Keunggulan Formula Asam Amino untuk Bayi Alergi Susu Sapi - Nutriclub - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kesehatan

Keunggulan Formula Asam Amino untuk Bayi Alergi Susu Sapi

Alergi protein susu sapi merupakan alergi makanan yang paling umum di masa bayi dan anak-anak.

    Sebagian besar pengidap alergi protein susu sapi adalah anak-anak, terutama bayi yang berusia kurang dari 1 tahun. Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui lebih jauh tentang alergi yang dimiliki si Kecil. Biasanya, bila bayi tidak menyusu ASI, atau bila bayi telah diperkenalkan dengan formula, dokter akan menyarankan formula yang aman untuk bayi yang memiliki alergi susu sapi. 

     Salah satu formula yang disarankan untuk mencegah dan mengobati alargi pada anak adalah formula asam amino (AAF).Formula asam amino (AAF) merupakan formula yang mengandung asam amino bebas (bentuk paling sederhana dari protein). Asam amino sendiri adalah senyawa organik yang bergabung menjadi protein. Dengan kata lain, protein dalam makanan, dalam hal ini susu sapi, mengalami proses penguraian sedemikian rupa dan hasil penguraian tersebut adalah asam amino.

alergi susu sapi

     Karena merupakan bentuk paling sederhana dari protein, maka formula asam amino mudah dicerna dan bersifat 100% non-alergen alias tidakmemicu alergi sehingga aman untuk bayi dan anak yang alergi protein susu sapi.

    Selain tidak memicu alergi, keunggulan lainnya adalah asam amino merupakan salah satu zat gizi yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi, terutama untuk pertumbuhan otaknya. Jenis asam amino yang berguna untuk perkembangan otak antara lain tryptophan dan tyrosine. Tidak hanya dua jenis asam amino tersebut, kekurangan jenis asam amino apa pun dapat mengakibatkan tumbuh kembang yang tidak optimal.

     Penelitian menyebutkan bahwa formula asam amino merupakan pilihan tepat untuk bayi yang memiliki alergi susu sapi, terutama pada bayi dengan alergi protein susu sapi yang sangat sensitif. 

     Penelitian menemukan, bayi yang mengalami alergi protein susu sapi ketika diberikan formula asam amino terjadi kenaikan berat badan dan gejala alergi berkurang.

     Selain Itu, formula asam amino juga mendukung pertumbuhan bayi dengan alergi susu sapi, serta aman digunakan dalam jangka panjang. Tak kalah penting, formula asam amino bisa mengurangi durasi sakit si Kecil sehingga bisa menghemat pengeluaran biaya kesehatan, karena Anda tidak perlu bolak-balik ke dokter untuk mengatasi reaksi alergi si Kecil.

     Beberapa kondisi berikut menjadi alasan mengapa formula asam amino dianggap pilihan tepat untuk mengatasi bayi yang memiliki alergi susu sapi:

  • Formula asam amino mudah dicerna dan telah terbukti klinis 100% non-alergenik
  • Gejala alergi tidak sepenuhnya bisa diselesaikan dengan formula hidrolisis (eHF)
  • Pertumbuhan bayi terhambat/gagal tumbuh jika alergi tidak segera diatasi
  • Dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan karena alergi makanan yang komplek

  Jika alergi tidak segera diatasi dapat menimbulkan gejala Esofagitiseos inofilik yaitu peradangan pada lapisan esofagus atau kerongkongan yang berisiko merusak jaringan esofagus.

  • Berpotensi mengalami anafilaksis jika tidak segera diatasi

  Dalam penanganan alergi protein susu sapi, semua rekomendasi saat ini mendukung penggunaan AAF sebagai pendekatan linipertama. Karena selain bisa mengurangi gejala alergi, formula asam amino juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Referensi

Meyer R, et al. When should infants with cow’s milk protein allergy use an amino acid formula? A practical guide. Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice. 2018;6(2):383-99.

facebook-logo twitter-logo