Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

12 Makanan yang Mengandung Probiotik untuk Kesehatan Anak

Kesehatan

12 Makanan yang Mengandung Probiotik untuk Kesehatan Anak


Probiotik merupakan bakteri atau mikroorganisme hidup, yang apabila dalam jumlah yang cukup dapat berdampak baik bagi tubuh manusia terutama pada saluran pencernaan. Probiotik sering kali disebut dengan istilah bakteri baik. Probiotik memiliki berbagai cara kerja, salah satunya dengan cara menyeimbangkan jumlah bakteri “baik” dan bakteri “jahat” yang hidup pada saluran pencernaan. Dengan cara kerja seperti ini dipercaya bahwa probiotik dapat meredakan diare yang disebabkan karena infeksi atau efek samping penggunaan antibiotik tertentu.1,2

Peran Probiotik untuk Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah diketahui bahwa saluran cerna merupakan salah satu organ kekebalan tubuh terbesar terutama pada anak-anak. pada saluran pencernaan sekitar 80% sel yang menghasilkan antibodi dan 40% jaringan saluran cerna disusun oleh kelenjar getah bening yang terbesar dalam tubuh manusia. Kedua komponen ini sangat berperan dalam sistem imun tubuh anak.

Dalam saluran cerna terdapat ratusan spesies mikroorganisme yang jumlahnya bisa mencapai 100 triliun.3

Saluran pencernaan berperan sebagai barrier atau benteng pertahanan dari pengaruh lingkungan luar tubuh, terutama pada masa anak-anak. Peran ini menjadikan saluran cerna berfungsi sebagai sistem perlindungan (pertahanan) terdepan untuk menghadapi mikroorganisme penyebab infeksi serta mengatur sistem pertahanan tubuh agar lebih kebal terhadap penyebab alergi.3

Bakteri baik atau disebut probiotik dapat diperoleh dari sumber makanan atau minuman yang telah melalui proses fermentasi seperti yoghurt, tahu, tempe dan kimci. Makanan atau minuman tersebut sangat bermanfaat sebagai sumber probiotik asal disimpan dengan baik.3

Perbedaan Probiotik dan Prebiotik

Berbeda dengan probiotik, prebiotic merupakan makanan yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik (probiotik) dalam tubuh agar jumlahnya tetap terjaga. Prebiotik biasanya berupa makanan tinggi serat seperti gandum, kacang kedelai, bawang putih, bawang Bombay, daun bawang, asparagus dan pisang.4

Jenis Probiotik

Secara umum, probiotik dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Lactobacillus

Jenis probiotik ini merupakan jenis yang sering dan mudah ditemukan. Bakteri Lactobacillus ini bermanfaat dalam mengobati diare dan gangguan penyerapan laktosa (biasanya terjadi pada anak-anak yang alergi terhadap susu sapi). Jenis makanan atau minuman yang mengandung bakteri ini yaitu  seperti yoghurt dan makanan yang melalui proses fermentasi.

Bifidobacterium

Bakteri ini ditemukan pada produk susu olahan. Manfaat dari bakteri ini adalah menjaga saluran pencernaan jangka panjang seperti irritable bowel syndrome (IBS).

Saccharomyces Boulardii

Berbeda dengan kedua bakteri yang telah disebutkan sebelumnya, Saccharomyces boulardii merupakan jenis jamur pada probiotik. Jamur ini biasanya digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan seperti diare.1,4

Manfaat Probiotik Bagi Tubuh Si Kecil

Probiotik membantu mengirim makanan melalui usus dengan cara mempengaruhi saraf yang mengontrol pergerakan usus. Para peneliti mengatakan probiotik dapat menangani masalah pencernaan seperti:

  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Mengurangi gejala peradangan usus halus
  • Menjaga kesehatan mulut
  • Membantu menjaga kesehatan saluran cerna
  • Menjahga kesehatan saluran kemih dan area kewanitaan
  • Membantu mengatasi penyakit kulit atau eksim
  • Mencegah alergi, pilek dan infeksi saluran pernapasan atas
  • Mencegah diare akibat efek samping penggunaan antibiotik.1,4

12 Makanan Sumber Probiotik

Probiotik dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen, namun ada berbagai makanan yang seringkali ditemukan sehari-hari yang mengandung probiotik dengan jumlah yang cukup baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Berikut ini 12 makanan yang mengandung probiotik, seperti:

1. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan yang mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan. Yoghurt berasal dari susu yang difermentasikan oleh sejumlah bakteri baik yaitu lactobacillus dan juga Bifidobacterium. Mengkonsumsi yoghurt dapat menjaga kesehatan tulang dan bagi orang dewasa, yoghurt dapat menjaga tekanan darah.

Pada anak, yoghurt dapat membantu menurunkan resiko dan pengobatan diare yang disebabkan karena infeksi bakteri atau virus dan juga mengobati diare akibat penggunaan antibiotik. Selain itu, yoghurt dapat membantu memperbaiki gejala peradangan usus atau yang disebut irritable bowel syndrome (IBS).5

2. Tempe

Tempe merupakan salah satu produk makanan hasil dari fermentasi dari kacang kedelai. Kacang kedelai dapat meningkatkan penyerapan dari zat besi dan zink yaitu mineral baik bagi saluran cerna. Selain itu, proses fermentasi dapat menghasilkan sumber vitamin B12.5

3. Kimchi

Kimchi merupaakan asinan sayur yang berasal dari korea dengan menggunakan sawi putih yang difermentasikan dan ditambahkan bawang putih, jahe dan garam.

Makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik ini mengandung bakteri baik Lactobacillus kimchi yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan dan mengandung sejumlah itamin dan mineral seperti vitamin K, riboflavin (vitamin B2) dan zat besi.5

4. Acar

Acar merupakan hasil fermentasi mentimun yang direndam dengan cuka dan garam, proses fermentasi dari lactobacillus menjadikan acar terasa asam. Mentimun merupakan prebiotic yang memungkinkan bakteri baik (probiotik) untuk hidup dan meningkatkan kesehatan saluran cerna.5

5. Berbagai Jenis Keju

Hampir semua jenis keju dibuat dari proses fermentasi sehingga mengandung probiotik. Makanan yang mengandung probiotik ini merupakan sumber protein yang baik, mengandung vitamin dan mineral seperti kalsium, vitamin b12, selenium dan phosphor.5

6. Kefir

Susu fermentasi adalah sebutan lain dari kefir. Susu jenis ini dikenal baik untuk kesehatan, terutama pencernaan. Kefir mengandung beberapa strain dan bakteri utama yang mengandung probiotik.

7. Acar

Acar adalah mentimun yang dilarutkan dalam garam dan air. Dengan kata lain, acar adalah mentimun yang telah melalui proses fermentasi. Makanan sumber probiotik ini baik untuk pencernaan anak.

8. Roti Sourdough

Salah satu jenis roti yang mengandung probiotik adalah roti sourdough yang terbuat dari tepung fermentasi selama beberapa hari. Namun, tidak semua roti sourdough mengandung probiotik. Sebaiknya, Mama membaca kandungan nutrisinya terlebih dahulu.

9. Natto

Salah satu makanan yang mengandung probiotik selanjutnya adalah Natto, yaitu makanan Jepang. Nato mengandung vitamin K2 dan protein.

10. Kubis Asam

Kubis asam adalah salah satu makanan yang populer di Eropa. Kubis asam mengandung zat besi, vitamin C, vitamin K, dan vitamin lainnya.

11. Sauerkraut

Makanan probiotik ini adalah hasil fermentasi dari kol (bisa juga sayuran lain). Sauerkraut mengandung probiotik tinggi bisa mengurangi alergi. Makanan ini juga kaya akan vitamin B, A, E, dan C.

12. Buttermilk

Buttermilk adalah salah satu susu fermentasi yang mengandung probiotik tinggi untuk pencernaan. Minuman ini dibuat dari campuran mentega dan dicampur dengan vitamin, mineral dan probiotik tinggi.

  1. Felson, MD S. What Are Probiotics? [Internet]. WebMD. 2020 [cited 5 October 2021]. Available from: https://www.webmd.com/digestive-disorders/what-are-probiotics
  2. Probiotics [Internet]. nhs.uk. 2021 [cited 5 October 2021]. Available from: https://www.nhs.uk/conditions/probiotics/
  3. Kadim, Sp.A(K) D. IDAI | Saluran Cerna, Benteng Kesehatan Anak (Bagian 2) [Internet]. Idai.or.id. 2016 [cited 5 October 2021]. Available from: https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/saluran-cerna-benteng-kesehatan-anak-2
  4. Titania A. Perbedaan Probiotik dan Prebiotik. Apa Manfaat Keduanya? | theAsianparent Indonesia [Internet]. theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia. 2021 [cited 5 October 2021]. Available from: https://id.theasianparent.com/probiotik
  5. Palsdottir H. 11 Probiotic Foods That Are Super Healthy [Internet]. Healthline. 2018 [cited 5 October 2021]. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/11-super-healthy-probiotic-foods#TOC_TITLE_HDR_13
comment-icon comment-icon