Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

10 Manfaat Kolostrum Bagi Si Kecil

Saat Ibu menyusui pertama kalinya, seringkali Ibu berpikir bahwa ASI Ibu tidak keluar. Namun tetap teruskan menyusui, karena bayi akan mendapatkan kolostrum yang sangat berperan penting bagi daya tahan tubuhnya. Kolostrum adalah makanan pertama untuk bayi baru lahir yang keluar dari payudara Ibu sebelum air susu (ASI).

Apa Itu Kolostrum?

Kolostrum adalah ASI yang keluar pertama kali yang berwarna kekuningan dan kental. Cairan ini banyak mengandung antibodi penghambat pertumbuhan virus dan bakteri, protein, vitamin A dan mineral sehingga sangat penting untuk segera diberikan pada si Kecil ketika ia lahir. Pedoman pemberiannya, hari pertama dan kedua 5-10 menit per payudara. Hari ketiga dan seterusnya 15-20 menit per payudara.

 

Did you know?

”Berbagai studi menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif melindungi si Kecil dari berbagai virus perut, penyakit pneumonia, infeksi telinga, serta meningitis karena ASI memiliki kandungan yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Kapan Ibu Mulai Produksi Kolostrum?

Setiap Ibu memiliki waktu yang berbeda untuk memproduksi kolostrum. Namun, pada umumnya kolostrum mulai diproduksi sejak kehamilan trisemester 1 atau trisemester ketiga. Jika Ibu sedang hamil, di semester tiga Ibu bisa memeras payudara dan melihat cairan kuning keluar dari puting payudara.

Apa Perbedaan Kolostrum dan ASI?

Kolostrum tentu berbeda dengan ASI. Kolostrum lebih kaya nutrisi dibandingkan ASI. Tekstur kolostrum lebih kental dan berwarna kuning. Kandungan kolostrum juga kaya manfaat dibandingkan ASI.

10 Manfaat Kolostrum untuk Anak

  1. Manfaat kolostrum sebagai antibodi yang terkandung di dalam kolostrum sangat penting untuk melindungi si Kecil dari infeksi dan alergi.
  2. Sel darah putih pada kolostrum baik untuk melindungi si Kecil terjangkit infeksi.
  3. Manfaat kolostrum sebagai laksatif atau pencahar berguna untuk membersihkan mekonium. 
  4. Kandungan vitamin A pada kolostrum akan bantu mencegah berbagai infeksi dan risiko penyakit mata.
  5. Kolostrum bermanfaat untuk mencegah bayi kuning.
  6. Manfaat kolostrum adalah menutrisi otak, mata, dan jantung bayi.
  7. Kolostrum mampu mencegah hipoglikemia pada bayi baru lahir.
  8. Kolostrum bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan bayi prematur.
  9. Mampu membantu peningkatan berat badan.
  10. Kolostrum mencegah leukimia pada bayi dan anak.
comment-icon comment-icon