang mata si Kecil terlihat juling, tapi hal ini wajar karena otot di sekitar matanya belum sepenuhnya berkembang. 

Baca Juga: 6 Cara Stimulasi yang Tepat untuk Bayi 1 Bulan

8. Mengenali Bau dan Sentuhan yang Familiar 

Indra penciuman bayi sudah ada sejak ia lahir. Ciri-ciri bayi 1 bulan sehat adalah bisa mengenali wangi tubuh Mama dan aroma ASI, juga membedakan wangi Mama dengan aroma Papa 

Selain itu, bayi mampu merespons sentuhan dengan refleks genggamannya (grasping reflex). Jika Mama mengelus telapak tangan bayi, jari-jarinya akan melingkari tangan Mama dan menggenggamnya.

9. Bisa Berekspresi

Bayi 1 bulan memang belum bisa bicara, tapi Mama pasti bisa melihat berbagai perbedaan ekspresi wajahnya. Misalnya mengerucutkan bibirnya, mengangkat alis, membelalakan atau menyipitkan mata, dan mengerutkan alisnya.

Waspada gejala awal autisme pada bayi jika ia tidak melakukan kontak mata dan tidak merespons isyarat sosial seperti suara bising atau gerakan Mama melambaikan tangan dan bertepuk tangan.

10. Bayi Menangis

Bayi pasti akan menangis karena itu adalah caranya berkomunikasi. Justru tangisan adalah tanda bayi 1 bulan sehat. Penyebab bayi menangis yakni lapar, pup, dan merasa tidak nyaman. 

Kebiasaan menangis bayi berbeda-beda, ada bayi yang sering menangis, tapi ada juga bayi yang jarang menangis.

Namun, kalau si Kecil tidak menangis padahal Mama tahu ia sedang membutuhkan sesuatu, segera periksakan ke dokter. 

Baca Juga: Perkembangan Bayi 1 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja?

Agar si Kecil tumbuh sehat, teruslah monitor pertumbuhan dan perkembangan bayi setiap bulan agar jika ada tanda-tanda yang mengkhawatirkan bisa cepat terdeteksi oleh dokter.

Pastikan juga si Kecil mendapatkan imunisasi sesuai jadwal untuk mencegah berbagai penyakit menular. 

Download E-book Panduan Dukung Imunitas untuk dapatkan informasi eksklusif yang terverifikasi ahli mengenai cara mendukung daya tahan tubuh bayi di 1000 hari pertama kehidupannya. 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. BabyCenter. “Your 1-Month-Old Baby’s Growth and Development.” BabyCenter, www.babycenter.com/baby/month-by-month/1-month-old-baby-milestones-and-development_1077.

  2. Desiraju, Madhu. “Your Newborn’s Growth (for Parents) .” Kidshealth.org, 2018, kidshealth.org/en/parents/grownewborn.html.

  3. Felton, Kathleen. “Your 1-Month-Old Baby’s Biggest Milestones.” What to Expect, 25 Oct. 2021, www.whattoexpect.com/first-year/month-1.

  4. KidsHealth. “Your Child’s Checkup: 1 Month (for Parents).” Kidshealth.org, kidshealth.org/en/parents/checkup-1mo.html.

  5. Parents. “8 Signs of a Healthy Baby.” Parents, www.parents.com/baby/development/social/8-signs-of-a-healthy-baby/.

  6. WHO. “Length/Height-For-Age.” Www.who.int, 2021, www.who.int/tools/child-growth-standards/standards/length-height-for-age.

  7. ---. “Weight-For-Age.” Www.who.int, 2023, www.who.int/tools/child-growth-standards/standards/weight-for-age.

Artikel Terkait