Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Perkembangan Bayi 2 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja?

Stimulasi

Perkembangan Bayi 2 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja?

Article By : Sindhi Aderianti

Bayi 2 bulan sudah bisa apa saja? Perkembangan bayi di umur 2 bulan sudah menunjukkan lebih banyak kemajuan dibanding bulan sebelumnya.

Untuk lebih lengkapnya, kami dari Tim Ahli Nutriclub akan menjelaskan kepada Mama mengenai tumbuh kembang bayi di usia 2 bulan.

Bayi 2 Bulan Sudah Bisa Apa Saja?

Menginjak usia 2 bulan, si Kecil akan mengalami beberapa perkembangan baru. Sebagai orang tua, Mama dan Papa perlu mengetahui setiap milestone yang dialami si Kecil untuk mengetahui apakah ia sudah berada di “jalur” yang tepat atau tidak.

Berikut adalah beberapa milestone yang dicapai bayi di umur dua bulan:

1. Melihat Lebih Jelas

Pada usia 2 bulan, bayi biasanya sudah mulai jelas melihat perbedaan warna. Si Kecil sudah bisa membedakan benda berwarna yang primer, seperti merah, biru, atau kuning, dari yang awalnya hanya melihat warna hitam dan putih.

Di rentang usia ini penglihatan si Kecil juga sudah bisa melihat benda dengan desain atau detail yang lebih rumit.Jul 17, 2019 penglihatannya mulai berkembang dari yang hanya melihat warna hitam putih menjadi lebih banyak warna dan bentuk. 

Di usia ini, kebanyakan bayi juga sudah mulai bisa melihat dengan fokus. Terutama fokus melihat wajah Mama.

Rangsang perkembangan penglihatannya dengan memperlihatkan pada si Kecil berbagai variasi mainan berwarna, misalnya bola lembut, mainan plastik, dan boneka binatang. Selain itu, biarkan ia menyentuhnya dengan leluasa.

2. Mengenali Suara

Perkembangan bayi 2 bulan yang kedua akan ditandai dengan si Kecil yang mulai bisa membedakan suara-suara yang akrab di telinganya, misalnya suara Mama, Papa, Kakak, dengan suara yang asing. Perhatikan saat ia mulai mencari arah datangnya sumber suara. Ajak bicara si Kecil, dan ia akan memerhatikan gerakan mulut Mama. 

Ceritakan apa yang Mama kerjakan dari jarak yang agak jauh dari si Kecil. Jangan ragu untuk sering mengajaknya bicara untuk melatih kemampuan berbahasanya. Jika Mama curiga si Kecil memiliki gangguan pendengaran, tak perlu khawatir untuk membawanya ke dokter anak dan mendapatkan tes pendengaran.

3. Mengangkat Kepala

Saat ini, si Kecil mulai bisa mengangkat kepala saat tummy time. Gerakan ini penting untuk dilatih agar otot leher bayi semakin kuat dan bayi bisa mempertahankan posisi kepalanya dengan stabil. Ini juga merupakan salah satu langkah penting sebelum bayi bisa mulai siap untuk belajar duduk.

Anda bisa menstimulasi bayi dengan melakukan tummy time 2-3 kali sehari selama 5-10 menit. Tetaplah berada di sisi bayi selama tummy time.  memiringkan tubuhnya, berguling dari posisi telentang ke sisi tubuhnya, atau dari posisi tengkurap ke sisi tubuhnya. Untuk berguling penuh atau berguling dari posisi telentang ke posisi tengkurap, biasanya baru bisa dilakukan si Kecil pada usia 3 bulan.

4. Mengenal Wajah Orang Terdekat

Mulai saat ini, perkembangan bayi 2 bulan akan ditandai dengan si Kecil yang akan tersenyum pada orang yang datang ke kamarnya atau orang yang menggendongnya. Saat ini adalah masa yang tepat untuk memperkenalkan si Kecil pada pengasuh yang akan merawatnya. 

Namun, tiap bayi memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang mudah menerima orang baru, tetapi ada juga yang tidak. Jangan memaksakan mengenalkan seseorang jika si Kecil menolak, melainkan tetap temani ia dan pengasuhnya. Bersabarlah sambil menggendong dan memeluk si Kecil, mungkin ia hanya butuh waktu.

5. Memasukkan Tangan ke Mulut

Di usia 2 bulan, si Kecil umumnya juga akan sering terlihat memasukkan tangan ke mulut. Ini merupakan bagian dari refleks mengisap bayi.

Jika ia sering memasukkan tangannya ke dalam mulut, Mama tak perlu khawatir atau melarangnya. Sebab, inilah cara si Kecil untuk membuat dirinya nyaman.

Baca Juga: Tahap Perkembangan Motorik Bayi 0-12 Bulan

Did you know?

”Di usia 0-3 bulan, Ibu bisa menstimulasi perkembangan otak si Kecil dengan memeluknya, menatap matanya, mengajaknya tersenyum, membunyikan berbagai suara atau musik bergantian, dan menggantung dan menggerakkan benda berwarna terang. Ketahui selengkapnya di sini.“

Stimulasi untuk Mendukung Perkembangan Bayi 2 bulan

Stimulasi merupakan bentuk pemberian bekal untuk menang yang bisa Mama lakukan sejak si Kecil umur 2 bulan. Tujuannya, tentu agar si Kecil mencapai milestone perkembangan dengann optimal sehingga ia bisa tumbuh menjadi pemenang di masa depan!

Apa saja stimulasi bayi 2 bulan? Berikut di antaranya:

1. Latih Bayi Berguling

Usia bayi 2 bulan menandakan bahwa dirinya bisa bergerak aktif. Letakkan mainan berwarna cerah di dekat si Kecil agar ia dapat melihat dan tertarik pada mainan tersebut. Kemudian, pindahkan mainan tersebut ke sisi lain dengan perlahan. 

Awalnya, si Kecil mungkin perlu dibantu dengan menyilangkan paha agar badannya ikut bergerak miring, sehingga si Kecil bisa lebih mudah berguling.

Ketika si Kecil berguling, tersenyumlah padanya dan tunjukkan rasa kasih sayang. Jaga agar si Kecil tidak jatuh dari tempat tidur atau dari ketinggian lain.

2. Ajak Anak Perhatikan Benda Bergerak

Si Kecil senang memerhatikan wajah seseorang, gambar, benda, atau mainan menarik berwarna cerah. 

Dekatkan wajah Mama, gambar, benda, atau mainan menarik ke wajah si Kecil agar ia melihat dan memerhatikannya. Perlahan-lahan, gerakkan wajah Mama atau benda-benda itu ke sisi kanan dan kiri sehingga si Kecil mengikuti pergerakannya.

3. Latih Anak Meniru Suara

Di usia ini, Mama sudah bisa mulai memberikannya stimulasi bayi 2 bulan dengan selalu mengajaknya berbicara sambil menatap mata si Kecil.

Stimulasi ini dilakukan agar si Kecil memahami cara berkomunikasi sejak dini, sehingga lama kelamaan ia pun terpancing untuk merespon ocehan Mama dengan caranya sendiri.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Keterlambatan Bicara pada Balita

4. Buat si Kecil Tersenyum

Senyum termasuk kemampuan dalam tumbuh kembang bayi 2 bulan. Oleh karenanya, si Kecil  perlu bisa melakukannya di usia ini. 

Maka sesering mungkin, ajak si Kecil tersenyum dan tatap matanya. Balas tersenyum tiap kali si Kecil tersenyum kepada Mama. Buat suara-suara yang menyenangkan dan berbicara kepadanya sambil tersenyum.

Perkembangan Bayi 2 Bulan Menuju 3 Bulan

Pada usia 2 bulan menjelang 3 bulan, si Kecil umumnya sudah mulai bisa menegakkan leher dan kepalanya secara reflek saat Mama menggendongnya atau saat si Kecil duduk sambil dipegangi. 

Sementara ketika tengkurap, ia baru mengangkat kepalanya sendiri meski hanya 45 derajat atau belum seluruhnya tegak.

Mama perlu memastikan si Kecil sudah bisa melakukan hal ini pada usia tersebut, sehingga tumbuh kembang bayi 2 bulan dikatakan optimal.

Anda bisa menstimulasi bayi dengan melakukan tummy time 2-3 kali sehari selama 5-10 menit. Tetaplah berada di sisi bayi selama tummy time.

Baca Juga: Umur Berapa Bayi Bisa Tengkurap? Latih dengan 6 Cara Ini!

Waspada Keterlambatan Tumbuh Kembang Bayi 2 Bulan

Setiap bayi adalah individu yang unik. Milestone perkembangan bayi 2 bulan di atas hanyalah patokan bahwa si Kecil memiliki potensi terhadap apa yang akan dicapainya. Jika si Kecil belum mencapainya saat ini, maka ia akan mencapainya tidak lama lagi.

Namun, Mama perlu waspada jika Si Kecil belum menunjukkan perkembangan bayi 2 bulan terutama ketika usianya sudah 3 bulan atau lebih.

Melansir Baby Center, berikut ini adalah red flag tersebut:

  • Tidak bereaksi ketika mendengar suara kencang

  • Penglihatannya tidak fokus pada benda yang bergerak

  • Tidak tersenyum ketika Mama atau orang lain mengajaknya tersenyum

  • Tidak memasukkan tangannya ke mulut

  • Tidak dapat menegakkan kepala saat dibaringkan tengkurap

Nah, agar si Kecil bisa tumbuh optimal teruslah berikan bekal terbaik untuknya yaitu pemberian ASI yang tepat

Jika menemukan tanda keterlambatan pada perkembangan bayi 2 bulan, segeralah periksakan si Kecil ke dokter tumbuh kembang ya, Ma. Mama juga bisa bertanya langsung dengan dengan team Nutriclub Expert Advisor untuk bertanya mengenai perkembangan si Kecil.

Butuh informasi lain mengenai tumbuh kembang si Kecil? Mama bisa download eksklusif e-book atau mendengarkan podcast seputar parenting melalui website Nutriclub. Jadikan ini bekal untuk menang si Kecil, agar nantinya ia tumbuh menjadi pemenang di masa depan!

Selanjutnya, Mama bisa baca seputar perkembangan bayi umur 3 bulan di sini.

  1. Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/baby-development/warning-signs-of-a-physical-developmental-delay_6720. Diakses pada 20 Juli 2022.
     
  2. American Optometric Association. https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-health-for-life/infant-vision?sso=y. Diakses pada 22 Juli 2022.
     
  3. Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/senses-2mos.html. Diakses pada 22 Juli 2022.
     
  4. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-2-month-old-baby-development-and-milestones-4171959. Diakses pada 22 Juli 2022.
     
  5. WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-2-month-old. Diakses pada 22 Juli 2022.
     
comment-icon comment-icon